Iklim semi-kering

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wilayah dengan iklim semi-kering
  BSh
  BSk

Iklim semi-kering adalah iklim suatu daerah yang menerima curah hujan di bawah evapotranspirasi potensial, tetapi tidak serendah iklim padang pasir. Ada berbagai jenis iklim semi-kering, tergantung pada variabel seperti suhu, dan mereka menimbulkan bioma yang berbeda.

Definisi yang lebih tepat diberikan oleh klasifikasi iklim Köppen, yang memperlakukan iklim stepa (BSk dan BSh) sebagai perantara antara iklim gurun (BW) dan iklim lembab dalam karakteristik ekologis dan potensi pertanian. Iklim semi-kering cenderung mendukung vegetasi pendek atau lebat dan biasanya didominasi oleh rumput atau semak.

Jika curah hujan tahunan dalam milimeter kurang dari ambang batas tetapi lebih dari setengah ambang batas, maka diklasifikasikan sebagai BS (iklim stepa).[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Peel, M. C.; Finlayson, B. L.; McMahon, T. A. (March 1, 2007). "Updated world map of the Koppen-Geiger climate classification" (PDF). hydrol-earth-syst-sci.net. University of Melbourne: Hydrology and Earth System Sciences. hlm. 1633–1644. Diakses tanggal May 8, 2017.