Kansas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Negara Bagian Kansas
Julukan: 
The Sunflower State (official);
The Wheat State[1]
America's Heartland[2]
Motto: 
Ad astra per aspera (Bahasa Latin untuk To the stars through difficulties)
Himne daerah: "Home on the Range"
Peta Amerika Serikat dengan Kansas ditandai
Peta Amerika Serikat dengan Kansas ditandai
NegaraAmerika Serikat
Sebelum menjadi negara bagianKansas Territory
Bergabung ke Serikat29 Januari 1861 (34)
Ibu kotaTopeka
Kota terbesarWichita
Metropolitan terbesarBagian Kansas di Kansas City, area MO-KS[a]
Pemerintahan
 • GubernurLaura Kelly (D)
 • Wakil GubernurDavid Toland (D)
LegislatifLegislatif Kansas
 • Majelis tinggiSenat
 • Majelis rendahDewan Perwakilan Rakyat
KehakimanMahkamah Agung Kansas
Senator ASJerry Moran (R)
Roger Marshall (R)
Delegasi DPR AS1: Tracey Mann (R)
2: Jake LaTurner (R)
3: Sharice Davids (D)
4: Ron Estes (R) (daftar)
Luas
 • Total82,278[3] sq mi (213,100 km2)
 • Luas daratan81,759[3] sq mi (211,754 km2)
 • Luas perairan520[3] sq mi (1,346 km2)  0.6[4]%
Peringkat15th
Dimensi
 • Panjang213[5] mi (343 km)
 • Lebar410[5] mi (660 km)
Ketinggian
2,000 ft (610 m)
Ketinggian tertinggi4,041 ft (1.232 m)
Ketinggian terendah679 ft (207 m)
Populasi
 (2020)
 • Total2.940.865
 • Peringkat35
 • Kepadatan34,9/sq mi (13,5/km2)
 • Peringkat kepadatan40
 • Median pendapatan rumah tangga
$56.422[8]
 • Peringkat pendapatan
27[9]
DemonimKansan
Bahasa
 • Bahasa resmiEnglish[10]
Zona waktu
Majority of stateUTC−06:00 (Central)
 • Musim panas (DST)UTC−05:00 (CDT)
Greeley, Hamilton, Sherman, and Wallace countiesUTC−07:00 (Mountain)
 • Musim panas (DST)UTC−06:00 (MDT)
Singkatan USPS
KS
Kode ISO 3166US-KS
Singkatan lamaKan., Kans.
Garis lintang37° N to 40° N
Garis bujur94° 35′ W to 102° 3′ W
Situs webportal.kansas.gov

Kansas (/ˈkænzəs/ ( simak)) adalah negara bagian di Amerika Serikat Barat Tengah.[11] Ibukotanya adalah Topeka dan kota terbesarnya adalah Wichita.[12] Kansas adalah negara bagian yang terkurung daratan yang berbatasan dengan Nebraska di utara; Missouri di timur; Oklahoma di selatan; dan Colorado di barat. Kansas dinamai dari Sungai Kansas tempat tinggal orang Kansa, sebutan penduduk asli Amerika yang tinggal di sepanjang tepiannya.[13][14][15][16] Nama suku tersebut (aslinya kką:ze) sering dikatakan memiliki arti "orang dari angin (selatan)" meskipun penamaannya mungkin bukan arti asli dari istilah tersebut.[17][18] Selama ribuan tahun, apa yang sekarang disebut sebagai Kansas merupakan rumah bagi banyak dan beragam suku asli Amerika. Suku-suku di bagian timur negara bagian umumnya tinggal di desa-desa di sepanjang lembah sungai. Suku-suku di bagian barat negara bagian itu semi-nomaden dan berburu kawanan besar hewan bison.

Pemukiman Euro-Amerika pertama di Kansas terjadi pada tahun 1827 di Fort Leavenworth. Laju permukiman pesat pada tahun 1850-an, di tengah perang politik atas perdebatan perbudakan. Ketika secara resmi dibuka untuk pemukiman oleh pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1854 dengan Undang-Undang Kansas-Nebraska, abolisionis Free-Staters dari New England dan pemukim pro-perbudakan dari negara tetangga Missouri bergegas ke wilayah tersebut untuk menentukan dan berebut apakah Kansas akan menjadi negara bagian bebas atau negara bagian perbudakan. Dengan demikian, daerah itu merupakan sarang kekerasan dan kekacauan pada hari-hari awal ketika kekuatan dari kedua belah pihak berbenturan, dan dikenal sebagai Kansas Berdarah. Kaum abolisionis menang, dan pada 29 Januari 1861,[19][20] Kansas memasuki Union sebagai negara bebas, oleh karena itu kansas mendapatkan julukan sebagai "The Free State" (Negara Bebas).

Pada tahun 2015, Kansas adalah salah satu negara bagian pertanian yang paling produktif dengan hasil yang tinggi, menghasilkan gandum, jagung, sorgum, dan kedelai.[21] Kansas memiliki luas 82.278 mil persegi (213.100 kilometer persegi) menjadikannya sebagai negara bagian terbesar ke-15 berdasarkan wilayah dan merupakan negara bagian terpadat ke-34 dari 50 negara bagian, dengan populasi 2.940.865[22] menurut sensus 2020. Penduduk Kansas disebut orang Kansan. Gunung Sunflower adalah titik tertinggi dataran di Kansas dengan ketinggian 4.039 kaki (1.231 meter).[23]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Penamaan Kansas diturunkan dari istilah dalam bahasa Algonquian yaitu Akansa yang berarti orang Quapaw. Penamaan tersebut merujuk pada orang-orang yang berbahasa Dhegiha Siouan yang menetap di Arkansas sekitar abad ke-13. Akar kata -kansa merupakan julukan orang Kaw, juga dikenal sebagai Kansa, suku asli Amerika yang diakui secara federal.[24]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ilustrasi pada tahun 1819 oleh Samuel Seymour tentang pondok dan tarian Kansa yang merupakan gambar tertua tentang hal yang telah dilakukan di Kansas.

Sebelum kolonisasi Eropa, Kansas diduduki oleh Caddoan Wichita dan kemudian orang-orang Siouan Kaw. Orang Eropa pertama yang menginjakkan kaki di Kansas yang diketahui saat ini adalah penakluk (conquistador) Spanyol Francisco Vázquez de Coronado yang menjelajahi daerah tersebut pada tahun 1541.

Antara tahun 1763 dan tahun 1803 wilayah Kansas diintegrasikan ke dalam wilayah Louisiana Spanyol. Gubernur Luis de Unzaga 'le Conciliateur', selama periode tersebut mempromosikan ekspedisi dan hubungan baik dengan orang Amerindian, melakukan hubungan baik di antara para penjelajah seperti Antoine de Marigny dan lainnya yang melanjutkan perdagangan melintasi Sungai Kansas, terutama pada saat tumpuan Sungai Missouri, anak sungai dari Sungai Mississippi.[25]

Pada tahun 1803, sebagian besar Kansas pada era modern didapatkan oleh Amerika Serikat sebagai bagian dari Pembelian Louisiana. Kansas Barat Daya, bagaimanapun juga, masih menjadi bagian dari Spanyol, Meksiko, dan Republik Texas sampai berakhirnya Perang Meksiko-Amerika pada tahun 1848, ketika tanah ini diserahkan ke Amerika Serikat. Dari tahun 1812 hingga tahun 1821, Kansas merupakan bagian dari Wilayah Missouri. Santa Fe Trail melintasi Kansas dari tahun 1821 hingga 1880, mengangkut barang-barang manufaktur dari Missouri dan barang perak dan bulu dari Santa Fe, New Mexico.

Pada tahun 1827, Fort Leavenworth menjadi pemukiman permanen pertama orang kulit putih Amerika di negara bagian pada masa depan.[26] Kansas–Nebraska Act menjadi undang-undang pada tanggal 30 Mei 1854, menetapkan Wilayah Nebraska dan Wilayah Kansas dan membuka wilayah tersebut untuk pemukiman yang lebih luas oleh orang kulit putih. Wilayah Kansas membentang sampai ke Continental Divide dan termasuk situs Denver, Colorado Springs, dan Pueblo saat ini.

Pemukiman non-militer pertama Euro-Amerika di Wilayah Kansas terdiri dari abolisionis dari Massachusetts dan Free-Staters lainnya yang mendirikan kota Lawrence dan berusaha menghentikan penyebaran perbudakan dari negara bagian tetangga Missouri.

Missouri dan Arkansas terus-menerus mengirim pemukim ke Wilayah Kansas di sepanjang perbatasan timurnya untuk mempengaruhi suara yang mendukung perbudakan sebelum dilakukannya pemilihan negara bagian Kansas. Secara langsung menjadi tanda Perang Saudara Amerika, pasukan tersebut berbenturan, memasuki pertempuran kecil dan konflik gerilya yang dijuluki sebagai Bleeding Kansas (Kansas Berdarah). Berbenturan tersebut diantaranya adalah insiden pembantaian Pottawatomie oleh John Brown pada tahun 1856.

Kansas diterima di Union sebagai negara bagian bebas pada 29 Januari 1861, menjadikan Kansas sebagai negara bagian ke-34 yang bergabung dengan Amerika Serikat. Pada saat penerimaan di Union, kekerasan di Kansas sebagian besar telah mereda, tetapi selama Perang Saudara, pada 21 Agustus 1863, William Quantrill memimpin beberapa ratus orang dalam serangan ke Lawrence yang menghancurkan sebagian besar kota dan membunuh hampir 200 orang. William Quantrill dikecam habis-habisan oleh militer Konfederasi konvensional dan partisan penjaga yang ditugaskan oleh legislatif Missouri. Permohonannya kepada badan untuk pemberian kuasa ditolak mentah-mentah karena catatan kriminalnya sebelum perang.[27]

Setelah Perang Saudara, banyak veteran membangun wisma di Kansas. Banyak orang Afrika-Amerika juga memandang Kansas sebagai tanah "John Brown" dan dipimpin oleh orang-orang pro negara bebas seperti Benjamin "Pap" Singleton, Sehingga banyak pemukim mulai mendirikan koloni kulit hitam di negara bagian tersebut. Pemukim mulai meninggalkan negara bagian selatan pada akhir 1870-an karena meningkatnya diskriminasi, mereka dikenal sebagai Exoduster.

Pada saat yang sama, ketika Jalur Chisholm dibuka, hal tersebut menandai dimulainya era Wild West di Kansas. Wild Bill Hickok adalah seorang deputi marshal di Fort Riley dan marshal di Hays dan Abilene. Dodge City merupakan kota koboi liar lainnya, dan Bat Masterson maupun Wyatt Earp bekerja sebagai penegak hukum di kota tersebut. Dalam satu tahun saja, delapan juta ekor lembu dari Texas naik dengan kereta di Kota Dodge menuju Timur, membuat Dodge mendapat julukan "Ratu Kota Lembu (Queen of the Cowtowns)".

Menanggapi tuntutan dari Methodis dan aliran Protestan evangelis lainnya, pada tahun 1881 Kansas menjadi negara bagian Amerika Serikat pertama yang mengadopsi amandemen konstitusi yang melarang semua minuman beralkohol, kemudian aturan tersebut dicabut pada tahun 1948.

Pada tahun 1922, pemilik hak pilih (suffragist) Ella Uphay Mowry menjadi calon gubernur wanita pertama di negara bagian Kansas, ketika dia mencalonkan diri sebagai "Mrs. W.D. Mowry." Dia kemudian menyatakan bahwa, "Seseorang harus menjadi perintis. Saya sangat percaya bahwa suatu hari seorang wanita akan duduk di kursi gubernur di Kansas."[28][29][30]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Great Plains Kansas.

Kansas berbatasan dengan Nebraska di utara; Missouri di sebelah timur; Oklahoma di selatan; dan Colorado di barat. Negara bagian Kansas dibagi menjadi 105 county dengan 628 kota, dengan county terbesar berdasarkan wilayahnya adalah Butler County.[31] Negara bagian Kansas terletak dalam jarak yang sama dari Samudera Pasifik dan Atlantik. Pusat geografis dari 48 negara bagian yang berbatasan berada di Smith County dekat Lebanon. Sampai tahun 1989, Meades Ranch Triangulation Station di Osborne County merupakan pusat geodetik Amerika Utara: titik referensi pusat untuk semua peta di Amerika Utara. Pusat geografis Kansas berada di Barton County. Kansas adalah salah satu dari enam negara bagian yang terletak di Frontier Strip.

Geologi[sunting | sunting sumber]

Kansas dilatarbelakangi oleh rentetan batuan sedimen mendatar yang dipping ke arah barat secara perlahan. Rentetan batuan Mississippian, Pennsylvanian, dan Permian muncul ke permukaan bumi negara bagian Kansas di bagian timur dan selatan. Bagian barat negara bagian Kansas memiliki paparan Kapur melalui sedimen Tersier yang belakangan diketahui berasal dari erosi Pegunungan Rocky yang terangkat menuju barat. Geologi Kansas dilatarbelakangi oleh sedimen tua Paleozoikum dan Mesozoikum yang berkorelasi baik dengan singkapan di timur. Penjuru timur laut negara bagian Kansas mengalami glasiasi kala waktu Pleistosen dan ditutupi oleh pergeseran glasial dan loess.

Topografi[sunting | sunting sumber]

Dua pertiga bagian barat negara bagian Kansas terletak di dataran Great Plain Amerika Serikat yang umumnya memiliki permukaan datar atau bergelombang, sedangkan sepertiga bagian timur memiliki banyak bukit dan hutan. Permukaan tanah secara bertahap naik dari timur ke barat; ketinggiannya berkisar dari 684 kaki (208 m) di sepanjang Sungai Verdigris pada Coffeyville di Montgomery County hingga 4.039 kaki (1.231 m) di Gunung Sunflower, 0,5 mil (0,80 kilometer) dari perbatasan Colorado di Wallace County. Secara relief topografi terjadi kesalahpahaman umum bahwa Kansas adalah negara bagian yang paling datar di negara Amerika Serikat—pada tahun 2003, sebuah penelitian yang terkenal menyatakan bahwa negara bagian itu "lebih datar daripada kue dadar".[32] Faktanya, Kansas memiliki relief topografi maksimum 3.360 kaki (1.020 m),[33] menjadikan Kansas sebagai negara bagian di Amerika Serikat terdatar di urutan ke-23 yang diukur dengan relief maksimum.[34]

Sungai[sunting | sunting sumber]

Spring River, Kansas

Sungai Missouri membentuk hampir 75 mil (121 km) perbatasan timur laut negara bagian Kansas. Sungai Kansas (secara lokal dikenal sebagai Kaw), dibentuk oleh persimpangan sungai Smoky Hill dan sungai Republican di kota yang sesuai namanya yaitu Junction City. Sungai kansas bergabung dengan Sungai Missouri di Kansas City setelah menempuh jarak 170 mi (270 km) melintasi timur laut dari negara bagian Kansas.

Sungai Arkansas (pengucapan bervariasi), yang mulai dari Colorado, mengalir dengan aliran yang berkelok hampir 500 mil (800 km) melintasi bagian barat dan selatan negara bagian Kansas. Sungai Arkansas dengan anak-anak sungainya, (Little Arkansas, Ninnescah, Walnut, Cow Creek, Cimarron, Verdigris, dan Neosho) membentuk sistem drainase selatan negara bagian Kansas.

