The Darjeeling Limited

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Darjeeling Limited
Darjeeling Limited Poster.jpg
Poster film The Darjeeling Limited
SutradaraWes Anderson
ProduserWes Anderson
Scott Rudin
Roman Coppola
Lydia Dean Pilcher
Penulis skenarioWes Anderson
Roman Coppola
Jason Schwartzman
PemeranOwen Wilson
Adrien Brody
Jason Schwartzman
Anjelica Huston
SinematograferRobert Yeoman
PenyuntingAndrew Weisblum
Perusahaan
produksi
Searchlight Pictures
Collage Cinemagraphique
American Empirical Pictures
Dune Entertainment
Cine Mosaic
Indian Paintbrush
Scott Rudin Productions
DistributorSearchlight Pictures
Tanggal rilis
Durasi91 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$17,5 juta[1]
Pendapatan
kotor
$35.309.107[2]

The Darjeeling Limited adalah film drama komedi petualangan Amerika Serikat tahun 2007 yang disutradarai oleh Wes Anderson dan diproduseri oleh Wes Anderson, Scott Rudin, Roman Coppola dan Lydia Dean Pilcher. Naskah film ini ditulis oleh Wes Anderson, Roman Coppola dan Jason Schwartzman. Film ini dibintangi oleh Owen Wilson, Adrien Brody, Jason Schwartzman dan Anjelica Huston.

Film The Darjeeling Limited ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 3 September 2007 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 26 Oktober 2007. Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang pebisnis (Bill Murray) di India gagal untuk mengejar kereta "The Darjeeling Limited" saat kereta itu meninggalkan stasiun, lalu ia dipukuli oleh seorang pemuda bernama Peter Whitman (Adrien Brody). Di sana, Peter bertemu kembali dengan saudaranya, Francis (Owen Wilson) dan Jack (Jason Schwartzman) setelah mereka bertiga tidak bertemu satu sama lain sejak pemakaman ayah mereka setahun yang lalu.

Francis baru-baru ini selamat dari kecelakaan sepeda motor yang hampir fatal (meninggalkan wajah dan kepalanya tertutup perban). Oleh karena itu, ia ingin berdamai dengan saudara-saudaranya dalam perjalanan pencarian diri secara spiritual. Ia juga diam-diam mencari ibu mereka, Patricia (Anjelica Huston), yang tidak pernah dilihat mereka bertiga selama bertahun-tahun. Dengan bantuan asistennya, Brendan (Wallace Wolodarsky), Francis menyusun rencana perjalanan yang ketat untuk perjalanan tersebut dan menyita paspor saudara-saudaranya agar mereka tidak turun dari kereta terlalu dini. Mereka bertiga juga terus berduka atas kematian ayah mereka dengan membawa tas dan koper yang bertanda inisial nama mereka bersama dengan barang-barang pribadi lainnya miliknya.

Kereta berjalan melalui pedesaan dan ke berbagai kuil Hindu, meskipun perseteruan terjadi ketika Jack dan Peter marah dengan perilaku manipulatif Francis. Francis akhirnya mengungkapkan bahwa mereka akan bertemu dengan Patricia, yang telah menjadi seorang biarawati dan tinggal di sebuah biara Kristen di Pegunungan Himalaya. Peter dan Jack marah dan mengetahui bahwa mereka tidak akan datang jika mereka diberitahu sebelumnya. Suasana akhirnya memuncak dan mereka bertiga saling menganiaya di kereta hingga membuat penumpang lainnya marah. Sang kepala pelayan (Waris Ahluwalia), yang telah berulang kali dianiaya oleh mereka bertiga, menyuruh mereka bertiga membuang semua barang bawaan mereka. Brendan kemudian berhenti dan kembali ke kereta setelah memberikan surat kepada mereka bertiga dari Patricia. Isi surat itu menyiratkan bahwa sang ibu tidak ingin melihat mereka bertiga lagi. Karena itu, mereka bertiga memutuskan untuk meninggalkan India, berpisah dan tidak pernah kembali.

