Honduras

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Republik Honduras

República de Honduras (Spanyol)
{{{coat_alt}}}
Lambang
SemboyanLibre, Soberana e Independiente
(Spanyol: "Bebas, Berdaulat, Independen")
Lagu kebangsaan
Himno Nacional de Honduras
"Lagu Kebangsaan Honduras"
Lokasi Honduras
Lokasi Honduras
Ibu kota
Tegucigalpa
Bahasa resmiSpanyol
PemerintahanRepublik presidensial
• Presiden
Juan Orlando Hernández
LegislatifCongreso Nacional
Kemerdekaan
• Diumumkan dari Spanyol
15 September 1821
• Diumumkan dari Kekaisaran Meksiko Pertama
1 Juli 1823
• Diumumkan dari Republik Federal Amerika Tengah
5 November 1838
 - Perairan (%)
dapat dihiraukan
Population
 - Perkiraan 2014
8.725.111 (94)
PDB (KKB)2014
 - Total
$40.983 miliar[1] (107)
$4.959[1] (135)
PDB (nominal)2014
 - Total
$19.567 miliar[1] (108)
$2.368[1] (131)
Gini (2011)57.4[2]
tinggi
IPM (2013)Steady 0.617[3]
Error: Invalid HDI value · 129
Mata uangLempira (L)
(HNL)
Zona waktuWaktu Standar Tengah (CST)
(UTC-6)
Lajur kemudikanan
Kode telepon+504
Kode ISO 3166HN
Ranah Internet.hn

Republik Honduras (bahasa Spanyol: República de Honduras) adalah negara di Amerika Tengah. Negara ini bertetangga dengan Guatemala di sebelah barat, El Salvador di selatan, dan Nikaragua di timur. Honduras dan negara tetangganya adalah rumah bagi bangsa Mesoamerika seperti suku Maya. Spanyol datang pada abad ke-16 dan membawa budayanya serta agama Katolik sehingga muncul percampuran antara budaya Spanyol dengan suku asli. Honduras merdeka dari Spanyol pada 1821 dan sampai sekarang selalu mengalami ketidakstabilan politik yang menyebabkan Honduras menjadi salah satu negara termiskin di Benua Amerika. Honduras juga berada di peringkat atas dunia pada tingkat pembunuhan dan kekerasan seksual. Kemiskinan ini disebabkan oleh korupsi, eksploitasi dari negara lain ditambah bencana alam. Selain itu, operasi yang dilakukan Amerika Serikat untuk mencegah masuknya narkoba ke wilayahnya juga meningkatkan kejahatan di Honduras. Operasi ini melahirkan geng-geng kriminal di Amerika Tengah seperti MS-13 yang aktif dalam perdagangan narkoba ilegal. Geng kriminal ini memiliki teritori masing-masing dan sering berperang satu sama lain. Aktivitas mereka sangat membahayakan penduduk sehingga terjadi migrasi besar-besaran ke negara lain seperti Amerika Serikat. Ekonomi utama Honduras adalah di bidang pertanian terutama buah-buahan, tebu dan kopi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masa Kolonial[sunting | sunting sumber]

Sebelum Spanyol datang, Honduras sudah dihuni berbagai suku bangsa terutama suku Maya. Christopher Columbus sampai ke Islas de la Bahía di pesisir Honduras pada tahun 1502. Columbus mengirim saudaranya Bartholomew Columbus untuk menjelajah pulau-pulau itu. Bartholomew dan awaknya bertemu dengan perahu suku Maya yang membawa kargo besar. Perahu tersebut dicegat, kargonya dicuri, dan kaptennya dipaksa untuk menjadi penerjemah. Peristiwa ini menandai kontak pertama antara Spanyol dan Maya.