Sungai Kansas lainnya adalah sungai Saline dan sungai Solomon, anak-anak sungai dari Smoky Hill River; Big Blue, Delaware, dan Wakarusa yang mengalir ke Sungai Kansas; dan Marais des Cygnes yang merupakan anak sungai Missouri. Sungai Spring terletak di antara Riverton dan Baxter Springs.

Taman nasional dan situs bersejarah[sunting | sunting sumber]

Kawasan yang dilindungi oleh Jawatan Taman Nasional (National Park Service) meliputi:[35]

Flora dan Fauna[sunting | sunting sumber]

Di Kansas, saat ini terdapat 238 spesies hewan langka dan 400 tumbuhan langka.[36] Diantaranya termasuk: Boechera laevigata, Virginia Rail, Cleft Ledge, Royal Fern, Turkey-tangle, Bobolink, Cave Salamander, Peregrine Falcon, dan Black-footed ferret.[37][38] Spesies hewan dan rumput yang umum dijumpai meliputi: Gagak, Rusa, Lesser prairie chicken, Tikus, Tikus tanah, Opossum, Anjing Padang Rumput, Rakun, Tripsacum dactyloides, Prairie Dropseed, Indian Grass, Little Bluestem, Switch Grass, Northern Sea Oats, Tussock Sedge, Sideoats Grama dan Big Bluestem.[39][40]

Iklim[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi iklim Köppen di Kansas, menggunakan variabel iklim normal dari tahun 1991-2020.
Awan di Kansas timur laut.
Gandum musim panas Kansas dan panorama badai.

Menurut klasifikasi iklim Köppen, iklim Kansas dapat dicirikan dalam tiga jenis: memiliki kontinental lembab, stepa semi-kering, dan subtropis lembab. Dua pertiga bagian timur negara bagian Kansas (terutama bagian timur laut) memiliki iklim kontinental yang lembab dengan musim dingin yang sejuk hingga dingin dan musim panas yang sering kali lembab. Sebagian besar curah hujan jatuh selama musim panas dan musim semi.

Sepertiga bagian barat negara bagian Kansas—dari kira-kira koridor U.S. Route 83 ke arah barat—memiliki iklim stepa semi-kering. Musim panas beriklim panas, seringkali bahkan menjadi sangat panas, dan umumnya kurang lembab. Musim dingin sangat mudah berubah antara hangat dan sangat dingin. Wilayah barat menerima rata-rata sekitar 16 inci (410 milimeter) presipitasi per tahun. Angin Chinook di musim dingin dapat menghangatkan Kansas barat sampai ke kisaran 80 derajat Fahrenheit (27 derajat Celcius).

Bagian selatan-tengah dan tenggara negara bagian Kansas yang jauh, termasuk wilayah Wichita, memiliki iklim subtropis yang lembab dengan musim panas yang panas dan lembab, musim dingin yang sedang dan menjadikannya lebih banyak presipitasi daripada di tempat lain di Kansas. Beberapa corak dari ketiga iklim dapat ditemukan di sebagian besar negara bagian Kansas, dengan masa kekeringan dan perubahan cuaca antara kering dan lembab bukan hal yang jarang terjadi, dan kedua-duanya antara hangat dan dingin terjadi di musim dingin.

Suhu di area antara U.S. Route 83 dan U.S. Route 81 serta bagian barat daya negara bagian Kansas sekitarnya dan selatan U.S. Route 50 mencapai 90 °F (32 °C) atau lebih pada hampir setiap hari di bulan Juni, Juli, dan Agustus. Kelembaban tinggi yang menunjukan peningkatan suhu ke yang lebih tinggi akan menyampaikan indeks panas ke wilayah yang mengancam jiwa, terutama di Wichita, Hutchinson, Salina, Russell, Hays, dan Great Bend. Suhu sering kali lebih tinggi di Dodge City, Garden City, dan Liberal, tetapi indeks panas di ketiga kota tersebut biasanya lebih rendah dari suhu udara sebenarnya.

Meskipun suhu 100 °F (38 °C) atau lebih tinggi tidak umum di wilayah timur U.S Route 81, namun akibat dari kelembaban yang lebih tinggi dan efek pulau bahang perkotaan menyebabkan sebagian besar hari musim panas menyebabkan indeks panas di wilayah perkotaan menjadi antara 107 °F (42 °C) dan 114 °F (46 °C), hal tersebut terjadi di Topeka, Lawrence, dan wilayah metropolitan Kansas City. Selama musim panas terjadi suhu rendah pada malam hari di bagian timur laut negara bagian Kansas, terutama di kota-kota besar yang disebutkan di atas yang berjuang untuk turun di bawah 80 °F (27 °C). Juga, jika di kombinasikan dengan kelembaban antara 85 dan 95 persen, indeks panas berbahaya dapat dialami setiap jam dalam sehari.

Presipitasi berkisar dari sekitar 47 inci (1.200 mm) setiap tahun di sudut tenggara negara bagian Kansas hingga sekitar 16 inci (410 mm) di barat daya. Curah salju berkisar dari sekitar 5 inci (130 mm) di pinggiran selatan, hingga 35 inci (890 mm) di ujung barat laut. Hari bebas embun beku berkisar lebih dari 200 hari di selatan, hingga 130 hari di barat laut. Dengan demikian, Kansas adalah negara bagian tercerah kesembilan atau kesepuluh di negara Amerika Serikat, tergantung pada sumber rujukan penelitian. Kansas Barat sama cerahnya dengan sebagian California dan Arizona.

Kansas rentan terhadap cuaca buruk, terutama di musim semi dan awal musim panas. Meskipun sinar matahari sering terjadi di sebagian besar negara bagian Kansas yang karena lokasinya di batas iklim yang rentan terhadap intrusi beberapa massa udara membuat negara bagian Kansas rentan terhadap badai petir yang kuat dan parah. Beberapa dari badai tersebut menjadi badai petir supercell; yang dapat menghasilkan beberapa tornado, kadang-kadang dengan kekuatan EF3 atau lebih tinggi. Kansas rata-rata terjadi lebih dari 50 tornado setiap tahun.[41] Badai petir yang parah terkadang juga menurunkan hujan es yang sangat besar di Kansas. Lebih jauh lagi, badai tersebut bahkan dapat membawa banjir bandang dan angin garis lurus yang merusak.

Menurut NOAA, suhu tertinggi sepanjang masa yang tercatat di Kansas adalah (121 °F atau 49,4 °C) pada 24 Juli 1936, dekat Alton di Osborne County, dan suhu terendah sepanjang masa adalah 40 °F (−40 ° C) pada 13 Februari 1905, dekat Lebanon di Smith County.

Rekor tinggi Kansas 121 °F (49,4 °C) setali dengan North Dakota dengan rekor tertinggi kelima di negara bagian Amerika, di urutan berikutnya yaitu California (134 °F atau 56,7 °C), Arizona (128 °F atau 53,3 °C) , Nevada (125 °F atau 51,7 °C), dan New Mexico (122 °F atau 50 °C).

Suhu normal tinggi dan rendah bulanan untuk berbagai kota Kansas (°F)[42]
Kota Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des
Concordia 36/17 43/22 54/31 64/41 74/52 85/62 91/67 88/66 80/56 68/44 51/30 40/21
Dodge City 41/19 48/24 57/31 67/41 76/52 87/62 93/67 91/66 82/56 70/44 55/30 44/22
Goodland 39/16 45/20 53/26 63/35 72/46 84/56 89/61 87/60 78/50 66/38 50/25 41/18
Topeka 37/17 44/23 55/33 66/43 75/53 84/63 89/68 88/65 80/56 69/44 53/32 41/22
Wichita 40/20 47/25 57/34 67/44 76/54 87/64 93/69 92/68 82/59 70/47 55/34 43/24

Demografi[sunting | sunting sumber]

United States Census Bureau memperkirakan bahwa populasi penduduk Kansas adalah 2.913.314 jiwa pada 1 Juli 2019, meningkat 2,11% sejak sensus Amerika Serikat 2010 dan terjadi peningkatan 58.387 jiwa atau 2,05% sejak 2010.[43] Demografi tersebut termasuk peningkatan alami sejak sensus terakhir 93.899 (246.484 kelahiran dikurangi 152.585 kematian) dan penurunan karena migrasi bersih 20.742 jiwa ke luar negara bagian Kansas. Imigrasi dari luar Amerika Serikat menghasilkan peningkatan bersih sebesar 44.847 orang, dan migrasi di dalam negeri menghasilkan penurunan bersih sebesar 65.589 orang.[44]

Kepadatan penduduk Kansas adalah 52,9 orang per mil persegi.[45] Pusat populasi Kansas terletak di Chase County pada 38°27′N 96°32′W / 38.450°N 96.533°W / 38.450; -96.533, kira-kira 3 mil (4,8 km) di utara daerah Strong City.[46]

Fokus pada pertanian berbasis biji-bijian yang efisien tenaga kerja—seperti pertanian gandum besar yang hanya membutuhkan satu atau beberapa orang dengan mesin besar untuk beroperasi, daripada pertanian sayuran yang membutuhkan banyak orang—menyebabkan berkurangnya populasi di daerah pedesaan di seluruh Kansas.[47]

Populasi historis
Sensus Pop.
1860107.206
1870364.399239,9%
1880996.096173,4%
18901.428.10843,4%
19001.470.4953,0%
19101.690.94915,0%
19201.769.2574,6%
19301.880.9996,3%
19401.801.028−4,3%
19501.905.2995,8%
19602.178.61114,3%
19702.246.5783,1%
19802.363.6795,2%
19902.477.5744,8%
20002.688.4188,5%
20102.853.1186,1%
1910–2020[48]

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Festival di Lindsborg, Kansas.

Menurut sensus Amerika Serikat 2020, susunan rasial populasi Kansas adalah:[49]

Perincian populasi etnis Kansas
Komposisi ras 1990[50] 2000[51] 2010[52] 2020[53]
Kulit putih Amerika 90.1% 86.1% 83.8% 75.6%
Kulit hitam 5.8% 5.8% 5.9% 5.7%
Asia Amerika 1.3% 1.7% 2.4% 2.9%
Amerika Asli 0.9% 0.9% 1.0% 1.1%
Hawaii asli dan

Penduduk Pasifik lainnya

0.1% 0.1%
Ras lainnya 2.0% 3.4% 3.9% 4.9%
Dua atau tiga lebih ras 2.1% 3.0% 9.5%

Pada tahun 2004, populasi Kansas terhitung terdapat 149.800 kelahiran asing (setara 5,5% dari populasi negara bagian Kansas). Sepuluh kelompok leluhur terbesar yang dilaporkan mencakup hampir 90% dari populasi kelahiran asing di negara bagian Kansas, diantaranya: Jerman (33,75%), Irlandia (14,4%), Inggris (14,1%), Amerika (7,5%), Prancis (4,4% ), Skotlandia (4,2%), Belanda (2,5%), Swedia (2,4%), Italia (1,8%), dan Polandia (1,5%).[54] Keturunan Jerman secara khusus ada di barat laut, sedangkan keturunan Inggris dan kulit putih Amerika dari negara lain secara khusus ada di tenggara.

Orang-orang Meksiko hadir di barat daya dan membentuk hampir setengah dari populasi di beberapa county. Banyak orang Afrika-Amerika di Kansas merupakan keturunan dari Exoduster, orang kulit hitam yang baru dibebaskan yang melarikan diri dari Selatan menuju tanah Kansas setelah Perang Saudara Amerika.

Peta kepadatan penduduk Kansas.

Pada tahun 2011, 35,0% populasi Kansas yang berumur dibawah 1 tahun termasuk kedalam kelompok minoritas (dengan kata lain, tidak memiliki kedua orang tua dari keturunan kulit putih non-Hispanik.[55]

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di Kansas dengan 91,3% populasi hanya berbicara bahasa Inggris di keluarga pada tahun 2000. 5,5% berbicara bahasa Spanyol, 0,7% berbicara bahasa Jerman, dan 0,4% berbicara bahasa Vietnam.[56]

Agama[sunting | sunting sumber]

Agama di Kansas (2014)[57]

  Protestanisme (57%)
  Tidak beragama (20%)
  Islam (1%)
  Agama Buddha (1%)
  Agama lainnya (2%)

Survei Pew Religious Landscape pada tahun 2014 menunjukkan susunan keagamaan orang dewasa di Kansas sebagai berikut:[57]

Kristen 76%
Protestan 57%
Protestan Evangelikan 31%
Protestan arus utama 24%
Protestan hitam 2%
Katolik 18%
Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir 1%
Saksi-Saksi Yehuwa 1%
Agama non-Kristen 4%
Yahudi < 1%
Muslim 1%
Buddha 1%
Hindu < 1%
Agama dunia lainnya < 1%
Keyakinan lain 2%
Tidak terafiliasi 20%
Atheis 2%
Agnostik 3%
Tidak didalam keanggotaan apapun 14%
Tidak tahu < 1%
Charles Sheldon, seorang pendeta, penduduk Topeka dan pencipta ungkapan "Apa yang akan Yesus lakukan?"

Pada 2010, Association of Religion Data Archives (ARDA) melaporkan bahwa Gereja Katolik memiliki jumlah penganut tertinggi di Kansas (pada 426.611), diikuti oleh United Methodist Church dengan 202.989 anggota, dan Southern Baptist Convention dengan laporan 99.329 penganut.[58]

Ibukota Kansas, Topeka, kadang-kadang disebut sebagai rumah bagi Pentakostalisme karena merupakan tampat Bethel Bible College milik Charles Fox Parham, tempat glossolalia pertama kali diklaim sebagai bukti pengalaman spiritual yang merujuk kepada pembaptisan Roh Kudus pada tahun 1901. Topeka juga merupakan rumah Pendeta Charles Sheldon, penulis buku In His Steps, dan merupakan tapak di mana pertanyaan "Apa yang akan Yesus lakukan?", ungkapan tersebut sebagai asal dari khotbah Sheldon di Central Congregational Church.

Kansas menjadi lokasi kedua dari komunitas Baha'i yang berada barat Mesir, ketika komunitas Baha'i di Enterprise, KS memulainya pada tahun 1897. Sejak awal itu, keyakinan agama Baha'i menyebar ke seluruh Kansas.[59]

Topeka juga merupakan rumah bagi Westboro Baptist Church, yang merupakan kelompok kebencian menurut Southern Poverty Law Center.[60][61][62] Gereja tersebut telah menjadi perhatian media di seluruh dunia karena protes di pemakaman prajurit dan wanita Amerika Serikat, seperti yang diklaim oleh anggota gereja tersebut bahwa hal tersebut "diperlukan untuk memberantas perjuangan kesetaraan bagi gay dan lesbian". Mereka terkadang berhasil mengajukan tuntutan hukum terhadap pemerintahan kota Topeka.

