300 (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Disambig gray.svg
300 (film)
300MoviePoster.jpg
Poster Bioskop
Sutradara Zack Snyder
Produser Gianni Nunnari
Mark Canton
Bernie Goldmann
Jeffrey Silver
Penulis Skenario:
Zack Snyder
Kurt Johnstad
Michael B. Gordon
Buku Komik:
Frank Miller
Pemeran Gerard Butler
Lena Headey
David Wenham
Dominic West
Rodrigo Santoro
Andrew Tiernan
Musik Tyler Bates
Sinematografi Larry Fong
Penyunting William Hoy
Perusahaan
produksi
Distributor Warner Bros.
Tanggal rilis Bendera Yunani 8 Maret 2007
Bendera Amerika Serikat 9 Maret 2007
Bendera Britania Raya 22 Maret 2007
Bendera Australia 5 April 2007
Durasi 117 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $60 juta[1]
Pendapatan kotor $456,068,181[1]

300 adalah 2006 film perang epik fantasi Amerika berdasarkan 1998 serial komik dengan nama yang sama oleh Frank Miller dan Lynn Varley. Keduanya retellings fiksi dari Pertempuran Thermopylae dalam Perang Persia. Film ini disutradarai oleh Zack Snyder, sedangkan Miller menjabat sebagai produser eksekutif dan konsultan. Difilmkan sebagian besar dengan teknik kunci kroma super-pemaksaan, untuk membantu meniru citra dari buku komik asli.

Plot berkisar Raja Leonidas (Gerard Butler), yang memimpin 300 Spartans ke dalam pertempuran melawan Persia "dewa-Raja" Xerxes (Rodrigo Santoro) dan pasukannya menyerang lebih dari 300.000 tentara. Sebagai mengamuk pertempuran Queen Gorgo (Lena Headey) mencoba untuk menggalang dukungan di Sparta untuk suaminya. Cerita ini dibingkai oleh suara-over narasi oleh tentara Spartan Dilios (David Wenham). Melalui teknik narasi ini, berbagai makhluk fantastis diperkenalkan, menempatkan 300 dalam genre fantasi sejarah.

300 dirilis di kedua bioskop konvensional dan IMAX di Amerika Serikat pada tanggal 9 Maret 2007, dan pada DVD, Blu-ray Disc, dan HD DVD pada tanggal 31 Juli 2007. Film ini mendapat tinjauan yang beragam, menerima pujian untuk visual aslinya dan gaya, tapi kritik untuk mendukung visual lebih karakterisasi dan penggambaran dari Persia kuno di Iran, karakterisasi yang beberapa telah dianggap rasis; Namun, film itu sukses box office, terlaris lebih dari $ 450 juta dengan pembukaan film menjadi yang terbesar 24 dalam sejarah box office pada saat itu. Sebuah sekuel, 300: Rise of an Empire, yang didasarkan pada Miller tidak diterbitkan novel grafis prekuel Xerxes, dirilis pada tanggal 7 Maret 2014.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada 479 SM, satu tahun setelah Pertempuran terkenal dari Thermopylae, Dilios, sebuah hoplite di Angkatan Darat Spartan, mulai kisahnya dengan menggambarkan kehidupan Leonidas I dari kecil ke kerajaan melalui doktrin Spartan. Cerita Dilios terus dan utusan Persia tiba di gerbang Sparta menuntut "bumi dan air" sebagai tanda penyerahan ke Raja Xerxes; Spartan membalas dengan membunuh dan menendang para utusan ke dalam sumur. Leonidas kemudian mengunjungi Ephors, mengusulkan strategi untuk mendorong kembali Persia numerik unggul melalui Hot Gates; rencananya melibatkan membangun tembok untuk menyalurkan Persia ke lulus sempit antara batu dan laut. The Ephors berkonsultasi dengan Oracle, yang menetapkan bahwa Sparta tidak akan pergi berperang selama Carneia. Sebagai Leonidas marah berangkat, seorang utusan dari Xerxes muncul, menghadiahi Ephors untuk dukungan rahasia mereka.

Meskipun Ephors membantah izin untuk memobilisasi tentara Sparta, Leonidas mengumpulkan tiga ratus tentara yang terbaik dalam kedok pengawal pribadinya; mereka bergabung di sepanjang jalan oleh Arcadians. Di Thermopylae, mereka membangun dinding yang terbuat dari batu dan dibunuh pramuka Persia sebagai mortar, kemarahan Persia utusan. Stelios, seorang prajurit Spartan elit, memerintahkan dia untuk kembali ke jalur Persia dan memperingatkan Xerxes setelah memotong lengan whipping nya. Sementara itu, Leonidas bertemu Ephialtes, Spartan cacat yang orang tuanya melarikan diri Sparta untuk menghindarkannya pembunuhan bayi tertentu. Ephialtes meminta untuk menebus nama ayahnya dengan bergabung tentara Leonidas ', memperingatkan dia dari rahasia (kambing) jalan orang Persia bisa digunakan untuk mengepung dan mengelilingi Spartan. Meskipun simpatik, Leonidas menolak dia karena cacat secara fisik mencegah dia dari memegang perisai cukup tinggi; berpotensi mengorbankan formasi phalanx, dan Ephialtes sangat marah.

Pertempuran dimulai segera setelah penolakan Spartan 'untuk meletakkan senjata mereka. Menggunakan Hot Gates untuk keuntungan mereka, ditambah keterampilan pertempuran mereka unggul, Spartan mengusir gelombang demi gelombang tentara Persia maju. Selama jeda dalam pertempuran, Xerxes pribadi pendekatan Leonidas membujuknya untuk menyerah, menawarkan kekayaan dan kekuasaan dalam pertukaran untuk kesetiaannya; Leonidas menurun dan mengolok-olok Xerxes untuk kualitas rendah dari prajurit fanatik. Sebagai tanggapan, Xerxes mengirimkan di penjaga elit nya, Dewa nanti malam. Meskipun beberapa Spartan dibunuh, mereka heroik mengalahkan Dewa (dengan bantuan sedikit dari Arcadians). Pada hari kedua, Xerxes mengirimkan gelombang baru tentara dari Asia dan Persia negara-kota lainnya, termasuk gajah perang, untuk menghancurkan Spartan sekali dan untuk semua, tetapi tidak berhasil. Sementara itu, Ephialtes cacat untuk Xerxes kepada siapa ia mengungkapkan jalan rahasia dalam pertukaran untuk kekayaan, kemewahan, dan (terutama) seragam. Arcadians mundur setelah mengetahui pengkhianatan Ephialtes ', tetapi Spartan tinggal. Leonidas memerintahkan sebuah Dilios terluka namun enggan untuk kembali ke Sparta dan memberitahu mereka tentang apa yang telah terjadi, "kisah kemenangan".

