Belize

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Belize
Bendera
MottoSub Umbra Floreo
(Latin: "Di Bawah Bayangan Teduh Aku Berkembang")
Lagu kebangsaanLand of the Free
Ibu kota Belmopan
Kota terbesar Belize City
Bahasa resmi Inggris
Pemerintahan Monarki konstitusional
 -  Ratu
Gubernur-Jenderal
Elizabeth II
Sir Colville Young
 -  Perdana Menteri Dean Barrow
Kemerdekaan
 -   - Dari Britania Raya
21 September 1981 
Luas
 -  Total 22,966 km2 (150)
 -  Perairan (%) 0,7%
Penduduk
 -  Perkiraan 2013 334.297 (170)
 -  Sensus -
 -  Kepadatan 14,5/km2 (212)
PDB (KKB) Perkiraan 2012
 -  Total US$2,999 miliar 
 -  Per kapita US$8.753 
Mata uang Dolar (BZD)
Zona waktu (UTC-6)
 -  Musim panas (DST)  (UTC-6)
Ranah Internet .bz
Kode telepon 501

Belize adalah sebuah negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah, berbatasan dengan Meksiko di sebelah barat laut dan Guatemala di barat dan selatan. Honduras terletak 75 km ke arah tenggara. Dalam bahasa Spanyol, Belize seringkali disebut Belice. Dahulu disebut Honduras Britania hingga 1973, Belize adalah bekas jajahan Britania Raya selama lebih dari satu abad. Nama "Belize" diambil dari Sungai Belize.

Asal kata[sunting | sunting sumber]

Asal nama Belize tak begitu jelas, namun 1 teori mengatakan nama ini diturunkan dari pelafalan Spanyol buat Wallace yang merupakan nama akhir bajak laut yang menciptakan permukiman pertama di Belize pada 1638. Kemungkinan lain ialah bahwa nama itu dari kata Maya belix, yang berarti "air berlumpur", diterapkan ke Sungai Belize.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Xunantunich, Belize

Peradaban Maya menyebar di Belize antara 1500 SM dan 300 M dan berkembang hingga sekitar 900 M. Pemukim Eropa bermula dengan Yahudi Inggris, pelaut perompak dan kapal terdampar pada awal 1638.

"Permukiman Belize di Teluk Honduras" awal berkembang dari sedikit tempat tinggal di Belize Town dan St. George's Caye ke dalam koloni de-facto Britania Raya selama akhir abad ke-18. Di awal abad ke-19 pemukiman itu Honduras Britania, dan pada 1871 menjadi Koloni Mahkota.

Badai Hattie menimbulkan kerusakan berarti di Belize pada 1961. Pemerintah memutuskan bahwa ibukota pesisir yang membentang di bawah permukaan laut terlalu riskan. Selama beberapa tahun, pemerintah kolonial Britania membangun ibukota baru, Belmopan, di pusat geografi negeri itu, dan pada 1970 secara perlahan mulai memindahkan kantor pemerintahan ke sana.

Honduras Britania menjadi koloni berpemerintahan sendiri pada Januari 1964 dan dinamai Belize pada Juni 1973; merupakan koloni terakhir Britania Raya di daratan Amerika. George Price memimpin negeri ini mendapatkan kemerdekaan penuh pada 21 September 1981 setelah tertunda karena pertentangan wilayah dengan Guatemala di sebelahnya, yang secara resmi tak mengakui negeri ini hingga 1991.

Sepanjang sejarah Belize, Guatemala telah menyatakan kepemilikan atas semua atau bagian wilayah itu. Klalim ini kadang-kadang ditunjukkan dalam peta yang menunjukkan Belize sebagai provinsi paling timur Guatemala. Hingga 2006, pertentangan perbatasan dengan Guatemala tetap tak terpecahkan dan cukup menimbulkan perdebatan[1] [2]; dari waktu ke waktu persoalan itu memerlukan penengahan oleh Britania Raya, para kepala pemerintahan CARICOM, Organisasi Negara-negara Amerika dan di 1 kesempatan, Amerika Serikat. Sejak kemerdekaan, sebuah garnisun Britania diletakkan di Belize atas pemerintahan Pemerintah Belize. Khususnya, Guatemala dan Belize ikut serta dalam langkah pembangunan kepercayaan yang diusulkan OAS, termasuk Proyek Pertukaran Bahasa Guatemala-Belize[3].

Kini Belize merupakan tempat terjadinya kerusuhan yang diarahkan kepada partai penguasa negeri itu berkaitan dengan pertambahan pajak dalam anggaran belanja nasional.

Meski Belize City bermasalah dengan kejahatan dan obat-obatan, wilayah pesisirnya cukup aman dan mempesona. Pemandangan segar di Belize termasuk karang penghalang yang terbesar ke-2 setelah Australia. Ini membuat selam scuba kelas dunia. Titik cantik termasuk air terjun seperti Air Terjun Antelope di Taman Mayflower, dan pantai di Hopkins, desa yang memiliki hotel buat wisatawan.