Permukiman[sunting | sunting sumber]

Kota dengan populasi minimal 15.000 jiwa
Kota Populasi Pertumbuhan rata-rata** Area metropolitan
1 Wichita 390,591 2.15% Wichita
2 Overland Park 191,278 10.33% Kansas City, MO-KS
3 Kansas City 152,938 4.91% Kansas City
4 Olathe 137,472 9.22% Kansas City
5 Topeka 126,587 −0.70% Topeka
6 Lawrence 96,892 10.55% Lawrence
7 Shawnee 65,513 5.31% Kansas City
8 Manhattan 54,832 4.88% Manhattan
9 Lenexa 53,553 11.13% Kansas City
10 Salina 46,994 −1.49%
11 Hutchinson 40,772 −3.11%
12 Leavenworth 36,210 2.72% Kansas City
13 Leawood 34,659 8.76% Kansas City
14 Dodge City 27,720 1.39%
15 Garden City 26,895 0.89%
16 Emporia 24,724 −0.77%
17 Derby 23,673 6.84% Wichita
18 Junction City 22,988 −1.56% Manhattan
19 Prairie Village 22,368 4.29% Kansas City
20 Gardner 21,583 12.86% Kansas City
21 Hays 20,845 1.63%
22 Pittsburg 20,216 −0.08%
23 Liberal 19,826 −3.41%
24 Newton 18,869 −1.37% Wichita
25 Great Bend 15,344 −4.07%
*Estimasi tahun 2017[63]

**Tingkat pertumbuhan tahun 2010–2017 ‡Didefinisikan sebagai area micropolitan

Kansas dikenal sebagai eksodus pedesaan (rural flight) selama beberapa dekade terakhir hal tersebut telah ditandai dengan pola migrasi keluar dari pedesaan ke kota. Dari semua kota di negara bagian Amerika Serikat Barat Tengah, 89% memiliki penduduk kurang dari 3.000 orang, dan ratusan di antaranya memiliki kurang dari 1.000. Di Kansas, ada lebih dari 6.000 kota hantu dan komunitas yang semakin berkurang,[64] menurut seorang sejarawan Kansas, Daniel C. Fitzgerald. Pada saat yang sama, beberapa komunitas di Johnson County (metropolitan Kansas City) memiliki pertumbuhan paling cepat di negara Amerika Serikat.

Kansas memiliki 627 kota yang mempersatukan. Menurut undang-undang negara bagian, kota-kota dibagi menjadi tiga kelas sebagaimana ditentukan oleh populasi yang diperoleh "dari sensus sensus enumerasi". Sebuah kota kelas ketiga memiliki populasi kurang dari 5.000, tetapi kota-kota yang mencapai populasi lebih dari 2.000 dapat disertifikasi sebagai kota kelas kedua. Kota kelas kedua terbatas pada kota-kota dengan populasi kurang dari 25.000, dan setelah mencapai populasi lebih dari 15.000, mereka dapat disertifikasi sebagai kota kelas pertama. Kota kelas satu dan dua tidak bergantung pada kota sipil mana pun dan tidak termasuk dalam wilayah kota sipil.

Data kelahiran[sunting | sunting sumber]

Catatan: Kelahiran dalam tabel tidak terjumlahkan, karena orang Hispanik dihitung berdasarkan etnis dan ras mereka sehingga memberikan penjumlahan keselurhan yang lebih tinggi.

Kelahiran Hidup menurut Ras/Etnisitas Tunggal dari Ibu
Ras 2013[65] 2014[66] 2015[67] 2016[68] 2017[69] 2018[70] 2019[71] 2020[72]
Kulit putih 34,178 (88.0%) 34,420 (87.7%) 34,251 (87.5%) ... ... ... ... ...
Kulit putih non-Hispanik 28,281 (72.8%) 28,504 (72.7%) 28,236 (72.1%) 26,935 (70.8%) 25,594 (70.1%) 25,323 (69.8%) 24,549 (69.4%) 23,663 (68.8%)
Kulit hitam 2,967 (7.6%) 3,097 (7.9%) 3,090 (7.9%) 2,543 (6.7%) 2,657 (7.3%) 2,575 (7.1%) 2,458 (6.9%) 2,412 (7.0%)
Asia 1,401 (3.6%) 1,359 (3.5%) 1,483 (3.8%) 1,299 (3.4%) 1,255 (3.4%) 1,228 (3.4%) 1,216 (3.4%) 1,146 (3.3%)
Indian Amerika 293 (0.7%) 347 (0.9%) 330 (0.8%) 173 (0.5%) 248 (0.7%) 217 (0.6%) 214 (0.6%) 162 (0.5%)
Hispanic (dari ras apapun) 6,143 (15.8%) 6,132 (15.6%) 6,300 (16.1%) 6,298 (16.5%) 5,963 (16.3%) 5,977 (16.5%) 6,071 (17.2%) 5,970 (17.4%)
Total Kansas 38,839 (100%) 39,223 (100%) 39,154 (100%) 38,053 (100%) 36,519 (100%) 36,261 (100%) 35,395 (100%) 34,376 (100%)
  • Sejak 2016, data kelahiran keturunan Hispanik kulit putih tidak dikumpulkan, tetapi dimasukkan dalam satu kelompok Hispanik; orang asal Hispanik dapat berasal dari ras apa pun.

Angka Harapan hidup[sunting | sunting sumber]

Penduduk Kansas memiliki angka harapan hidup mendekati rata-rata nasional Amerika Serikat. Pada tahun 2013, pria di Kansas rata-rata hidup berumur 76,6 tahun dibandingkan dengan rata-rata hidup nasional pria yang berumur 76,7 tahun dan perempuan di Kansas rata-rata hidup berumur 81,0 tahun dibandingkan dengan rata-rata hidup nasional perempuan yang berumur 81,5 tahun. Peningkatan harapan hidup antara tahun 1980 dan 2013 berada di bawah rata-rata nasional untuk pria dan mendekati rata-rata nasional untuk perempuan. Harapan hidup pria di Kansas antara tahun 1980 dan tahun 2014 meningkat rata-rata 5,2 tahun, dibandingkan dengan rata-rata nasional pria yang meningkat 6,7 tahun. Harapan hidup untuk wanita di Kansas antara tahun 1980 dan tahun 2014 meningkat 4,3 tahun, dibandingkan dengan rata-rata nasional wanita yang meningkat 4,0 tahun.[73]

Dengan menggunakan data 2017–2019 milik Robert Wood Johnson Foundation yang menghitung bahwa harapan hidup untuk wilayah Kansas berkisar antara 75,8 tahun untuk Wyandotte County hingga 81,7 tahun untuk Johnson County. Harapan hidup untuk negara bagian Kansas secara keseluruhan adalah 78,5 tahun.[74] Harapan hidup negara Amerika Serikat secara keseluruhan pada tahun 2019 adalah 78,8 tahun.[75]

Wilayah[sunting | sunting sumber]

Kansas Timur Laut[sunting | sunting sumber]

Pusat Kota Lawrence pada tahun 2018.
Gedung Kongres Kansas di Topeka.

Bagian timur laut negara bagian Kansas membentang dari perbatasan timur sampai Junction City dan dari perbatasan Nebraska sampai selatan Johnson County merupakan rumah bagi lebih dari 1,5 juta orang di Kansas City (bagian Kansas), Manhattan, Lawrence, dan wilayah metropolitan Topeka. Overland Park, sebuah kota muda yang didirikan pada tahun 1960, memiliki populasi terbesar dan luas daratan terbesar di Johnson county. Overland Park merupakan rumah bagi Johnson County Community College.

Olathe adalah Ibu kota county (county seat) dan tempat kediaman Johnson County Executive Airport. Kota Olathe, Shawnee, De Soto dan Gardner kurang lebih memiliki populasi dengan pertumbuhan tercepat di negara bagian ini. Kota Overland Park, Lenexa, Olathe, De Soto, dan Gardner juga terkenal karena terletak di sepanjang rute bekas Jalur Santa Fe. Di antara kota-kota dengan setidaknya seribu penduduk, Mission Hills memiliki pendapatan rata-rata tertinggi di negara bagian Kansas.

Beberapa institusi pendidikan tinggi berlokasi di Kansas Timur Laut diantaranya Universitas Baker (universitas tertua di negara bagian Kansas, didirikan pada tahun 1858 dan berafiliasi dengan United Methodist Church) di Baldwin City, Benedictine College (disponsori oleh St. Benedict's Abbey dan Mount St. Scholastica Monastery dan dibentuk dari penggabungan St. Benedict's College (1858) dan Mount St. Scholastica College (1923)) di Atchison, MidAmerica Nazarene University di Olathe, Ottawa University di Ottawa dan Overland Park, Kansas City Kansas Community College dan KU Medical Center di Kansas City, dan KU Edwards Campus di Overland Park. Kurang dari satu jam berkendara ke barat merupakan wilayah Lawrence yang merupakan tempat bagi University of Kansas, merupakan universitas negeri terbesar di negara bagian Kansas dan Haskell Indian Nations University.

Di sebelah utara merupakan Kansas City dengan luas tanah terbesar kedua di negara bagian Kansas, berisi lingkungan sejumlah etnis yang beragam. Daya tarik Kansas City diantaranya Kansas Speedway, Sporting Kansas City, Kansas City T-Bones, Schlitterbahn, dan pusat ritel dan hiburan The Legends at Village West. Di dekatnya terdapat pemukiman pertama Kansas yaitu Bonner Springs[76] merupakan rumah bagi beberapa daya tarik nasional dan regional termasuk Providence Medical Center Amphitheatre, National Agricultural Center and Hall of Fame, dan acara tahunan Kansas City Renaissance Festival. Lebih lanjut di Sungai Missouri, kota Lansing merupakan tempat dari penjara keamanan maksimum pertama di negara bagian Kansas. Leavenworth yang bersejarah, didirikan pada tahun 1854, adalah kota pertama yang didirikan di Kansas. Ibu kota Leavenworth yang bersejarah, didirikan pada tahun 1854 merupakan kota pertama yang didirikan di Kansas. Di utara kota, Fort Leavenworth merupakan pos Angkatan Darat aktif yang tertua di sebelah barat Sungai Mississippi. Kota Atchison adalah pusat komersial awal di negara bagian Kansas dan dikenal sebagai tempat kelahiran Amelia Earhart.

Di sebelah barat, hampir seperempat juta orang tinggal di wilayah metropolitan Topeka. Topeka adalah ibu kota negara bagian Kansas dan tempat bagi Universitas Washburn dan Institut Teknologi Washburn. Terbangun di persimpangan Sungai Kansas di sepanjang Oregon Trail yang lama, kota bersejarah Topeka memiliki beberapa tempat bersejarah yang terdaftar secara nasional. Lebih jauh ke barat di sepanjang Interstate 70 dan Sungai Kansas terdapat Junction City dengan bangunan-bangunan batu kapur dan bata bersejarahnya dan Fort Riley di dekatnya yang terkenal sebagai rumah bagi Divisi Infanteri 1 Angkatan Darat Amerika Serikat (dijuluki "the Big Red One"). Tidak jauh dari sana, kota Manhattan merupakan rumah bagi Kansas State University, universitas negeri terbesar kedua di negara bagian Kansas dan universitas hibah tanah tertua di negara Amerika serikat yang berdiri sejak tahun 1863. Di selatan kampus, Aggieville berdiri sejak tahun 1889 merupakan distrik perbelanjaan tertua di negara bagian Kansas dengan ciri rupanya.

Kansas Selatan Tengah[sunting | sunting sumber]

Wichita, kota terbesar di Kansas.

Di Kansas selatan-tengah, wilayah metropolitan Wichita merupakan rumah bagi lebih dari 600.000 orang.[77] Wichita adalah kota terbesar di negara bagian Kansas baik dari segi luas lahan dan populasi. 'The Air Capital' merupakan pusat manufaktur utama untuk industri pesawat terbang dan tempat bagi Wichita State University. Sebelumnya menjadi Wichita 'The Air Capital', Wachita merupakan kota ternak (cattletowns).[78] Dengan sejumlah tempat bersejarah yang terdaftar secara nasional, museum, dan tujuan hiburan lainnya, Wachita memiliki keinginan untuk menjadi kiblat budaya di Amerika Serikat Barat Tengah. Pertumbuhan populasi Wichita telah tumbuh dua digit dan pinggiran kota sekitarnya merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di negara bagian Kansas. Populasi Goddard telah tumbuh lebih dari 11% per tahun sejak tahun 2000.[79] Kota-kota lain yang berkembang pesat termasuk diantaranya Andover, Maize, Park City, Derby, dan Haysville.

Wichita adalah salah satu kota pertama yang menambahkan komisaris kota dan manajer kota dalam bentuk pemerintahannya.[78] Wichita juga merupakan tempat dari Kebun Binatang Sedgwick County Zoo yang diakui secara nasional.[78]

Hulu sungai (Sungai Arkansas) dari Wichita merupakan kota Hutchinson. Kota ini dibangun di atas salah satu deposit garam terbesar di dunia (yang nantinya akan membentuk perusahaan Strataca), dan memiliki lift gandum terbesar dan terpanjang di dunia. Hutchinson merupakan rumah dari Kansas Cosmosphere and Space Center, Prairie Dunes Country Club dan Kansas State Fair. Di utara Wichita di sepanjang Interstate 135 adalah kota Newton, bekas terminal barat Santa Fe Railroad dan jalur pendakian Chisholm Trail yang terkenal. Di sebelah tenggara Wichita merupakan kota Winfield dan Arkansas City dengan arsitektur bersejarahnya dan Cherokee Strip Museum (di Ark City). Kota Udall merupakan situs dari tornado paling mematikan di Kansas pada 25 Mei 1955; tornado tersebut membunuh 80 orang di dalam dan dekat kota.[80]

Kansas Tenggara[sunting | sunting sumber]

Memorial Veteran Pittsburg State University.

Kansas Tenggara memiliki sejarah yang unik dengan sejumlah tempat bersejarah yang terdaftar secara nasional di wilayah pertambangan batu bara. Terletak di Crawford County (dijuluki Fried Chicken Capital of Kansas), Pittsburg adalah kota terbesar di wilayah ini dan tempat bagi Pittsburg State University. Kota tetangga yaitu Frontenac pada tahun 1888 merupakan lokasi bencana tambang terburuk di negara bagian Kansas, di mana ledakan bawah tanah menewaskan 47 penambang. "Big Brutus" yang merupakan sekop elektrik terletak 1,5 mil (2,4 km) di luar kota West Mineral. Sekitar benteng yang dipugar, Fort Scott yang bersejarah memiliki pemakaman nasional yang ditunjuk oleh Presiden Lincoln pada tahun 1862. Wilayah ini juga berbagi penayangan pasar media yang sama dengan Joplin, Missouri, sebuah kota di Missouri Barat Daya.

Kansas Tengah dan Utara-Tengah[sunting | sunting sumber]

Salina adalah kota terbesar di Kansas tengah dan utara-tengah. Selatan Salina merupakan kota kecil Lindsborg dengan banyak kuda dalecarlian. Sebagian besar arsitektur dan dekorasi kota Salina memiliki gaya khas Swedia. Di sebelah timur di sepanjang Interstate 70, terdapat kota bersejarah Abilene sebelumnya merupakan perintisan untuk Jalur Chisholm dan merupakan rumah masa kecil Presiden Dwight D. Eisenhower, dan merupakan situs Perpustakaan Kepresidenan dan makam mantan presiden Eisenhower, Ibu Negara dan anak laki-lakinya yang meninggal saat masih bayi. Di sebelah barat merupakan wilayah Lucas, merupakan Grassroots Art Capital of Kansas (Ibukota Seni Akar Rumput Kansas).

Lahan Pertanian dan Great Plains di Kansas tengah.

Kansas Barat Laut[sunting | sunting sumber]

Milky Way over Monument Rocks, Kansas, USA
Monument Rocks Kansas pada malam hari.
Cathedral of the Plains, Roman Catholic Church Minor Basilica.

