Monarki Belize

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ratu Belize
Coat of arms of Belize.svg
Sedang berkuasa
Elizabeth II at a flower show.jpg
Elizabeth II
Perincian
PewarisCharles, Pangeran Wales
Penguasa pertamaElizabeth II
Pembentukan21 September 1981

Templat:Politik Belize

Penguasa monarki Belize adalah kepala negara Belize. Petahananya adalah Ratu Elizabeth II, yang secara resmi disebut Ratu Belize, yang telah menjabat sejak 21 September 1981. Pewaris tahtanya adalah putra sulung Elizabeth, Pangeran Charles, meskipun Ratu adalah satu-satunya anggota Keluarga Kerajaan dengan peran konstitusional manapun. Ia, suaminya Pangeran Philip, Adipati Edinburgh, putra mereka Pangeran Charles, dan anggota Keluarga Kerajaan lainnya, yang meliputi anak dan sepupu Ratu lainnya, mengambil berbagai fungsi upacara publik di Antigua dan Barbuda dan luar negeri.

Kebanyakan kekuasaan Ratu di Belize ditangani oleh Gubernur-Jenderal, Colville Young, walau Penguasa Monarki masing memegang beberapa kekuasaan yang ia pegang sendiri.

Penguasa monarki Belize, disamping memerintah Belize, secara terpisah menjabat sebagau penguasa monarki untuk setiap 15 negara Persemakmuran lainnya yang dikenal sebagai kerajaan Persemakmuran. Persemakmuran tersebut berkembang dari bekas hubungan kolonial negara-negara tersebut dengan Inggris, tetapi sekarang negara-negara tersebut telah merdeka dan secara sah terpisah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Topik Belize