1917 (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
1917
1917 film poster.jpg
Poster film 1917
SutradaraSam Mendes
ProduserPippa Harris
Callum McDougall
Sam Mendes
Brian Oliver
Jayne-Ann Tenggren
SkenarioSam Mendes
Krysty Wilson-Cairns
PemeranGeorge MacKay
Dean-Charles Chapman
Mark Strong
Andrew Scott
Richard Madden
Colin Firth
Benedict Cumberbatch
Claire Duburcq
MusikThomas Newman
SinematografiRoger Deakins
PenyuntingLee Smith
Perusahaan
produksi
DreamWorks Pictures
New Republic Pictures
Reliance Entertainment
Neal Street Productions
Amblin Partners
DistributorUniversal Pictures
(Amerika Serikat)
Entertainment One Films
(Britania Raya)
Tanggal rilis
  • 4 Desember 2019 (2019-12-4) (Royal Film Performance)
  • 25 Desember 2019 (2019-12-25) (Amerika Serikat)
  • 10 Januari 2020 (2020-1-10) (Britania Raya)
Durasi
119 menit[1]
NegaraBritania Raya
Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$90–100 juta[2][3]
Pendapatan kotor$323.794.984[4]

1917 adalah film drama perang tahun 2019 yang disutradarai oleh Sam Mendes dan diproduseri oleh Pippa Harris, Callum McDougall, Sam Mendes, Brian Oliver dan Jayne-Ann Tenggren. Naskah film ini ditulis oleh Sam Mendes dan Krysty Wilson-Cairns. Film ini dibintangi oleh George MacKay, Dean-Charles Chapman, Mark Strong, Andrew Scott, Richard Madden, Colin Firth, Benedict Cumberbatch dan Claire Duburcq.

Film 1917 merupakan film kolaborasi kedua Mark Strong, Colin Firth dan Benedict Cumberbatch setelah film Tinker Tailor Soldier Spy. Film ini ditayangkan secara perdana di Royal Film Performance, London, pada tanggal 4 Desember 2019[5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2019 dan di Britania Raya pada tanggal 10 Januari 2020.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 6 April 1917, pengintaian udara telah mengamati bahwa para pasukan Jerman, yang telah mundur dari sektor Front Barat di Prancis utara, tidak mundur tetapi telah melakukan penarikan strategis ke Garis Hindenburg baru, di mana mereka sedang menunggu untuk menyerang seluruh pasukan Britania Raya dengan artileri. Di parit Britania Raya, dengan terputusnya saluran telepon, dua tentara muda Britania Raya, Kopral William Schofield (George MacKay), seorang veteran Somme, dan Tom Blake (Dean-Charles Chapman), diperintahkan oleh Jenderal Erinmore (Colin Firth) untuk membawa pesan kepada Kolonel Mackenzie (Benedict Cumberbatch) dari Batalion Kedua Resimen Devonshire, membatalkan serangan terjadwal yang akan membahayakan nyawa 1.600 pasukan, termasuk kakak Tom, Letnan Joseph Blake (Richard Madden).

William dan Tom melintasi tanah tak bertuan untuk mencapai parit Jerman yang ditinggalkan. Di barak bawah tanah, mereka menemukan kawat peledak, yang disiapkan oleh pasukan Jerman untuk membunuh siapa pun di dalamnya, yang segera dipicu oleh tikus. Ledakan itu hampir membunuh William, tetapi Tom menyelamatkannya, lalu mereka berdua melarikan diri. Mereka tiba di rumah pertanian yang ditinggalkan di mana sebuah pesawat Jerman ditembak jatuh dalam pertempuran udara dengan pesawat Sekutu. William dan Tom menyelamatkan pilot yang terbakar, tetapi pilot tersebut menikam Tom dan ditembak mati oleh William. William menghibur Tom ketika ia meninggal, berjanji untuk menyelesaikan misi dan menulis kepada ibu Tom. Mengambil cincin dan tag label Tom serta surat Erinmore, ia dijemput oleh unit Britania Raya yang lewat.

