The Hours (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Hours
Hoursposter.jpg
Poster film The Hours
Sutradara Stephen Daldry
Produser Scott Rudin
Robert Fox
Skenario David Hare
Berdasarkan The Hours 
oleh Michael Cunningham
Pemeran Nicole Kidman
Julianne Moore
Meryl Streep
Musik Philip Glass
Sinematografi Seamus McGarvey
Penyunting Peter Boyle
Perusahaan
produksi
Scott Rudin Productions
Distributor Paramount Pictures
(Amerika Serikat)
Miramax Films
(internasional)
Tanggal rilis
  • 15 Desember 2002 (2002-12-15) (New York)
  • 27 Desember 2002 (2002-12-27) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 14 Februari 2003 (2003-2-14) (secara luas di Amerika Serikat)
  • 14 Februari 2003 (2003-2-14) (Britania Raya)
Durasi
115 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Britania Raya
Bahasa Inggris
Anggaran $25 juta[2]
Pendapatan kotor $108,846,072[2]

The Hours adalah film drama romantis tahun 2002 yang disutradarai oleh Stephen Daldry dan diproduseri oleh Scott Rudin dan Robert Fox. Naskah film ini ditulis oleh David Hare berdasarkan novel The Hours karya Michael Cunningham. Film ini dibintangi oleh Nicole Kidman, Julianne Moore dan Meryl Streep.

Film The Hours ditayangkan secara perdana di New York pada tanggal 15 Desember 2002 dan dirilis di Britania Raya pada tanggal 14 Februari 2003. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 27 Desember 2002 secara terbatas dan 14 Februari 2003 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dengan pengecualian dari adegan pendahuluan dan adegan penutup, yang menjelaskan peristiwa bunuh diri Virginia Woolf (Nicole Kidman) tahun 1941 dengan tenggelam di Sungai Ouse, Sussex, cerita berlangsung dalam rentang sehari dalam tiga tahun yang berbeda dan bergantian di antara mereka sepanjang film. Pada tahun 1923, Virginia mulai menulis buku Mrs Dalloway di rumahnya di kota Richmond di luar London. Pada tahun 1951, ibu rumah tangga bermasalah dari Los Angeles, Laura Brown (Julianne Moore), melarikan diri dari kehidupan biasanya dengan membaca buku Mrs Dalloway. Pada tahun 2001, Clarissa Vaughan (Meryl Streep) dari New York merupakan perwujudan karakter judul buku Virginia ketika ia menghabiskan hari itu untuk mempersiapkan pesta dan menjadi tuan rumah untuk menghormati mantan kekasih dan temannya, Richard Brown (Ed Harris), seorang penyair dan penulis yang hidup dengan AIDS yang akan menerima penghargaan sastra utama. Richard memberitahu Clarissa bahwa ia tetap hidup demi Clarissa dan bahwa penghargaan itu tidak berarti karena Richard tidak mendapatkannya lebih cepat hingga ia berada di ambang kematian. Clarissa memberitahunya bahwa ia percaya bahwa Richard akan memenangkan penghargaan terlepas dari penyakitnya. Richard sering memanggil Clarissa sebagai "Mrs. Dalloway" karena Clarissa mengalihkan perhatiannya dari kehidupannya sendiri seperti karakter Virginia.

Setiap cerita berada dalam urutan kronologis, bukan urutan seperti yang disajikan dalam film.

1923 – Virginia, yang telah mengalami beberapa gangguan mental dan menderita gangguan bipolar, merasa terperangkap di rumahnya. Ia diintimidasi oleh para pelayan dan terus-menerus berada di bawah pengawasan suaminya, Leonard (Stephen Dillane), yang telah memulai bisnis penerbitan, Hogarth Press, di rumah untuk tetap dekat dengannya. Virginia menyambut dan ketakutan ketika kakaknya, Vanessa, beserta anak-anaknya berkunjung pada sore hari. Virginia mencium bibir Vanessa. Setelah mereka pergi, Virginia melarikan diri ke stasiun kereta api, di mana ia menunggu kereta api ke pusat kota London ketika Leonard tiba untuk membawanya pulang. Leonard memberitahu Virginia bagaimana ia hidup dalam ketakutan bahwa Virginia akan mengambil hidupnya sendiri. Virginia mengatakan bahwa dirinya takut hal itu juga, namun ia berpendapat bahwa jika ia hidup, ia memiliki hak untuk memutuskan bagaimana dan di mana.