Politik[sunting | sunting sumber]

Belize ialah negara demokrasi parlementer dan anggota Negara-negara Persemakmuran.

Badan pemerintah eksekutif ialah kabinet, dipimpin oleh PM yang merupakan kepala pemerintahan. Para menteri kabinet ialah anggota mayoritas ParPol di parlemen dan biasanya memegang kursi terpilih dengan kedudukan kabinetnya.

Parlemen Belize yang bikameral ialah Majelis Nasional, yang terdiri atas DPR dan senat pemerintahan. Kedua puluh sembilan anggota Dewan dipilih rakyat maksimal 5 tahun masa jabatan dan mengenalkan perUUan yang memengaruhi perkembangan Belize. Kedua belas anggota senat diangkat oleh GubJen. Senat diketuai oleh presiden, yang dipilih oleh anggotanya, dan bertanggung jawab untuk debat dan pengajuan RUU yang digolkan Dewan.

Belize ialah anggota yang sepenuhnya aktif dalam CARICOM.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Peta Belize

Belize terletak antara Sungai Hondo dan Sarstoon, dengan Sungai Belize yang mengalir di tengah negeri. Bagian utara Belize terutama terdiri dari daratan pesisir rendah dan berawa di tempat itu hutan amat lebat. Flora amat beragam mengingat daerah geografis yang sempit. Bagian selatan memiliki jajaran pegunungan Maya yang rendah, yang Victoria Peak-nya ialah titik tertinggi di Belize pada 3.675 kaki (1.120 m) tingginya. Pesisir Karibia dipagari dengan batu karang dan sekitar 450 pulau kecil yang di sana dinamakan cayes, dilafalkan "keys". Belize ialah tempat karang penghalang besar terpanjang di belahan barat yang terbentang sekitar 200 mil (322 km) dan ke-2 terpanjang di sunia setelah Karang Penghalang Besar. 3 dari 4 atol koral di Belahan Barat juga terletak lepas pesisir Belize. Belize juga satu-satunya negara Amerika Serikat yang tak memiliki pesisir Samudra Pasifik.

Iklimnya tropis dan umumnya amat panas dan kering. Musim hujan berlangsung dari Mei hingga November serta badai topan dan banjir sering terjadi.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar ekonomi Belize terdiri atas industri pariwisata. Pertanian juga bagian kunci ekonomi.

Ekonomi yang kecil, pada dasarnya perusahaan swasta, terutama berbasis pertanian, industri berdasarkan pertanian, dan cenderamata, dengan pariwisata dan konstruksi yang memperlihatkan kpentingan tinggi. Gula, panenan utama, hampir setengah ekspor, sedangkan industri pisang ialah yang paling banyak mempekerjakan buruh. Produksi jeruk telah menjadi industri utama bersama dengan Hummingbird Highway. Kini, secara radikal penemuan endapan minyak di Distrik Cayo dan kemungkinan endapan di Distrik Toledo mengubah pertambangan dan kemampuan manufaktur Belize yang belum dimanfaatkan.

Kebijakan moneter dan fiskal pemerintah yang berkuasa yang bersifat ekspansioner, berawal pada September 1998, menimbulkan perkembangan PDB 6,4% pada 1999 dan 10,5% pada 2000. Perkembangan melambat pada 2001 hingga 3% karena penurunan global dan kerusakan parah akibat hurikan pada pertanian, perikanan, dan pariwisata. Pada 2005 perkembangan sekitar 3,8%. Persoalan utama terus cepat mengembangkan defisit perdagangan dan penerimaan asing. Tujuan kunci jangka pendek tetaplah pengurangan kemiskinan dengan bantuan asing.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Belize memiliki penduduk yang relatif muda dan berkembang. Tingkat kelahirannya berada di antara yang tertinggi di dunia dan ada tanda-tanda bahwa tren ini akan berterusan buat watu yang dapat diduga di masa yang akan datang.

Usia dan jenis kelamin[sunting | sunting sumber]

Bagian terbesar penduduk Belize berada di bawah usia 30. Hampir 40% orang Belize di bawah 15; jumlah yang mirip ialah antara usia 15 dan 65. Secara berangsur pria melampaui wanita, meski ini mulai berubah di antara kelompok etnis tertentu, seperti orang Kreol dan Garifuna, di mana terdapat lebih banyak orang setengah baya dan wanita tua. Keluarga Maya dan Mestizo lebih mungkin memiliki rumah tangga yang didominasi wanita.

Tingkat kelahiran dan kematian/Harapan hidup[sunting | sunting sumber]

Tingkat kelahiran di Belize hampir 25/1000. Hampir 6 orang meninggal setiap tahun dari 1.000 anggota penduduk; jumlah ini termasuk pembunuhan, kecelakaan, dan kematian alamiah. Kematian bayi amat tinggi di awal abad ke-20, namun kini turun menjadi 24 dari 1000 bayi belaka. Namun bayi laki-laki lebih mungkin mati daripada perempuan. Harapan hidup lelaki khasnya 66 tahun, sedangkan wanita 70. HIV/AIDS, yang bukan ancaman serius buat kestabilan nasional, tak banyak berpengaruh pada penduduknya sehingga menyebabkan Belize memiliki tingkat tertinggi di antara negara Karibia dan Amerika Tengah.

