Road to Perdition

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Road to Perdition
Road to perdition poster.jpg
Poster film Road to Perdition
SutradaraSam Mendes
ProduserRichard D. Zanuck
Dean Zanuck
Sam Mendes
SkenarioDavid Self
BerdasarkanRoad to Perdition
oleh Max Allan Collins dan Richard Piers Rayner
PemeranTom Hanks
Paul Newman
Jude Law
MusikThomas Newman
SinematografiConrad L. Hall
PenyuntingJill Bilcock
Perusahaan
produksi
The Zanuck Company
DistributorDreamWorks Pictures
(Amerika Serikat)
20th Century Fox
(internasional)
Tanggal rilis
  • 12 Juli 2002 (2002-7-12) (Amerika Serikat)
  • 27 September 2002 (2002-9-27) (Britania Raya)
Durasi
117 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$80 juta[2]
Pendapatan kotor$181.001.478[2]

Road to Perdition adalah film drama kriminal thriller Amerika Serikat tahun 2002 yang disutradarai oleh Sam Mendes dan diproduseri oleh Richard D. Zanuck, Dean Zanuck dan Sam Mendes. Naskah film ini ditulis oleh David Self berdasarkan buku komik Road to Perdition karya Max Allan Collins dan Richard Piers Rayner. Film ini dibintangi oleh Tom Hanks, Paul Newman dan Jude Law.

Film Road to Perdition dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 12 Juli 2002 dan di Britania Raya pada tanggal 27 September 2002. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1931, ketika Depresi Besar terjadi, Michael Sullivan Sr. (Tom Hanks) merupakan seorang penegak hukum untuk bos mafia Irlandia John Rooney (Paul Newman) di Rock Island, Illinois. John membesarkan Sullivan yang yatim piatu dan mencintainya lebih dari putra kandungnya sendiri, Connor (Daniel Craig). Rooney memerintahkan Connor dan Sullivan untuk bertemu dengan rekannya yang tidak puas, Finn McGovern (Ciarán Hinds), tetapi Connor menembak Finn sehingga Sullivan menyerang anak buah Finn. Putra Sullivan yang berusia dua belas tahun, Michael Jr. (Tyler Hoechlin), bersembunyi di mobil ayahnya dan melihat peristiwa itu. Meskipun Sullivan bersumpah dengan putranya untuk merahasiakan hal ini dan John mendesak Connor untuk meminta maaf atas tindakan nekat itu, Connor membunuh istri Sullivan, Annie (Jennifer Jason Leigh), dan putra bungsunya, Peter (Liam Aiken). Pada saat yang sama, ia memerintahkan Sullivan ke penyergapan di kedai minuman keras. Sullivan menyadari bahwa itu adalah jebakan, membunuh dua orang di kedai dan melarikan diri. Ia pergi ke Chicago bersama putranya mencari Al Capone untuk bekerja dan menemukan lokasi Connor, yang telah bersembunyi.

Bawahan Al Capone, Frank Nitti (Stanley Tucci) menolak permintaan Sullivan sebelum memberitahu John tentang pertemuannya dengan Sullivan. John terpaksa mengizinkan Frank mengirim seorang pembunuh bayaran bernama Harlen Maguire (Jude Law), yang juga bekerja sebagai fotografer tempat kejadian perkara, untuk membunuh Sullivan. Harlen melacaknya dan putranya ke restoran di tepi jalan, tetapi ia gagal membunuh Sullivan. Menyadari niat Harlen, Sullivan dan putranya kabur melalui kamar mandi dan menusuk ban mobil Harlen sebelum melarikan diri.

Sebagai reaksi terhadap serangan yang diperintahkan, Sullivan mulai merampok bank yang menyimpan uang Al Capone, berharap untuk menukarkannya dengan Connor. Sullivan terhalang ketika para mafia menarik uangnya sehingga ia mengunjungi akuntan John, Alexander Rance (Dylan Baker), di hotelnya. Pertemuan itu adalah jebakan, dengan Alexander yang mengulur-ulur Sullivan hingga Harlen masuk membawa senapan. Dalam baku tembak selanjutnya, Alexander terbunuh, Harlen terluka oleh pecahan kaca dan Sullivan kabur dengan buku besar Alexander. Ketika Sullivan melarikan diri, Harlen menembak lengan kiri Sullivan.

Ketika ayahnya pingsan karena terluka, Michael Jr. membawa ayahnya ke sebuah peternakan di mana pasangan tua yang tidak memiliki anak membantunya hingga pulih. Sullivan berdamai dengan putranya dan mengetahui dari buku besar bahwa Connor telah menggelapkan uang dari ayahnya selama bertahun-tahun, menggunakan nama orang-orang yang sudah meninggal. Ketika keluarga Sullivan pergi, mereka memberikan pasangan tersebut banyak uang hasil curian. Sullivan bertemu dengan John, membawa informasi ketika mereka menghadiri misa gereja. John telah mengetahui penggelapan tersebut dan mengetahui bahwa Connor kemungkinan besar akan mati jika bukan di tangan Sullivan dan Chicago Outfit begitu John mati. John masih menolak untuk menyerahkan putranya dan meminta Sullivan untuk pergi bersama Michael Jr.

Kemudian pada suatu malam, diselimuti kegelapan dan hujan, Sullivan membunuh seluruh rombongan John dengan senapan mesin Thompson-nya dan berjalan ke arah John. Ketika John bergumam bahwa ia senang pembunuhnya adalah Sullivan, Sullivan terpaksa menarik pelatuknya. Melihat tidak ada alasan lagi untuk melindungi Connor, Frank mengungkapkan lokasinya, setelah membuat Sullivan berjanji untuk mengakhiri perseteruan ini. Sullivan pergi ke hotel tempat Connor bersembunyi dan membunuhnya.

Sullivan mengantarkan putranya untuk tinggal di rumah pantai bibi Sara (Diane Dorsey) di Perdition, sebuah kota di tepi Danau Michigan. Namun, ia disergap dan ditembak oleh Harlen yang cacat. Ketika Harlen bersiap untuk memotret Sullivan yang sedang sekarat, Michael Jr. muncul dan mengarahkan pistol ke Harlen namun ia tidak memiliki kemauan untuk menembak. Sullivan menarik pelatuknya dan membunuh Harlen sebelum meninggal di pelukan putranya. Berduka atas kematian ayahnya, Michael Jr. kembali untuk tinggal bersama pasangan tua di peternakan. Ketika ia tumbuh dewasa, Michael Jr. membayangkan bahwa satu-satunya ketakutan ayahnya adalah bahwa putranya akan menjadi sepertinya. Michael Jr. menyatakan bahwa ia tidak pernah memegang senjata sejak pertemuan fatal antara Harlen dan ayahnya. Ketika ditanya apakah Sullivan adalah orang baik atau jahat, Michael Jr. hanya menjawab, "ia adalah ayahku."

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Road to Perdition mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 81%, berdasarkan 213 ulasan, dengan rating rata-rata 7,5/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 72 dari 100, berdasarkan 36 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Road to Perdition mendapatkan $104.454.762 di Amerika Utara dan $76.546.716 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $181.001.478, melebihi anggaran produksi film $80 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $22.079.481, menempati posisi kedua di box office di belakang film Men in Black II.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Road to Perdition (15)". British Board of Film Classification. July 22, 2002. Diakses tanggal March 6, 2014. 
  2. ^ a b c d "Road to Perdition (2002)". Box Office Mojo. Diakses tanggal April 8, 2018. 
  3. ^ "Road to Perdition (2002)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Road to Perdition reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]