Republik Dominika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
República Dominicana
Bendera
MottoDios, Patria, Libertad
(Spanyol: "Tuhan, Tanah Air, Kebebasan")
Lagu kebangsaanQuisqueyanos valientes
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Santo Domingo
Bahasa resmi Spanyol
Pemerintahan Republik
 -  Presiden Danilo Medina
 -  Wakil Presiden Margarita Cedeño de Fernández
Kemerdekaan
 -   - Dari Haiti
27 Februari 1844 
Luas
 -  Total 48,442 km2 (130)
 -  Perairan (%) 0,7%
Penduduk
 -  Sensus 2010 9.445.281 
 -  Kepadatan 193,6/km2 (64)
PDB (KKB) Perkiraan 2012
 -  Total US$98,7 miliar 
 -  Per kapita US$9.646 
Mata uang Peso (DOP)
Zona waktu (UTC-4)
 -  Musim panas (DST)  (UTC-4)
Ranah Internet .do
Kode telepon 809 dan +829

Republik Dominika adalah sebuah negara kepulauan yang menguasai 2/3 Hispaniola, pulau terbesar kedua di gugusan kepulauan Laut Karibia, Amerika Tengah. Sepertiga bagian lainnya merupakan milik Haiti. Luas wilayah Republik Dominika lebih kurang sama dengan Provinsi Jawa Timur. Pulau ini ditemukan oleh Christopher Columbus pada 1492. Columbus memberi nama pulau ini 'la Espanola' dan putranya Diego menjadi raja muda pertama negeri tersebut. Santo Domingo, ibu kota negara ini, ialah permukiman pertama bangsa-bangsa Eropa di belahan barat bumi.

Toponim[sunting | sunting sumber]

Pada hari Minggu tanggal 4 Agustus 1496, Bartholomew Columbus, saudara Christopher, mendirikan kota Santo Domingo. Kota ini dinamakan begitu untuk menghormtai kesucian hari Minggu dan juga pada romo mereka Domingo de Guzmán.

Ada beberapa kota yang pernah menjadi ibukota koloni ini, seperti Capitanía General de Santo Domingo. Untuk hal ini, pulau ini mulai diketahui dengan nama Santo Domingo dan penduduknya disebut sebagai dominicanos (orang Dominika). Sehingga, pada tanggal 27 Februari 1844, penduduk Dominika menyatakan berpisah dari Haiti, menyatakan diri sebagai negara baru dengan nama "Republik Dominika".

Republik Dominika bersama dengan Republik Ceko adalah negara yang mengakui dan menyebut penduduk mayoritasnya sebagai nama resmi (orang Dominika, orang Ceko, dll.)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum Columbus tiba, negeri ini dibagi atas 5 cacigazgos, yang diperintah oleh cacique.

Juan Pablo Duarte dikenang sebagai pahlawan besar dan bapak pendiri negeri ini. Ia adalah salah satu tokoh yang memprakarsai kemerdekaan Republik Dominika dari Haiti, yang terjadi pada tanggal 27 Februari 1844.

Republik Dominika diserang oleh Amerika Serikat antara tahun 1916-1924. Kemudian, AS membantu Rafael Trujillo mendapatkan kekuasaan melalui sebuah kudeta tahun 1930. Trujillo menjadi diktator, membunuh banyak orang di negaranya. Pada tahun 1961, beberapa orang Dominika mengakhiri hidup Trujillo.

Dalam PemilU bebas pertama di Republik Dominika setelah kematian Trujillo, Juan Bosch diangkat sebagai presiden pada tahun 1962.

Demokrasi dan perang saudara[sunting | sunting sumber]

Pada bulan April 1965, sebuah perang saudara pecah di Republik Dominika, antara sebuah kelompok yang dikenal sebagai Constitucionalistas, yang menginginkan Bosch kembali ke kedudukannya karena ia telah dipilih sebagai presiden, dan Anticonstitucionalistas yang berpendapat sebaliknya. AS menyerang negeri ini sekali lagi pada tahun itu, mengatakan bahwa mereka melakukan hal itu untuk melindungi warga negara AS di sana.

