Mars Attacks!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mars Attacks!
Mars attacks ver1.jpg
Sutradara Tim Burton
Produser Tim Burton
Larry J. Franco
Penulis Jonathan Gems
Uncredited:
Scott Alexander
Larry Karaszewski

Tim Burton
Pemeran Jack Nicholson
Glenn Close
Annette Bening
Pierce Brosnan
Danny DeVito
Martin Short
Sarah Jessica Parker
Michael J. Fox
Rod Steiger
Tom Jones
Jim Brown
Lukas Haas
Natalie Portman
Pam Grier
Lisa Marie Smith
Sylvia Sidney
Brian Haley
Jack Black
Joe Don Baker
Christina Applegate
Musik Danny Elfman
Sinematografi Peter Suschitzky
Penyunting Chris Lebenzon
Studio Tim Burton Productions
Distributor Warner Bros.
Tanggal rilis Amerika Serikat/Kanada:
13 Desember 1996
Australia:
20 Februari 1997
Selandia Baru:
27 Februari 1997
Britania Raya:
28 Februari 1997
Durasi 106 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $100 juta
Pendapatan kotor $101.37 juta


Mars Attacks! adalah film fiksi ilmiah tahun 1996 yang disutradarai oleh Tim Burton dan dibuat berdasarkan trading card Mars Attacks. Film ini menggunakan elemen black comedy, surreal humour dan satir politik, dan juga merupakan parodi dari beberapa film fiksi ilmiah. Mars Attacks! dibintangi oleh Jack Nicholson, Lukas Haas, Annette Bening, Jim Brown, Pierce Brosnan, Sarah Jessica Parker, Glenn Close, Martin Short, Michael J. Fox, Jack Black, Natalie Portman, Rod Steiger, Tom Jones dan Danny DeVito.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ketika orang Mars mengitari Bumi dengan armada piring terbang, Presiden James "Jimmy" Dale mengalamatkan Amerika mengenai peristiwa bersejarah. Orang-orang di seluruh negeri mengikuti cerita, termasuk jangkar berita di New York, karyawan dan para tamu di hotel Luxor Las Vegas di Nevada dan keluarga sampah trailer di Perkinsville (dalam versi fiksinya), Kansas. Pembantu ilmu Presiden mengatur pertemuan kontak pertama dengan orang Mars di Pahrump, Nevada.

Menggunakan penerjemah universal yang rusak, orang Mars mengumumkan mereka telah "datang dengan damai." Namun, ketika seorang hippie melepaskan burung merpati sebagai simbol perdamaian, orang Mars menembaknya dan menyerang tentara dan orang banyak yang berkumpul. Jenderal Casey, Jason Stone, dan Billy-Glenn adalah salah satu di antara korban yang tewas. Berpikir bahwa alasan untuk ini adalah sebuah "kesalahpahaman budaya," Presiden Dale dibantu Profesor Donald Kessler untuk melanjutkan negosiasi dengan orang Mars, yang duta besar diundang untuk mengatasi Kongres Amerika Serikat. Pada pertemuan ini, orang Mars membunuh kebanyakan anggota Kongres dan mundur ke piring mereka. Kessler memohon untuk duta besar Mars untuk berhenti, tapi dia tersingkir dan dibawa di atas kapal mereka.

Jenderal Decker mencoba untuk meyakinkan Presiden Dale membalas dengan perang nuklir, tapi presiden menolak. Seorang pembunuh Mars, menyamar sebagai wanita cantik, memasuki Gedung Putih dan tidak berhasil mencoba untuk membunuh Dale. Setelah usaha yang gagal pada hidupnya, orang Mars kemudian memulai invasi besar-besaran, di mana mereka menghancurkan Big Ben, Menara Eiffel, Taj Mahal, Monumen Washington, Pulau Paskah, dan lokasi lainnya.

Presiden bertemu kembali dengan Duta Besar sekali lagi untuk memohon perdamaian, namun Presiden dibunuh oleh sebuah robot tangan merangkak palsu yang mengitari tubuhnya ketika ia menjabat tangan sang dubes. Sementara itu, Richie Norris, seorang remaja di Kansas, menemukan bahwa kepala Mars meledak ketika mereka mendengar lagu "Indian Love Call" dari Slim Whitman. Dia dan neneknya mengemudi di sekitar kota, menggunakan lagu itu untuk menghancurkan orang Mars. Militer mendengar tentang rekaman lagu tersebut dan menyiarkannya di seluruh dunia dan ke ruang angkasa, menewaskan sebagian besar warga Mars dan menyebabkan korban yang tersisa melarikan diri Bumi.

Richie dan neneknya yang kemudian dianugerahi Medali Kehormatan oleh anggota pemerintah satu-satunya yang selamat, putri remaja Presiden, Taffy, pada sebuah upacara yang diawali oleh sebuah band Mariachi yang bermain The Star-Spangled Banner di tangga Gedung Capitol yang hancur.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]