Ke arah barat di sepanjang Interstate terdapat kota Russell yang secara tradisional merupakan awal dari wilayah Kansas barat laut yang berpenduduk sedikit, kota Russell merupakan basis mantan Senator Amerika Serikat Bob Dole dan rumah masa kecil Senator Amerika Serikat Arlen Spectre. Kota Hays merupakan rumah bagi Fort Hays State University dan Sternberg Museum of Natural History dan merupakan kota terbesar di Kansas barat laut dengan populasi sekitar 20.001.

Dua landmark lainnya dari Kansas barat laut terletak di kota-kota kecil di Ellis County: "Cathedral of the Plains" terletak 10 mil (16 km) timur kota Hays di Victoria, dan rumah masa kecil Walter Chrysler berada di 15 mil (24 km) barat Hays di Ellis. Di sebelah barat Hays, populasi menurun drastis, bahkan di daerah sepanjang I-70, hanya dua kota yang berpenduduk lebih dari 4.000: Colby dan Goodland, yang terletak 35 mil (56 km) terpisah dari sepanjang I-70.

Kansas Barat Daya[sunting | sunting sumber]

Dodge City, yang terkenal dengan keseharian penggembalaan ternak di akhir abad ke-19, Dodge City dibangun di sepanjang rute Santa Fe Trail yang lama. Ladang angin pertama di negara bagian Kansas dibangun di sebelah timur Montezuma. Garden City memiliki Kebun Binatang Lee Richardson Zoo. Pada tahun 1992, gerakan separatis yang berumur pendek menganjurkan pemisahan beberapa county di Kansas barat daya.[81]

Sekitar negara bagian Kansas[sunting | sunting sumber]

Gove County Badlands.

Terletak di tengah antara Kansas City, Topeka, dan Wichita yaitu pada jantung Wilayah Bluestem di Flint Hills, kota Emporia memiliki beberapa tempat bersejarah yang terdaftar secara nasional dan merupakan tempat bagi Emporia State University, yang terkenal dengan Teachers College. Emporia juga merupakan rumah dari wartawan William Allen White.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Total Pekerjaan di wilayah metropolitan Negara Bagian Kansas dengan total Pekerjaan Non-pertanian pada tahun 2016[82]

Total Jumlah perusahaan pemberi kerja pada tahun 2016: 74.884[84]

Bureau of Economic Analysis memperkirakan bahwa total produk domestik bruto Kansas pada tahun 2014 adalah US$140,964 miliar.[85] Pada tahun 2015, tingkat pertumbuhan pekerjaan adalah 0,8%, menjadi diantara yang tingkat terendah di Amerika Serikat dengan hanya "10.900 total pekerjaan nonpertanian" di tahun 2014.[86] Menurut laporan Kansas Department of Labor's tahun 2016, upah tahunan rata-rata adalah $42.930 pada tahun 2015.[87] Pada April 2016, tingkat pengangguran negara bagian Kansas adalah 4,2%.[88]

Negara Bagian Kansas mengalami kekurangan anggaran $350 juta pada Februari 2017.[89] Pada Februari 2017, S&P menurunkan peringkat kredit Kansas menjadi AA-[90]

Hampir 90% dari tanah Kansas dikhususkan untuk pertanian.[47] Hasil pertanian negara adalah lembu, domba, gandum, sorgum, kedelai, kapas, babi, jagung, dan garam. Pada 2018, terdapat 59.600 pertanian di Kansas, 86 (0,14%) di antaranya adalah pertanian organik bersertifikat.[47] Rata-rata luas pertanian di negara bagian Kansas sekitar 770 acre (lebih dari satu mil persegi) dan pada tahun 2016, biaya rata-rata menjalankan pertanian adalah $300.000.[47]

Sejauh ini, tanaman pertanian yang paling signifikan di negara bagian Kansas adalah gandum. Kansas Timur bagian Corn Belt merupakan area produksi biji-bijian utama di Amerika Serikat bagian tengah. Sekitar 40% dari semua gandum musim dingin di Amerika Serikat ditanam di Kansas.[47] Kira-kira 95% gandum yang ditanam di negara bagian Kansas adalah gandum merah musim dingin yang keras. Selama 2016, petani gandum yang menanam bertani secara konvensional mencapai 8,2 juta hektar dan memanen rata-rata 57 gantang gandum per hektar.[47]

Hasil industri Kansas berupa peralatan transportasi, pesawat komersial dan pribadi, pengolahan makanan, penerbitan, produk kimia, mesin, pakaian jadi, minyak bumi, dan pertambangan.

Perekonomian negara bagian Kansas juga sangat dipengaruhi oleh industri kedirgantaraan. Beberapa perusahaan pesawat besar memiliki fasilitas manufaktur di Wichita dan Kansas City, termasuk diantaranya Spirit AeroSystems, Bombardier Aerospace (LearJet), dan Textron Aviation (penggabungan antara merek Cessna, Hawker, dan Beechcraft sebelumnya). Boeing mengakhiri sejarah manufaktur selama puluhan tahun di Kansas antara 2012 dan 2013.

Perusahaan besar yang berkantor pusat di Kansas termasuk diantaranya Garmin (Olathe), YRC Worldwide (Overland Park), Payless Shoes (kantor pusat nasional dan fasilitas distribusi utama di Topeka), dan Koch Industries (dengan kantor pusat nasional di Wichita), dan Coleman (kantor pusat di Wichita).

Kansas juga merupakan rumah bagi tiga instalasi militer utama: Fort Leavenworth (Angkatan Darat), Fort Riley (Tentara), dan Pangkalan Angkatan Udara McConnell (Angkatan Udara). Sekitar 25.000 tentara dan penerbang bertugas aktif ditempatkan di pangkalan-pangkalan tersebut yang juga mempekerjakan sekitar 8.000 pegawai sipil DoD (Departement of Defence). US Army Reserve juga memiliki 451st Expeditionary Sustainment Command yang bermarkas di Wichita yang melayani pasukan cadangan dan unit mereka dari seluruh wilayah. Kansas Air National Guard memiliki unit di Forbes Field, Topeka dan 184th Intelligence Wing di Wichita. Smoky Hill Weapons Range merupakan sebuah detasemen dari Intelligence Wing, merupakan salah satu tempat pengeboman terbesar dan tersibuk di negara Amerika Serikat. Selama Perang Dunia II, Kansas adalah tempat bagi banyak bidang pelatihan Korps Udara Angkatan Darat untuk melatih pilot dan awak pesawat baru. Banyak dari lapangan terbang tersebut tetap beroperasi sampai saat ini sebagai bandara kota.

Energi[sunting | sunting sumber]

Kansas memiliki sumber daya terbarukan yang luas dan merupakan produsen energi angin teratas di Amerika Serikat dengan kapasitas yang terpasang sekitar 6.100 Megawatt (MW) dari hampir terdapat 3.200 turbin angin pada tahun 2019. Angin menghasilkan bagian terbesar pemasukan listrik dari negara bagian Kansas sekitar 41%. Tambahan kapasitas 700 MW dijadwalkan beroperasi pada tahun 2020. Kansas juga merupakan produsen nasional terkemuka etanol terbarukan dan bahan bakar biodiesel dengan kapasitas hampir 600 juta galon per tahun.[91]

Kansas berada di peringkat kedelapan dalam ekstraksi minyak bumi Amerika Serikat. Produksi terus mengalami penurunan karena cadangan ekonomis bumi bagian negara Kansas yang terbatas terutama dari Anadarko Basin semakin menipis. Sejak harga minyak mencapai titik terendah pada tahun 1999, produksi minyak di Kansas tetap cukup konstan, dengan tingkat bulanan rata-rata sekitar 2,8 juta barel (450.000 meter kubik) pada tahun 2004. Harga yang lebih tinggi baru-baru ini telah membuat penangkapan karbon dioksida dan teknik pembaruan minyak lainnya lebih menguntungkan secara ekonomis.

Kansas juga menduduki peringkat kedelapan dalam produksi gas alam Amerika Serikat. Produksi terus menurun sejak pertengahan 1990-an dengan penipisan bertahap Hugoton Gas Field—ladang gas terbesar di negara bagian Kansas yang meluas hingga Oklahoma dan Texas. Pada tahun 2004, terjadi penurunan yang lebih lambat di ladang gas Hugoton dan peningkatan produksi coalbed methane yang berkontribusi pada penurunan secara keseluruhan yang lebih lambat. Produksi bulanan rata-rata lebih dari 32 miliar kaki kubik (0,91 kilometer kubik).

Pajak[sunting | sunting sumber]

Pajak dikumpulkan oleh Kansas Department of Revenue.

Kekurangan pendapatan terjadi akibat pengumpulan pajak yang lebih rendah daripada yang diharapkan dan pertumbuhan pendapatan pribadi yang lebih lambat setelah pengurangan pajak permanen tahun 1998, hal tersebut berkontribusi pada pertumbuhan substansial dalam tingkat utang negara bagian Kansas karena bonded debt yang meningkat dari $1,16 miliar pada tahun 1998 menjadi $3,83 miliar pada tahun 2006. Beberapa peningkatan utang diharapkan terjadi karena negara melanjutkan Program Transportasi Komprehensif 10 tahun yang diberlakukan pada tahun 1999.

Pada tahun 2003, Kansas memiliki tiga kategori pendapatan untuk perhitungan pajak penghasilan, mulai dari 3,5% hingga 6,45%.

Pajak penjualan negara bagian di Kansas sebesar 6,15%. Berbagai kota dan county di Kansas memiliki pajak penjualan lokal tambahan. Kecuali selama resesi tahun 2001 (Maret-November 2001), ketika pengumpulan pajak penjualan bulanan pipih, pemungutan cenderung lebih tinggi karena ekonomi telah tumbuh dan dua kenaikan tarif telah diberlakukan. Jika tidak ada perubahan dalam tarif pajak penjualan atau dalam perekonomian, total pengumpulan pajak penjualan untuk tahun 2003 akan menjadi $1.797 juta, dibandingkan dengan $805.3 juta pada tahun 1990. Namun, pajak penjualan malah berjumlah $1.630 juta dengan pengurangan yang disesuaikan dengan inflasi sebesar 10%. Pajak penjualan negara bagian Kansas adalah pajak yang berbasis tempat tujuan (destination-based tax), artinya pajak tunggal diterapkan untuk mencakup pajak negara bagian Kansas, county, dan lokal, dan tarifnya didasarkan pada tempat konsumen mengambil barang atau jasa. Berkat struktur pajak berbasis tujuan dan dengan banyak distrik menerapkan pajak khusus lokal, Kansas memiliki 920 tarif pajak penjualan terpisah mulai dari 6,5% hingga 11,5%. Skema pajak tersebut dikenal sebagai "Pajak Penjualan yang Disederhanakan" diadopsi pada 1 Oktober 2005, di bawah pemerintahan Kathleen Sebelius. Toko kebutuhan sehari-hari dikenakan pajak penjualan di negara bagian Kansas. Semua pajak penjualan yang dikumpulkan dan disetorkan ke departemen pendapatan negara bagian Kansas, dan pajak daerah kemudian didistribusikan ke berbagai agen perpajakan.

Pada Juni 2004, Moody's Investors Service memberi peringkat ke-14 negara bagian Kansas untuk utang bersih per kapita yang didukung pajak. Sebagai persentase dari pendapatan pribadi, Kansas berada di 3,8% — di atas nilai median 2,5% untuk semua negara bagian yang dinilai dan telah meningkat dari nilainya yang kurang dari 1% pada tahun 1992. Negara memiliki persyaratan undang-undang untuk memelihara cadangan kas setidaknya 7,5% dari pengeluaran pada setiap akhir tahun fiskal; namun, anggota parlemen dapat memilih untuk mengesampingkan aturan tersebut, dan melakukannya selama adanya kesepakatan anggaran terbaru.

Selama kampanyenya untuk pemilihan 2010, Gubernur Sam Brownback menyerukan "penghapusan pajak penghasilan Kansas" sepenuhnya.[92] Pada Mei 2012, Gubernur Brownback menandatangani Kansas Senate Bill Substitute HB 2117.[93] Mulai tahun 2013 terjadi "perombakan pajak yang ambisius" dengan memangkas pajak penghasilan, menghilangkan beberapa pajak perusahaan, dan menciptakan pembebasan pajak penghasilan, ia menaikkan pajak penjualan sebesar satu persen untuk mengimbangi kerugian pendapatan negara, tetapi hal tersebut tidak cukup untuk menambal kerugian negara.[94] Brownback melakukan pemotongan dana untuk pendidikan dan beberapa layanan negara untuk mengimbangi pendapatan yang hilang. Pemotongan pajak menyebabkan kekurangan anggaran selama bertahun-tahun, yang berpuncak pada kekurangan anggaran $350 juta pada Februari 2017. Dari 2013 hingga 2017, 300.000 bisnis dianggap sebagai entitas pendapatan pass-through dan diuntungkan dari pembebasan pajak. Reformasi pajak "mendorong puluhan ribu orang Kansan untuk mengklaim upah dan gaji mereka sebagai pendapatan dari bisnis daripada pendapatan dari pekerjaannya."[89]

Pertumbuhan ekonomi yang diantisipasi Brownback tidak pernah terwujud. Brownback berpendapat bahwa hal tersebut terjadi karena "harga gandum dan minyak yang rendah dan penurunan penjualan pesawat".[92] Beban utang dana umum negara bagian Kansas adalah $83 juta pada tahun fiskal 2010 dan pada tahun fiskal 2017 beban utang mencapai $179 juta.[95] Pada tahun 2016, Gubernur Brownback mendapatkan gelar "gubernur paling tidak populer di Amerika Serikat". Hanya 26 persen pemilih Kansas yang menyetujui kinerja pekerjaannya, dibandingkan dengan 65 persen yang mengatakan tidak.[96] Pada musim panas 2016 S&P Global Ratings menurunkan peringkat kredit Kansas.[90] Pada Februari 2017, S&P menurunkan peringkat Kansas menjadi AA-.[90]

Pada Februari 2017, koalisi bi-partisan mengajukan rancangan undang-undang yang akan mencabut pembebasan pendapatan pass-through dalam rangka mengatur ulang "ketentuan paling penting dari perombakan Brownback" dan menaikkan pajak untuk menutupi kekurangan anggaran. Brownback memveto rancangan undang-undang tersebut tetapi "45 legislator GOP (Grand Old Party/ Partai Republik) telah memberikan suara mendukung kenaikan tersebut, sementara 40 memilih untuk mendukung veto gubernur."[89] Pada 6 Juni 2017, koalisi Partai Demokrat dan Partai Republik yang baru terpilih mengesampingkan veto [Brownback] dan menerapkan kenaikan pajak ke tingkat yang mendekati kenaikan sebelum tahun 2013.[92] Perombakan pajak oleh Brownback dijelaskan dalam artikel bulan Juni 2017 di The Atlantic sebagai "eksperimen paling agresif dalam kebijakan ekonomi konservatif" di Amerika Serikat.[92] Pemotongan pajak yang drastis telah "mengancam kelangsungan sekolah dan infrastruktur" di Kansas.[92]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Jalan raya[sunting | sunting sumber]

Kansas dilayani oleh dua jalan raya antar negara bagian (interstate highways) dengan satu jalur lingkar, dua rute pacu, dan tiga jalan elak/pintas, dengan total lebih dari 874 mil (1.407 km). Bagian pertama jalan raya (interstate) di negara bagian Kansas dibuka di Interstate 70 (I-70) di sebelah barat Topeka pada 14 November 1956.[97]

I-70 merupakan rute utama timur-barat yang menghubungkan ke Denver, Colorado dan Kansas City, Missouri. Kota-kota di sepanjang rute ini (dari barat ke timur) termasuk diantaranya Colby, Hays, Salina, Junction City, Topeka, Lawrence, Bonner Springs, dan Kansas City.