Perang berakhir, dan setelah bertahun-tahun, tokoh-tokoh berikut diangkat sebagai Presiden Republik Dominika setelah perang:

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Republik Dominika adalah sebuah republik demokrasi presidensil. Pemerintahan dibagi atas 3 cabang: eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Cabang eksekutif terdiri atas presiden, wakil presiden, dan menteri yang disebut Sekretaris Negara. Presiden merupakan kepala negara dan pemerintahan dan dipilih setiap 4 tahun. Ia menominasikan kabinet. Presiden yangsekarang adalah Leonel Antonio Fernandez Reyna.

Cabang legislatif membuat hukum dan terdiri atas kongres, yang berkedudukan di Santo Domingo, ibukota Republik Dominika. Kongres terbagi atas 2 kelompok: senat, dengan 32 anggota (satu untuk tiap provinsi dan satu untuk distrik nasional), dan kamar deputi dengan 178 anggota.[1]

Cabang yudikatif terdiri atas pengadilan negeri, termasuk Mahkamah Tinggi Kehakiman.

Provinsi[sunting | sunting sumber]

Republik Dominika dibagi menjadi 31 provinsi (provincia). Sebuah wilayah khusus, Distrik Nasional, diperuntukkan bagi ibu kota negara, Santo Domingo.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Peta Republik Dominika

Republik Dominika terletak di bagian timur pulau terbesar ke-2 di Antillen Besar, Hispaniola. Republik Domunika mencakup wilayah sebanding 2:1 dengan Haiti. Luas keseluruhannya adalah 44.442 km² yang menjadikannya negara terbesar ke-2 di Antillen setelah Kuba[2]. Daratan utama negeri ini memiliki 3 jajaran pegunungan, yakni Cordillera Central (bermula dari Haiti ke timur melintasi pulau ini), Cordillera Septentrional, dan Cordillera Oriental di timur. Di antara jajaran pegunungan Central dan Septentrional terletak Lembah Cibao yang kaya dan subur. Di lembah ini terletak kota Santiago de los Caballeros dan sebagian besar daerah pertanian di negeri ini. Ibukota dan daerah metropolitan terbesar di negeri ini, Santo Domingo, terletak di pesisir timur.

Republik Dominika memiliki puncak tertinggi di Karibia yang bernama Pico Duarte(3.087 m / 10.128 kaki di atas permukaan laut) dan danau terbesar di Karibia bernama Danau Enriquillo[3].

Republik Dominika memiliki banyak sungai, termasuk Soco yang dapat dilayari, Higuamo, Romana (juga dikenal sebagai 'Rio Dulce'), Yaque del Norte, Yaque del Sur, Yuna River, Yuma, dan Bajabonico. 2 pulau terbesar dekat pesisir adalah Pulau Saona di tenggara dan Pulau Beata di barat daya.

Di utara, pada jarak antara 100 dan 200 km, ada 3 tepi sungai yang meluas dan sebagian besar di bawah permukaan air, yang secara geografis merupakan kelanjutan di Bahama ke tenggara: Tepi Navidad,Tepi Silver dan Tepi Mouchoir. Tepi Navidad dan Tepi Silver telah diklaim secara resmi oleh Republik Dominika.

Republik Dominika menggunakan sungai dan alirannya untuk membangkitkan listrik, dan banyak PLTA serta bendungan yang dibangun di sungai, termasuk Bao, Nizao, Ozama, dan Higuamo.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Negara maritim ini beriklim tropis. Musim hujan berlangsung dari bulan Mei hingga Desember, dan hurikan yang datang secara berkala antara bulan Juni dan November. Sebagian besar hujan turun di kawasan utara dan timur. Curah hujan rata-rata adalah 1346 mm, dengan perbedaan 2500 mm di timur laut dan 500 mm di barat. Suhu tahunan rata-rata berkisar dari 21 °C di daerah pegunungan hingga 25 °C di dataran dan pesisir. Suhu rata-rata di Santo Domingo pada bulan Januari adalah 23,9 °C dan 27,2 °C pada bulan Juli.

Isu lingkungan[sunting | sunting sumber]

Isu lingkungan terkini adalah kurangnya air, terkikisnya air ke laut yang merusak terumbu karang dan penebangan.[4]

Bajos de Haina, 12 mil (19 km) di barat Santo Domingo, termasuk dalam daftar 10 tempat paling tercemar menurut Blacksmith Institute, diluncurkan pada bulan Oktober 2006, karena pencemaran timah oleh peleburan daur ulang baterai yang ditutup pada tahun 1999. Karena tempat itu tidak pernah dibersihkan anak-anak terus terlahir dengan tingkat timah dalam tubuh yang tinggi yang menyebabkan ketidakmampuan belajar, perkembangan fisik yang terhambat dan kerusakan ginjal. [5] [6]

Daerah pariwisata[sunting | sunting sumber]

Republik Dominika memiliki sejumlah tempat pariwisata yang menarik yang dikunjungi jutaan wisatawan setiap tahun dari negara seperti Kanada, Eropa, Amerika Serikat, dll.

