Biro Sensus Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo Biro Sensus Amerika Serikat

Biro Sensus Amerika Serikat (bahasa Inggris: United States Census Bureau) adalah biro di bawah Departemen Perdagangan Amerika Serikat yang bertugas melakukan sensus di Amerika Serikat setiap sepuluh tahun sekali. Nama resminya menurut United States Code (Title 13 U.S.C. § 11) adalah Bureau of the Census (Biro Sensus).

Sensus berikutnya akan diadakan di AS pada tahun 2010. Data yang dikumpulkan terdiri dari populasi penduduk, perumahan, dan berbagai jenis data perdagangan. Hukum federal menjamin kerahasiaan data yang dikumpulkan dari perorangan, rumah tangga, atau badan, dan data tersebut hanya digunakan untuk keperluan statistik.

Pada bulan Juni 2007, Presiden Bush mencalonkan Steven H. Murdock sebagai direktur Biro Sensus yang baru sebagai pengganti Charles Louis Kincannon. Ketika dicalonkan, Murdock bekerja sebagai ahli demografi untuk negara bagian Texas dan Ketua Jurusan Studi Demografi dan Organisasi Universitas Texas di San Antonio.[1]

Mandat hukum[sunting | sunting sumber]

Konstitusi Amerika Serikat mengatur perhitungan populasi penduduk dilaksanakan setiap 10 tahun sekali (melalui sensus), dan jumlah wakil dari setiap negara bagian di Dewan Perwakilan Amerika Serikat ditentukan berdasarkan data sensus. Sensus pertama kali dilaksanakan di AS pada tahun 1790. Biro sensus sekarang melakukan sensus penduduk setiap 10 tahun (satu dasawarsa sekali) pada tahun yang berakhiran dengan angka 0 (nol).

Selain itu, biro sensus juga melakukan survei atas nama pemerintah federal dan badan pemerintahan negara bagian untuk topik-topik seperti kepegawaian, kejahatan, kesehatan, pengeluaran konsumen, dan perumahan. Survei sejenis ini disebut "survei demografi", dan dilaksanakan di antara pelaksanaan sensus. Di antara survei demografi yang dilakukan Biro Sensus terdapat survei bulanan CPS (Current Population Survey) yang dikeluarkan untuk Biro Statistik Ketenagakerjaan Amerika Serikat (Bureau of Labor Statistics).

Struktur organisasi[sunting | sunting sumber]

Pembagian wilayah Biro Sensus Amerika Serikat

Biro Sensus Amerika Serikat menjadi badan resmi pelaksana sensus di AS berdasarkan undang-undang Kongres AS tertanggal 6 Maret 1902 (32 Stat. 51)[2]. Biro Sensus AS dipimpin seorang direktur yang dibantu seorang wakil direktur, dan staf eksekutif yang terdiri dari beberapa asisten direktur.

Kantor pusat Biro Sensus berada di 4600 Silver Hill Road, Suitland, Maryland. Kantor perwakilan berlokasi di 12 kota: Boston, New York City, Philadelphia, Detroit, Chicago, Kansas City, Seattle, Charlotte, Atlanta, Dallas, Denver, dan Los Angeles. Pusat Pengolahan Data Nasional berada di Jeffersonville, Indiana, berikut tambahan pusat pengolahan data yang bersifat sementara setiap kali sensus dilaksanakan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Steve H. Murdock". USTA College of Public Policy. Diakses 26 August.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  2. ^ "Department of Commerce". U.S. Government Manual: 2006-07 Edition. Diakses 6 October.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  3. ^ "Title 13 — Census". U.S. Code collection. Diakses 6 October.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]