Di Sparta Queen Gorgo mencoba membujuk Dewan Spartan untuk mengirim bala bantuan untuk membantu 300. Theron, politisi korup, mengklaim bahwa ia "memiliki" Dewan dan mengancam Ratu, yang enggan tunduk kepada tuntutan seksualnya sebagai imbalan atas bantuannya . Ketika Theron mempermalukan di depan Dewan, Gorgo membunuh dia keluar dari kemarahan, mengungkapkan dalam jubahnya sekantong emas Xerxes '. Menandai pengkhianatannya, Dewan dengan suara bulat setuju untuk mengirim bala bantuan. Pada hari ketiga, Persia, dipimpin oleh Ephialtes, melintasi jalan rahasia, melingkari Spartan. Xerxes 'umum lagi menuntut penyerahan diri mereka. Leonidas tampaknya berlutut dalam pengajuan, memungkinkan Stelios melompat di atasnya dan membunuh umum. Sebuah Xerxes marah memerintahkan pasukannya untuk menyerang. Leonidas naik dan melemparkan tombaknya di Xerxes; nyaris hilang dia, pemotongan tombak menemukan dan luka wajahnya, membuktikan kematian Allah-Raja. Leonidas dan Spartan tersisa berjuang untuk orang terakhir sampai mereka akhirnya menyerah pada panah serangan.

Dilios, sekarang kembali di Sparta, menyimpulkan kisah sebelum Dewan. Terinspirasi oleh pengorbanan Raja mereka, Persia sekarang akan menghadapi tentara Yunani yang lebih besar 40.000 yang kuat, yang dipimpin oleh 10.000 Spartan. Setelah satu pidato terakhirnya memperingati 300, Dilios, sekarang kepala Angkatan Darat Spartan, membawa mereka ke dalam pertempuran melawan Persia di bidang Plataea, mengakhiri film.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Produksi [sunting][sunting | sunting sumber]

Produser Gianni Nunnari bukan satu-satunya orang yang merencanakan sebuah film tentang Pertempuran Thermopylae; sutradara Michael Mann sudah direncanakan film pertempuran berdasarkan buku Gates of Fire. Nunnari menemukan novel grafis Frank Miller 300, yang terkesan cukup untuk memperoleh hak film. [5] [6] 300 bersama-sama diproduksi oleh Nunnari dan Mark Canton, dan Michael B. Gordon menulis naskah. [7] Direktur Zack Snyder itu disewa pada bulan Juni 2004 [8] karena ia telah berusaha untuk membuat film berdasarkan novel Miller sebelum membuat debutnya dengan remake dari Dawn of the Dead. [9] Snyder kemudian memiliki skenario Kurt Johnstad menulis ulang naskah Gordon untuk produksi [8] dan Frank Miller dipertahankan sebagai konsultan dan produser eksekutif. [10]

Film ini adalah tembakan-untuk-shot adaptasi dari buku komik, mirip dengan film adaptasi dari Sin City. [11] Snyder difotokopi panel dari buku komik, dari mana ia berencana tembakan sebelumnya dan berhasil. "Ini adalah proses yang menyenangkan bagi saya ... untuk memiliki kerangka sebagai tujuan untuk mendapatkan," katanya. [12] Seperti buku komik, adaptasi juga digunakan karakter Dilios sebagai narator. Snyder menggunakan teknik narasi ini untuk menunjukkan penonton bahwa surealis "Frank Miller dunia" 300 diberitahu dari perspektif subjektif. Dengan menggunakan hadiah Dilios 'bercerita, ia mampu memperkenalkan unsur fantasi ke dalam film, menjelaskan bahwa "Dilios adalah orang yang tahu bagaimana untuk tidak merusak cerita yang bagus dengan kebenaran." [13] Snyder juga menambahkan sub-plot di yang Queen Gorgo mencoba untuk menggalang dukungan bagi suaminya. [14]

Dua bulan pra-produksi yang diperlukan untuk membuat ratusan perisai, tombak, dan pedang, beberapa di antaranya daur ulang dari Troy dan Alexander. Makhluk yang dirancang oleh Jordu Schell, [15] dan serigala animatronik dan tiga belas kuda animatronik diciptakan. Para aktor dilatih bersama stuntmen, dan bahkan Snyder bergabung. Ke atas dari 600 kostum diciptakan untuk film, serta prosthetics luas untuk berbagai karakter dan mayat tentara Persia. Shaun Smith dan Mark Rappaport bekerja bergandengan tangan dengan Snyder dalam pra-produksi untuk merancang tampilan karakter individu, dan untuk menghasilkan prostetik efek makeup, alat peraga, senjata dan tubuh boneka diperlukan untuk produksi. [16]

300 memasuki produksi aktif pada 17 Oktober 2005, di Montreal, [17] dan ditembak selama enam puluh hari [16] secara kronologis [14] dengan anggaran sebesar $ 60 juta. [18] Mempekerjakan teknik backlot digital, Snyder menembak sekarang sudah tidak berfungsi icestorm Studios di Montreal menggunakan bluescreens. Butler mengatakan bahwa sementara ia tidak merasa dibatasi oleh arah Snyder, kesetiaan komik dikenakan pembatasan tertentu pada penampilannya. Wenham mengatakan ada saat-saat Snyder ingin tepat menangkap momen ikonik dari buku komik, dan lain kali ketika ia memberi kebebasan aktor "untuk mengeksplorasi dalam dunia dan batas-batas yang telah ditetapkan." [19] Headey mengatakan dari pengalamannya dengan yang bluescreens, "ini sangat aneh, dan emosional, tidak ada yang terhubung ke terpisah dari aktor lain." [20] Hanya satu adegan, di mana kuda melakukan perjalanan di pedesaan, ditembak di luar ruangan. [21] Film ini adalah intens fisik produksi, dan Butler menarik tendon lengan dan kaki drop maju. [22]

Pasca produksi ditangani oleh Montreal Meteor Studios dan Hybride Teknologi diisi rekaman bluescreen dengan lebih dari 1.500 tembakan efek visual. supervisor efek visual Chris Watts dan desainer produksi Jim Bissell menciptakan proses dijuluki "The Crush," [16] yang memungkinkan seniman Meteor untuk memanipulasi warna dengan meningkatkan kontras terang dan gelap. urutan tertentu desaturated dan berwarna untuk membangun suasana hati yang berbeda. Ghislain St-Pierre, yang memimpin tim seniman, dijelaskan efeknya: ". Semuanya tampak realistis, tetapi memiliki semacam berpasir merasa ilustratif" [16] [23] Berbagai program komputer, termasuk Maya, RenderMan dan RealFlow, digunakan untuk menciptakan "penyemprotan darah." [24] The pasca produksi berlangsung selama setahun dan ditangani oleh total sepuluh efek khusus perusahaan. [25]

