The Grand Budapest Hotel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Grand Budapest Hotel
Grand Budapest Hotel Movie Poster.jpg
Poster film The Grand Budapest Hotel
Sutradara Wes Anderson
Produser Wes Anderson
Scott Rudin
Steven Rales
Jeremy Dawson
Skenario Wes Anderson
Cerita Wes Anderson
Hugo Guinness
Pemeran Ralph Fiennes
F. Murray Abraham
Mathieu Amalric
Adrien Brody
Willem Dafoe
Jeff Goldblum
Harvey Keitel
Jude Law
Bill Murray
Edward Norton
Saoirse Ronan
Jason Schwartzman
Léa Seydoux
Tilda Swinton
Tom Wilkinson
Owen Wilson
Tony Revolori
Musik Alexandre Desplat
Sinematografi Robert Yeoman
Penyunting Barney Pilling
Perusahaan
produksi
American Empirical Pictures
Indian Paintbrush
Studio Babelsberg
Scott Rudin Production
TSG Entertainment
Distributor Fox Searchlight Pictures
Tanggal rilis
  • 6 Februari 2014 (2014-2-6) (Festival Film Internasional Berlin)
  • 6 Maret 2014 (2014-3-6) (Jerman)
  • 7 Maret 2014 (2014-3-7) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 28 Maret 2014 (2014-3-28) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
100 menit[1]
Negara Amerika Serikat[2]
Jerman
Britania Raya
Bahasa Inggris
Anggaran €23 juta[3]
($25 juta)[4]
Pendapatan kotor $174,801,324[4]

The Grand Budapest Hotel adalah film komedi tahun 2014 yang disutradarai oleh Wes Anderson dan diproduseri oleh Wes Anderson, Scott Rudin, Steven Rales dan Jeremy Dawson. Naskah film ini ditulis oleh Wes Anderson dan Hugo Guinness, yang terinspirasi oleh tulisan-tulisan Stefan Zweig. Film ini dibintangi oleh Ralph Fiennes, F. Murray Abraham, Mathieu Amalric, Adrien Brody, Willem Dafoe, Jeff Goldblum, Harvey Keitel, Jude Law, Bill Murray, Edward Norton, Saoirse Ronan, Jason Schwartzman, Léa Seydoux, Tilda Swinton, Tom Wilkinson, Owen Wilson dan Tony Revolori.

Film The Grand Budapest Hotel ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Berlin pada tanggal 6 Februari 2014 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 7 Maret 2014 secara terbatas dan 28 Maret 2014 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada masa sekarang, seorang gadis remaja mendekati sebuah patung di halaman. Di tangannya adalah sebuah memoir karya "Si Penulis" (Tom Wilkinson). Ia mulai membaca tentang perjalanan yang dilakukannya ke Hotel Grand Budapest pada akhir 1960-an. Ia menemukan bahwa hotel tersebut nyaris sepi, yang terletak di Republik Zubrowka, sebuah negara yang dilanda perang dan kemiskinan, telah jatuh dalam masa-masa sulit dan menjadi bobrok.

Ketika ia mengunjungi hotel tersebut, si Penulis (Jude Law) bertemu dengan Mr. Moustafa (F. Murray Abraham), pemilik hotel, yang memberitahu saat makan malam tentang bagaimana ia mengambil alih kepemilikan Hotel Grand Budapest dan mengapa ia tidak mau menutupnya.

Kisah pemiliknya dimulai pada tahun 1932 selama akhir tahun ketika hotel tersebut berjaya. Republik Zubrowka berada di ambang perang namun hal ini menjadi perhatian Monsieur Gustave (Ralph Fiennes), pemilik Hotel Grand Budapest yang setia. Ketika ia tidak memperhatikan kebutuhan tamu yang kaya, mengelola stafnya atau melatih penjaga lobi yang baru, Zero Moustafa (Tony Revolori), Gustave merayu wanita berambut pirang dan tua yang berbondong-bondong ke hotel untuk menikmati "pelayanan yang luar biasa". Salah satu tamunya, Madame D (Tilda Swinton), menghabiskan malam dengan Gustave sebelum kepergiannya.

