Fences (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Fences
Fences Denzel Washington Poster 2016.jpg
Poster film Fences
Sutradara Denzel Washington
Produser Todd Black
Scott Rudin
Denzel Washington
Skenario August Wilson
Berdasarkan Fences 
oleh August Wilson
Pemeran Denzel Washington
Viola Davis
Musik Marcelo Zarvos
Sinematografi Charlotte Bruus Christensen
Penyunting Hughes Winborne
Perusahaan
produksi
Bron Creative Studios
Macro Media
Scott Rudin Productions
Distributor Paramount Pictures
Tanggal rilis
  • 15 Desember 2016 (2016-12-15) (Curran Theatre)
  • 16 Desember 2016 (2016-12-16) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 25 Desember 2016 (2016-12-25) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
139 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $24 juta[2]
Pendapatan kotor $64,414,761[2]

Fences adalah film drama Amerika Serikat tahun 2016 yang disutradarai oleh Denzel Washington dan diproduseri oleh Todd Black, Scott Rudin dan Denzel Washington. Naskah film ini ditulis oleh August Wilson berdasarkan drama teater Fences karya August Wilson. Film ini dibintangi oleh Denzel Washington dan Viola Davis.

Film Fences ditayangkan secara perdana di Curran Theatre pada tanggal 15 Desember 2016[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 16 Desember 2016 secara terbatas dan 25 Desember 2016 secara luas.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1950-an di Pittsburgh, Troy Maxson (Denzel Washington) tinggal bersama istrinya, Rose (Viola Davis), dan putra mereka, Cory (Jovan Adepo), dan bekerja sebagai pengangkut sampah bersama sahabatnya, Jim Bono (Stephen Henderson). Adik Troy, Gabriel (Mykelti Williamson), menderita cedera kepala ketika Perang Dunia II, membuatnya mengalami gangguan mental, di mana ia menerima biaya $3,000 dari pemerintahan, yang digunakan oleh Troy untuk membeli rumah buat keluarganya. Gabriel mulai pindah dari rumah Troy, namun ia masih tinggal di lingkungan sekitar dan sering terlibat dalam masalah dengan hukum karena perilaku yang aneh, termasuk fiksasi keyakinan.

Di masa remajanya, Troy meninggalkan rumah dari ayahnya yang kasar dan menjadi perampok untuk bertahan hidup. Setelah membunuh seorang pria selama perampokan yang membawanya ke penjara, ia bertemu Jim dan mengungkapkan bahwa dirinya ingin menjadi pemain bisbol berbakat. Kemudian ia bermain di Negro Leagues secara profesional, namun ia tidak pernah masuk ke Major League Baseball, yang tidak memiliki pemain Afrika-Amerika di tahun-tahun sebelum 1947. Ketika Jim mengatakan bahwa Troy lahir terlalu cepat, Troy mengabaikan perkataan Jim dan menegaskan bahwa ia dapat melewatinya karena warna kulitnya. Setelah sembuh dari radang paru-paru yang parah di masa mudanya, Troy mengklaim telah melakukannya dengan mengalahkan Grim Reaper dalam baku hantam, di mana Reaper bersumpah untuk kembali dalam pertandingan ulang.

Putra Troy dari kekasih sebelumnya, Lyons (Russell Hornsby), mengunjunginya tiap hari gajian untuk meminjam uang, membuat Troy kecewa. Kepercayaan Troy dalam bertanggung jawab terhadap putranya membuat Troy tidak menyetujui impian Lyons untuk menjadi seorang musisi dan sebaiknya mencari pekerjaan yang nyata, bahkan Troy menolak untuk mengunjungi klub di mana band putranya bermain. Lalu Rose memberitahu Troy bahwa Cory sedang dibina oleh tim sepak bola di perguruan tinggi, namun Troy meremehkan peluang Cory untuk masuk ke National Football League. Troy tidak hanya terluka oleh kurangnya keberhasilan dalam bisbol, tetapi juga percaya bahwa diskriminasi ras masih lazim di liga utama. Ia memberitahu Cory bahwa ia tidak akan menandatangani dokumen izin karena ia tidak ingin bernasib sama dengannya dan ada perasaan iri hati yang membuat Cory dapat mencapai keberhasilan, yang bisa membuat Cori menghindar dari Troy.

Rose meminta Troy untuk membangun pagar di sekitar rumah mereka, dan Troy meminta Cory membantunya sebagai hukuman untuk Cory yang tidak melakukan tugas-tugasnya karena sibuk latihan sepak bola. Troy dan Cory berselisih atas ambisi Cory untuk bermain sepak bola di perguruan tinggi. Paham bahwa Cory tidak melakukan pekerjaan paruh waktunya karena latihan sepak bola, Troy memintanya untuk kembali ke pekerjaan, meskipun Cory berusaha meyakinkan Troy bahwa pekerjaan tersebut dilakukannya sampai musim sepak bola berakhir.