Soundtrack [sunting][sunting | sunting sumber]

Artikel utama: 300 Asli Motion Picture Soundtrack

Pada bulan Juli 2005, komposer Tyler Bates mulai bekerja pada film, menggambarkan skor sebagai memiliki "tema yang indah di atas dan paduan suara besar," tapi "marah dengan beberapa berat ekstrim." komposer telah mencetak gol untuk adegan tes yang sutradara ingin menunjukkan ke Warner Bros untuk menggambarkan jalur proyek. Bates mengatakan bahwa skor memiliki "banyak berat badan dan intensitas di akhir rendah dari perkusi" yang Snyder ditemukan menyenangkan untuk film. [26] skor ini direkam di Abbey Road Studios dan fitur vokal dari Azam Ali. [27 ] sebuah edisi standar dan edisi khusus dari soundtrack yang berisi 25 lagu ini dirilis pada tanggal 6 Maret 2007, dengan edisi khusus yang berisi buklet 16-halaman dan tiga kartu perdagangan dua sisi. [28]

skor telah menyebabkan beberapa kontroversi di masyarakat komposer film, mengumpulkan kritik untuk kesamaan yang mencolok untuk beberapa soundtrack terbaru lainnya, termasuk James Horner dan bekerja Gabriel Yared untuk film Troy. Pinjaman terberat dikatakan dari skor 1999 Elliot Goldenthal untuk Titus. "Ingat Kami," dari 300, adalah identik dalam bagian untuk "Finale" dari Titus, dan "Mengembalikan Raja" ini mirip dengan isyarat "Victorius Titus." [29] [30] [31] (lihat masalah hak cipta. ) pada tanggal 3 Agustus 2007, Warner Bros Pictures mengakui dalam sebuah pernyataan resmi:

... Sejumlah isyarat musik untuk skor 300 yang, tanpa sepengetahuan atau partisipasi kita, berasal dari musik disusun oleh pemenang Academy Award komposer Elliot Goldenthal untuk film Titus. Warner Bros Pictures memiliki rasa hormat yang besar untuk Elliot, kolaborator lama kami, dan senang telah secara damai diselesaikan masalah ini. [32]

Promosi dan rilis [sunting][sunting | sunting sumber]

Pejabat 300 situs diluncurkan oleh Warner Bros pada bulan Desember 2005. "seni konseptual" dan blog produksi Zack Snyder ini adalah atraksi awal situs. [33] Kemudian, situs menambahkan jurnal video yang menggambarkan rincian produksi, termasuk komik-untuk -layar tembakan dan makhluk dari 300. pada bulan Januari 2007, studio meluncurkan halaman MySpace untuk film. [34] The Art Institutes menciptakan mikro-situs untuk mempromosikan film tersebut. [35]

Di Comic-Con International pada bulan Juli 2006, 300 panel menayangkan teaser promosi film, yang diterima secara positif. [36] Meskipun keamanan yang ketat, trailer kemudian bocor di Internet. [37] Warner Bros merilis resmi trailer untuk 300 pada tanggal 4 Oktober 2006, [38] dan kemudian itu memulai debutnya di Apple.com di mana ia menerima paparan yang cukup. latar belakang musik yang digunakan dalam trailer itu "Just Like You Imagined" oleh Nine Inch Nails. Kedua 300 Trailer, yang melekat pada Apocalypto, dirilis di bioskop pada tanggal 8 Desember 2006, [39] dan secara online pada hari sebelumnya. [40] Pada tanggal 22 Januari 2007, trailer eksklusif untuk film ini disiarkan selama prime time televisi. [41] The trailer telah dikreditkan dengan memicu minat dalam film dan memberikan kontribusi untuk kesuksesan box-office-nya. [42]

Pada bulan April 2006, Warner Bros Interactive Entertainment mengumumkan niatnya untuk membuat game PlayStation Portable, 300: Maret Glory, berdasarkan film. Tabrakan Studios bekerja sama dengan Warner Bros untuk menangkap gaya film dalam video game, yang dirilis bersamaan dengan film di Amerika Serikat. [43] The National Entertainment Collectibles Association menghasilkan serangkaian angka tindakan berdasarkan film, [44] serta replika senjata dan baju besi. [45]

Warner Bros dipromosikan 300 dengan mensponsori Ultimate Fighting juara kelas berat ringan Championship Chuck Liddell, yang membuat penampilan pribadi dan berpartisipasi dalam kegiatan promosi lainnya. [46] Studio juga bergabung dengan National Hockey League untuk menghasilkan tempat TV 30 detik mempromosikan Film seiring dengan babak playoff Piala Stanley. [47]

Pada bulan Agustus 2006, Warner Bros mengumumkan 300 ini tanggal rilis tanggal 16 Maret 2007, [48] tetapi pada bulan Oktober rilis itu bergerak maju ke 9 Maret 2007. [38] 300 dirilis pada DVD, Blu-ray Disc, dan HD DVD pada tanggal 31 Juli 2007, di wilayah 1 wilayah, di single-disc dan edisi dua-disc. 300 dirilis pada single-disc dan Steelcase edisi dua-disc pada DVD, BD dan HD DVD di Wilayah 2 wilayah mulai Agustus 2007. Pada tanggal 21 Juli 2009, Warner Bros merilis sebuah Disc Blu-ray baru berjudul 300: The Complete Experience bertepatan dengan Blu-ray Disc rilis Watchmen. Ini Blu-ray Disc baru terbungkus dalam 40-halaman digibook dan mencakup semua ekstra dari rilis asli serta beberapa yang baru. Fitur-fitur ini termasuk fitur Picture-in-Picture berjudul The Complete 300: A Comprehensive Immersion, yang memungkinkan pengunjung untuk melihat film dalam tiga perspektif yang berbeda. Rilis ini juga termasuk salinan digital. [49]

Pada tanggal 9 Juli 2007, saluran kabel Amerika TNT membeli hak untuk menyiarkan film dari Warner Bros [50] TNT mulai ditayangkan film di September 2009. Sumber mengatakan bahwa jaringan dibayar antara $ 17.000.000 [51] dan hanya di bawah $ 20 juta [50] untuk hak siar. TNT menyetujui kontrak tiga tahun bukan kontrak lima tahun lebih khas. [51]

Penerimaan [sunting][sunting | sunting sumber]

Box office [sunting][sunting | sunting sumber]

. 300 dirilis di Amerika Utara pada tanggal 9 Maret 2007, di kedua bioskop konvensional dan IMAX [52] Ini meraup $ 28.106.731 pada hari pembukaan dan berakhir di Amerika Utara pembukaan akhir pekan dengan $ 70.885.301, [53] memecahkan rekor yang dipegang oleh Ice Age: The Meltdown untuk akhir pekan pembukaan terbesar di bulan Maret dan untuk rilis musim semi. Sejak itu 300 rekor musim semi rilis rusak oleh Fast and Furious dan 300 rekor Maret rusak oleh Tim Burton Alice in Wonderland. [54] [55] 300 bruto pekan pembukaan tertinggi 24 dalam sejarah box office, datang sedikit di bawah The Lost World :. Jurassic Park, namun lebih tinggi dari Transformers [56] ini adalah pembukaan terbesar ketiga untuk sebuah film R-rated pernah, di belakang The Matrix Reloaded ($ 91.800.000) dan The Passion of the Christ ($ 83.800.000) [57] Film ini juga. rekor untuk bioskop IMAX dengan $ 3.600.000 pekan pembukaan. [58] Film ini meraup $ 456.068.181 di seluruh dunia.