Sebulan kemudian, Gustave diberitahu bahwa Madame D telah meninggal secara misterius. Ketika ia dan Zero tiba di rumah Madame D, mereka diberitahu bahwa Madame D mewariskan sebuah lukisan berharga untuk Gustave. Hal ini membuat keluarga Madame D marah, berharap semua anggota keluarganya mendapatkan warisannya, terutama putranya, Dmitri Desgoffe-und-Taxis (Adrien Brody). Gustave dan Zero mengambil lukisan itu dan menyembunyikannya di brankas Hotel Grand Budapest. Gustave kemudian ditangkap dan dijebak atas pembunuhan Madame D.

Di penjara, Gustave berteman dengan sekelompok narapidana yang melibatkannya dalam rencana pelarian mereka dan dengan bantuan tunangan baru Zero, Agatha (Saoirse Ronan), kelompok tersebut lolos dari penjara keamanan maksimum. Mereka berpisah dan Gustave bertemu dengan Zero untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah. Perjalanan panjang membawa mereka ke sebuah biara di puncak gunung tempat mereka bertemu dengan pelayan Madame D, Serge X (Mathieu Amalric), satu-satunya orang yang bisa memberitahu Gustave alasan pembunuhan Madame D di malam hari. Namun, Serge dibunuh oleh J.G. Jopling (Willem Dafoe), anak buah Dmitri. Gustave dan Zero mencuri kereta luncur dan mengejar Jopling saat ia melarikan diri dari biara. Ketika berada di tepi tebing, Zero mendorong Jopling hingga jatuh ke jurang dan menyelamatkan Gustave.

Gustave dan Zero kembali ke Hotel Grand Budapest, yang dikuasai oleh militer karena perang baru saja terjadi. Mereka menemukan bahwa Dmitri juga telah muncul, mengejar Agatha, yang dipercayakan untuk membawa lukisan Madame D dari brankas hotel. Pengejaran dan baku tembak terjadi, dan surat yang berisi versi berbeda dari keinginan Madame D ditemukan tersembunyi di balik lukisan tersebut, yang dilakukan oleh Serge X, di mana Madame D mewariskan seluruh kekayaannya termasuk Hotel Grand Budapest ke Gustave jika Madame D dibunuh.

Dalam perjalanan kereta api, para tentara memeriksa kereta Gustave dan ia terbunuh dalam sebuah perseteruan dalam melindungi Zero dan Agatha, sebuah adegan yang mirip dengan kejadian sebelumnya dalam perjalanan menuju rumah Madame D. Zero yang patah hati berjanji untuk melanjutkan warisannya di Hotel Grand Budapest namun konflik yang sedang berlangsung dan wabah penyakit membuat banyak orang meninggal. Agatha meninggal beberapa tahun kemudian karena wabah penyakit.

Zero kemudian mengaku kepada si Penulis bahwa ia tidak dapat memaksa dirinya untuk menutup hotel karena hotel ini adalah hubungan terakhirnya dengan istrinya yang telah meninggal dan tahun-tahun terbaik di hidupnya. Si Penulis kemudian berangkat ke Amerika Selatan dan tidak pernah kembali ke hotel. Hotel ini akhirnya dihancurkan, meski nasib terakhir Zero tidak diketahui. Kembali pada masa sekarang, gadis itu selesai membaca cerita si Penulis tentang Hotel Grand Budapest dan meninggalkan patung di halaman.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Grand Budapest Hotel mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 92%, berdasarkan 271 ulasan, dengan rating rata-rata 8.4/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 88 dari 100, berdasarkan 48 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Grand Budapest Hotel mendapatkan $59,301,324 di Amerika Utara dan $115,500,000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $174,801,324, melebihi anggaran produksi film $25 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $811,166, menempati posisi ke-17 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $8,539,795, menempati posisi ke-6 di box office.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Grand Budapest Hotel (15)". 20th Century Fox. British Board of Film Classification. 12 Februari 2014. 
  2. ^ "The Grand Budapest Hotel". LUMIERE. European Audiovisual Observatory. 
  3. ^ "Hollywood zu Gast in Görlitz" (dalam bahasa Jerman). Frankfurter Rundschau. 20 Februari 2013. 
  4. ^ a b c d "The Grand Budapest Hotel (2014)". Box Office Mojo. July 11, 2014. Diakses tanggal November 15, 2017. 
  5. ^ "Wes Anderson's The Grand Budapest Hotel to Open the 64th Berlinale". berlinale.de. Diakses tanggal 15 November 2013. 
  6. ^ "The Grand Budapest Hotel (2014)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal November 15, 2017. 
  7. ^ "The Grand Budapest Hotel reviews". Metacritic. Diakses tanggal November 15, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]