I-35 merupakan rute utama utara-selatan yang menghubungkan ke Oklahoma City, Oklahoma dan Des Moines, Iowa. Kota-kota di sepanjang rute ini (dari selatan ke utara) termasuk Wichita, El Dorado, Emporia, Ottawa, dan Kansas City (dan pinggiran kota).

Rute pacu berfungsi sebagai koneksi antara dua rute utama. I-135 yang merupakan rute utara-selatan menghubungkan I-35 di Wichita ke I-70 di Salina. I-335 yang merupakan rute barat daya-timur laut menghubungkan I-35 di Emporia ke I-70 di Topeka. I-335 dan sebagian dari I-35 dan I-70 membentuk Kansas Turnpike. Jalan pintas termasuk diantaranya berada di I-470 di sekitar Topeka, I-235 di sekitar Wichita, dan I-670 di pusat kota Kansas City. I-435 merupakan jalur lingkar di sekitar wilayah metropolitan Kansas City sementara I-635 jalan pintas melewati Kansas City.

U.S Route 69 (US-69) melintas dari selatan ke utara, dari Oklahoma ke Missouri. Jalan raya U.S Route 69 melewati bagian timur Kansas, melewati Baxter Springs, Pittsburg, Frontenac, Fort Scott, Louisburg, dan area Kansas City.

Kansas juga memiliki sistem jalan raya negara bagian terbesar ketiga di negara Amerika Serikat setelah Texas dan California. Hal ini karena tingginya jumlah county dan Ibukota county ̈(county seat) yang berjumlah 105 dan penjalinan diantara county dan Ibukota county.

Pada Januari 2004, Kansas Department of Transportation (KDOT) mengumumkan layanan informasi perjalanan Kansas yang baru di nomor 5-1-1.[98] Dengan menghubungi nomor 5-1-1, penelepon akan mendapatkan akses ke informasi tentang kondisi jalan, konstruksi, penutupan, jalan memutar dan kondisi cuaca untuk sistem jalan raya negara bagian Kansas. Informasi cuaca dan kondisi jalan diperbarui setiap 15 menit.

Jalan Raya Antar Negara Bagian[sunting | sunting sumber]

U.S. Routes[sunting | sunting sumber]

Penerbangan[sunting | sunting sumber]

Satu-satunya bandara komersial (Kelas C) utama negara bagian Kansas adalah Bandara Nasional Wichita Dwight D. Eisenhower yang terletak di sepanjang US-54 di tepi barat kota Wichita. Bandara Regional Manhattan di Manhattan menawarkan penerbangan harian ke Bandara Internasional Dallas/Fort Worth dan Bandara Internasional O'Hare Chicago, menjadikan Bandara Regional Manhattan sebagai bandara komersial terbesar kedua di negara bagian Kansas.[99] Sebagian besar pelancong via udara di Kansas timur laut terbang keluar dari Bandara Internasional Kansas City yang terletak di Platte County, Missouri, serta Bandara Regional Topeka di ibu kota negara bagian Kansas.

Di bagian tenggara negara bagian Kansas, orang sering menggunakan Bandara Internasional Tulsa di Tulsa, Oklahoma atau Bandara Regional Joplin di Joplin, Missouri. Bagi mereka yang berada di bagian paling barat negara bagian Kansas, Bandara Internasional Denver merupakan pilihan yang populer. Penerbangan lanjutan juga tersedia dari bandara di Kansas yang lebih kecil di Dodge City, Garden City, Hays, Hutchinson, Liberal, atau Salina.

Di seluruh negara bagian terdapat bandara regional dan kota yang lebih kecil, termasuk Bandara Kota Lawrence yang menampung banyak pesawat untuk kota Lawrence dan University of Kansas, terdapat pula Bandara Miami County, Bandara Wamego, Bandara Kota Osage City yang merupakan markas besar Skydive Kansas, Bandara Regional Garden City, Bandara Regional Manhattan, dan Bandara Regional Dodge City.

Rel[sunting | sunting sumber]

Rute Southwest Chief milik Amtrak yang melintasi negara bagian Kansas dalam rute dari Chicago ke Los Angeles. Perhentian di negara bagian Kansas berada di Lawrence, Topeka, Newton, Hutchinson, Dodge City, dan Garden City.[100] Bus Thruway Motorcoach milik Amtrak menghubungkan Newton dan Wichita ke Heartland Flyer di Oklahoma City, Oklahoma.[101] Amtrak mengusulkan untuk memodifikasi Southwest Chief sebagai kereta api penumpang langsung, sehingga mengakhiri tujuan Dodge City, Garden City dan tujuan menuju barat. Rencana tersebut mengehendaki untuk memperpendek rute ke Los Angeles dan ke Albuquerque. Bus Thruway akan menggantikan kereta di rute antara Albuquerque dan Dodge City, lalu layanan kereta timur ke Chicago akan dilanjutkan.[102]

Kansas dilayani oleh empat jalur kereta api Kelas I yaitu Amtrak, BNSF, Kansas City Southern, dan Union Pacific, serta banyak jalur kereta api jalur pendek.[103]

Hukum dan pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Politik negara bagian Kansas dan politik lokal[sunting | sunting sumber]

Cabang eksekutif: Cabang eksekutif terdiri dari satu pejabat dan lima pejabat terpilih. Gubernur dan wakil gubernur dipilih sepasang/tiket yang sama. Jaksa agung, sekretaris negara, bendahara negara, dan komisaris asuransi negara masing-masing dipilih secara terpisah.

Cabang legislatif: Badan Legislatif Kansas menerapkan sistem bikameral terdiri dari Dewan Perwakilan Kansas dengan 125 anggota yang menjabat selama dua tahun, dan Senat Kansas dengan 40 anggota yang menjabat selama empat tahun.

Cabang yudisial: Cabang yudisial dari pemerintah negara bagian Kansas dipimpin oleh Mahkamah Agung Kansas. Pengadilan memiliki tujuh hakim. Ketika ada kekosongan dalam kursi hakim, maka Gubernur memilih salah satu dari tiga calon yang dipilih oleh Komisi Pencalonan Mahkamah Agung Kansas yang beranggotakan sembilan orang. Komisi Pencalonan Mahkamah Agung terdiri dari lima advokat Kansas yang dipilih oleh advokat Kansas lainnya dan empat anggota yang lainnya dipilih oleh gubernur.

Budaya politik[sunting | sunting sumber]

Sejak 1930-an, Kansas tetap menjadi salah satu negara bagian yang paling konservatif secara sosial di negara Amerika Serikat. Pada dekade 1990-an, Kansas membawa kekalahan menonjol bagi Demokrat, termasuk diantaranya kekalahan Dan Glickman, dan keputusan Kansas State Board of Education tahun 1999 untuk menghilangkan pengetahuan evolusi dari standar pengajaran negara bagian Kansas, namun keputusan tersebut akhirnya dibalikkan.[104] Pada tahun 2005, para pemilih menerima amandemen konstitusi untuk melarang pernikahan sesama jenis. Tahun berikutnya, negara bagian Kansas mengeluarkan undang-undang yang menetapkan usia minimum untuk menikah adalah 15 tahun.[105] Jalan Kansas menuju negara Republik yang kokoh telah dijelaskan oleh jurnalis dan sejarawan Thomas Frank dalam bukunya tahun 2004 berjudul What's the Matter with Kansas?.

Politik negara bagian Kansas abad ke-20[sunting | sunting sumber]

Kansas adalah negara bagian pertama yang melembagakan sistem kompensasi pekerja (1910) dan mengatur industri sekuritas (1911). Kansas juga mengizinkan hak pilih perempuan pada tahun 1912, hampir satu dekade sebelum konstitusi federal diubah untuk mewajibkan[106] hak pilih di semua negara bagian, hal tersebut tidak akan dijamin sampai ratifikasi Amandemen ke-19 terhadap Konstitusi Amerika Serikat pada tahun 1920.

Model pemerintahan dewan–pengelola diadopsi oleh banyak kota Kansas yang lebih besar pada tahun-tahun setelah Perang Dunia I, sementara banyak kota Amerika Serikat dijalankan oleh mesin politik atau kejahatan terorganisir, terutama seperti Pendergast Machine yang berdekatan dengan Kansas City, Missouri. Kansas juga menjadi pusat perselisihan Brown v. Board of Education of Topeka, keputusan Mahkamah Agung 1954 yang melarang sekolah yang dipisahkan secara rasial di seluruh Amerika Serikat, hal tersebut menjadi populer meskipun banyak penduduk Kansas menentang keputusan tersebut, dan itu menyebabkan protes di Topeka setelah putusan dari Mahkamah Agung.[107]

Negara bagian Kansas yang mendukung Calon Presiden Partai Republik Wendell Willkie pada tahun 1940 dan Thomas E. Dewey pada tahun 1944, secara beruntun memecahkan peringkat dalam mayoritas suara di negara bagian Kansas dalam pemilihan presiden Franklin D. Roosevelt. Kansas juga mayoritas mendukung Dewey pada tahun 1948 meskipun presiden petahana Harry S. Truman berasal dari Independence, Missouri, sekitar 24 km sebelah timur dari batas negara bagian Kansas–Missouri. Sejak Roosevelt didukung mayoritas suara Kansas pada tahun 1932, hanya satu orang dari Demokrat yang memenangkan suara elektoral Kansas sejak saat itu yaitu Lyndon B. Johnson pada tahun 1964.

Politik negara bagian Kansas abad ke-21[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008, Gubernur Kathleen Sebelius dari Partai Demokrat memveto izin untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara baru di Kansas, dengan mengatakan: "Kita tahu bahwa gas rumah kaca berkontribusi terhadap perubahan iklim. Sebagai negara pertanian, Kansas sangat rentan. Oleh karena itu, mengurangi kepentingan polutan negara bagian Kansas kita, tidak hanya dalam jangka pendek—tetapi juga untuk generasi Kansan yang akan datang."[108] Namun, tak lama setelah Mark Parkinson menjadi gubernur Kansas pada tahun 2009 dan setelah pengunduran diri Sebelius menjadi Sekretaris Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat, Parkinson mengumumkan rencana kompromi untuk mengizinkan pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara.

Pada 2010, Sam Brownback dari Partai Republik terpilih sebagai gubernur dengan 63 persen suara negara bagian Kansas, Brownback dilantik sebagai gubernur pada tahun 2011, menjadikan gubernur Partai Republik pertama Kansas dalam delapan tahun terakhir sejak 2010. Brownback telah membuktikan dirinya sebagai anggota konservatif Senat Amerika Serikat di tahun-tahun sebelumnya, tetapi membuat beberapa keputusan kontroversial setelah menjadi gubernur, sehingga mengarah ke peringkat persetujuan Brownback diangka 23% di antara pemilih terdaftar - terendah dari gubernur mana pun di Amerika Serikat.[109] Pada Mei 2011, karena banyak oposisi dari para pemimpin seni dan penggemar seni di negara bagian Kansas, Brownback menghapuskan Kansas Arts Commission, menjadikan Kansas sebagai negara bagian pertama yang tidak memiliki agensi seni.[110] Pada Juli 2011, Brownback mengumumkan rencana untuk menutup Kansas Department of Social and Rehabilitation Services cabang Lawrence, tujuan dari tindakan penghapusan tersebut untuk penghematan biaya. Ratusan orang berunjuk rasa menentang keputusan tersebut.[111] Lawrence City Commission kemudian memilih untuk menyediakan dana yang dibutuhkan untuk menjaga cabang tetap buka.[112]

Laura Kelly dari Partai Demokrat mengalahkan mantan Secretary of State of Kansas Kris Kobach dalam pemilihan Gubernur kansas 2018 dengan 48,0% suara.[113][114]

Dalam sebuah studi tahun 2020, Kansas menduduki peringkat ke-13 sebagau negara bagian yang paling sulit bagi warga untuk memilih.[115]

Politik nasional[sunting | sunting sumber]

Delegasi negara bagian Kansas ke Kongres Amerika Serikat yang sekarang diantaranya Senator Republik Jerry Moran dari Manhattan, dan Roger Marshall dari Great Bend. Di Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat, Kansas diwakili oleh perwakilan dari Partai Republik yaitu Tracey Mann dari Quinter (Distrik 1), Jake LaTurner dari Pittsburg (Distrik 2), Ron Estes dari Wichita (Distrik 4), dan Perwakilan dari Partai Demokrat yaitu Sharice Davids dari Kansas City (Distrik 3), Davids merupakan etnis asli Amerika kedua yang mewakili Kansas di Kongres, setelah Charles Curtis (Kaw) dari Partai Republik.

Secara historis, Kansas telah menjadi basis bagi golongan/Partai Republik, berawal dari zaman Antebellum ketika Partai Republik diciptakan dari gerakan menentang perluasan perbudakan ke Wilayah Kansas. Mayoritas wilayah Kansas tidak memilih Partai Demokrat untuk pemilihan di Senat Amerika Serikat sejak pemilihan 1932, ketika Franklin D. Roosevelt memenangkan masa jabatan pertamanya sebagai presiden setelah Depresi Hebat. Kansas merupakan tempat kekalahan beruntun dalam pemilihan Senat terlama untuk salah satu pihak di satu negara bagian. Senator Sam Brownback adalah kandidat calon presiden dari Partai Republik pada tahun 2008. Brownback bukan menjadi kandidat untuk pemilihan kembali untuk masa jabatan ketiga penuh di Senat Amerika Serikat pada tahun 2010, tetapi ia terpilih sebagai Gubernur Kansas dalam pemilihan umum Gubernur Kansas tahun 2010. Moran mengalahkan Tiahrt untuk nominasi Partai Republik untuk mendapatkan kursi Brownback pada pemilihan pendahuluan Agustus 2010, kemudian Moran menang telak dalam pemilihan umum atas Lisa Johnston dari Partai Demokrat.

Kandidat presiden non-Republik dari pemilihan Kansas yang telah diberikan suara elektoralnya dari Kansas diantaranya hanya dari Partai Populis (People's Party) James Weaver dan dari Partai Demokrat Woodrow Wilson, Franklin Roosevelt (dua kali), dan Lyndon Johnson. Pada tahun 2004, George W. Bush dari Republik memenangkan enam suara elektoral negara bagian Kansas dengan selisih presentase kemenangan 25 persen serta mendapatkan 62% perolehan suara. Dua county yang mendukung John Kerry dari Demokrat dalam pemilihan 2004 dari wilayah Wyandotte yang terdiri dari Ibukota Kansas City, dan wilayah Douglas yang terdiri dari Ibukota Lawrence, tempat bagi University of Kansas. Pemilu Presiden Amerika Serikat 2008 membawa hasil yang imbang ketika John McCain memenangkan negara bagian Kansas dengan 57% suara. Douglas, Wyandotte, dan Crawford County merupakan county yang mendukung kandidat Presiden Barack Obama dari Demokrat.[116]

Abilene merupakan tempat masa kanak-kanak bagi presiden dari Partai Republik Dwight D. Eisenhower dan dia tetap mempertahankan ikatan seumur hidup dengan keluarga dan teman-teman di sana. Kansas adalah rumah bagi dua kandidat presiden dari Partai Republik yang kalah (Gubernur Alf Landon pada tahun 1936 dan Senator Bob Dole pada tahun 1996).