Jembatan kanal yang hancur dekat Écoust-Saint-Mein mencegah truk-truk Britania Raya menyeberang dan William memilih untuk berpisah dengan mereka. Ia menggunakan apa yang tersisa dari jembatan untuk menyeberang sendirian dan mendapat ancaman dari penembak jitu Jerman. Saling melepaskan tembakan, William melukai penembak jitu dan maju ke sarangnya di mana ia dan penembak jitu saling menembak secara bersamaan hingga sang penembak jitu terbunuh, sementara William tak berdaya. William sadar kembali di malam hari dan menemukan kota yang terbakar. Ia menemukan seorang wanita Prancis bersembunyi dengan seorang bayi. Wanita tersebut mengobati luka-lukanya, lalu Wiliam memberikan wanita tersebut dan bayinya makanan kaleng dan susu dari pertanian. Terlepas dari permintaan wanita itu, Wiliam pergi setelah mendengar bunyi lonceng jam di dekatnya bahwa sudah pagi dan waktu hampir habis. Dikejar oleh para pasukan Jerman, William melarikan diri dengan melompat ke sungai. Ia tersapu air terjun sebelum mencapai tepi sungai. Di hutan, ia menemukan markas Batalion Kedua Resimen Devonshire, yang berada di gelombang terakhir serangan. Ketika para pasukan itu mulai bergerak ke depan, William mencoba menemui Kolonel Mackenzie.

Menyadari bahwa parit tersebut terlalu ramai baginya untuk menuju Kolonel Mackenzie tepat waktu, William berlari cepat melintasi medan perang terbuka, tepat ketika pasukan darat memulai tugasnya. William memaksa masuk ke pertemuan Kolonel Mackenzie, yang membaca pesan dan terpaksa membatalkan serangan. William kemudian menemukan Joseph, yang berada di antara gelombang pertama tetapi tidak terluka. William memberitahu Joseph tentang misinya dan bahwa adiknya, Tom, sudah meninggal, menyerahkan cincin dan tag label Tom kepada Joseph. Joseph sangat sedih tentang adiknya dan ia berterima kasih kepada William atas upayanya. William meminta untuk menulis kepada ibu mereka tentang kepahlawanan Tom, yang disetujui oleh Joseph. Lelah, William duduk di bawah pohon, melihat foto-foto istri dan anak-anaknya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • George MacKay sebagai Kopral William "Will" Schofield
  • Dean-Charles Chapman sebagai Kopral Thomas "Tom" Blake
  • Mark Strong sebagai Kapten Smith
  • Andrew Scott sebagai Letnan Leslie
  • Richard Madden sebagai Letnan Joseph Blake
  • Colin Firth sebagai Jendral Erinmore
  • Benedict Cumberbatch sebagai Kolonel Mackenzie
  • Daniel Mays sebagai Sersan Sanders
  • Claire Duburcq sebagai Lauri
  • Adrian Scarborough sebagai Mayor Hepburn
  • Jamie Parker sebagai Letnan Richards
  • Michael Jibson sebagai Letnan Hutton
  • Richard McCabe sebagai Kolonel Collins
  • Chris Walley sebagai Perwira Bullen
  • Nabhaan Rizwan sebagai Sepoy Jondalar
  • Michael Cornelius sebagai Perwira Cornelius

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film 1917 mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 89%, berdasarkan 408 ulasan, dengan rating rata-rata 8,35/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 78 dari 100, berdasarkan 57 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[8] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[9]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film 1917 mendapatkan $145.694.984 di Amerika Utara dan $178.100.000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $323.794.984, melebihi anggaran produksi film $90–100 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $576.216, menempati posisi ke-16 di box office.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "1917 (15)". British Board of Film Classification. December 31, 2019. Diakses tanggal February 17, 2020. 
  2. ^ Tatiana Siegel (December 26, 2019). "Making of '1917': How Sam Mendes Filmed a "Ticking Clock Thriller"". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 26, 2019. Diakses tanggal December 26, 2019. 
  3. ^ Lang, Brent (Januari 10, 2020). "Box Office: 1917 Picks Up Impressive $3.2 Million in Previews, Kristen Stewart's Underwater Bombing". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal Januari 12, 2020. Diakses tanggal Januari 12, 2020. 
  4. ^ a b c "1917 (2019)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 17, 2020. 
  5. ^ Grater, Tom; Grater, Tom (29 October 2019). "Sam Mendes War Movie '1917' To World Premiere As UK Royal Charity Event". 
  6. ^ D'Alessandro, Anthony (December 13, 2018). "Universal Dates Sam Mendes' '1917' For Christmas 2019". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 April 2019. Diakses tanggal April 7, 2019. 
  7. ^ "1917 (2019)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal November 27, 2019. 
  8. ^ "1917 reviews". Metacritic. Diakses tanggal November 27, 2019. 
  9. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]