Batman (film 1989)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Batman (film))
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Batman
Batman ver2.jpg
SutradaraTim Burton
ProduserPeter Guber, Jon Peters
PenulisSam Hamm, Warren Skaaren (skenario), Bob Kane (buku komik)
PemeranMichael Keaton
Jack Nicholson
Kim Basinger
Billy Dee Williams
Jack Palance
MusikDanny Elfman, Prince (lagu)
DistributorWarner Bros.
Tanggal rilis
23 Juni 1989 (Amerika Serikat)
11 Agustus 1989 (Britania Raya)
Durasi
126 menit
BahasaInggris
Anggaran$35.000.000

Batman adalah film Amerika Serikat pemenang Academy Award yang mengangkat kisah tokoh superhero DC Comics karya Bob Kane dan Bill Finger, Batman. Film ini adalah film pertama dalam seri film layar lebar Batman, disutradarai oleh Tim Burton dan dibintangi oleh Michael Keaton sebagai Bruce Wayne/Batman. Film ini juga dibintangi oleh Jack Nicholson sebagai the Joker.

Setelah Burton dipekerjakan sebagai sutradara pada tahun 1986, Steve Englehart dan Julie Hickson menulis perawatan film sebelum Sam Hamm menulis skenario pertama. Batman tidak menyala hijau sampai setelah keberhasilan Burton's Beetlejuice (1988). Sejumlah aktor A-list dipertimbangkan untuk peran Batman sebelum Keaton dilemparkan. Pengecoran Keaton menyebabkan kontroversi sejak, pada tahun 1988, ia menjadi tipografi sebagai aktor komedi dan banyak pengamat meragukan ia bisa memerankan peran serius. Nicholson menerima peran Joker dalam kondisi ketat yang menentukan penagihan atas, gaji tinggi, sebagian dari keuntungan box office dan jadwal syutingnya sendiri.

Nada dan tema film ini sebagian dipengaruhi oleh Alan Moore dan The Killing Joke karya Brian Bolland dan The Dark Knight Returns karya Frank Miller. Film ini terutama mengadaptasi kisah asal "Red Hood" untuk Joker, dimana Batman secara tidak sengaja menciptakan Joker dengan menyebabkan dia jatuh ke dalam asam Kimia Axis, yang merubahnya menjadi seorang psikopat, tetapi menambah sentuhan unik dalam menghadirkannya secara khusus sebagai gangster bernama Jack Napier.

Pembuatan film berlangsung di Pinewood Studios dari Oktober 1988 hingga Januari 1989. Anggaran meningkat dari $ 30 juta menjadi $ 48 juta, sedangkan kejadian pemecatan Writers Guild of America 1988 memaksa Hamm untuk keluar. Warren Skaaren menulis ulang. Draf tambahan tanpa akreditasi dilakukan oleh Charles McKeown dan Jonathan Gems.

Batman adalah kesuksesan yang kritis dan finansial, menghasilkan lebih dari $ 400 juta dalam total box office. Itu adalah film terlaris kelima tertinggi dalam sejarah pada saat rilis. Film ini menerima beberapa nominasi Saturn Award dan nominasi Golden Globe, dan memenangkan Academy Award. Ini juga menginspirasi Batman yang sama suksesnya: Seri Animasi, membuka jalan bagi dunia animasi DC, dan telah memengaruhi teknik pemasaran dan pengembangan Hollywood modern dari genre film superhero. Tiga sekuel, Batman Returns, Batman Forever dan Batman & Robin, dirilis pada 19 Juni 1992; 16 Juni 1995; dan 20 Juni 1997 masing-masing.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]