Tahun 1524, Gil Gonzalez Davila menjadi orang Spanyol pertama yang menginjakkan kaki di Honduras, diikuti oleh Hernan Cortez yang membawa pasukan dari Meksiko yang sudah lebih dulu dikuasai Spanyol. Kerajaan kecil di Honduras jatuh satu persatu ke tangan Spanyol. Spanyol mendirikan Kekaptenan Jenderal Guatemala yang meliputi seluruh wilayah Amerika Tengah dan Honduras menjadi salah satu provinsinya. Spanyol menguasai Honduras selama tiga abad. Ibukotanya pertama-tama di Trujillo, kemudian di Comayagua, dan terakhir sampai sekarang di Tegucigalpa. Honduras kaya akan mineral terutama perak yang dieksploitasi oleh Spanyol dengan memanfaatkan penduduk asli sebagai penambang. Satu-satunya wilayah Honduras yang belum dikuasai Spanyol adalah Kerajaan Miskito yang dilindungi oleh bajak laut dari negara Eropa yang lain terutama Inggris yang menguasai Jamaika.

Masa Kemerdekaan[sunting | sunting sumber]

Honduras merdeka dari Spanyol tahun 1821 dan menjadi bagian dari Kekaisaran Meksiko sampai tahun 1823. Setelah berpisah dari Meksiko, Honduras dan negara tetangganya bersatu dalam Republik Federal Amerika Tengah. Karena berbagai alasan, republik ini pecah dan tiap provinsinya menjadi negara sendiri termasuk Honduras. Setelah menjadi negara sendiri, Honduras mendapatkan berbagai investasi dari negara lain terutama Amerika Serikat. Honduras menjadi negara pengekspor pisang yang dieksploitasi oleh perusahaan buah-buahan Amerika Serikat seperti United Fruit Company sehingga mendapat Julukan Republik pisang. Ekspor pisang ini sama sekali tidak meningkatkan pertumbuhan ekonomi Honduras namun sebaliknya Amerika Serikat mampu mencampuri politik Honduras dan memperkaya elit tertentu. Pengaruh politik Amerika ini disebut dengan Peperangan Pisang dan sering disebut sebagai neokolonialisme. Efek eksploitasi Amerika ini masih terasa sampai saat ini dan berkontribusi pada kemiskinan Honduras.

Pada tahun 1969, terjadi Perang Sepak Bola antara Honduras dan El Salvador akibat masalah imigran dari El Salvador. Disebut perang sepak bola karena kebetulan bersamaan dengan kualifikasi Piala Dunia 1970 antara Honduras dan El Salvador yang berakhir ricuh. Perang ini berakhir setelah empat hari dan timbul ratusan korban jiwa dan ratusan ribu orang El Salvador diusir dari Honduras.

Pada 1974, Badai Fifi menerjang Benua Amerika dan menghancurkan infrastruktur fisik dan telekomunikasi di Honduras.

Pada masa perang dingin di 1980, Amerika Serikat memperkuat militernya di Honduras untuk mendukung pemberontak Contras melawan pemerintahan Sandinista di Nicaragua yang berideologi sosialis. CIA juga membiayai Batalion 316 yang kejam untuk memburu orang yang diduga komunis.

Pada 1998, Badai Mitch menghancurkan 70% infrastruktur dan pertanian di Honduras. Kerugiannya diperkirakan mencapai US$ 3 Miliar.

Pada abad ke-21, Militer Amerika masih bertahan di Honduras. Operasi Amerika ini bertujuan untuk membantu Amerika mengatasi kartel narkoba.

Pada tahun 2009, terjadi kudeta dan krisis konstitusional yang mendapat kecaman dari berbagai organisasi Internasional. Kombinasi eksploitasi dari negara lain, korupsi, instabilitas politik, dan bencana alam berkontribusi dalam kemiskinan Honduras sampai saat ini. Kemiskinan dan kekerasan yang terjadi di Honduras menyebabkan banyak penduduknya berusaha mencari tempat lain untuk hidup. Sebagian besar imigran Honduras tinggal di Amerika Serikat.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Politik[sunting | sunting sumber]

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Honduras". International Monetary Fund. Diakses tanggal 18 Oktober 2014. 
  2. ^ "GINI index (World Bank estimate)". World Bank. Diakses tanggal 22 Juli 2015. 
  3. ^ "Human Development Report 2010" (PDF). United Nations. 2010. Diakses tanggal 5 November 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]