The New York Times melaporkan pada bulan September 2014 bahwa ketika kandidat dari Partai Demokrat untuk pemilihan Senator telah mencoba untuk keluar dari pemilihan, Greg Orman maju sebagai kandidat Independen telah menarik cukup banyak dukungan bipartisan untuk serius menantang pemilihan kembali Pat Roberts dari Partai Republik:

Politik di Kansas telah bergolak dalam beberapa tahun terakhir. Kebangkitan [Gerakan] Tea Party dan pemilihan Presiden Obama telah mendorong Partai Republik untuk merangkul merek konservatisme yang lebih murni dan membersihkan sayap moderat lama yang kuat dari barisannya. Tn. Roberts telah berusaha untuk beradaptasi dengan era baru tersebut, memberikan suara untuk menentang tagihan pengeluaran terhadap hal yang dia cari, mencakup proyek-proyek untuk negara bagian Kansas.[117]

Hukum negara bagian Kansas[sunting | sunting sumber]

Usia legal untuk minum alkohol di Kansas ketika berumur 21 tahun atau lebih. Sebagai pengganti pajak penjualan eceran negara bagian Kansas, Pajak Minuman Keras diangka 10% dipungut untuk minuman keras yang dikonsumsi di tempat berlisensi dan Pajak Penegakan Minuman Keras 8% dipungut untuk pembelian eceran. Meskipun penjualan minuman sereal malt (juga dikenal sebagai bir 3.2) disahkan pada tahun 1937, legalisasi minuman beralkohol pasca-Larangan pertama (1920 hingga 1933) tidak terjadi di Kansas sampai konstitusi negara bagian Kansas diamandemen pada tahun 1948. Tahun berikutnya Legislatif memberlakukan Undang-Undang Kontrol Minuman Keras (Liquor Control Act) yang menciptakan sistem pengaturan, perizinan, dan perpajakan, dan divisi Alcoholic Beverage Control (ABC) dibuat untuk menegakkan undang-undang tersebut. Kekuasaan untuk mengatur minuman malt sereal tetap berada di peraturan kota dan kabupaten. Penjualan minuman keras liquor yang memabukkan secara eceran untuk di konsumsi di tempat penjualan tidak menjadi legal sampai disahkannya amandemen konstitusi negara bagian pada tahun 1986 dan undang-undang tambahan pada tahun berikutnya. Pada November 2006, Kansas masih memiliki 29 county yang melarang minuman beralkohol (dry county) dan hanya 17 county yang lulus minuman keras tanpa persyaratan penjualan makanan.[118] Saat ini ada lebih dari 2.600 minuman keras liquor dan 4.000 pemegang lisensi minuman malt sereal di negara bagian Kansas.[119]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pendidikan di Kansas diatur oleh Kansas State Department of Education untuk tingkat sekolah dasar dan menengah. Perguruan tinggi negeri dan universitas negeri diawasi oleh Kansas Board of Regents.

Dua kali sejak 1999 Board of Education telah menyetujui perubahan dalam standar kurikulum sains negara bagian Kansas yang mendorong pengajaran perancangan cerdas. Kedua kali pula, standar dibalikkan ke awal setelah perubahan komposisi Board of Education pada pemilihan berikutnya.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

Band rock Kansas dibentuk di ibu kota negara bagian Topeka, kota kelahiran beberapa anggota band Kansas.

Joe Walsh, gitaris band rock terkenal Eagles, lahir di Wichita.

Danny Carey, drummer untuk band Tool, dibesarkan di Paola.

Penyanyi Melissa Etheridge dari band Kansas merupakan penduduk asli Leavenworth , Martina McBride merupakan penduduk asli Sharon, Jennifer Knapp (album pertamanya berjudul Kansas) merupakan penduduk asli Chanute, Janelle Monáe penduduk asli Kansas City dan Jerrod Niemann penduduk asli Liberal.

Lagu kebangsaan negara bagian Kansas adalah Home on the Range yang merupakan lagu klasik Amerika, ditulis oleh seorang Kansan bernama Brewster Higley. Lagu lainnya, dipakai saat pawai resmi negara bagian Kansas yang diadopsi oleh Kansas Legislature pada tahun 1935 yang memiliki sebutan The Kansas March, menampilkan lirik, "Langit biru di atas kita, untaian sutra panas, Lingkar cakrawala jauh, tempat bumi dan surga bertemu, Kansas sebagai sebuah kuil, berdiri di tanah beludru, Kuil yang disucikan oleh sinar matahari bagi Tuhan."[120]

Literatur[sunting | sunting sumber]

Kehadiran paling terkenal negara bagian Kansas dalam sastra adalah sebagai rumah dari Dorothy Gale, karakter utama dalam novel The Wonderful Wizard of Oz (1900). Novel Little House on the Prairie karya Laura Ingalls Wilder yang diterbitkan pada tahun 1935, merupakan kisah terkenal lainnya tentang Kansas.

Kansas juga merupakan latar dari buku terlaris tahun 1965 berjudul In Cold Blood yang dijelaskan oleh penulisnya Truman Capote sebagai "novel nonfiksi". Mencampur fakta dan fiksi, buku tersebut menceritakan peristiwa dan akibat pembunuhan tahun 1959 terhadap seorang petani kaya dan keluarganya yang tinggal di kota kecil Holcomb di Finney County, Kansas barat.

Kota fiksi Smallville, Kansas merupakan rumah masa kecil Clark Kent/Superman dalam buku komik Amerika yang diterbitkan oleh DC Comics. Juga Keystone City berada kota Kansas tempat tokoh The Flash bekerja dan tinggal.

Novel fiksi ilmiah A Boy and His Dog serta film berdasarkan novel tersebut,[121] mengambil latar di Topeka pasca-apokaliptik.

Pemenang Newbery Medal tahun 2011 untuk mutu tinggi dalam sastra anak-anak dalam buku Moon Over Manifest, menceritakan kisah seorang gadis muda dan petualang bernama Abilene yang dikirim ke kota fiksi Manifest, Kansas oleh ayahnya pada musim panas 1936. Itu ditulis oleh seorang Kansan bernama Clare Vanderpool.

Lawrence merupakan latar untuk sejumlah novel penulis fiksi ilmiah yang ditulis James Gunn.

Film[sunting | sunting sumber]

Teater film pertama di Kansas adalah Patee Theater di Lawrence. Kebanyakan teater pada saat itu menayangkan film hanya sebagai bagian dari aksi vaudeville, bukan sebagai bentuk hiburan yang eksklusif dan berdiri sendiri. Meskipun keluarga Patee telah terlibat di vaudeville, mereka percaya bahwa film dapat membawa malam tanpa aksi variety lainnya,akan tetapi untuk menayangkan film perlu bagi Patee untuk mendirikan pabrik pembangkit (pada tahun 1903 Lawrence belum sepenuhnya dialiri listrik). Teater Patee merupakan yang pertama dari teater sejenisnya yang berada sebelah barat Sungai Mississippi. Peralatan khusus seperti proyektor datang dari New York.[122]

Kansas telah menjadi lokasi dari banyak film Amerika yang populer dan memenangkan penghargaan, serta menjadi rumah dari beberapa bioskop tertua yang beroperasi di dunia. The Plaza Cinema di Ottawa, Kansas yang terletak di bagian timur laut negara bagian Kansas, The Plaza Cinema dibangun pada 22 Mei 1907 dan terdaftar oleh Guinness Book of World Records sebagai bioskop tertua yang masih beroperasi di dunia.[123][124] Pada tahun 1926, The Jayhawk Theatre yang merupakan sebuah rumah film bergaya art deco di Topeka, mulai beroperasi untuk pertama kalinya untuk para penonton film, dan hari ini, selain pemutaran film-film independen, teater tersebut berfungsi sebagai tempat pertunjukan dan konser. The Fox Theater di Hutchinson dibangun pada tahun 1930, dan terdaftar dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional pada tahun 1989.[125] Seperti bioskop lain yang tercantum, The Fox Theater masih memutar film terkenal hingga hari ini.

  • Seperti halnya novel, karakter fiksi Dorothy Gale (diperankan oleh Judy Garland) dalam film fantasi tahun 1939 yang berjudul The Wizard of Oz adalah seorang gadis muda yang tinggal di Kansas bersama bibi dan pamannya. Dalam baris, "Kami tidak di Kansas lagi", telah masuk ke dalam leksikon bahasa Inggris sebagai ungkapan yang menggambarkan situasi yang sama sekali baru dan/atau tidak terduga.[126]
  • Film panjang/utama tahun 1967 berjudul In Cold Blood, seperti yang diadaptasi dalam buku yang menjadi dasarnya dibuat di berbagai lokasi di Kansas. Banyak adegan dalam film tersebut difilmkan di lokasi yang tepat di mana peristiwa diprofilkan dalam buku tersebut. Sebuah miniseri TV berjudul In Cold Blood pada tahun 1996 juga didasarkan pada buku tersebut.
  • Film Kansas tahun 1988 dibintangi oleh Andrew McCarthy sebagai seorang pengelana yang bertemu dengan seorang gelandangan buronan berbahaya yang diperankan oleh Matt Dillon.
  • Film Capote tahun 2005, di mana Philip Seymour Hoffman dianugerahi Academy Award untuk Aktor Terbaik untuk perannya sebagai karakter utama yang memprofilkan penulis saat melakukan perjalanan melintasi Kansas saat menulis novel In Cold Blood (walaupun sebagian besar film itu sendiri diambil di Provinsi Manitoba di Kanada).
  • Latar film The Day After, film televisi tahun 1983 tentang cerita fiksi mengenai serangan nuklir yang berlokasi kota Lawrence.
  • Karena karakter fiksi pahlawan super Superman tumbuh di Smallville, tempat fiksi di Kansas, beberapa film yang menampilkan pahlawan super setidaknya sebagian berlatar di Kansas termasuk Superman (1978), Superman III (1983), Man of Steel (2013), Batman v Superman: Dawn of Justice (2016), dan Justice League (2017).
  • Film Looper tahun 2012 berlatar di Kansas.
  • Film Paper Moon tahun 1973 di mana Tatum O'Neal memenangkan Academy Award untuk Aktris Pendukung Terbaik (Pemenang termuda di Academy Award) berbasis dan difilmkan di Kansas. Film tersebut diambil di kota-kota kecil Hays; McCracken; Wilson; dan St. Joseph, Missouri. Berbagai lokasi pengambilan film termasuk diantaranya Midland Hotel di Wilson; depot kereta api di Gorham; etalase dan bangunan di Main Street, White Cloud; Hays; lokasi di kedua sisi Sungai Missouri; Jembatan Rulo; dan Saint Joseph, Missouri.
  • Adegan dari film Mars Attacksǃ tahun 1996 terjadi di kota fiksi Perkinsville. Adegan terjadi di Kansas difilmkan di Burns, Lawrence, dan Wichita.
  • Film The Lookout tahun 2007 sebagian besar berlatar di Kansas (meskipun difilmkan di Kanada). Khususnya dua lokasi; Kansas City dan kota fiksi Noel, Kansas.[127]
  • Film dokumenter tahun 2012 berjudul The Gridiron difilmkan di The University of Kansas.
  • Film tahun 2017 berjudul Thank You for Your Service sebagian besar berlatar di Kansas, termasuk diantaranya kota Topeka dan Junction City.
  • Film dokumenter tahun 2017 berjudul When Kings Reigned difilmkan di Lawrence.
  • Film Brightburn tahun 2019 mengambil tempat di kota Brightburn yang ternyata fiksi (nama yang mirip dengan Brightburn, Kansas). Sebagaimana terbukti dengan adegan-adegan dalam film, bahwa kota Brightburn banyak menggambarkan pegunungan (Kansas tidak memiliki barisan pegunungan), film Brightburn difilmkan di Georgia, bukan di Kansas.

Televisi[sunting | sunting sumber]

  • Tokoh saudara laki-laki protagonis dari acara TV Supernatural pada tahun 2005 menyebut dirinya berasal dari Lawrence dengan kota yang direferensikan berkali-kali.
  • Serial TV tahun 2006 berjudul Jericho berbasis di kota fiktif Jericho, Kansas, kota Jericho merupakan kota yang selamat dari kondisi Amerika pasca-nuklir.
  • Musim awal Smallville, film tentang Superman saat remaja, berbasis di kota fiksi Smallville, Kansas. Tidak seperti kebanyakan adaptasi lain dari cerita Superman, serial Smallvile juga menempatkan kota fiksi Metropolis di Kansas barat, sebuah kota dengan lokasi beberapa jam dari Smallville.
  • Gunsmoke, merupakan serial radio koboi, berlangsung dari tahun 1952 hingga 1961 yang mengambil latar di Dodge City, Kansas.
  • Serial televisi Gunsmoke merupakan acara jam tayang utama terlama di abad ke-20, berlangsung dari 10 September 1955 hingga 31 Maret 1975, dengan total 635 episode.
  • Seri televisi dari stasiun televisi Showtime berjudul United States of Tara pada tahun 2009 berlatar di Overland Park, pinggiran Kansas City.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Profesional[sunting | sunting sumber]

Tim Olahraga Liga Kota
Sporting Kansas City Sepak bola Major League Soccer Kansas City
Sporting Kansas City II Sepak bola USL Championship Kansas City
Kansas City Monarchs Bisbol American Association Kansas City
Garden City Wind Bisbol Pecos League Garden City
Kaw Valley FC Sepak bola USL League Two Lawrence, Kansas, danTopeka, Kansas
Salina Liberty Sepak bola Amerika dalam ruangan Champions Indoor Football Salina
Southwest Kansas Storm Sepak bola Amerika dalam ruangan Champions Indoor Football Dodge City
Topeka Tropics Sepak bola Amerika dalam ruangan Champions Indoor Football Topeka
Wichita Thunder Hoki es ECHL Wichita
Wichita Force Sepak bola Amerika dalam ruangan Arena Football Association Wichita
Wichita Wind Surge Bisbol Double-A Central Wichita

Sporting Kansas City telah memainkan pertandingan kandang mereka di Village West di Kansas City sejak 2008. Sporting Kansas City merupakan tim liga olahraga profesional tingkat atas pertama dan tim Major League Soccer pertama yang berlokasi di Kansas. Pada tahun 2011 tim pindah ke rumah baru mereka yaitu stadion khusus sepak bola senilai $165 juta, sekarang dikenal sebagai Children's Mercy Park.

Secara historis, orang Kansan telah mendukung tim olahraga liga utama dari Kansas City, Missouri, termasuk Kansas City Royals (MLB), dan Kansas City Chiefs (NFL), sebagian karena stadion kandang untuk tim tersebut beberapa mil dari berbatasan Kansas. Chiefs dan Royals bermain di Truman Sports Complex yang terletak sekitar 16 km dari garis negara bagian Kansas–Missouri. FC Kansas City merupakan anggota istimewa di National Women's Soccer League, mulai bermain pertama di musim 2013 untuk tim dan liga di sisi wilayah metropolitan Kansas, tetapi bermain di sisi Missouri berakhir hingga setelah musim 2017. Dari tahun 1973 hingga 1997 stasiun radio utama untuk Royals adalah WIBW di Topeka.[128]

Beberapa orang Kansan, sebagian besar dari bagian paling barat negara bagian mendukung tim olahraga profesional Denver, khususnya Denver Broncos dari NFL.