300 dibuka dua hari sebelumnya, pada tanggal 7 Maret 2007, di Sparta, dan di Yunani pada 8 Maret [59] [60] eksekutif Studio terkejut dengan menunjukkan, yang dua kali apa yang mereka harapkan. [61] Mereka dikreditkan kekerasan bergaya film, peran perempuan yang kuat Queen Gorgo yang menarik sejumlah besar perempuan, dan blitz iklan MySpace. [62] Produser Mark Canton mengatakan, "MySpace memiliki dampak yang sangat besar tetapi telah melampaui keterbatasan Internet atau novel grafis. Setelah Anda membuat sebuah film besar, kata dapat menyebar dengan sangat cepat. "[62]

Ulasan [sunting][sunting | sunting sumber]

Penerimaan Kritis [sunting][sunting | sunting sumber]

Sejak dunianya perdana di Festival Film Internasional Berlin pada tanggal 14 Februari 2007, di depan 1.700 penonton, 300 telah menerima ulasan umumnya campuran. Sementara itu menerima tepuk tangan berdiri di premiere publik, [63] itu menyorot di pers screening jam sebelumnya, di mana banyak peserta yang tersisa selama menunjukkan dan mereka yang tetap dicemooh di akhir. [64] Kritik terbagi pada film. [65] Rotten Tomatoes melaporkan bahwa 60% dari kritikus film memberi review positif, berdasarkan sampel dari 225, dengan skor rata-rata 6,1 dari 10. [66] Metacritic, yang memberikan peringkat dinormalisasi dari 100 untuk ulasan dari kritikus mainstream, memberikan film skor rata-rata 51 berdasarkan 35 ulasan. [65]

Beberapa ulasan yang paling tidak baik datang dari surat kabar utama Amerika. A.O. Scott dari The New York Times menggambarkan 300 sebagai "sekitar sebagai kekerasan sebagai Apocalypto dan dua kali lebih bodoh," sementara mengkritik skema warna dan menunjukkan bahwa plot meliputi nada rasis; Scott juga menyodok menyenangkan di tubuh digosok aktor menggambarkan Spartan, menyatakan bahwa karakter Persia yang "pelopor dalam seni wajah-piercing", tetapi bahwa Spartan memiliki akses ke "klub kesehatan yang unggul dan fasilitas elektrolisis". [67 ] Kenneth Turan menulis di Los Angeles Times bahwa "kecuali jika Anda suka kekerasan sebanyak Spartan, Quentin Tarantino atau remaja laki-laki video-game-bermain, Anda tidak akan tanpa henti terpesona." [68] Roger Ebert, dalam ulasannya , memberikan film rating bintang dua, menulis, "300 memiliki karikatur satu dimensi yang berbicara seperti pegulat profesional memasukkan perseteruan mereka berikutnya." [69] Beberapa kritikus bekerja di surat kabar Yunani telah sangat kritis, seperti kritikus film Robby Eksiel , yang mengatakan bahwa penonton akan terpesona oleh "aksi digital" tapi jengkel dengan "interpretasi sombong dan karakter satu dimensi." [60] [70]

Berbagai Todd McCarthy menggambarkan film itu sebagai "visual menangkap" meskipun "bombastis" [71] sementara Kirk Honeycutt, menulis di The Hollywood Reporter, memuji "keindahan topografi, warna dan bentuk." [72] Menulis di Chicago Sun Times , Richard Roeper Berseru 300 sebagai "Citizen Kane dari novel grafis sinematik." [73] Kekaisaran memberi film 3/5 memiliki putusan "visual yang menakjubkan, benar-benar berperang dan dangkal kolam mendayung kerdil, ini adalah seluruh tumpukan gaya diwarnai dengan hanya smidgen substansi. " 300 juga diterima dengan hangat oleh situs yang berfokus pada komik dan video game. Comic Book Resources Mark Cronan menemukan film yang menarik, meninggalkan dia "dengan perasaan kekuasaan, dari setelah menjadi saksi sesuatu yang besar." [74] IGN Todd Gilchrist diakui Zack Snyder sebagai visioner sinematik dan "penebus kemungkinan pembuatan film yang modern . "[75]

Penghargaan [sunting][sunting | sunting sumber]

Di MTV Movie Awards 2007, 300 dinominasikan untuk Best Movie, Best Performance untuk Gerard Butler, Best Breakthrough Performance untuk Lena Headey, penjahat Terbaik untuk Rodrigo Santoro, dan Berjuang terbaik untuk Leonidas berjuang "yang Über Immortal", [76] tetapi hanya memenangkan penghargaan untuk Best Fight. 300 memenangkan kedua Film Drama Terbaik dan penghargaan Best Action Film di 2006-2007 Emas Icon Awards disajikan oleh Travolta Family Entertainment. [77] Pada bulan Desember 2007, 300 memenangkan IGN Film of the Year 2007, [78] bersama dengan Komik Terbaik adaptasi [79] dan Raja Leonidas sebagai Karakter Favorit. [80] film ini menerima 10 nominasi untuk 2008 Saturn Awards, memenangkan penghargaan untuk Sutradara Terbaik dan Best Action / Petualangan / Thriller film. [81] pada tahun 2009, majalah National Review peringkat 300 nomor 5 di 25 Film Konservatif Terbaik nya dari daftar 25 Tahun terakhir. [82]

keakuratan sejarah [sunting][sunting | sunting sumber]

Sejak beberapa catatan tentang seni bela diri yang sebenarnya digunakan oleh Spartan bertahan hidup selain dari rekening formasi dan taktik, koreografi pertarungan yang dipimpin oleh koordinator stunt dan memerangi koreografer Damon Caro, adalah sintesis dari seni senjata yang berbeda dengan seni bela diri Filipina sebagai basis. [ 83] Hal ini dapat dilihat dalam karya pisau dan penggunaan tanda tangan dari tangan off oleh Arnis / Kali / Eskrima dalam penggunaan ofensif perisai. Penggunaan Spartan 'dari medan yang sempit, dalam keadaan-keadaan tertentu, adalah taktik militer yang dikenal sebagai "kekalahan secara detail".

