Revolutionary Road (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Revolutionary Road
Revolutionary road.jpg
Poster film Revolutionary Road
Sutradara Sam Mendes
Produser Bobby Cohen
Sam Mendes
Scott Rudin
Skenario Justin Haythe
Berdasarkan Revolutionary Road 
oleh Richard Yates
Pemeran Leonardo DiCaprio
Kate Winslet
Michael Shannon
Kathryn Hahn
David Harbour
Kathy Bates
Ty Simpkins
Musik Thomas Newman
Sinematografi Roger Deakins
Penyunting Tariq Anwar
Perusahaan
produksi
BBC Films
Neal Street Productions
Distributor DreamWorks Pictures
Paramount Vantage
Tanggal rilis
  • 15 Desember 2008 (2008-12-15) (Los Angeles)
  • 26 Desember 2008 (2008-12-26) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 23 Januari 2009 (2009-01-23) (secara luas di Amerika Serikat)
  • 30 Januari 2009 (2009-01-30) (Britania Raya)
Durasi
119 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Britania Raya
Bahasa Inggris
Anggaran $35 juta[2]
Pendapatan kotor $75,226,021[2]

Revolutionary Road adalah film drama romantis tahun 2008 yang disutradarai oleh Sam Mendes dan diproduseri oleh Bobby Cohen, Sam Mendes dan Scott Rudin. Naskah film ini ditulis oleh Justin Haythe berdasarkan novel Revolutionary Road karya Richard Yates. Film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Kate Winslet, Michael Shannon, Kathryn Hahn, David Harbour, Kathy Bates dan Ty Simpkins.

Film Revolutionary Road merupakan film kolaborasi kedua Leonardo DiCaprio, Kate Winslet dan Kathy Bates setelah film Titanic. Film ini ditayangkan secara perdana di Los Angeles pada tanggal 15 Desember 2008 dan dirilis di Britania Raya pada tanggal 30 Januari 2009. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 26 Desember 2008 secara terbatas dan 23 Januari 2009 secara luas. Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1948, Frank Wheeler (Leonardo DiCaprio) bertemu dengan April (Kate Winslet) di sebuah pesta. Frank bekerja di sebuah pelabuhan, berharap ia menjadi kasir, sementara April ingin menjadi seorang aktris. Frank kemudian mengamankan posisi penjualan dengan Mesin Knox, yang dikerjakan oleh ayahnya selama 20 tahun, lalu ia dan April menikah. Mereka berdua pindah ke 115 Revolutionary Road di tepi kota Connecticut ketika April hamil.

Frank dan April berteman dekat dengan makelar mereka, Helen Givings (Kathy Bates), dan suaminya, Howard Givings (Richard Easton), serta tetangganya, Milly Campbell (Kathryn Hahn) dan suaminya, Shep Campbell (David Harbour). Bagi teman-teman mereka, Frank dan April adalah pasangan yang sempurna, namun hubungan mereka tidak harmonis. April gagal berkarier di dunia akting, sementara Frank membenci pekerjaannya yang membosankan. Sementara itu, Helen meminta Frank dan April untuk bertemu dengan putranya, John (Michael Shannon), yang telah dinyatakan gila, untuk membantu memperbaiki kondisinya. Mereka menerima.

April menginginkan pemandangan baru dan kesempatan untuk memenuhi kebutuhan mereka sehingga Frank dapat menemukan keinginannya. Ia menyarankan bahwa mereka pindah ke Paris untuk memulai kehidupan baru yang jauh dari aktivitas rutin yang berulang dan "hampa tanpa harapan".

Keluarga Givings (termasuk John) berbicara dengan Frank dan April. Selama percakapan, mereka memberitahu keluarga Givings tentang rencana mereka untuk tinggal di Paris. Anehnya, satu-satunya orang yang tampaknya memahami keputusan mereka adalah John.

Ketika Frank dan April bersiap untuk pindah, mereka dipaksa untuk mempertimbangkan kembali. Frank ditawarkan untuk naik jabatan dan April hamil lagi. Ketika Frank menemukan bahwa April sedang mempertimbangkan untuk melakukan aborsi, Frank sangat marah dan mulai membentak April, menyebabkan perseteruan yang serius, di mana April memberitahu bahwa mereka memiliki anak kedua hanya untuk membuktikan bahwa anak pertama bukanlah "kesalahan".

