The Royal Tenenbaums

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Royal Tenenbaums
TheRoyalTenenbaumsPoster2001.jpg
Poster film The Royal Tenenbaums
SutradaraWes Anderson
ProduserWes Anderson
Barry Mendel
Scott Rudin
SkenarioWes Anderson
Owen Wilson
PemeranGene Hackman
Anjelica Huston
Danny Glover
Bill Murray
Gwyneth Paltrow
Ben Stiller
Luke Wilson
Owen Wilson
MusikMark Mothersbaugh
SinematografiRobert Yeoman
PenyuntingDylan Tichenor
Perusahaan
produksi
DistributorBuena Vista Pictures
Tanggal rilis
  • 5 Oktober 2001 (2001-10-5) (Festival Film New York)
  • 14 Desember 2001 (2001-12-14) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 4 Januari 2002 (2002-1-4) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
110 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$21 juta[2]
Pendapatan kotor$71.441.250[2]

The Royal Tenenbaums adalah film drama komedi Amerika Serikat tahun 2001 yang disutradarai oleh Wes Anderson dan diproduseri oleh Wes Anderson, Barry Mendel dan Scott Rudin. Naskah film ini ditulis oleh Wes Anderson dan Owen Wilson. Film ini dibintangi oleh Gene Hackman, Anjelica Huston, Danny Glover, Bill Murray, Gwyneth Paltrow, Ben Stiller, Luke Wilson dan Owen Wilson.

Film The Royal Tenenbaums ditayangkan secara perdana di Festival Film New York pada tanggal 5 Oktober 2001[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 14 Desember 2001 secara terbatas dan 4 Januari 2002 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Royal Tenenbaum (Gene Hackman) menjelaskan kepada ketiga anaknya, Chas (Aram Aslanian-Persico), Margot (Irene Gorovaia) dan Richie (Amedeo Turturro), bahwa ia dan istrinya, Etheline (Anjelica Huston), berpisah. Anak-anak dari keluarga Tenenbaum mencapai sukses besar di usia yang sangat muda. Chas adalah pebisnis dan matematikawan yang jenius di mana Royal dapat mencuri uang hasil kerja Chas. Margot, yang diadopsi oleh keluarga Tenenbaum, mendapatkan penghargaan atas sebuah drama yang ditulisnya di kelas sembilan. Sementara Richie adalah seniman dan pemain tenis profesional. Richie menyatakan cintanya kepada adik angkatnya, Margot, melalui beberapa lukisan. Royal membawa Richie bertamasya di mana tak ada satupun dari anak-anak lain yang diundang. Eli Cash (James Fitzgerald) adalah tetangga keluarga Tenenbaum dan sahabat terbaik Richie.

Dua puluh dua tahun kemudian, Royal ditendang keluar dari hotel tempat ia tinggal. Semua anak-anak keluarga Tenenbaum berada dalam kemerosotan setelah mereka sukses, dengan Richie (Luke Wilson) berkeliling dunia dengan kapal pesiar setelah mengalami kegagalan. Ia menulis surat kepada Eli (Owen Wilson) yang mengungkapkan cintanya kepada Margot (Gwyneth Paltrow). Chas (Ben Stiller) menjadi overprotektif terhadap putra-putranya, Ari (Grant Rosenmeyer) dan Uzi (Jonah Meyerson), setelah kematian istrinya, Rachael (Jennifer Wachtell), dalam kecelakaan pesawat. Margot menikah dengan ahli saraf Raleigh St. Clair (Bill Murray) di mana Margot menyembunyikan kebiasaan merokok dan masa lalunya dari Raleigh. Raleigh sedang melakukan penelitian pada subjek bernama Dudley Heinsbergen (Stephen Lea Sheppard).

Akuntan lama Etheline, Henry Sherman (Danny Glover), melamarnya. Mengetahui lamaran Henry, Royal mengaku bahwa ia menderita kanker lambung untuk mendapatkan kembali cinta Etheline dan anak-anaknya. Etheline meminta anak-anaknya pulang ke rumah, lalu Royal pindah ke rumah keluarga mereka dan menyiapkan peralatan medis di kamar Richie. Royal mengetahui sifat overprotektif Chas sehingga ia membawa putra Chas untuk berpetualang dengan mencuri di toko dan berkelahi dengan anjing. Ketika mereka kembali, Chas memarahi Royal karena membahayakan anak-anaknya dan Royal menuduh Chas mengalami gangguan mental.

Eli memberitahu Margot bahwa Richie mencintainya ketika Eli dan Margot melakukan perselingkuhan. Royal melihat Eli dan Margot, lalu ia memberitahu Margot bahwa Royal membenci perlakuan Margot terhadap Raleigh, di mana Raleigh mencurigai Richie. Raleigh dan Richie menyewa detektif swasta untuk memata-matai Margot. Sementara itu, Henry menyelidiki pengakuan Royal terhadap kanker lambung yang dideritanya dan menemukan bahwa rumah sakitnya telah ditutup beberapa tahun yang lalu, dokternya tidak ada dan obat kankernya hanyalah permen. Henry bertanya kepada Pagoda (Kumar Pallana), pelayan keluarga Tenenbaum, dan mengumpulkan seluruh anggota keluarga untuk memberitahu mereka apa yang telah ditemukan Henry. Setelah itu, Royal dan Pagoda pindah dari rumah.