Paul Cartledge, Profesor Sejarah Yunani di Cambridge University, menyarankan para pembuat film di pengucapan nama Yunani, dan mengatakan mereka "membuat baik penggunaan" karyanya diterbitkan pada Sparta. Dia memuji film untuk penggambaran dari "Spartan 'kode heroik", dan "peran kunci yang dimainkan oleh perempuan di back up, memang memperkuat, kode bela diri laki-laki kehormatan heroik", sementara mengekspresikan keberatan tentang nya "' Barat ' (barang) vs 'East' (penjahat) polarisasi ". [84] Cartledge menulis bahwa ia menikmati film, meskipun ia menemukan deskripsi Leonidas 'dari orang Atena sebagai" anak pecinta "ironis, karena Spartan sendiri dimasukkan perjantanan kelembagaan dalam pendidikan mereka sistem. [85]

Ephraim Lytle, asisten profesor Helenistik Sejarah di Universitas Toronto, mengatakan 300 selektif mengidealkan masyarakat Spartan secara "bermasalah dan mengganggu", serta menggambarkan "seratus bangsa Persia" sebagai monster dan non-Spartan Yunani lemah . Dia menyarankan bahwa alam semesta moral film ini akan tampak "sebagai aneh untuk Yunani kuno seperti halnya untuk sejarawan modern". [86]

Victor Davis Hanson, Ulasan Nasional kolumnis dan mantan profesor sejarah klasik di California State University, Fresno, yang menulis kata pengantar untuk tahun 2007 kembali masalah dari novel grafis, mengatakan film menunjukkan afinitas tertentu dengan bahan asli dari Herodotus dalam menangkap etos bela diri dari Sparta kuno dan mewakili Thermopylae sebagai "benturan peradaban". Dia menyatakan bahwa Simonides, Aeschylus, dan Herodotus melihat Thermopylae sebagai pertempuran melawan "sentralisme Timur dan perhambaan kolektif", yang menentang "gagasan warga bebas dari polis otonom". [87] Ia juga mengatakan film ini menggambarkan pertempuran di a "surealis" cara, dan bahwa tujuannya adalah untuk "menghibur dan shock pertama, dan menginstruksikan keduanya". [88]

Touraj Daryaee, sekarang Baskerville Profesor Iran Sejarah dan Persia Dunia di University of California, Irvine, mengkritik penggunaan film dari sumber-sumber klasik, menulis:

Beberapa bagian dari penulis klasik Aeschylus, Diodorus, Herodotus dan Plutarch dibagi atas film untuk memberikan rasa otentik. Aeschylus menjadi sumber utama ketika pertempuran dengan "kawanan manusia mengerikan" dari Persia diceritakan dalam film tersebut. Pernyataan Diodorus 'tentang keberanian Yunani untuk melestarikan kebebasan mereka dimasukkan ke dalam film, tapi menyebutkan tentang keberanian Persia dihilangkan. nomor aneh Herodotus 'digunakan untuk mengisi tentara Persia, dan diskusi Plutarch untuk wanita Yunani, khususnya perempuan Spartan, dimasukkan salah dalam dialog antara "membenci wanita" duta Persia dan raja Spartan. sumber-sumber klasik tentu digunakan, tapi persis di semua tempat yang salah, atau cukup naif. Orang Atena berjuang pertempuran laut selama ini. [89]

Robert McHenry, mantan editor-in-chief dari Encyclopædia Britannica dan penulis Bagaimana Tahu mengatakan film "adalah sebuah film hampir ineffably konyol. Stills dari film bisa dengan mudah digunakan untuk mempromosikan Buns of Steel, atau AbMaster, atau ThighMaster. Ini tentang romantisasi dari Spartan 'ideal', sebuah proses yang dimulai bahkan di zaman kuno, dipromosikan oleh orang Romawi, dan telah bertahan dari waktu ke waktu sementara kurang dan kurang menyerupai sejarah Sparta yang sebenarnya. "[90]

Direktur 300, Zack Snyder, menyatakan dalam sebuah wawancara MTV bahwa "peristiwa 90 persen akurat. Ini hanya dalam visualisasi bahwa itu gila .... Saya telah menunjukkan film ini untuk sejarawan kelas dunia yang mengatakan itu menakjubkan . Mereka tidak percaya itu seakurat itu. " Namun demikian, ia juga mengatakan film ini "sebuah opera, bukan dokumenter. Itulah yang saya katakan ketika orang mengatakan itu secara historis tidak akurat". [91] Ia juga dikutip dalam cerita BBC News mengatakan bahwa film ini, pada intinya "sebuah film fantasi". Dia juga menjelaskan narator film, Dilios, sebagai "seorang pria yang tahu bagaimana untuk tidak merusak cerita yang bagus dengan kebenaran". [13]

Dalam sebuah wawancara 300 penulis Frank Miller mengatakan, "The ketidakakuratan, hampir semua dari mereka, yang disengaja. Aku mengambil orang-piring dada dan rok kulit off dari mereka karena suatu alasan. Saya ingin orang-orang untuk bergerak dan saya ingin 'em terlihat baik . saya mengetuk helm mereka dari cukup, sebagian sehingga Anda dapat mengenali siapa karakter yang. Spartan, di regalia penuh, hampir tidak bisa dibedakan, kecuali pada sudut yang sangat dekat. kebebasan lain yang saya ambil adalah, mereka semua memiliki bulu, tapi aku hanya memberi segumpal untuk Leonidas, untuk membuatnya menonjol dan mengidentifikasi dia sebagai raja. aku sedang mencari lebih merupakan kebangkitan dari pelajaran sejarah. hasil terbaik yang bisa saya harapkan adalah bahwa jika film menggairahkan seseorang, mereka akan pergi menjelajahi sejarah sendiri. Karena sejarah tanpa henti menarik. "[92]

Dr. Kaveh Farrokh dalam sebuah makalah berjudul "The 300 Movie: Memisahkan Fakta dari Fiksi" [93] mencatat bahwa film palsu menggambarkan "Yunani-Persia Perang dalam hal biner: demokratis, baik, rasional 'Kami' terhadap tirani itu, jahat dan tidak rasional, 'lain' yang selalu samar-samar (jika tidak eksotis) 'Persia' ". Dia mengingatkan pembaca tentang tiga potong sejarah umum diterima bukti yang menunjukkan kontribusi yang mendasar dan penting dari Kekaisaran Achaemenid pada penciptaan demokrasi dan hak asasi manusia. "Pendiri Kekaisaran Achaemenid, Cyrus Agung, pertama kaisar dunia dunia untuk secara terbuka menyatakan dan menjamin kesucian hak asasi manusia dan kebebasan individu", "Cyrus adalah pengikut ajaran Zoroaster, pendiri salah satu tertua agama monoteistik dunia ", dan untuk menempatkan kata-katanya sendiri dalam aksi" Ketika Cyrus mengalahkan Raja Nabonidus Babel, ia secara resmi menyatakan kebebasan orang-orang Yahudi dari Babel mereka. ini adalah pertama kalinya dalam sejarah bahwa kekuatan dunia telah dijamin kelangsungan hidup orang-orang Yahudi, agama, adat dan budaya. "