Dua fasilitas balap mobil utama berlokasi di Kansas. Kansas Speedway yang terletak di Kansas City menyelenggarakan balapan sirkuit NASCAR, IndyCar, dan ARCA. Juga, National Hot Rod Association (NHRA) mengadakan acara balap drag di Heartland Park Topeka. Sports Car Club of America memiliki kantor pusat nasional di Topeka.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah olahraga profesional di Kansas mungkin berasal dari pembentukan liga kecil bisbol Topeka Capitals dan Leavenworth Soldiers di tahun 1886 pada Liga Barat.[129][130] Bud Fowler beretnis Afrika-Amerika bermain di tim Topeka musim itu, satu tahun sebelum "color line" masuk ke bisbol profesional.[130]

Pada tahun 1887, Liga Barat didominasi oleh tim Topeka yang ditata ulang, disebut dengan Golden Giants: kumpulan pemain liga utama dengan harga tinggi, termasuk Bug Holliday, Jim Conway, Dan Stearns, Perry Werden dan Jimmy Macullar yang memenangkan liga dengan skor 15½ permainan.[130] Pada tanggal 10 April 1887, Golden Giants juga memenangkan pertandingan eksibisi dari juara bertahan Seri Dunia, St. Louis Browns (sekarang Cardinals), dengan skor 12–9. Namun, Topeka tidak dapat membantu tim Golden Giants sehingga dibubarkan setelah satu tahun berdiri.

Pertandingan malam pertama dalam sejarah bisbol profesional dimainkan di Independence pada 28 April 1930, ketika Indian Muscogee (Oklahoma) mengalahkan Independence Producers dengan skor 13–3 dalam pertandingan liga kecil yang disetujui oleh Western League of Western Baseball Association dengan 1.500 penggemar menghadiri pertandingan. Sistem pencahayaan permanen pertama kali digunakan untuk permainan eksibisi pada 17 April 1930, antara Independence Producers dan tim bisbol semi-profesional House of David di Benton Harbor, Michigan dengan hasil tim Independence menang 9-1 di depan 1.700 penonton.[131]

Kampus[sunting | sunting sumber]

Badan pengatur olahraga antar perguruan tinggi di Amerika Serikat, National Collegiate Athletic Association (NCAA) bermarkas di Johnson County, Kansas dari tahun 1952 hingga pindah ke Indianapolis pada tahun 1999.[132][133]

NCAA Division I schools[sunting | sunting sumber]

Meskipun tidak ada monopoli dari empat olahraga profesional utama di negara bagian Kansas, banyak dari orang Kansan merupakan penggemar tim olahraga perguruan tinggi negara bagian Kansas, terutama Jayhawks dari University of Kansas (KU), dan Wildcats of Kansas State University (KSU atau " K-State"). Kedua tim adalah rival di Big 12 Conference.

Baik KU dan K-State memiliki program kaya tradisi dalam bola basket pria. Jayhawks adalah kekuatan nasional setiap tahunnya, memperoleh peringkat kedua dalam kemenangan sepanjang masa di antara program NCAA, di belakang Kentucky. Jayhawks telah memenangkan lima gelar nasional, termasuk kejuaraan turnamen NCAA pada tahun 1952, 1988, dan 2008. Jayhawks juga secara retrospektif dianugerahi kejuaraan nasional oleh Helms Foundation untuk tahun 1922 dan 1923. K-State juga memiliki kesuksesan yang panjang di hardwood, berlangsung dari tahun 1940-an hingga tahun 1980-an, membuat empat Final Fours selama rentang tahun dekade 1940-1980. Pada tahun 1988, KU dan K-State bertemu di Elite Eight, KU memenangkan pertandingan 71–58. Setelah absen selama 12 tahun, Wildcats kembali ke turnamen NCAA pada 2008, dan melaju ke Elite Eight pada 2010 dan 2018. KU berada di urutan kelima dalam seluruh waktu dengan jumlah 15 penampilan Final Four, sedangkan K-State dengan empat penampilan di urutan ke-17.

Sebaliknya, keberhasilan di lapangan hijau lebih jarang terjadi baik untuk KSU maupun KU. Namun, ada terobosan akhir-akhir ini untuk tim sepak bola pertandingan bowl kedua sekolah. Jayhawks memenangkan Orange Bowl untuk pertama kalinya dalam tiga kali percobaan pada tahun 2008, menutup musim dengan 12-1, terbaik dalam sejarah sekolah. Ketika Bill Snyder tiba untuk melatih di K-State pada tahun 1989, Snyder mengubah Wildcats dari salah satu program sepak bola perguruan tinggi terburuk di Amerika[134] menjadi kekuatan nasional untuk sebagian besar dekade tahun 1990-an dan awal 2000-an. Tim K-State memenangkan Fiesta Bowl pada tahun 1997 dengan pencapaian musim reguler yang tak terkalahkan (11-0) dan peringkat No. 1 pada tahun 1998, serta mengambil kejuaraan Big 12 Conference pada tahun 2003. Setelah tiga musim sejak sepak bola K-State merana, Snyder keluar dari pensiun pada tahun 2009 dan membimbing mereka ke puncak peringkat sepak bola pertandingan bowl perguruan tinggi lagi, K-State menempati posisi kedua di Big 12 pada tahun 2011 dan mendapatkan tempat di Cotton Bowl, dan menang di Big 12 lagi pada tahun 2012.

Wichita State University juga memiliki tim (disebut Shockers) di Divisi I NCAA yang terkenal dengan program bisbol dan bola basketnya. Dalam olahraga bisbol, Shockers memenangkan College World Series pada tahun 1989. Dalam olahraga bola basket putra, mereka tampil di Final Four tahun 1965 dan 2013, serta memasuki turnamen NCAA 2014 tanpa terkalahkan. Sekolah juga menurunkan ke lapangan tim sepak bola Amerika dari tahun 1897 hingga 1986. Tim sepak bola Amerika Shocker secara tragis dikenal karena kecelakaan pesawat pada tahun 1970 yang menewaskan 31 orang, termasuk 14 pemain.

NCAA Division II schools[sunting | sunting sumber]

Keberhasilan penting juga telah dicapai oleh sekolah-sekolah kecil di negara bagian Kansas dalam sepak bola Amerika. Pittsburg State University merupakan peserta Divisi II NCAA, telah mengklaim empat gelar nasional dalam sepak bola Amerika, dua di NAIA dan yang terbaru gelar nasional Divisi II NCAA 2011. Pittsburg State menjadi pemenang program sepak bola Amerika Divisi II NCAA pada tahun 1995. PSU (Pittsburg State University) melewati Hillsdale College di puncak daftar kemenangan sepanjang masa di musim 1995 dalam perjalanannya ke runner-up nasional. The Gorillas dalam musim 96 kompetisi antar perguruan tinggi, telah mengumpulkan 579 kemenangan, mencatat skor keseluruhan 579–301–48.

Washburn University di Topeka, memenangkan Kejuaraan Bola Basket Pria NAIA pada tahun 1987. Fort Hays State University cabang pria memenangkan gelar Divisi II NCAA 1996 dengan rekor 34-0, dan Washburn cabang wanita memenangkan mahkota Divisi II NCAA 2005. Kolese St. Benediktus (sekarang bernama Benedictine College), di Atchison, memenangkan Kejuaraan Bola Basket NAIA Putra tahun 1954 dan 1967.

Kansas Collegiate Athletic Conference sebagai sumber salah satu konferensi olahraga perguruan tinggi tertua yang ada dan berpartisipasi dalam NAIA serta beranggotakan semua sekolah yang berjumlah sepuluh sekolah berada di negara bagian Kansas. Konferensi sekolah kecil lainnya yang memiliki beberapa anggota di Kansas adalah Mid-America Intercollegiate Athletics Association, Midlands Collegiate Athletic Conference, Midwest Christian College Conference, dan Heart of America Athletic Conference. Banyak perguruan tinggi junior juga memiliki program atletik yang aktif.

Tim bola basket wanita Emporia State University berada di bawah pelatih kepala Brandon Schneider yang sekarang menjabat sebagai pelatih bola basket wanita di University of Kansas, Schneider juga meraih kesuksesan untuk Emporia State University. Pada tahun 2010 tim Emporia State University memenangkan Kejuaraan Nasional Divisi II NCAA. Emporia State dan Washburn di Topeka berbagi persaingan sengit di semua olahraga, sebagian besar karena kedekatan kedua kota.

Perguruan tinggi junior[sunting | sunting sumber]

Kansas Jayhawk Community College Conference telah digembar-gemborkan sebagai salah satu konferensi terbaik di semua sepak bola Amerika NJCAA bersama Garden City Community College, Independence Community College, dan Butler County Community College. Semuanya secara konsisten bersaing untuk kejuaraan nasional.

Sekolah menengah atas[sunting | sunting sumber]

Kansas State High School Activities Association (KSHSAA) adalah organisasi yang mengawasi kompetisi antar sekolah di negara bagian Kansas di tingkat sekolah menengah. KSHSAA mengawasi kompetisi atletik dan non-atletik, dan mensponsori kejuaraan di beberapa olahraga dan kegiatan. Asosiasi KSHSAA paling dikenal karena merancang sistem lembur yang sekarang digunakan untuk hampir semua pertandingan sepak bola Amerika di bawah tingkat profesional (yang juga telah diadopsi di semua tingkat sepak bola Kanada).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wilayah Kansas City adalah wilayah metropolitan dan perkotaan terbesar di negara bagian saja; namun, Wilayah metropolitan Wichita merupakan sentra terbesar di negara bagian Kansas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Riney-Kehrberg, Pamela. "Wholesome, Home-Baked Goodness: Kansas, the Wheat State" (PDF). Kansas History: A Journal of the Central Plains. Kansas State Historical Society (Spring 2011): 60–69. 
  2. ^ [1]
  3. ^ a b c Geography, US Census Bureau. "State Area Measurements and Internal Point Coordinates". Diarsipkan dari versi asli tanggal March 16, 2018. Diakses tanggal May 31, 2016. 
  4. ^ USGS, Howard Perlman. "Area of each state that is water". Diarsipkan dari versi asli tanggal June 25, 2016. 
  5. ^ a b "Kansas Geography from NETSTATE". Diarsipkan dari versi asli tanggal June 4, 2016. 
  6. ^ a b "Elevations and Distances in the United States". United States Geological Survey. 2001. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 15, 2011. Diakses tanggal October 21, 2011. 
  7. ^ a b Elevation adjusted to North American Vertical Datum of 1988.
  8. ^ "Median Annual Household Income". The Henry J. Kaiser Family Foundation. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 20, 2016. Diakses tanggal December 9, 2016. 
  9. ^ Bureau, U. S. Census. "U.S. Census website". United States Census Bureau. Diakses tanggal February 7, 2019. 
  10. ^ "Governor's Signature Makes English the Official Language of Kansas". US English. May 11, 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 10, 2007. Diakses tanggal August 6, 2008. 
  11. ^ "Current Lists of Metropolitan and Micropolitan Statistical Areas and Delineations". Diarsipkan dari versi asli tanggal January 27, 2017. 
  12. ^ "Kansas Counties by Population". www.kansas-demographics.com. 
  13. ^ "Kansas Historical Quarterly—A Review of Early Navigation on the Kansas River—Kansas Historical Society". Kshs.org. Diakses tanggal August 15, 2012. 
  14. ^ "Kansas history page". Diakses tanggal April 13, 2019. 
  15. ^ The Encyclopedia of Kansas (1994) ISBN 0-403-09921-8
  16. ^ John Koontz, p.c.
  17. ^ Rankin, Robert. 2005. "Quapaw". In Native Languages of the Southeastern United States, eds. Heather K. Hardy and Janine Scancarelli. Lincoln: University of Nebraska Press, p. 492.
  18. ^ Connelley, William E. 1918. "Indians Diarsipkan February 11, 2007, di Wayback Machine.". A Standard History of Kansas and Kansans, ch. 10, vol. 1.
  19. ^ "Today in History: January 29". Memory.loc.gov. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 27, 2010. Diakses tanggal July 31, 2010. 
  20. ^ "Kansas Quick Facts". governor.ks.gov. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 11, 2011. Diakses tanggal December 30, 2010. 
  21. ^ "Kansas Agriculture". Kansas Department of Agriculture. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 20, 2015. Diakses tanggal September 14, 2015. 
  22. ^ "2020 Census" (PDF). Census.gov. April 26, 2021. 
  23. ^ "Mount Sunflower—Kansas, United States • peakery". April 3, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 3, 2011. 
  24. ^ Bright, William (2004). Native American placenames of the United States. Norman: University of Oklahoma Press. hlm. 47. ISBN 0-8061-3576-X. OCLC 53019644. 
  25. ^ Cazorla, Frank, G. Baena, Rosa, Polo, David, Reder Gadow, Marion (2019) Luis de Unzaga (1717-1793) Pioneer in the birth of the United States and in the liberalism. Foundation Malaga
  26. ^ Partin, John W. Partin (1983). "A Brief History of Fort Leavenworth" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2019-04-12. Diakses tanggal January 24, 2019. 
  27. ^ Jones, Gray Ghosts and Rebel Riders Holt & Co. 1956, p. 76
  28. ^ "Less of Oratory and More Work Novel Platform." Alliance, Ohio: The Alliance Review and Leader, April 21, 1922.
  29. ^ "Mrs. W.D. Mowry Dies." Emporia, Kansas: The Emporia Gazette, August 2, 1923, p. 5.
  30. ^ "Pioneer Woman Candidate for Governor Dies: Mrs. W.D. Mowry on Republican Ticket in Primary Last Year." Concordia, Kansas: Concordia Blade-Empire, August 2, 1923, front page.
  31. ^ "Kansas Land Area County Rank". www.usa.com. 
  32. ^ "Kansas Is Flatter Than a Pancake". Improbable.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 30, 2010. Diakses tanggal July 31, 2010. 
  33. ^ "Highest, Lowest, and Mean Elevations in the United States". infoplease.com. Diakses tanggal May 20, 2018. 
  34. ^ "Fracas over Kansas pancake flap". Geotimes.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 24, 2004. Diakses tanggal July 31, 2010. 
  35. ^ "Kansas". National Park Service. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 17, 2006. Diakses tanggal July 15, 2008. 
  36. ^ "Kansas Natural Heritage Inventory: Rare plants and animals, and natural communities". Kansas Biological Survey. February 12, 2013. Diakses tanggal March 16, 2021. 
  37. ^ Kansas, Natural Heritage Inventory (January 9, 2014). "Rare Vertebrates Kansas" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2022-05-10. Diakses tanggal 2022-05-09. 
  38. ^ Kansas, Natural Heritage Inventory (January 9, 2014). "Rare Vertebrates of Kansas" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2022-05-10. Diakses tanggal 2022-05-09. 
  39. ^ K-State Research, and Extension. "Native Plants" (PDF). www.johnson.k-state.edu. 
  40. ^ "Kansas Wildflowers and Grasses". www.kswildflower.org. Diakses tanggal March 16, 2021. 
  41. ^ "Annual Average Number of Tornadoes, 1953–2004". National Climatic Data Center. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 16, 2011. Diakses tanggal October 25, 2006. 
  42. ^ "Concordia Weather—Kansas—Average Temperatures and Rainfall". countrystudies.us. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 3, 2016. Diakses tanggal April 9, 2016. 

