Eighth Grade (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Eighth Grade
EighthGradePoster2018.jpg
Poster film Eighth Grade
SutradaraBo Burnham
ProduserScott Rudin
Eli Bush
Christopher Storer
Lila Yacoub
SkenarioBo Burnham
PemeranElsie Fisher
Josh Hamilton
Emily Robinson
Jake Ryan
Fred Hechinger
MusikAnna Meredith
SinematografiAndrew Wehde
PenyuntingJennifer Lilly
Perusahaan
produksi
A24
IAC Films
Scott Rudin Productions
DistributorA24
(Amerika Serikat)
Sony Pictures
(internasional)
Tanggal rilis
  • 19 Januari 2018 (2018-1-19) (Festival Film Sundance)
  • 13 Juli 2018 (2018-7-13) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 3 Agustus 2018 (2018-8-3) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
94 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$2 juta[2]
Pendapatan kotor$13.539.709[3]

Eighth Grade adalah film drama komedi Amerika Serikat tahun 2018 yang disutradarai oleh Bo Burnham dan diproduseri oleh Scott Rudin, Eli Bush, Christopher Storer dan Lila Yacoub. Naskah film ini ditulis oleh Bo Burnham. Film ini dibintangi oleh Elsie Fisher, Josh Hamilton, Emily Robinson, Jake Ryan dan Fred Hechinger.

Film Eighth Grade ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 19 Januari 2018[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 13 Juli 2018 secara terbatas dan 3 Agustus 2018 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Kayla Day (Elsie Fisher) adalah siswa kelas delapan yang menyelesaikan minggu terakhirnya di SMP di negara bagian New York. Ia mengunggah video motivasi di YouTube tentang kepercayaan diri dan jati dirinya yang nyaris tidak ditonton oleh penonton YouTube. Berusaha untuk berteman di sekolah, ia mendapatkan penghargaan "siswa paling diam" dari teman-teman sekelasnya. Sementara itu, Mark (Josh Hamilton), ayahnya, berusaha menjalin hubungan dengan Kayla dan menjauhkan ketergantungan Kayla pada media sosial.

Kayla diundang ke pesta kolam renang yang diselenggarakan oleh teman sekelasnya, Kennedy (Catherine Oliviere), yang telah melakukannya hanya setelah dipaksa oleh ibunya. Di pesta itu, Kayla mengalami serangan kecemasan di kamar mandi, namun akhirnya, ia pergi ke luar untuk berenang, di mana ia bertemu Gabe (Jake Ryan), sepupu Kennedy yang aneh. Setelah mencoba meninggalkan pesta Kennedy, Kayla bertemu dengan Aiden (Luke Prael), yang menyarankan Kayla untuk bergabung kembali ke pesta. Kayla mengatasi ketakutannya dan bersedia untuk bernyanyi karaoke.

Mendengar bahwa Aiden putus dengan kekasih terakhirnya karena ia menolak untuk mengirimkan foto-foto telanjang kepada Aiden, Kayla memberitahu Aiden bahwa ia memiliki berkas foto-foto porno di telepon genggamnya, sebuah cerita palsu yang menarik perhatian Aiden. Kayla menerima apapun permintaan Aiden meskipun Kayla tidak yakin apa yang harus dikatakannya. Kayla kemudian mencari petunjuk berhubungan seksual secara online dan merasa jijik.

Kayla menghadiri program rahasia sekolahnya di mana ia bertemu Olivia (Emily Robinson), siswa kelas dua belas yang ramah yang mengajak Kayla berkeliling di sekitar sekolahnya. Olivia memberikan Kayla nomor teleponnya, lalu ia mengundang Kayla untuk pergi ke mal bersama beberapa temannya. Mereka bersenang-senang meskipun Kayla melihat ayahnya memata-matainya dari jauh dan menyuruh ayahnya pergi karena Kayla merasa malu. Teman Olivia, Riley (Daniel Zolghadri), memberi Kayla tumpangan pulang larut malam. Riley memulai permainan "jujur atau tantangan" di mana ia bertanya tentang pengalaman seksual Kayla, membuka kemeja Riley dan meminta Kayla untuk membuka bajunya. Kayla menolaknya, lalu Riley mundur dan mengaku bahwa ia hanya mencoba untuk membantu Kayla mendapatkan pengalamannya. Kayla menangis di rumah dan dihibur oleh ayahnya. Kayla membuat video yang mengumumkan bahwa ia berniat untuk berhenti membuat video karena ia merasa tidak layak untuk memberikan nasihat ketika ia bahkan tidak dapat mengikuti videonya sendiri.

Kayla kemudian membuka kapsul waktu yang dibuatnya untuk dirinya sendiri ketika ia masih kelas enam. Kayla menonton video yang dibuatnya di mana dirinya yang lalu bertanya tentang teman-temannya saat ini dan mencintai kehidupan. Kayla meminta ayahnya untuk membantunya membakar kapsul waktu tersebut dan bertanya apakah Kayla membuat ayahnya sedih. Sang ayah mengatakan bahwa Kayla membuatnya bangga dan ia tidak pernah bisa sedih tentang Kayla, yang membuat Kayla lega.

Saat kelulusan, Kayla memarahi Kennedy karena mengabaikan surat ucapan terima kasihnya dan bersikap acuh tak acuh terhadapnya meskipun Kayla berusaha bersikap baik. Kayla kemudian makan malam di rumah Gabe dan mereka bersenang-senang bersama. Kayla membuat kapsul waktu baru di mana ia dan ayahnya kubur di halaman belakang rumahnya. Kayla meninggalkan pesan video untuk sekolahnya sendiri yang mendorongnya untuk bertahan melalui masa-masa sulit.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Elsie Fisher sebagai Kayla Day
  • Josh Hamilton sebagai Mark Day, ayah Kayla
  • Emily Robinson sebagai Olivia, siswa SMA yang selalu diikuti oleh Kayla
  • Catherine Oliviere sebagai Kennedy, teman sekelas Kayla yang populer
  • Jake Ryan sebagai Gabe, sepupu Kennedy
  • Luke Prael sebagai Aiden, teman sekelas Kayla yang populer
  • Daniel Zolghadri sebagai Riley, salah satu teman Olivia

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Eighth Grade mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 99%, berdasarkan 293 ulasan, dengan rating rata-rata 8,85/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 89 dari 100, berdasarkan 49 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[7]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Eighth Grade mendapatkan $13.539.709 di Amerika Utara. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $13.539.709, melebihi anggaran produksi $2 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $263.797, menempati posisi ke-23 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $2.850.892, menempati posisi ke-12 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Eighth Grade (15)". British Board of Film Classification. December 3, 2018. Diakses tanggal December 14, 2018. 
  2. ^ Sandberg, Bryn Elise (November 20, 2018). "Making of 'Eighth Grade': How Bo Burnham Brought His Anxiety to Screen in the Form of a 13-Year-Old Girl". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 20, 2018. Diakses tanggal November 23, 2018. 
  3. ^ a b c "Eighth Grade (2018)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 14, 2018. 
  4. ^ Debruge, Peter (November 29, 2017). "Sundance Film Festival Unveils Full 2018 Features Lineup". Variety. Penske Business Media. Diakses tanggal January 1, 2018. 
  5. ^ Barnes, Brooks (March 3, 2018). "The Little Movie Studio That Could". The New York Times. The New York Times Company. Diakses tanggal March 13, 2018. 
  6. ^ "Eighth Grade (2018)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 14, 2018. 
  7. ^ "Eighth Grade reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 14, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]