Kansas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kansas
Flag of Kansas.svg
Bendera Kansas Lambang Kansas
Nama julukan negara bagian ini: The Sunflower State
Map of USA KS.svg
Negara Bagian Lainnya
Ibukota Topeka
Kota Terbesar Wichita
Gubernur Sam Brownback
Largest Metropolitan Area Kansas City
Wilayah
 - Total
 - Tanah
 - Air
 - % air
Urutan ke-13
213.283 km²


212.093 km²
1.190 km²
0,56%

Penduduk


 - Total (2000)


 - Kepadatan
Urutan ke-32


2.688.418


13/km²
Masuk ke Uni


 - Urutan ke


 - Tanggal

34
29 Januari 1861
Zona Waktu Central : UTC-6/-5


Mountain: UTC-7/-6
hanya 4 kabupaten di bagian barat saja (Mountain)

Garis lintang
Garis bujur

37°LU - 40°LU
94°38'BB - 102°1'34"BB

Lebar
Panjang
Titik-titik
 -Tertinggi
 -Rata-rata
 -Terendah

340 km
645 km
 
1.231 meter
610 meter
207 meter

ISO 3166-2: US-KS

Kansas adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat yang terletak di tengah negara itu. Negara bagian ini dinamai sesuai dengan nama Sungai Kansas yang mengalir melewatinya. Sungai itu sendiri diberi nama dari kata dalam bahasa Sioux, Kansa yang berarti "Orang-orang dari angin selatan." Ibu kotanya Topeka dan kota terbesarnya adalah Wichita.

Kota ini terletak di jantung Negara Amerika Serikat. Secara historis, Kansas adalah tanah air banyak sekali bangsa Indian yang berburu bison di sana. Negara bagian ini pertama kali dihuni oleh bangsa Amerika kulit putih pada 1850-an. Pada awal 1854, kaum abolisionis dari New England dan para pemukim pro-perbudakan dari negara bagian tetangga, Missouri berebutan ke wilayah ini untuk menentukan apakah Kansas akan menjadi sebuah negara bagian bebas. Negara bagian yang dikenal sebagai Kansas berdarah ini adalah pusat kekerasan dan kekacauan pada awal pembentukannya ketika kekuatan dari kedua belah pihak ini berbenturan. Pada 29 Januari 1861 bergabung ke dalam Uni sebagai sebuah negara bagian bebas. Setelah Perang Saudara, jumlah penduduk Kansas meledak setelah gelombang imigran mengubah prairie ini menjadi tanah pertanian yang produktif. Kini Kansas adalah salah satu Negara pertanian yang paling produktif dan yang paling utama di seluruh Amerika Serikat dalam produksi gandum.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kansas berbatasan dengan Nebraska di utara; Missouri di sebelah timur; Oklahoma di selatan; dan Colorado di barat. Negara bagian ini terletak dalam jarak yang sama dari Samudera Pasifik dan Atlantik. Pusat geodetik Amerika Utara terletak di Kabupaten Osborne. Titik ini digunakan sebagai titik rujukan sentral untuk semua peta yang diproduksi oleh pemerintah. pusat geografis dari 48 negara bagian yang terjalin berada di Kabupaten Smith dekat Lebanon, Kansas, sementara pusat geografis Kansas terletak di Kabupaten Barton.

Negara bagian ini dibagi menjadi 105 kabupaten dengan 628 kota.

Kansas adalah salah satu dari enam negara bagian yang terletak di Frontier Strip.

Topografi[sunting | sunting sumber]

Negara bagian ini terletak di daerah dataran besar di tengah dari Amerika Serikat. Tanahnya umumnya rata atau dengan permukaan yang bergelombang. Dalam skala besar eprmukaannya hampir seluruhnya rata[1]. Namun tanahnya memperlihatkan lereng yang bertahap dari timur ke barat. Ketinggiannya di atas permukaan laut merentang antara 208 m di sepanjang Sungai Verdigris di Coffeyville di Kabupaten Montgomery, hingga 1.231 m di Gunung Sunflower, di Kabupaten Wallace.

Sungai Missouri membentuk hampir 120 km perbatasan timur laut negara bagian ini. Sungai Kansasr, yang terbentuk oleh persimpangan antara Sungai Smoky Hill dan Sungai Republican di kota yang dinamai juga Persimpangan (Junction City), bergabung di Missouri di Kansas City, setelah melintas sepanjang 274 km melewati bagian timur laut negara bagian ini. Sungai Arkansas, yang mulai di Colorado, mengalir dengan lintasan yang berkelok-kelok hampir sepanjang 800 km melewati tiga perempat wilayah negara bagian ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs resmi

Informasi tambahan