Kelompok etnis dan kebangsaan[sunting | sunting sumber]

Menurut sensus terakhir, penduduk negeri ini mendekati 300.000, dan kebanyakan multirasial dan multietnis. Orang Maya ialah yang paling kokoh di antara kelompok lain, di Belize dan kawasan Yucatán sejak 500-an M. Namun, sebagian besar penduduk Belize asli Maya terhapus karena penyakit dan sengketa antarsuku dan dengan orang Eropa. Kini 3 kelompok Maya menghuni negeri ini: Yucatek (berasal dari Yucatán, Meksiko untuk menghindari perang yang terjadi di sana), Mopan (asli Belize, namun dipaksa keluar oleh Inggris; mereka kembali dari Guatemala untuk menghindari perbudakan), dan Kekchi (juga lari dari perbudakan di Guatemala).[4]

Dengan masuknya pemukim Inggris dan Skotlandia di daerah ini pada 1630-an untuk menebang kayu untuk diekspor. Budak Afrika pertama mulai tiba dari mana aja di Karibia dan Afrika dan mulai kawin campur dengan orang Eropa dan satu sama lain, menciptakan kelompok etnis orang Kriol Belize. Setelah 1800, para pemukim Mestizo dari Meksiko dan Guatemala mulai tinggal di utara; Garifuna, keturunan Afrika-Karibia, tinggal di selatan melalui Honduras tak lama setelah itu.

Tahun-tahun 1900-an menyaksikan tibanya para pemukim Asia dari Cina daratan, India, Taiwan, Korea, Suriah, dan Lebanon. Imigran Amerika Tengah serta ekspatriat Amerika dan Afrika juga mulai menghuni negeri ini. Namun, ini diimbangi oleh migrasi orang Kreole dan kelompok etnis lainnya ke AS dan dari mana saja buat kesempatan yang lebih baik. Umumnya erkiraan telah menempatkan sejumlah diaspora orang Belize, terutama terdiri atas Kriol dan Garifuna, dengan jumlah yang sama seperti mereka yang tinggal di Belize.

Campuran etnis dan bahasa[sunting | sunting sumber]

Ketegangan rasial amat tidak umum karena lingkungan masyarakat yang multibudaya, dan campuran tetap kelompok etnis yang berbeda. Banyak orang yang dengan mudah menjatidirikan diri sebagai "orang Belize", karena banyaknya campuran ras. Karena itu, susunan etnis negeri ini kadang-kadang sulit ditentukan, namun jati diri Mestizo terdiri atas 50% penduduk, dan Kriol 25%. Sisanya ialah campuran Maya, Garifuna, Mennonit petani Belanda/Jerman, Amerika Tengah, kulit putih dari Amerika, dan banyak kelompok lain yang direkrut mengembangkan negeri.

Tak mengherankan, campuran ini menciptakan campuran bahasa dan komunikasi yang menarik. Inggris ialah bahasa resmi karena fakta bahwa Belize ialah koloni Britania dan masih terikat pada Britania. Namun, sebagian besar orang Belize menggunakan bahasa Kriol Belize yang lebih terkenal, bahasa turunan Inggris yang serak dan lucu yang memuat istilah-istilah pusparagam yang biasa bisa diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Bahasa Spanyol penting sebagai bahasa ibu pemukim Mestizo dan Amerika Tengah, dan bahasa ke-2 di negeri ini. Yang kurang populer ialah logat Maya kuno, Garifuna (mélange Spanyol, Karibia, dan bahasa lain) dan Mennonit (Jerman-Belanda). Tingkat melek huruf berkisar sekitar 80%.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Olahraga di Belize melukiskan perkembangan bidang olahraga di Belize.

Olahraga telah menjadi bagian utama budaya Belize. Meski Belize bukan juara olahraga kaliber internasional, olahragawannya telah bertekun di bidang ini dengan serius.

Dewan Olahraga Nasional Belize mengawasi olahraga di Belize, sedangkan Komite Olimpiade mengawasi delegasi Olimpiade di negeri ini.

Olahraga di Belize terganggu oleh kurangnya uang, fasilitas olahraga dan sedikitnya penekanan olahraga sebagai bagian integral budaya dan kebanggaan nasional. Namun, olahraga terus mempersatukan warga Belize pada dan lepas bidang ini.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nation News 2006
  2. ^ ACP-EU summit 2000
  3. ^ Guatemala-Belize Language Exchange Project
  4. ^ Cho, Julian (1998). Maya Homeland. University of California Berkeley Geography Department and the Toledo Maya of Southern Belize. Diakses 4 Januari 2007.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]