Daerah-daerah pariwisata utama di negeri ini adalah: Punta Cana, Bávaro, Puerto Plata, Bayahibe, Sosúa, Cabarete, Samaná, Las Terrenas, Santo Domingo, Juan Dolio, Boca Chica, Jarabacoa, Constanza, Santiago de los Treinta Caballeros,

Tak diragukan lagi Republik Dominika menjadi salah satu tujuan wisata favorit, baik dari Eropa maupun Amerika Utara. Sebagai akibatnya, negeri ini sanggup mendapatkan sejumlah kunjungan orang asing tahun 2001 telah berlipat ganda dibandingka tahun 1994. Di masa itu kunjungan wisatawan berkisar antara 1.337.675 hingga 2.811.339.

Kenaikan arus wisatawan terjadi secara signifikan yang akhirya menguntungkan penawaran hotel, begitupun kenaikan penawaran ruangan di negeri ini, yang untuk masa itu permintaanya melampaui 29.243 pada tahun 1994 menjadi 54.034 pada tahun 2001, sedangkan pada tahun 2002 jumlah ruangan yang tersedia adalah 54.730 dan untuk tahun 2004 jumlah ruangan yang tersedia 58.932. Bentuk yang biasa pada kedatangan wisatawan ke daerah ini adalah 3.783.628 (2004).

Komunikasi[sunting | sunting sumber]

Republik Dominika memiliki prasarana telekomunikasi yang berkembang baik dengan layanan HP yang luas dan layanan jalur tanah. Regulator telekomunikasi di negeri ini adalah INDOTEL, Instituto Dominicano De Telecomunicaciones. Republik Dominika menawarkan internet kabel dan DSL di sebagian besar bagian negeri ini, dan banyak ISP yang menyediakan layanan internet nirkabel 3G. Proyek untuk memperluas Phot spot Wi-Fi telah dibuat di Santo Domingo. Sejumlah saluran TV tersedia, termasuk kabel digital Telecable Nacional dan Aster. Banyak perusahaan lain yang menyediakan layanan TV dengan saluran TV dari Amerika Latin dan dunia.

Sejak Desember 2006, ada 5 perusahaan komunikasi yang utama: CODETEL, Orange, Tricom, Centennial, dan DGTEC.

Pada tanggal 1 Februari 2007, Verizon mengubah nama layanan nirkabelnya menjadi Claro dan CODETEL. Perusahaan ini telah dimiliki sejak 2006 oleh América Móvil Carlos Slim Helu. Claro kini menjadi nama resmi Divisi Nirkabel dan CODETEL (Compañia Dominicana de Teléfonos yang asli) sebelumnya adalah pasar jalur tetap dan broadband Verizon Dominicana.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Banyak layanan transportasi di Republik Dominika. Organisasi resmi yang mengendalikan transportasi adalah OTTT (Oficina Técnica de Transito Terrestre). Jasa transportasi lain termasuk Fenatrano, Conatra, dll.

Sistem transportasi pemerintah adalah OMSA (Oficina Metropolitana de Servicios de Autobuses), yang meliputi jalur meluas di daerah metropolitan, seperti Santo Domingo dan Santiago, dengan harga murah. Pada bulan Desember 2006, harga Layanan Normal adalah DOP$5 (US$0,15), dan Layanan Bisnis (bus ber-AC) harganya DOP$10 (US$0,3). Layanan transportasi lain adalah Voladoras, Guaguas, atau Bus Umum, yang sering berjalan antara pusat populasi ataupun kotamadya yang berbeda. "Carro Publico" atau "Concho" (mobil dan van pribadi) memiliki rute di sebagian besar bagian kota. Mobil-mobi itu memiliki atap berwarna kuning atau hijau untuk identifikasi. Mobil-mobil itu memiliki jadwal harian terencana, bergantung warna atap.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Sensus terakhir menunjukkan bahwa di negara ini, pada tahun 2002, jumlah penduduknya 8.562.541 (4.265.215 pria dan 4.297.326 wanita).[7] Pada tahun 2007, perkiraan penduduk berkisar sekitar 9.584.000 jiwa.[8]

Bagian terbesar penduduk Dominika terdiri atas campuran keturunan Eropa dan Afrika, yang diperkirakan berjumlah sekitar 73% penduduk. Sekitar 11% penduduk Dominika berasal dari keturunan Afrika. 16% kulit putih, sebagian besar berasal dari keturunan Spanyol maupun Eropa juga Arab (Libanon, Palestina, Suriah, dkk.). Orang Taíno hampir punah.