Setelah mendaki hutan belantara, mereka bertiga melihat tiga anak laki-laki jatuh ke sungai ketika mencoba menarik rakit untuk menyeberanginya. Jack dan Francis menyelamatkan dua anak laki-laki itu, tetapi Peter gagal menyelamatkan anak ketiga, yang akhirnya meninggal. Mereka membawa jenazah anak itu kembali ke desa tempat anak laki-laki itu tinggal, di mana mereka bermalam dan diperlakukan dengan baik. Mereka menghadiri pemakaman keesokan harinya dan mengalami kilas balik yang tertekan bahwa mereka bertiga bersama istri Peter, Alice (Camilla Rutherford), ditampilkan menuju pemakaman ayah mereka dan kemudian berhenti untuk mengambil Porsche ayahnya dari bengkel, meskipun mobilnya sedang dalam keadaan mati dan belum siap. Terungkap bahwa ayah mereka meninggal karena ia ditabrak taksi dan Patricia tidak menghadiri pemakaman.

Kembali ke masa sekarang, mereka bertiga tiba di bandara, tetapi mereka tiba-tiba memutuskan untuk merobek tiket mereka dan pergi mengunjungi Patricia. Mereka mencapai biara di mana Patricia terkejut tetapi sangat gembira melihat mereka (dan Francis dengan malu-malu mengakui bahwa kecelakaannya sebenarnya adalah upaya bunuh diri). Malam itu, setelah mereka bertiga berseteru dengan Patricia karena menelantarkan mereka, mereka berempat berkumpul bersama dalam diam dan terhubung kembali dalam cinta. Mereka bertiga bangun keesokan paginya dan mendapati Patricia sudah pergi, meninggalkan sarapan untuk mereka. Mereka memutuskan untuk tidak menunggunya kembali.

Di stasiun kereta, mereka bertiga berlari ke kereta lain, "Bengal Lancer", dan dengan senang hati membuang semua koper dan tas ayah mereka untuk mengejar. Di pesawat, Francis menawarkan untuk mengembalikan paspor Peter dan Jack, tetapi malah diberitahu untuk menahannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Owen Wilson sebagai Francis
  • Adrien Brody sebagai Peter
  • Jason Schwartzman sebagai Jack
  • Anjelica Huston sebagai Patricia
  • Amara Karan sebagai Rita
  • Wallace Wolodarsky sebagai Brendan
  • Waris Ahluwalia sebagai kepala pelayan
  • Irrfan Khan sebagai pastur
  • Barbet Schroeder sebagai montir
  • Camilla Rutherford sebagai Alice
  • Bill Murray sebagai pebisnis
  • A.P. Singh sebagai sopir taksi
  • Kumar Pallana sebagai pria tua
  • Dalpat Singh sebagai pelayan
  • Trudy Matthys sebagai wanita Jerman #1
  • Gurdeep Singh sebagai kepala pelayan kereta api Bengal Lancer
  • Natalie Portman sebagai mantan kekasih Jack

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Darjeeling Limited mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 69%, berdasarkan 192 ulasan, dengan rating rata-rata 6,7/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 67 dari 100, berdasarkan 35 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Darjeeling Limited mendapatkan $11.902.715 di Amerika Utara dan $23.406.392 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $35.309.107, melebihi anggaran produksi film $17,5 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $134.938, menempati posisi ke-37 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A conversation with director Wes Anderson" (Charlie Rose interview (10 minutes+)). 26 October 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 October 2007. 
  2. ^ a b c "The Darjeeling Limited (2007)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 15, 2017. 
  3. ^ "The Darjeeling Limited (2007)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal November 15, 2017. 
  4. ^ "The Darjeeling Limited reviews". Metacritic. Diakses tanggal November 15, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]