Kontroversi [sunting][sunting | sunting sumber]

Sebelum merilis 300, Warner Bros menyatakan keprihatinan tentang aspek-aspek politik tema film. Snyder menceritakan bahwa ada "sensitivitas besar tentang Timur vs Barat dengan studio." [94] Media spekulasi tentang paralel mungkin antara konflik Yunani-Persia dan kejadian terkini mulai dalam sebuah wawancara dengan Snyder yang dilakukan sebelum Film Festival Berlin . [95] pewawancara mengatakan bahwa "semua orang pasti akan menerjemahkan ini [Film] ke dalam politik kontemporer." Snyder menjawab bahwa, sementara ia menyadari bahwa orang-orang akan membaca film melalui lensa kejadian terkini, ada kesamaan antara film dan dunia modern dimaksudkan. [96]

Di luar paralel politik saat ini, beberapa kritikus telah mengangkat pertanyaan yang lebih umum tentang orientasi ideologis film. The New York Post Kyle Smith menulis bahwa film ini akan senang "anak laki-laki Adolf," [97] dan Slate ini Dana Stevens membandingkan film The Eternal Yahudi, "sebagai contoh buku teks tentang bagaimana ras-umpan fantasi dan mitos nasionalis dapat berfungsi sebagai hasutan terhadap total perang. "[98] Roger Moore, seorang kritikus untuk Orlando Sentinel, berkaitan 300 definisi Susan Sontag untuk" seni fasis. "[99] Alleanza Nazionale, sebuah partai politik neokonservatif Italia terbentuk dari runtuhnya neo partai -fascist MSI, telah menggunakan citra dari pekerjaan dalam poster kandidat propaganda berjudul:. "Pertahankan nilai-nilai Anda, peradaban Anda, kabupaten anda" [100]

Newsday kritikus Gene Seymour, di sisi lain, menyatakan bahwa reaksi tersebut sesat, menulis bahwa "film ini terlalu terkutuk konyol untuk menahan setiap teori ideologi." [101] Snyder sendiri diberhentikan pembacaan ideologis, menunjukkan bahwa pengulas yang mengkritik "grafis film novel tentang sekelompok orang ... menghentak ingus keluar dari satu sama lain "menggunakan kata-kata seperti" 'neocon,' 'homophobic,' 'homoerotic' atau 'rasis' "yang" hilang titik. "[102] Snyder, namun, juga mengaku Penciptaan penjahat banci khusus untuk bermain ke homofobia dari laki-laki muda lurus. [103] Slovenia kritikus Slavoj Žižek menunjukkan bahwa cerita merupakan "miskin, negara kecil (Yunani) diserbu oleh tentara dari banyak besar [r] negara (Persia), "menunjukkan bahwa identifikasi Spartan dengan negara adidaya modern cacat. [104]

300 penulis Frank Miller mengatakan:... "Spartan adalah orang-orang paradoks Mereka adalah pemilik budak terbesar di Yunani Tapi pada saat yang sama, wanita Spartan memiliki tingkat yang tidak biasa dari hak Ini adalah paradoks bahwa mereka adalah sekelompok orang yang dalam banyak cara yang fasis, tapi mereka adalah benteng terhadap jatuhnya demokrasi. perbandingan terdekat Anda dapat menarik dalam hal hari ini militer kita sendiri untuk memikirkan Spartan merah caped tentara sebagai seperti pasukan khusus-ops kami. mereka re karakter ini hampir super dengan etika prajurit yang luar biasa, yang tidak diragukan lagi pejuang terbaik di Yunani saya tidak ingin. untuk membuat Sparta dalam hal terlalu akurat, karena pada akhirnya saya ingin Anda untuk root untuk Spartan. aku tidak bisa menunjukkan mereka menjadi cukup kejam seperti mereka. aku membuat mereka sebagai kejam seperti yang saya pikir audiens modern bisa berdiri. "[92]

Eugenika [sunting][sunting | sunting sumber]

Ephraim Lytle, asisten profesor sejarah Helenistik di Universitas Toronto, berkomentar: "Ephialtes, yang mengkhianati orang-orang Yunani, adalah juga berubah dari Mali lokal tubuh suara menjadi buangan Spartan, troll aneh sekali cacat yang oleh Spartan adat seharusnya dibiarkan terbuka sebagai bayi mati. Leonidas menunjukkan bahwa nya membungkuk kembali berarti Ephialtes tidak bisa mengangkat perisai cukup tinggi untuk bertarung di phalanx. ini adalah pertahanan transparan eugenika Spartan, dan nyaman mengingat bahwa pembunuhan bayi bisa dengan mudah telah diendapkan oleh sebuah tanda lahir sakit-membawa pertanda buruk. "[86]

Michael M. Chemers, penulis " 'Dengan Perisai Anda, atau di It': Representasi Cacat di 300" di Studi Kecacatan Quarterly, mengatakan bahwa penggambaran film dari bungkuk dan ceritanya "tidak hanya ableism: ini adalah anti kecacatan. "[105]

Frank Miller - mengomentari daerah di mana ia berkurang kekejaman Spartan untuk tujuan narasi - mengatakan: "Saya memiliki Raja Leonidas sangat lembut memberitahu Ephialtes, bungkuk, bahwa mereka tidak bisa menggunakan dia [sebagai seorang tentara], karena cacat nya itu. akan jauh lebih klasik Spartan jika Leonidas tertawa dan menendang dari tebing. "[92]

Penggambaran reaksi Persia dan Iran [sunting][sunting | sunting sumber]

Beberapa ditafsirkan penggambaran Raja Xerxes (kanan) sebagai homoseksual. Snyder mengatakan dari Xerxes: "? Apa yang lebih menakutkan untuk anak laki-laki berusia 20 tahun dari raksasa dewa-raja yang ingin memiliki jalan dengan Anda" [103]

