True Grit (film 2010)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
True Grit
Poster film True Grit
SutradaraCoen bersaudara
ProduserCoen bersaudara
Scott Rudin
Ditulis olehCoen bersaudara
Berdasarkan
True Grit
oleh Charles Portis
PemeranJeff Bridges
Matt Damon
Josh Brolin
Hailee Steinfeld
Barry Pepper
Penata musikCarter Burwell
SinematograferRoger Deakins
PenyuntingRoderick Jaynes
Perusahaan
produksi
Skydance Productions
Mike Zoss Productions
Scott Rudin Productions
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
Durasi110 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$38 juta[2]
Pendapatan
kotor
$252.276.927[3]

True Grit adalah film drama kriminal thriller Amerika Serikat tahun 2010 yang disutradarai oleh Joel Coen dan Ethan Coen dan diproduseri oleh Joel Coen, Ethan Coen dan Scott Rudin. Naskah film ini ditulis oleh Joel Coen dan Ethan Coen berdasarkan buku True Grit karya Charles Portis. Film ini dibintangi oleh Jeff Bridges, Matt Damon, Josh Brolin, Hailee Steinfeld dan Barry Pepper.

Film True Grit dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 22 Desember 2010[4] dan ditayangkan di Festival Film Internasional Berlin pada tanggal 10 Februari 2011.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Mattie Ross (Hailee Steinfeld) menguburkan mayat ayahnya di Fort Smith, Arkansas. Ia bertanya kepada sherif setempat tentang perkembangan pencarian Tom Chaney (Josh Brolin), pembunuh ayahnya ketika ia berusia 14 tahun. Sherif memberitahunya bahwa Tom telah melarikan diri dengan Ned "Lucky" Pepper (Barry Pepper) dan gengnya ke teritori Indian, di mana sherif tidak memiliki wewenang sehingga Mattie meminta untuk mencari Deputi Amerika Serikat. Sherif memberikan tiga rekomendasi deputi dan Mattie memilih Rooster Cogburn (Jeff Bridges). Mulanya, Rooster menolak tawarannya dan tidak percaya bahwa Mattie memiliki uang untuk menyewanya, tetapi Mattie mengumpulkan uang itu dengan melakukan penjualan kuda secara agresif dengan Kolonel Stonehill (Dakin Matthews).

Texas Ranger LaBoeuf (Matt Damon) tiba di kota, mengejar Tom atas pembunuhan Senator Wilayah Texas. LaBoeuf mengusulkan untuk bergabung dengan Rooster, tetapi Mattie menolak tawaran LaBoeuf. Ia ingin Tom digantung di Arkansas karena pembunuhan ayahnya, bukan di Texas karena membunuh sang senator. Mattie juga bersikeras bepergian dengan Rooster, tetapi Rooster pergi bersama LaBoeuf, tanpa Mattie, untuk menangkap Chaney dan membagi hadiahnya.

Setelah ditolak berlayar di atas kapal feri yang membawa Rooster dan LaBoeuf, Mattie melintasi sungai dengan menunggang kuda. LaBoeuf mengungkapkan ketidaksenangannya dengan melakukan hukuman fisik kepada Mattie dengan tongkat, tetapi Rooster akhirnya membiarkan Mattie menemani mereka. Setelah perselisihan mengenai dinas mereka yang berhubungan dengan Konfederasi Amerika Serikat, Rooster mengakhiri rencana mereka dan LaBoeuf meninggalkan mereka untuk mengejar Tom sendirian. Rooster dan Mattie bertemu dengan seorang dokter yang mengarahkan mereka ke ruang kosong untuk berlindung. Mereka menemukan dua penjahat, Emmett Quincy (Paul Rae) dan Moon (Domhnall Gleeson), dan menginterogasi mereka. Emmett menegaskan bahwa mereka tidak memiliki informasi tentang geng Lucky, tetapi akhirnya, Moon mengungkapkan apa yang ia ketahui. Emmett menusuk Moon hingga mengalami luka berat dan Rooster menembak mati Emmett. Sebelum meninggal, Moon mengatakan bahwa Lucky dan gengnya akan kembali untuk kuda baru pada malam hari.

LaBoeuf tiba di ruang kosong dan berhadapan dengan geng Lucky. Rooster, bersembunyi di lereng bukit bersama Mattie, menembak dua anggota geng dan secara tidak sengaja memukul LaBoeuf, tetapi Lucky lolos. Rooster dan LaBoeuf berdebat keesokan harinya, lalu mereka berpisah. Ketika ia mengambil air dari sungai, Mattie bertemu dengan Tom. Mattie menembaknya namun ia bertahan dan menyeret Mattie kembali ke Lucky. Lucky memaksa Rooster untuk pergi dan mengancam akan membunuh Mattie. Lucky meninggalkan Mattie sendirian dengan Tom, memerintahkannya untuk tidak menyakiti Mattie atau ia tidak akan dibayar setelah kuda tambahannya tiba.