Keesokan harinya, Frank mengambil jabatan baru tersebut dan mencoba untuk menerima kehidupannya yang lancar. Pada akhir malam di sebuah kedai jazz bersama keluarga Campbell, Shep dan April berakhir sendirian bersama dan berhubungan seks di dalam mobil. Shep menyatakan cintanya sejak lama kepada April, namun April menolak Shep.

Keesokan harinya, Frank mengaku pernah berselingkuh dengan asisten wanita di kantornya, berharap untuk berdamai dengan April. Yamg membuat Frank terkejut, April tidak menanggapi pengakuan Frank dan memberitahunya bahwa itu tidak masalah karena cintanya telah hilang, membuat Frank tidak percaya. Keluarga Givings datang untuk makan malam dan Frank memberitahu para tamu bahwa rencana mereka telah berubah karena April sedang hamil. John menerkam Frank karena menghancurkan harapan April serta penerimaannya atas keadaannya. Marah, Frank hampir menyerang John dan keluarga Givings bergegas keluar. Setelah itu, Frank dan April mengalami perseteruan yang parah, lalu April melarikan diri dari rumah.

Frank menghabiskan malamnya dengan mabuk. Keesokan paginya Frank terkejut menemukan April di dapur, dengan tenang membuat sarapan seolah-olah tidak ada yang terjadi. Frank, tidak yakin bagaimana harus bereaksi, makan dengannya lalu pergi bekerja. April naik ke lantai dua rumahnya dan melakukan aborsi aspirasi vakum kepada bayinya. Setelah itu, April melihat dirinya berdarah dan memanggil ambulans. Frank tiba di rumah sakit, putus asa dan dihibur oleh Shep. April segera meninggal di rumah sakit karena kehilangan darah.

Frank, merasa sangat bersalah dan sekarang menjadi cangkang kosong dari dirinya yang dulu, pindah ke kota dan mulai menjual komputer. Ia menghabiskan semua waktunya bersama anak-anaknya. Pasangan baru, keluarga Brace, membeli rumah dan Milly menceritakan kisah keluarga Wheeler kepada mereka. Shep menghentikan ceritanya dan berjalan keluar rumah sambil menangis. Ketika Milly bertanya kepada Shep tentang apa yang salah, ia meminta Milly untuk tidak pernah berbicara tentang keluarga Wheeler lagi.

Helen berbicara dengan suaminya bertahun-tahun kemudian tentang bagaimana keluarga Brace tampaknya menjadi pasangan paling cocok untuk rumah tua keluarga Wheeler. Ketika suaminya menyebutkan keluarga Wheeler, Helen mulai berbicara tentang mengapa ia tidak menyukai mereka. Ketika Helen terus berbicara tentang semua hal yang ia tidak suka tentang mereka, suaminya mematikan alat bantu pendengarannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Leonardo DiCaprio sebagai Frank Wheeler
  • Kate Winslet sebagai April Wheeler
  • Michael Shannon sebagai John Givings Jr.
  • Kathryn Hahn sebagai Milly Campbell
  • David Harbour sebagai Shep Campbell
  • Kathy Bates sebagai Helen Givings
  • Ty Simpkins sebagai Michael Wheeler
  • Richard Easton sebagai Howard Givings
  • Ryan Simpkins sebagai Jennifer Wheeler
  • Dylan Baker sebagai Jack Ordway
  • Zoe Kazan sebagai Maureen Grube
  • Max Casella sebagai Ed Small
  • Jay O. Sanders sebagai Bart Pollock
  • Kristen Connolly sebagai Mrs. Brace
  • John Behlmann sebagai Mr. Brace

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Revolutionary Road mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 68%, berdasarkan 207 ulasan, dengan rating rata-rata 6.5/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 69 dari 100, berdasarkan 38 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[4]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Revolutionary Road mendapatkan $22,911,480 di Amerika Utara dan $52,314,541 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $75,226,021, melebihi anggaran produksi film $35 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $189,911, menempati posisi ke-29 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $5,185,146, menempati posisi ke-12 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Revolutionary Road (15)". British Board of Film Classification. January 20, 2009. Diakses tanggal March 24, 2014. 
  2. ^ a b c d "Revolutionary Road (2008)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "Revolutionary Road (2008)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Revolutionary Road reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]