    "Dodge City Weather—Kansas—Average Temperatures and Rainfall". countrystudies.us. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 5, 2016. Diakses tanggal April 9, 2016. 

    "Goodland Weather—Kansas—Average Temperatures and Rainfall". countrystudies.us. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 4, 2016. Diakses tanggal April 9, 2016. 

    "Topeka Weather—Kansas—Average Temperatures and Rainfall". countrystudies.us. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 5, 2016. Diakses tanggal April 9, 2016. 

    "Wichita Weather—Kansas—Average Temperatures and Rainfall". countrystudies.us. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 4, 2016. Diakses tanggal April 9, 2016. 



  43. ^ "QuickFacts Kansas; UNITED STATES". 2018 Population Estimates. United States Census Bureau, Population Division. March 3, 2019. Diakses tanggal March 3, 2019. 
  44. ^ "Cumulative Estimates of the Components of Population Change for the United States, Regions and States: April 1, 2000, to July 1, 2006", Population Estimates, US: Census Bureau, Population Division, December 22, 2006, NST-EST2006-04, diarsipkan dari versi asli tanggal September 16, 2004, Kansas population has increased at a decreasing rate, reducing the number of congressmen from 5 to 4 in 1992 (Congressional Redistricting Act, eff. 1992). 
  45. ^ Wright, John W, ed. (2007). AlmanacPerlu mendaftar (gratis). The New York Times. hlm. 178. ISBN 9780143112334. 
  46. ^ "Population and Population Centers by State". US: Census Bureau. 2000. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 23, 2010. Diakses tanggal December 5, 2008. 
  47. ^ a b c d e f Brown, Corie (April 26, 2018). "Rural Kansas is dying. I drove 1,800 miles to find out why". New Food Economy. Diakses tanggal May 16, 2018. 
  48. ^ "Historical Population Change Data (1910–2020)". Census.gov. United States Census Bureau. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 29, 2021. Diakses tanggal May 1, 2021. 
  49. ^ "U.S. Census Bureau QuickFacts: Kansas". Census.gov. Diakses tanggal February 15, 2022. 
  50. ^ "Historical Census Statistics on Population Totals By Race, 1790 to 1990, and By Hispanic Origin, 1970 to 1990, For The United States, Regions, Divisions, and States". July 25, 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 25, 2008. 
  51. ^ Kansas Statistical Abstract. "Population in Kansas and the U.S., by Race/ Page 7" (PDF). ipsr.ku.edu. 
  52. ^ Center for New Media and Promotions (C2PO). "2010 Census Data". 
  53. ^ "Race and Ethnicity in the United States: 2010 Census and 2020 Census". U.S. Census Bureau. August 12, 2021. Diakses tanggal August 12, 2021. 
  54. ^ "Kansas—Social demographics". American Community Survey Office. 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 10, 2004. Diakses tanggal July 31, 2010. 
  55. ^ Exner, Rich (June 3, 2012). "Americans under age 1 now mostly minorities, but not in Ohio: Statistical Snapshot". The Plain Dealer. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 14, 2016. 
  56. ^ "Languages—Kansas". City-data.com. Diakses tanggal September 4, 2019. 
  57. ^ a b Pew Research Center, Religious Landscape Study: Religious composition of adults in Kansas Diarsipkan May 18, 2015, di Wayback Machine. (2014).
  58. ^ "The Association of Religion Data Archives | State Membership Report". www.thearda.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 12, 2013. Diakses tanggal November 12, 2013. 
  59. ^ Herrmann, Duane L (1997). Early Baha'is of Enterprise. Topeka: Buffalo Press. ISBN 1-879448-11-4. 
  60. ^ "Westboro Baptist protests at Atlanta HBCU graduation ceremonies". 11Alive.com. May 19, 2019. Diakses tanggal May 2, 2021. 
  61. ^ "Anti-LGBTQ hate groups on the rise in U.S., report warns". NBC News. Diakses tanggal May 2, 2021. 
  62. ^ "Westboro Baptist Church". Southern Poverty Law Center. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 6, 2011. 
  63. ^ "Population Estimates". Fact finder. US: Census. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 22, 2018. Diakses tanggal July 6, 2018. 
  64. ^ Fitzgerald, Daniel C, KS extinct locations, diarsipkan dari versi asli tanggal December 6, 2012 
  65. ^ "Births: Final Data for 2013" (PDF). National Vital Statistics Reports. CDC. January 15, 2015. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal September 11, 2017. Diakses tanggal June 7, 2017. 
  66. ^ "Births: Final Data for 2014" (PDF). National Vital Statistics Reports. CDC. December 23, 2015. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal February 14, 2017. Diakses tanggal June 7, 2017. 
  67. ^ "Births: Final Data for 2015" (PDF). National Vital Statistics Reports. CDC. January 5, 2017. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal August 31, 2017. Diakses tanggal June 7, 2017. 
  68. ^ "data" (PDF). www.cdc.gov. 
  69. ^ "Data" (PDF). www.cdc.gov. Diakses tanggal May 17, 2019. 
  70. ^ "Data" (PDF). www.cdc.gov. Diakses tanggal December 2, 2019. 
  71. ^ "Data" (PDF). www.cdc.gov. Diakses tanggal March 29, 2021. 
  72. ^ "Data" (PDF). www.cdc.gov. Diakses tanggal February 20, 2022. 
  73. ^ "US Health Map". Institute of Health Metrics and Evaluation. University of Washington. Diakses tanggal December 27, 2020. 
  74. ^ "Kansas: Life Expectancy". Robert Wood Johnson Foundation. Diakses tanggal December 28, 2020. 
  75. ^ "Mortality in the United States, 2019" (PDF). Centers for Disease Control. Diakses tanggal June 25, 2021. 
  76. ^ Miller, Rober B. (2013). Bonner Springs (Images of America). USA: Arcadia Publishing Publishing. hlm. 7. ISBN 978-1-4671-1043-3. 
  77. ^ N/A. "Wichita (city), Kansas". 
  78. ^ a b c "Go Wichita Convention and Visitors Bureau". Gowichita.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 19, 2013. Diakses tanggal September 28, 2013. 
  79. ^ "Annual estimates of the population through July 1, 2006". Population Estimates. US: Census Bureau, Population Division. June 28, 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 6, 2006. 
  80. ^ "The Blackwell Tornado of 25 May 1955". NWS Norman, Oklahoma. June 13, 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 8, 2006. Diakses tanggal January 28, 2007. 
  81. ^ McCORMICK, PETER J. "THE 1992 SECESSION MOVEMENT IN SOUTHWEST KANSAS". digitalcommons.unl.edu/. 
  82. ^ 2017 Kansas Economic Report Retrieved April 8, 2020.
  83. ^ 2020 Economic Forecast Greater Kansas City Chamber of Commerce. Retrieved April 8, 2020.
  84. ^ "U.S. Census Bureau QuickFacts: Kansas". www.census.gov. 
  85. ^ "U.S. Bureau of Economic Analysis (BEA)". Bea.gov. 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 7, 2010. Diakses tanggal February 26, 2017. 
  86. ^ Abouhalkah, Yael T. (November 30, 2015), Kansas has low but misleading unemployment rate under Gov. Sam Brownback, diarsipkan dari versi asli tanggal February 27, 2017, diakses tanggal February 26, 2017 
  87. ^ Occupational Employment Statistics (OES) OES Home 2016 Kansas Wage Survey (PDF), 2016, diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal January 24, 2017, diakses tanggal February 26, 2017 
  88. ^ "Local Area Unemployment Statistics". Bls.gov. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 28, 2010. Diakses tanggal February 26, 2017. 
  89. ^ a b c Max Ehrenfreund (February 22, 2017), "Republicans' 'real-live experiment' with Kansas's economy survives a revolt from their own party", The Washington Post, diarsipkan dari versi asli tanggal February 24, 2017, diakses tanggal February 25, 2017 
  90. ^ a b c Blinder, Alan (February 22, 2017), "Kansas Lawmakers Uphold Governor's Veto of Tax Increases", The New York Times, diakses tanggal February 25, 2017 
  91. ^ "Kansas State Energy Profile Analysis". U.S. Energy Information Administration. Diakses tanggal April 1, 2021. 
  92. ^ a b c d e Berman, Russell (June 7, 2017). "The Death of Kansas's Conservative Experiment". The Atlantic. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 12, 2017. Diakses tanggal June 7, 2017. 
  93. ^ "Senate Substitute for HB 2117 by Committee on Taxation—Reduction of income tax rates for individuals and determination of income tax credits; severance tax exemptions; homestead property tax refunds; food sales tax refunds". Diarsipkan dari versi asli tanggal October 30, 2014. Diakses tanggal October 29, 2014. 
  94. ^ Editorial Board (April 13, 2013). "Editorial: Louisiana's lawmakers realize what Missouri's don't: Income tax cuts are suicidal". Diarsipkan dari versi asli tanggal August 20, 2014. Diakses tanggal February 25, 2017. 
  95. ^ Carpenter, Tim. "Kansas state government bond debt surges $2 billion since 2010". The Topeka Capital. Diakses tanggal May 2, 2018. 
  96. ^ "America's Most (and Least) Popular Governors—Morning Consult". Morning Consult. Diakses tanggal May 2, 2018. 
  97. ^ I-70—the First Open Interstate, Kansas Department of Transportation, diarsipkan dari versi asli tanggal October 26, 2016, diakses tanggal October 7, 2016 
  98. ^ Kansas Department of Transportation (January 22, 2004). KDOT Launches New Traveler Information Service. Siaran pers.
  99. ^ "Manhattan Airport Official Site". Diarsipkan dari versi asli tanggal May 29, 2010. Diakses tanggal July 14, 2010. 
  100. ^ "Amtrak Southwest Chief". Amtrak. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 6, 2017. Diakses tanggal August 13, 2017. 
  101. ^ "Wichita Returns to the Amtrak Map". Amtrak. April 18, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 13, 2017. Diakses tanggal August 13, 2017. 
  102. ^ Ben Kuebrich, Amtrak May End Passenger Rail Service in West Kansas. Moran: "Amtrak Is Not Doing Its Job", KCUR. June 28, 2018. Retrieved April 8, 2020.
  103. ^ "Kansas State Railroad Map 2017" (PDF). Kansas Department of Transportation. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal June 29, 2017. Diakses tanggal August 14, 2017. 
  104. ^ "Vote by Kansas School Board Favors Evolution's Doubters". Los Angeles Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 3, 2013. 
  105. ^ "Kansas Lawmakers Set Minimum Marriage Age to 15". Fox News. May 5, 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 19, 2012. Diakses tanggal March 10, 2021. 
  106. ^ Scott and Scott (1982), p. 166
  107. ^ "Civil Rights Movement". NCpedia. Diakses tanggal August 20, 2021. 
  108. ^ "Kansas Governor Rejects Two Coal-Fired Power Plants". Ens-newswire.com. March 21, 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 2, 2011. Diakses tanggal July 31, 2010. 
  109. ^ "Here Are America's Least (and Most) Popular Governors". MorningConsultant.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 20, 2016. 
  110. ^ "Kansas governor eliminates state's art funding". Los Angeles Times. May 31, 2011. hlm. m. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 17, 2011. Diakses tanggal October 12, 2011. 
  111. ^ Hittle, Shaun (July 16, 2011). "Hundreds rally against closing SRS office". ljworld.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 22, 2011. Diakses tanggal October 12, 2011. 
  112. ^ "Lawrence City Commission approves funding for SRS office". ljworld.com. August 9, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 24, 2012. Diakses tanggal October 12, 2011. 
  113. ^ Smith, Mitch (November 6, 2018). "Laura Kelly, a Kansas Democrat, Tops Kobach in Governor's Race". The New York Times. Diarsipkan dari versi asliPerlu langganan berbayar tanggal January 3, 2022. Diakses tanggal April 29, 2020. 
  114. ^ Shorman, Jonathan; Woodall, Hunter (November 8, 2018). "Democrat Laura Kelly defeats Kris Kobach to become Kansas' next governor". The Wichita Eagle. Material. Diakses tanggal April 29, 2020. 
  115. ^ J. Pomante II, Michael; Li, Quan (December 15, 2020). "Cost of Voting in the American States: 2020". Election Law Journal: Rules, Politics, and Policy. 19 (4): 503–509. doi:10.1089/elj.2020.0666. Diakses tanggal January 14, 2022. 
  116. ^ "2008 Election Results—Kansas". CNN. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 7, 2008. Diakses tanggal July 31, 2010. 
  117. ^ Jonathan Martin, "National G.O.P. Moves to Take Over Campaign of Kansas Senator", New York Times September 4, 2014 Diarsipkan September 11, 2017, di Wayback Machine.
  118. ^ "Liquor Licensee and Supplier Information". Alcoholic Beverage Control, Kansas Department of Revenue. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 8, 2006. Diakses tanggal January 18, 2007. 
  119. ^ "History of Alcoholic Beverages in Kansas". Alcoholic Beverage Control, Kansas Department of Revenue. 2000. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 17, 2007. Diakses tanggal January 18, 2007. 
  120. ^ "Kansas March—Kansapedia—Kansas Historical Society". www.kshs.org. 
  121. ^ Eder, Richard (June 17, 1976). "A Boy and His Dog". The New York Times. 
  122. ^ Butters, Gerald R. (2007). Banned in Kansas: Motion Picture Censorship, 1915-1966Perlu mendaftar (gratis). University of Missouri Press. ISBN 9780826217493. 
  123. ^ "Guinness World Records: Kansas venue is world's oldest cinema". Kansas City Star. March 8, 2018. Diakses tanggal July 9, 2019. 
  124. ^ "Oldest purpose-built cinema in operation". Guinness World Records. Diakses tanggal July 9, 2019. 
  125. ^ "Data". npgallery.nps.gov. Diakses tanggal May 17, 2019. 
  126. ^ "PBR: Toto—we're not in Kansas any more ..." BBC Newsnight. December 9, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 11, 2014. 
  127. ^ "The Lookout" (PDF). dailyscript.com. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal May 12, 2013. 
  128. ^ "Making Airwaves Through History". Findarticles.com. December 2, 2002. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 15, 2011. Diakses tanggal July 31, 2010. 
  129. ^ Evans, Harold (1940). "Baseball in Kansas, 1867–1940". Kansas Historical Quarterly. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 16, 2008. Diakses tanggal February 18, 2008. 
  130. ^ a b c Madden, W.C.; Stewart, Patrick (2002). The Western League: A Baseball History, 1885 through 1999. ISBN 978-0-7864-1003-3. 
  131. ^ Bowman, Larry G. "I Think It Is Pretty Ritzy Myself: Kansas Minor League Teams and Night Baseball". Kansas History, Winter 1995/1996, pp 248–257. Kansas Historical Society. Retrieved May 25, 2013.
  132. ^ Jim Davis, Loss of NCAA headquarters not related to incentives Diarsipkan April 10, 2017, di Wayback Machine., Kansas City Business Journal (June 8, 1997).
  133. ^ Sam Epstein, Sports Law (Cengage Learning, 2013), p. 19.
  134. ^ Looney, Douglas (September 4, 1989). "Futility U". Sports Illustrated. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs resmi

Informasi tambahan