Man of Steel (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Man of Steel
Poster rilis teatrikal
SutradaraZack Snyder
ProduserCharles Roven, Christopher Nolan, Emma Thomas, Deborah Snyder
SkenarioDavid S. Goyer
Cerita
  • David S. Goyer
  • Christopher Nolan
Berdasarkan
Superman
oleh Jerry Siegel
Joe Shuster
Pemeran
Penata musikHans Zimmer
SinematograferAmir Mokri
PenyuntingDavid Brenner
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 14 Juni 2013 (2013-06-14)
Durasi143 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$225 juta[2]
Pendapatan
kotor
$668.1 juta[2]

Man of Steel adalah film pahlawan super Amerika tahun 2013 yang disutradarai oleh Zack Snyder, diproduseri oleh Christopher Nolan, dan ditulis oleh David S. Goyer. Film ini menceritakan karakter DC Comics, Superman. Bintang film Henry Cavill yang berperan sebagai Superman dalam film bermain bersama Amy Adams sebagai Lois Lane, Michael Shannon sebagai Jenderal Zod, Diane Lane sebagai Martha Kent, Kevin Costner sebagai Jonathan Kent, Laurence Fishburne sebagai Perry White, dan Russell Crowe sebagai Jor-El. Man of Steel dimaksudkan untuk meluncurkan karakter fiksi alam semesta bersama DC Comics pada film.[3]

Pemutaran perdana Man of Steel di AS dihadiri oleh para pemeran utamanya di New York City pada 10 Juni 2013.[4] Film ini dirilis untuk umum pada 14 Juni 2013, secara konvensional, 3D[5] dan teater IMAX.[6]

Plot[sunting | sunting sumber]

Planet Krypton menghadapi kehancuran dalam waktu dekat karena intinya tidak stabil, dan dewan yang berkuasa berada di bawah ancaman pemberontak Jenderal Zod dan para pengikutnya. Ilmuwan Jor-El dan istrinya Lara-El meluncurkan anak mereka yang baru lahir, Kal-El pada pesawat ruang angkasa ke bumi, menanamkan sel-selnya dengan codex genetik untuk melestarikan ras Krypton. Setelah pembunuhan Zod tehadap Jor-El, ia dan pengikutnya ditangkap dan dibuang ke Zona Bayangan. Namun, Krypton meledak beberapa waktu kemudian dan membebaskan mereka.

Bayi Kal-El diangkat sebagai anak angkat Jonathan dan Martha Kent, dan dia diberi nama Clark Kent. Fisiologi Krypton Clark memberikan dia kemampuan super di Bumi, yang awalnya menyebabkan dia kebingungan, tetapi dia secara bertahap belajar untuk memanfaatkan kekuatannya untuk membantu orang lain. Jonathan mengungkapkan ke Clark remaja bahwa ia adalah alien dan menyarankan dia untuk tidak menggunakan kekuatannya secara terbuka, karena takut bahwa masyarakat akan menolaknya. Setelah kematian Jonathan, seorang Clark dewasa menghabiskan beberapa tahun hidup secara nomaden, mengerjakan pekerjaan yang berbeda di bawah nama palsu. Suatu ketika ia menyusup ke tempat penemuan ilmiah pesawat luar angkasa Kryptonian di Arktik. Clark memasuki kapal asing tersebut, dan memungkinkan dia untuk berkomunikasi dengan kesadaran Jor-El yang diawetkan dalam bentuk hologram. Lois Lane, seorang wartawan dari Daily Planet yang diutus untuk menulis cerita tentang penemuan ini, menyelinap di dalam kapal saat mengikuti Clark dan diselamatkan olehnya ketika dia terluka. Atasan Lois, Perry White menolak ceritanya tentang "manusia super" penyelamat, jadi kemudian Lois menelusuri Clark kembali. Ia ke Kansas dengan tujuan menulis sebuah uraian. Setelah mendengar cerita sebenarnya tentang Clark, Lois memutuskan untuk tidak mengungkapkan rahasianya lagi.