Dari pembukaannya, 300 juga menarik kontroversi atas penggambaran dari Persia. Pejabat pemerintah Iran [106] mengecam film tersebut. [107] [108] [109] Beberapa adegan dalam film tersebut menggambarkan setan-seperti dan lainnya makhluk fiksi sebagai bagian dari tentara Persia, dan penggambaran fiksi dari Raja Persia Xerxes I telah dikritik sebagai banci. [110] [111] Kritik menyarankan bahwa ini dimaksudkan untuk berdiri di kontras dengan maskulinitas semata tentara Spartan. [112] Steven Rea berpendapat bahwa film Persia adalah kendaraan untuk cross anakronistik bagian dari stereotip Barat budaya Asia dan Afrika. [113]

Penggambaran film dari Persia kuno menyebabkan reaksi yang sangat kuat di Iran. [114] Azadeh Moaveni dari Time melaporkan bahwa Teheran "marah" setelah rilis film. Moaveni mengidentifikasi dua faktor yang mungkin telah memberi kontribusi pada reaksi intens: ". Halaman khusus yang mulia dalam sejarah mereka" rilis pada malam Nowruz, Tahun Baru Persia, dan pandangan Iran umum dari Kekaisaran Achaemenid sebagai [107] [ 108] [115] Berbagai pejabat Iran mengecam film tersebut. [116] [117] [118] [119] Iran Akademi Seni mengajukan keluhan resmi terhadap film untuk UNESCO, pelabelan itu serangan terhadap identitas sejarah Iran . [120] [121] misi Iran untuk PBB memprotes film dalam siaran pers, [122] dan kedutaan Iran memprotes pemutaran di Perancis, [123] Thailand, [124] Turki, [125] dan Uzbekistan. [ 126] ​​Film ini dilarang di Iran sebagai "menyakitkan propaganda Amerika". [127] Reviewer di Amerika Serikat dan di tempat lain "mencatat nuansa politis dari Barat-terhadap-Iran alur cerita dan cara Persia digambarkan sebagai dekaden, flamboyan seksual dan kejahatan berbeda dengan orang-orang Yunani yang mulia ". [128] dengan versi bajakan dari film sudah tersedia di Teheran dengan rilis internasional film dan berita keberhasilan mengejutkan film di box office AS, mendorong kemarahan meluas di Iran. Azadeh Moaveni dari Time melaporkan, "Semua Tehran sangat marah. Di mana-mana saya pergi kemarin, pembicaraan bergetar dengan kemarahan atas film". [129] News di Iran unggulan headline seperti "Hollywood menyatakan perang terhadap Iran" dan "300 MELAWAN 70 JUTA "(penduduk Iran). Ayende-ada, sebuah surat kabar Iran independen, mengatakan bahwa "[t] film yang ia menggambarkan Iran sebagai setan, tanpa budaya, perasaan atau kemanusiaan, yang berpikir apa-apa kecuali menyerang negara lain dan membunuh orang". [129] Empat Anggota Iran Parlemen telah menyerukan negara-negara Muslim untuk melarang film, [130] dan kelompok pembuat film Iran mengajukan surat protes kepada UNESCO mengenai dugaan keliru film sejarah dan budaya Iran. [131] penasihat budaya Iran untuk presiden Mahmoud Ahmadinejad menyerukan film sebuah "upaya Amerika untuk perang psikologis terhadap Iran". [132]

Moaveni mengidentifikasi dua faktor yang mungkin telah memberi kontribusi pada intensitas kemarahan Iran atas film. Pertama, ia menjelaskan waktu rilis film itu, pada malam Norouz, Tahun Baru Persia, sebagai "menguntungkan." Kedua, Iran cenderung melihat era digambarkan dalam film sebagai "halaman sangat mulia dalam sejarah mereka". Moaveni juga menunjukkan bahwa "keberhasilan box office dari 300, dibandingkan dengan flop relatif Alexander (lain periode epik palsu berurusan dengan Persia), adalah penyebab untuk alarm yang cukup besar, menandakan menyenangkan AS niat". [129]

Menurut The Guardian, kritikus Iran 300, mulai dari blogger untuk pejabat pemerintah, telah menggambarkan film "sebagai upaya dihitung untuk menjelekkan Iran pada saat mengintensifkan tekanan AS atas program nuklir negara itu". [130] Seorang juru bicara pemerintah Iran menggambarkan film itu sebagai "perilaku bermusuhan yang merupakan hasil dari perang budaya dan psikologis". [130] Moaveni melaporkan bahwa Iran dia berinteraksi dengan yang "bersikeras bahwa film ini diam-diam didanai oleh pemerintah AS untuk mempersiapkan Amerika untuk pergi berperang melawan Iran ". [129]

Dana Stevens dari Slate menyatakan, "Jika 300, epik pertempuran baru berdasarkan novel grafis oleh Frank Miller dan Lynn Varley, memiliki telah dibuat di Jerman pada pertengahan 1930-an, itu akan dipelajari hari ini bersama The Eternal Yahudi sebagai contoh buku teks bagaimana ras-umpan fantasi dan mitos nasionalis dapat berfungsi sebagai hasutan untuk perang total. karena itu produk dari pos-ideologis, pasca-Xbox abad ke-21, 300 sebaliknya akan dibicarakan sebagai prestasi teknis, blip berikutnya pada garis semakin kabur antara film dan video game. [133]

Dalam budaya populer [sunting][sunting | sunting sumber]

300 telah palsu dalam film, televisi, dan media lainnya, dan melahirkan "Ini adalah Sparta!" . Internet meme [134] sandiwara berdasarkan film telah muncul di Saturday Night Live [135] dan Robot Chicken, yang terakhir yang menirukan gaya visual dari 300 di parodi ditetapkan selama Perang Revolusi Amerika, berjudul "1776"; [ 136] dan di episode lain ada beberapa segmen yang Leonidas berteriak, "ini adalah ... (sesuatu)!" dan tendangan benda di sekitarnya. [137] parodi lainnya termasuk sebuah episode South Park yang bernama "D-Yikes!", [138] dan "BOO!" oleh majalah Mad dalam Surat September 2007 issue # 481, yang ditulis oleh Desmond Devlin dan diilustrasikan oleh Mort Drucker. [139] 20th Century Fox merilis Meet the Spartans, spoof disutradarai oleh Jason Friedberg dan Aaron Seltzer. Universal Pictures berencana parodi serupa, berjudul National Lampoon 301:. The Legend of Awesomest Maximus Wallace Leonidas [140]

Pada tanggal 21 Februari 2010, Jerman band heavy metal Heaven Shall Membakar memainkan pertunjukan di Szene di Wina, Austria disebut "Membela Sparta"; band berpakaian seperti Spartan penjualan panggung dan tiket untuk pertunjukan terbatas pada 300. [141]