Tom mencoba menusuk Mattie, tetapi LaBoeuf muncul dan memukul Tom. Mereka melihat dari kejauhan saat Rooster melawan anggota geng Pepper yang tersisa, membunuh dua orang dan melukai Lucky sebelum kudanya tertembak dan jatuh, membuat kaki Lucky terjepit, lalu LaBoeuf menembak Lucky. Tom sadar kembali dan memukul LaBoeuf, tetapi Mattie merebut senapan LaBoeuf dan menembak Tom di dada. Mattie kehilangan keseimbangan, mundur dan jatuh ke dalam lubang, lalu ia digigit seekor ular derik. Rooster memotong tangan Mattie untuk menyedot racun ular sebanyak mungkin, lalu mengendarai kuda siang dan malam untuk sampai ke dokter dan membawanya berjalan kaki setelah kudanya jatuh karena kelelahan.

Lengan kiri Mattie diamputasi karena infeksi bakteri dari gigitan ular. Rooster bertahan sampai Mattie aman, tetapi ia pergi sebelum Mattie sadar kembali. Ia tidak pernah melihat Rooster atau LaBoeuf lagi, meski ia menulis surat yang mengundang Rooster untuk mengambil uang sebagai imbalan. Dua puluh lima tahun kemudian, Mattie menerima sebuah catatan dari Rooster, yang mengundangnya ke acara Wild West, di mana Rooster sekarang tampil di sana. Mattie datang, hanya untuk mengetahui bahwa Rooster meninggal tiga hari sebelumnya. Ia memindahkan mayat Rooster ke kuburan keluarga Mattie. Berdiri di atas kuburan Rooster, ia memikirkan keputusannya untuk memindahkan jenazahnya, tidak pernah menikah dan juga kemungkinan untuk bertemu dengan LaBoeuf lagi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Jeff Bridges sebagai Deputi Reuben J. "Rooster" Cogburn
  • Matt Damon sebagai Texas Ranger LaBoeuf
  • Josh Brolin sebagai Tom Chaney
  • Hailee Steinfeld sebagai Mattie Ross
    • Elizabeth Marvel dan Ruth Morris sebagai Mattie Ross tua
  • Barry Pepper sebagai Ned "Lucky" Pepper
  • Domhnall Gleeson sebagai Moon
  • Bruce Green sebagai Harold Parmalee
  • Ed Lee Corbin sebagai Dr. Forrester
  • Roy Lee Jones sebagai Yarnell Poindexter
  • Paul Rae sebagai Emmett Quincy
  • Nicholas Sadler sebagai Sullivan
  • Dakin Matthews sebagai Kolonel Stonehill
  • Leon Russom sebagai sherif
  • Jake Walker sebagai Hakim Isaac Parker
  • Don Pirl sebagai Cole Younger
  • James Brolin sebagai Frank James
  • Jarlath Conroy sebagai pengurus makam
  • J. K. Simmons sebagai Pengacara J. Noble Daggett (hanya suara)

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film True Grit mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 95%, berdasarkan 266 ulasan, dengan rating rata-rata 8,3/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 80 dari 100, berdasarkan 41 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film True Grit mendapatkan $171.243.005 di Amerika Utara dan $81.033.922 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $252.276.927, melebihi anggaran produksi film $38 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $24.830.443, menempati posisi kedua di box office di belakang film Little Fockers.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "True Grit (15)". British Board of Film Classification. February 1, 2011. Diakses tanggal February 9, 2011. 
  2. ^ Barnes, Brooks (December 26, 2010). "Strong Start for Coen Brothers' 'True Grit'". The New York Times. Diakses tanggal December 27, 2010. 
  3. ^ a b c "True Grit (2010)". Box Office Mojo. May 7, 2011. Diakses tanggal March 20, 2014. 
  4. ^ Jagernauth, Kevin (November 2, 2010). "'True Grit' Release Date Moved Up To December 22nd". IndieWire. Diakses tanggal February 9, 2018. 
  5. ^ Roxborough, Scott (December 8, 2010). "Coen Brothers' 'True Grit' Remake to Open Berlin Film Festival". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal February 9, 2018. 
  6. ^ "True Grit (2010)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 9, 2018. 
  7. ^ "True Grit reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 9, 2018. 
  8. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]