Zod dan pengikutnya mencari dunia koloni lain, dan akhirnya mengikuti sinyal marabahaya Krypton yang dikirim dari kapal Clark yang ditemukan di Bumi. Tuntutan Zod adalah bahwa manusia harus menyerah Kal-El, yang ia percaya memiliki codex, sebagai imbalan bagi perdamaian. Clark setuju, dan akhirnya militer AS menyerahkan Clark. Namun, Faora utusan Jenderal Zod menginginkan agar Lois Lane mereka berduapun dibawa. Zod mengungkapkan bahwa ia bermaksud untuk menggunakan "mesin dunia" terraform untuk mengubah bumi menjadi Krypton baru, memberantas populasi manusia, dan menggunakan codex untuk mengisi kembali planet dengan bangsa Krypton rekayasa genetik. Setelah kapal Clark dan Lois melarikan diri Zod, Clark mengalahkan Faora, meyakinkan militer bahwa ia adalah sekutu. Zod menyebarkan mesin dunia dan memulai proses di Metropolis dan di Samudra Hindia.

Clark, sekarang dijuluki "Superman", ia berusaha menghentikan mesin dunia di Samudera Hindia. Militer menggunakan pesawat ruang angkasa yang membawa Clark ke Bumi dalam serangan udara terhadap kapal Zod di atas kota Metropolis, untuk membawa kembali kru Zod ke Zona Bayangan. Hanya Zod yang tetap berada di bumi, dan dia terlibat dalam pertarungan dengan Superman di Metropolis. Ketika upaya Zod membunuh warga sipil untuk balas dendam atas kekalahannya, Superman terpaksa membunuh Zod. Beberapa waktu kemudian, Superman terus mendapatkan kepercayaan oleh pemerintah AS, meskipun menghindari upaya mereka untuk mengungkap identitas rahasianya. Untuk membuat alias yang memberinya akses ke situasi berbahaya tanpa menimbulkan kecurigaan, Clark mengambil pekerjaan sebagai reporter di Daily Planet.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Asosiasi Kategori Penerima Hasil
Golden Trailer Awards[7] Best Summer 2013 Blockbuster Poster Man of Steel Menang
Best Teaser Poster Nominasi
Summer 2013 Blockbuster Trailer
NewNowNext Awards Cause You're Hot[8] Henry Cavill
Next Must-See Movie[9] Man of Steel Menang
2013 Teen Choice Awards[10] Choice Summer Movie: Action Nominasi
Choice Summer Movie Star: Male Henry Cavill
Choice Summer Movie Star: Female Amy Adams
Choice Liplock Henry Cavill and Amy Adams

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Man of Steel". British Board of Film Classification. 21 Mei 2013. Diakses tanggal 10 Juli 2015. 
  2. ^ a b "Man of Steel (2013)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 17 Juni 2013. 
  3. ^ Andrew Dyce (April 11, 2013). "'Man of Steel' Will Launch DC Shared Universe". ScreenRant. Diakses tanggal April 12, 2013. 
  4. ^ McNary, Dave (June 10, 2013). "Man of Steel Live Stream: Watch the Red Carpet Premiere". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-24. Diakses tanggal June 15, 2013. 
  5. ^ ""Man of Steel" to Soar into Theaters Next Summer in 3D" (Siaran pers). Marketwatch.com. November 7, 2012. Diakses tanggal June 3, 2013. 
  6. ^ "Third Batman, New Superman Part of IMAX Deal". Superhero Hype!. April 28, 2010. Diakses tanggal December 2, 2010. 
  7. ^ "The 14th Annual Golden Trailer Award Nominees". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-07. Diakses tanggal June 17, 2013. 
  8. ^ "2013 Nominees Cause You're Hot". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-25. Diakses tanggal June 17, 2013. 
  9. ^ "2013 Nominees Next Must-See Movie". Diakses tanggal June 17, 2013. [pranala nonaktif permanen]
  10. ^ "Teen Choice Awards 2013 - list of winners". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-08-13. Diakses tanggal August 13, 2013. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]