300, terutama kutipan bernas, telah "diadopsi" oleh mahasiswa dari Michigan State University (yang akrab disapa Spartan), dengan teriakan "Spartan, apa profesi Anda?" menjadi umum di acara olahraga yang dimulai setelah rilis film itu, dan Michigan State pelatih kepala basket Tom Izzo berpakaian seperti Leonidas di acara salah satu siswa. [142] [143] Nate Ebner, seorang pemain sepak bola dengan New England Patriots di National Football League dan sebelumnya dengan Buckeyes Ohio State, dijuluki "Leonidas," setelah Yunani prajurit-raja pahlawan Sparta bertindak dengan Gerard Butler dalam film 300, karena latihan rejimen intens, dan jenggotnya. [144]

Latar Belakang [sunting][sunting | sunting sumber]

novel grafis asli Frank Miller 300 terinspirasi oleh film The 300 Spartans, yang Frank Miller pertama kali melihat pada usia 6. [145]

Perbedaan antara film dan catatan sejarah [sunting][sunting | sunting sumber]

Sementara Leonidas digambarkan sebagai raja utama Sparta di film tersebut, ia benar-benar salah satu dari dua raja Spartan di catatan sejarah. Stelios, prajurit Spartan muda yang berjuang dengan gagah berani bersama Leonidas selama tiga hari pertempuran di Thermopylae terinspirasi oleh Leonidas 'letnan Dieneces.

Nubuat dari Oracle di Delphi worded berbeda dalam film daripada ramalan sejarah. Menurut Herodotus, nubuat nubuat menyatakan bahwa baik semua Sparta akan jatuh ke tangan Kekaisaran Persia atau seluruh kota harus berkabung atas kematian salah satu raja nya. Dalam film ini, ramalan itu menyatakan bahwa meskipun fakta bahwa Sparta dan seluruh Yunani akan jatuh, Spartan harus menghormati festival Carnea.

300 Spartans dan Arcadians bukan satu-satunya pasukan Yunani yang Leonidas mengarah ke lulus Thermopylae. Menurut Herodotus dan sejarawan lainnya, Leonidas memimpin pasukan kecil tidak hanya nya 300 hoplites Spartan, tetapi juga 7.000 tentara Yunani dari negara-kota lainnya, termasuk Thespiai, Thebes, Arcadia, Phocia, dan Korintus.

Sementara tentara Persia yang luas terkandung infanteri ringan dan berat, pemanah, dan kavaleri, Xerses tidak memiliki penyihir atau binatang perang besar seperti gajah perang dan badak lapis baja pertempuran di pasukannya. Juga, sementara film menyatakan bahwa tentara Persia berjumlah jutaan, banyak sejarawan tidak setuju. Herodotus ditempatkan jumlah pasukan Persia, termasuk Persia, Sargatian, Parthia, dan penunggang kuda Skit, kereta perang Libya, dan dipasang pasukan unta Arab setinggi 2,6 juta, sementara modern sejarawan menempatkan ukuran sebenarnya dari tentara Persia pada sekitar 200.000 -300.000 total kekuatan.

Dewa dijelaskan secara berbeda di akun Herodotus 'daripada di film. Menurut Herodotus, Dewa membawa perisai rotan, pedang pendek, dan tombak sebagai senjata. Mereka mengenakan tunik berwarna-warni lebih shirt cahaya surat skala, dan di atas kepala mereka adalah kain dibungkus yang menutupi wajah mereka tapi cukup tipis bagi mereka untuk melihat melalui. Dalam film tersebut, Dewa menyerupai prajurit samurai Jepang dengan katars sebagai senjata mereka dan masker wajah perak lebih wajah meringis mereka.

Dalam film tersebut, Leonidas dan tiga ratus tentara Spartan nya tetap di belakang untuk menjaga lulus, sedangkan sisanya dari pasukan Yunani mundur setelah mendapat kabar bahwa Persia hendak mengepung mereka dari belakang. Namun dalam catatan sejarah yang benar, termasuk Sejarah Herodotus ', Leonidas tetap lulus dengan menyusun kekuatan kecil dari 300 Spartans, 700 Thespians, 400 Thebans, dan 900 helots Spartan.

Dua hari pertama pertempuran di Thermopylae lulus dijelaskan secara berbeda dalam film daripada di catatan sejarah. Pada hari pertama pertempuran, Xerxes memerintahkan 5.000 pemanah api panah di Yunani sebelum ia mengirim pasukan dari 10.000 Media dan Cissians untuk menyerang garis Yunani. Orang Yunani menimbulkan korban berat pada Persia dan menderita kerugian kecil mereka sendiri. Pada hari kedua pertempuran, Xerxes mengirimkan infanteri berat dan pengawal pribadi, 10.000 Immortals melawan Sparta dan sekutu mereka, tetapi mereka juga mengalami kerugian besar dan ditimbulkan hampir tidak ada kerusakan pada pertahanan Yunani.

Pada hari ketiga pertempuran, Herodotus menulis bahwa Leonidas dan kekuatan Yunani yang kecil dari 1000-2000 hoplites maju ke bagian yang lebih luas dari Thermopylae lulus untuk membunuh sebanyak Persia mungkin. Kemudian dalam pertempuran, Dewa bawah Hydarnes umum mereka menabrak bagian belakang pertahanan Yunani dan menyebabkan phalanx Yunani berantakan. Semua tombak Yunani yang rusak, dan Spartan dan Thespians berjuang dengan pedang, pisau, dan tinju mereka. Leonidas turun di beberapa titik di awal pertempuran, ditembak jatuh oleh pemanah Persia, dan Yunani melaju kembali Persia empat kali sebelum mereka bisa pulih tubuh raja mati mereka. Leonidas 'letnan Dioneces dan beberapa Spartan yang masih hidup kemudian mengambil tubuh raja mereka dan mundur ke puncak bukit kecil, di mana para pemanah Persia menghabisi mereka dengan tendangan voli tunggal panah.

Sekuel [sunting][sunting | sunting sumber]

Artikel utama: 300: Rise of an Empire

Pada bulan Juni 2008, produsen Mark Canton, Gianni Nunnari dan Bernie Goldmann mengungkapkan bahwa pekerjaan telah dimulai pada sekuel 300, 300:. Rise of an Empire [146] Legendary Pictures telah mengumumkan bahwa Frank Miller mulai menulis novel grafis tindak lanjut, dan Zack Snyder tertarik dalam mengarahkan adaptasi, tetapi pindah untuk mengembangkan dan mengarahkan Superman restart Man of Steel. [147] [148] Noam Murro diarahkan sebagai gantinya, sementara Zack Snyder yang dihasilkan. Film ini berfokus pada Laksamana Athena, Themistocles, seperti yang digambarkan oleh aktor Australia Sullivan Stapleton. Sekuel, 300: Rise of an Empire, dirilis pada tanggal 7 Maret 2014. [149]

Lihat juga [sunting][sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "300". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2007-10-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]