Raleigh dan Richie mendapatkan laporan dari detektif tentang Margot, yang mengungkapkan riwayat merokok dan pergaulan seksualnya, termasuk pernikahan sebelumnya dengan artis rekaman Jamaika. Mereka bereaksi atas laporan tersebut, dengan Richie yang pergi ke kamar mandi, mencukur rambut dan janggutnya, lalu mengiris pergelangan tangannya. Dudley menemukan Richie bersimbah darah, lalu Raleigh segera membawanya ke rumah sakit. Ketika keluarga Tenenbaum duduk di ruang tunggu rumah sakit, Raleigh berseteru dengan Margot dan pergi meninggalkannya. Richie melarikan diri dari rumah sakit dan bertemu dengan Margot. Mereka mengungkapkan cinta rahasia mereka dan mereka berciuman.

Royal memutuskan bahwa ia ingin Etheline bahagia dan akhirnya ia mengurus perceraian mereka. Sebelum Henry dan Etheline menikah, Eli, yang berada di bawah pengaruh obat meskalin, menabrakkan mobilnya ke sisi rumah. Royal menyelamatkan Ari dan Uzi, namun anjing mereka, Buckley, terbunuh. Marah, Chas mengejar Eli melalui beberapa rumah dan menangkapnya sambil berkelahi. Eli dan Chas setuju bahwa mereka berdua membutuhkan bantuan psikiater. Chas berterima kasih kepada Royal karena menyelamatkan putranya dan membelikan mereka anjing Dalmatian dari para petugas pemadam kebakaran sebagai pengganti Buckley. Empat puluh delapan jam kemudian, Etheline dan Henry akhirnya menikah di ruangan hakim.

Beberapa waktu kemudian, Margot merilis drama baru yang terinspirasi oleh keluarganya, Raleigh menerbitkan sebuah buku tentang kondisi Dudley, Eli memeriksa dirinya sendiri ke fasilitas rehabilitasi narkotika di North Dakota dan Richie mulai mengajar program tenis junior. Chas tidak bersikap overprotektif terhadap anak-anaknya. Royal tampaknya telah mengembangkan hubungannya dengan semua anak-anaknya dan memiliki hubungan yang lebih baik dengan Etheline. Royal mengalami serangan jantung dan meninggal pada usia 68 tahun. Chas menemani Royal di ambulans dalam perjalanan ke rumah sakit dan merupakan satu-satunya saksi atas kematian Royal. Keluarga Tenenbaum menghadiri pemakamannya di mana epitaf nisan Royal berbunyi bahwa ia "mati secara tragis demi menyelamatkan keluarganya dari puing-puing kapal perang yang hancur dan tenggelam."

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Gene Hackman sebagai Royal Tenenbaum
  • Anjelica Huston sebagai Etheline Tenenbaum
  • Danny Glover sebagai Henry Sherman
  • Bill Murray sebagai Raleigh St. Clair
  • Gwyneth Paltrow sebagai Margot Helen Tenenbaum
    • Irene Gorovaia sebagai Margot muda
  • Ben Stiller sebagai Chas Tenenbaum
    • Aram Aslanian-Persico sebagai Chas muda
  • Luke Wilson sebagai Richie Tenenbaum
    • Amedeo Turturro sebagai Richie muda
  • Owen Wilson sebagai Eli Cash
    • James Fitzgerald sebagai Eli muda
  • Grant Rosenmeyer sebagai Ari Tenenbaum
  • Jonah Meyerson sebagai Uzi Tenenbaum
  • Stephen Lea Sheppard sebagai Dudley Heinsbergen
  • Kumar Pallana sebagai Pagoda
  • Seymour Cassel sebagai Dusty / Dr. McClure
  • Jennifer Wachtell sebagai Rachael Tenenbaum
  • Alec Baldwin sebagai narator

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Royal Tenenbaums mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 80%, berdasarkan 204 ulasan, dengan rating rata-rata 7,5/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 76 dari 100, berdasarkan 34 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[5] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "C-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[6]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Royal Tenenbaums mendapatkan $52.364.010 di Amerika Utara dan $19.077.240 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $71.441.250, melebihi anggaran produksi film $21 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $276.981, menempati posisi ke-15 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $8.512.122, menempati posisi ke-5 di box office di belakang film The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring, A Beautiful Mind, Ocean's Eleven dan Jimmy Neutron: Boy Genius.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Royal Tenenbaums (15)". British Board of Film Classification. December 24, 2001. Diakses tanggal May 15, 2013. 
  2. ^ a b c d "The Royal Tenenbaums (2001)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ Scott, A.O. (October 5, 2001). "FILM FESTIVAL REVIEW; Brought Up to Be Prodigies, Three Siblings Share a Melancholy Oddness". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 18, 2017. Diakses tanggal September 18, 2017. 
  4. ^ "The Royal Tenenbaums (2001)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "The Royal Tenenbaums reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]