1951 – Hamil dengan anak keduanya, Laura menghabiskan hari-harinya di rumah bidangnya bersama putranya yang masih muda, Richie (Jack Rovello). Ia menikahi suaminya, Dan (John C. Reilly), segera setelah Perang Dunia II. Mereka terlihat hidup layaknya Impian Amerika, namun Laura masih sangat tidak bahagia. Ia dan Richie membuat kue untuk ulang tahun Dan, namun hal itu menjadi bencana. Tetangganya, Kitty (Toni Collette), mampir dan bertanya apakah Laura bisa memberi makan anjingnya ketika Laura berada di rumah sakit untuk prosedur. Kitty mengungkapkan bahwa prosedur ini terkait dengan fakta bahwa ia tidak dapat hamil dan mungkin menandakan ketidaksuburan permanen dan bahwa ia benar-benar merasa bahwa seorang wanita tidak sempurna hingga ia menjadi seorang ibu. Kitty berpura-pura ceria, namun Laura merasakan kesedihan dan ketakutannya serta berani mencium bibirnya. Kitty menertawakannya seolah-olah itu tidak terjadi. Laura dan Richie berhasil membuat kue dan bersih-bersih, lalu ia mengajak Richie untuk tinggal bersama Mrs. Latch (Margo Martindale). Richie mengejar ibunya ketika ia pergi, takut bahwa ia tidak akan pernah kembali. Laura masuk ke hotel di mana ia berniat bunuh diri. Laura mengeluarkan beberapa botol pil dan buku Mrs Dalloway dari tasnya dan mulai membacanya. Laura tertidur dan bermimpi kamar hotelnya banjir, lalu ia terbangun dengan perubahan hati dan membelai perutnya. Ia menjemput Richie dan mereka kembali ke rumah untuk merayakan ulang tahun Dan.

2001 – Clarissa sama-sama khawatir tentang depresi Richard dan pesta yang direncanakan untuknya. Clarissa, yang biseksual dan telah tinggal bersama Sally Lester (Allison Janney) selama 10 tahun, telah menjalin hubungan dengan Richard selama masa kuliah mereka. Ia bertemu dengan mantan kekasih Richard, Louis Waters (Jeff Daniels), yang telah kembali dari perayaan. Putri Clarissa, Julia (Claire Danes), pulang untuk membantunya mempersiapkan diri. Richard telah mengambil Xanax dan Ritalin, lalu ia memberitahu Clarissa bahwa Clarissa adalah hal terindah yang pernah dimiliki dalam hidupnya, sebelum ia melakukan bunuh diri di depan Clarissa. Malam itu, ibu Richard, Laura (karakter yang sama dalam cerita tahun 1951), tiba di apartemen Clarissa. Hal ini terungkap bahwa pengabaian Laura terhadap keluarganya sangat traumatis bagi Richard, namun Laura mengungkapkan bahwa itu adalah keputusan yang lebih baik bagi Laura untuk meninggalkan keluarga setelah kelahiran putrinya daripada bunuh diri. Laura memiliki kehidupan yang mandiri dan bahagia sebagai petugas perpustakaan di Kanada. Laura tidak meminta maaf atas rasa sakit yang disebabkan kepada keluarganya (Dan dan putri mereka juga meninggal) dan menunjukkan bahwa tidak mungkin merasa menyesal atas sesuatu di mana ia tidak punya pilihan. Laura mengakui bahwa tidak ada yang akan memaafkannya, namun ia memberikan penjelasan, "Hidupku adalah kematian. Saya memilih kehidupan." Ketika Julia mengunjungi Laura di kamar tidurnya, ia memperlakukannya dengan kebaikan dan kepekaan yang tidak diharapkan oleh Laura.

Film ini berakhir dengan Virginia mengucapkan terima kasih kepada Leonard karena mencintainya, "Selalu ada tahun-tahun di antara kita. Selalu ada tahun-tahun. Selalu ada cinta. Selalu ada waktu."

Pemeran[sunting | sunting sumber]

1923
1951
2001

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Hours mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 80%, berdasarkan 191 ulasan, dengan rating rata-rata 7.4/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 80 dari 100, berdasarkan 40 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Hours mendapatkan $41,675,994 di Amerika Utara dan $67,170,078 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $108,846,072, melebihi anggaran produksi film $25 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $338,622, menempati posisi ke-31 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $3,363,908, menempati posisi ke-10 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Hours (12A)". British Board of Film Classification. January 10, 2003. Diakses tanggal March 6, 2014. 
  2. ^ a b c d "The Hours (2002)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "The Hours (2002)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "The Hours reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]