Troy mendapatkan pemangkatan untuk mengendarai truk sampah, menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang melakukannya di Pittsburgh, meskipun ia tidak bisa membaca dan tidak memiliki surat izin mengemudi. Jim mengetahui bahwa Troy membohongi Rose dengan menutupi perselingkuhannya dengan Alberta, wanita yang ia temui di bar lokal, dan memperingatkannya bahwa tindakan Troy tersebut akan berakibat fatal. Persahabatan keduanya semakin renggang ketika Troy ditugaskan ke lingkungan yang berbeda. Kemudian Troy menemukan bahwa Cory tidak kembali ke pekerjaan paruh waktunya di A&P dan memaksa pelatih Cory untuk mengeluarkannya dari tim sepak bola. Troy juga menolak bertemu dengan pihak perguruan tinggi yang berencana untuk mengunjungi rumah mereka. Cory mencaci maki Troy dan melemparkan helmnya ke arah Troy, yang Troy klaim adalah pelanggaran pertama dari tiga pelanggaran Cory yang diizinkan. Ketika dipanggil untuk mengeluarkan Gabriel dari penjara karena mengganggu ketenangan, Troy tidak menyadari bahwa ia menandatangani surat perubahan biaya setengah dari pensiunan Gabriel untuk dilembagakan ke rumah sakit jiwa, memaksa Gabriel tinggal di sana.

Troy terpaksa mengungkapkan perselingkuhannya ke Rose ketika kekasih gelapnya telah hamil, yang mengarah ke perselisihan di mana Troy menggenggam Rose dengan agresif, menyebabkan Cory campur tangan dan memukul Troy ke pagar, yang Troy klaim sebagai pelanggaran kedua Cory. Pada bulan berikutnya, Troy dan Rose semakin renggang, meskipun mereka tinggal serumah. Troy terus mengunjungi kekasih gelapnya, yang akhirnya meninggal saat melahirkan setelah pergi ke persalinan secara dini, membuat Troy terluka, marah dan menantang Reaper dalam pertandingan lain.

Troy membawa pulang bayi perempuannya, Raynell, dan Rose memutuskan untuk membesarkannya sendiri, namun ia menolak menerima Troy kembali. Cory sedang memikirkan pendaftarannya ke Korps Marinir Amerika Serikat setelah kesempatannya hilang untuk masuk kuliah. Suatu hari, ketika ia pulang, Troy yang mabuk menghalangi jalan dan menantang sehingga terjadi perkelahian di mana Cory mengayunkan tongkat bisbol ke arah Troy. Troy mendapatkan tangan bagian atas, menggenggam tongkat dari Cory dan mendorongnya keluar dari rumah. Troy sekali lagi menantang Reaper untuk datang kepadanya.

Enam tahun kemudian, Troy meninggal karena serangan jantung dan Cory, sekarang menjadi kopral, pulang ke rumah namun ia memberitahu Rose bahwa ia tidak akan menghadiri pemakaman. Rose mengaku mencintai Troy meskipun ia tidak sempurna, dan Troy masih menjadi bagian dari dirinya, dan Cory kemudian mempertimbangkan kembali setelah berinteraksi dengan Raynell dewasa (Saniyya Sidney). Lyons mendapatkan cuti untuk menghadiri pemakaman. Demikian pula, Gabriel dilepaskan dari rumah sakit jiwa untuk menghadiri pemakaman dan reuni dengan keluarganya karena mereka semua mengucapkan selamat tinggal kepada Troy. Gabriel berdoa bagi St. Peter untuk membuka pintu surga bagi Troy, dan sinar matahari berkilau di atas mereka, melambangkan pengampunan antargenerasi dan perdamaian.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Denzel Washington sebagai Troy Maxson
  • Viola Davis sebagai Rose Lee Maxson, istri Troy
  • Stephen Henderson sebagai Jim Bono, sahabat Troy
  • Jovan Adepo sebagai Cory Maxson, putra Troy dan Rose
  • Russell Hornsby sebagai Lyons Maxson, putra Troy dengan kekasih sebelumnya
  • Mykelti Williamson sebagai Gabriel Maxson, saudara Troy
  • Saniyya Sidney sebagai Raynell Maxson, putri Troy dengan Alberta, kekasih gelap Troy

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Fences mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 93%, berdasarkan 225 ulasan, dengan rating rata-rata 7.7/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 79 dari 100, berdasarkan 48 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[6] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Fences mendapatkan $57,682,904 di Amerika Utara dan $6,731,857 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $64,414,761, melebihi anggaran produksi film $24 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $129,462, menempati posisi ke-25 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $11,600,170, menempati posisi ke-7 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McCarthy, Todd (November 22, 2016). "'Fences' Review". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal November 22, 2016. 
  2. ^ a b c d "Fences". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 22, 2017. 
  3. ^ Gioia, Michael. "San Francisco’s Curran Reopens to Host Fences Film Premiere". Diakses tanggal 13 October 2017. 
  4. ^ Mendelson, Scott (December 26, 2016). "Box Office: 'Sing' Soars, 'Passengers' Recovers, 'Fences' Breaks Out On Christmas Day". Forbes. Forbes. Diakses tanggal December 30, 2016. 
  5. ^ "Fences (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal January 23, 2017. 
  6. ^ "Fences reviews". Metacritic. Diakses tanggal January 23, 2017. 
  7. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]