Orang Haiti sebagai kelompok minoritas adalah yang terbanyak, sekitar 500.000 (atau 6% penduduk) menurut Human Rights Watch. Banyak orang Haiti yang datang sebagai imigran gelap, lainnya lahir di negeri ini dan lainnya legal. Ada juga minoritas Asia dari Tiongkok dan Jepang yang berjumlah 1%.

Sejak tahun 1960, masalah ekonomi telah mendongkrak migrasi sejumlah orang Dominika, terutama ke daerah metropolis di pesisir timur. Sekarang, orang-orang Dominika, banyak yang pergi ke Amerika Latin dan dan Amerika Serikat, lalu ke Meksiko, Puerto Riko, dan Kuba.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Budaya Republik Dominika, seperti negara Karibia sekitarnya, adalah campuran kolonis Eropa, Taíno dan unsur budaya Afrika. Bahasa Kastilia yang umum dikenal sebagai bahasa Spanyol, adalah bahasa resmi. Bahasa lain seperti Inggris, Perancis, Jerman, Kreol Haiti, dan Italia juga dituturkan di berbagai tingkat. Unsur budaya Eropa, Afrika dan Taíno paling menonjol dalam makanan, struktur keluarga, agama, dan musik. Banyak nama dan kata Taíno digunakan dalam bahasa harian untuk sejumlah barang asli RD. [1]

Musik[sunting | sunting sumber]

Dalam hal musik, Republik Dominika dikenal karena penciptaan musik Merengue, sejunis musik tari berirama cepat dan hidup yang terdiri atas tempo sekitar 120-160 detak per menit (bervariasi) berdasarkan pada unsur musik seperti drum, brass dan instrumen chord; juga sejumlah elemen yang unik bagi gaya musik RD (Marimba). Detak sinkopasinya menggunakan perkusi Latin, instrumen brass, bass, dan piano atau kibor. Tanpa pandang konten sosial dalam bentuk komersial, musik ini utamanya bersifat tarian yang dinyatakan sebagai musik nasional selama rezim Trujillo. Penyanyi merengue terkenal termasuk Juan Luis Guerra, Fernando Villalona, Eddy Herrera, Sergio Vargas, Tono Rosario, Johnny Ventura, dan Milly Quezada.

Bachata adalah salah satu bentuk musik dan tari yang berawal di pedalaman dan lingkungan pinggiran kota Republik Dominika. Biasanya sasarannya sering romantis; khususnya yang umum adalah patah hati dan kesedihan. Kenyataannya, istilah asli yang digunakan untuk menamai genre ini adalah "amargue" ("kegetiran" atau "musik getir"), hingga istilah yang agak ambigu (dan suasane netral) term terkenal.

Bachata diciptakan dan banyak digunakan oleh para pramuwisma, yang biasa memainkannya saat tak bekerja. Mereka membuat musik itu keluar dari obyek yang diharuskan seperti yang umum ditemukan di lapangan belakang. Di beberapa daerah pinggiran Republik Dominika, bachata berarti sampah, namun sebagian besar warganegara setuju bahwa bachata berarti pesta. Yang lain mengatakan bahwa bachata diturunkan dari Ballata, bentuk musik yang terkenal di Italia beberapa abad yang lalu.

Bachata berkembang dari - dan masih berhubungan dekat dengan - gaya romantis pan Amerika Latin yang disebut bolero, yang selama beberapa waktu telah dipengaruhi oleh merengue - musik tari cepat yang juga asli Republik Dominika - dan sejumlah gaya gitar Amerika Latin.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Setelah AS, jumlah pemain baseball Republik Dominika adalah yang kedua terbesar dalam Major League Baseball di AS, termasuk Sammy Sosa, Albert Pujols, Pedro Martínez, Vladimir Guerrero, David Ortiz, Jose Reyes, Manny Ramirez, Robinson Cano dan Luis Castillo. Alex Rodriguez lahir di New York dari OrTu yang beremigrasi dari Republik Dominika. Republik Dominika juga memiliki liga basket sendiri yang ada dari Oktober hingga Januari (disebut The Winter League oleh MLB), yang termasuk 6 tim: Tigres del licey (Macan Licey), Aguilas cibaeñas (Elang Cibao), Gigantes del Cibao (Raksasa Cibao), Toros Azucareros del Este (Sapi Pabrik Gula Timur), Estrellas Orientales (Bintang Oriental), dan Leones del Escogido (Singa Escogido). Banyak pemain dan liga minor MLB yang bermain dalam liga 6 tim ini selama musim sepi. Liga musim dingin Republik Dominika juga menjadi "ladang pelatihan" penting untuk MLB. Medalis emas Olimpiade dan juara dunia lebih dari rintangan 400 m, Felix Sanchez, dan pesepak bola NFL Luis Castillo berasal dari Republik Domunika.[9]

Hari raya nasional[sunting | sunting sumber]

Tanggal Nama Catatan
1 Januari Tahun Baru Merayakan awal tahun.
6 Januari Epifani, Hari 3 Majus Hari raya Katolik, biasanya hadiah diberikan kepada anak-anak.
21 Januari Hari Nuestra Señora de la Altagracia Hari libur Katolik untuk menghormati pelindung orang Dominika.
26 Januari Hari Juan Pablo Duarte Menghormati Duarte, salah satu bapak bangsa negeri ini. Apabila tanggal ini tidak jatuh di hari Senin, hari raya ini diperingati di Senin berikutnya.
27 Februari Hari Kemerdekaan Memperingati Kemerdekaan Dominika dari Haiti.
(Maret-April) Jumat Agung Hari raya Katolik; bervariasi, diperingati di bulan Maret atau April.
1 Mei Hari Buruh Memperingati prestasi buruh. Bila tanggal ini tidak jatuh di hari Senin, perayaan ini dilakukan di Senin berikutnya.
(Juni Hari Raya Corpus Christi Hari raya Katolik; bervariasi, diperingati di hari Kamis bulan Juni.
16 Agustus Hari Restorasi Memperingati Restorasi Republik. Apabila tanggal ini tidak jatuh di hari Senin, hari raya ini diperingati di Senin berikutnya, kecuali jika ada perubahan dari pemerintah.
24 September Nuestra Señora de las Mercedes Hari raya Katolik untuk memperingati pelindung Republik Dominika .
6 November Hari Konstitusi Memperingati Konstitusi Dominika. Jika tidak jatuh di hari Senin, hari raya ini diperingati di Senin berikutnya.
25 Desember Natal Untuk orang Kristen, menandai kelahiran Yesus menurut agama Kristen. Banyak orang, baik yang Kristen maupun bukan, memperingati Kristen sebagai hari libur perdamaian, persahabatan, dan saling memberi hadiah di musim dingin.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "CIA Factbook: Dominican Republic". CIA Factbook. Diakses 2007-09-12. 
  2. ^ "Geography, Size, Climate and Location of the Dominican Republic". The Dominican Republic Net. 14 Juni 2007. Diakses 2007-06-14. 
  3. ^ "Geography, Size, Climate and Location of the Dominican Republic". The Dominican Republic Net. 14 Juni 2007. Diakses 2007-06-14. 
  4. ^ "CIA- The World Factbook -- Dominican Republic". CIA. Diakses 2007-06-04. 
  5. ^ Pina, Diógenes (2007-01-26). "Hell in 'God's Paradise'". Inter Press Service News Agency. Diakses 2007-06-04. 
  6. ^ Robles, Francis (2007-03-13). "Pollution sickens children in Dominican Republic". Miami Herald. Diakses 2007-05-29. 
  7. ^ Censo 2002 de Población y Vivienda, Oficina Nacional de Estadistica
  8. ^ "CIA Factbook: Dominican Republic". CIA Factbook. Diakses 2007-09-17. 
  9. ^ Shanahan, Tom (2007-03-24). "Sports at Lunch, [[Luis Castillo]] and Felix Sanchez". San Diego Hall of Champions. Diakses 2007-05-29.  Wikilink embedded in URL title (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]