Isle of Dogs (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Isle of Dogs
Isle of Dogs Poster 2018.jpg
Poster film Isle of Dogs
SutradaraWes Anderson
ProduserWes Anderson
Scott Rudin
Steven Rales
Jeremy Dawson
SkenarioWes Anderson
CeritaWes Anderson
Roman Coppola
Jason Schwartzman
Kunichi Nomura
PemeranKoyu Rankin
Bryan Cranston
Edward Norton
Bill Murray
Jeff Goldblum
Bob Balaban
Scarlett Johansson
F. Murray Abraham
Liev Schreiber
Tilda Swinton
Kunichi Nomura
Ken Watanabe
NaratorCourtney B. Vance
MusikAlexandre Desplat
SinematografiTristan Oliver
PenyuntingRalph Foster
Edward Bursch
Perusahaan
produksi
Indian Paintbrush
American Empirical Pictures
DistributorFox Searchlight Pictures
Tanggal rilis
  • 15 Februari 2018 (2018-2-15) (Festival Film Internasional Berlin)
  • 23 Maret 2018 (2018-3-23) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 13 April 2018 (2018-4-13) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
101 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
Jerman[2][3][4][5]
BahasaBahasa Inggris
Bahasa Jepang
Pendapatan kotor$64,241,499[6]

Isle of Dogs adalah film animasi komedi petualangan Amerika Serikat tahun 2018 yang disutradarai oleh Wes Anderson dan diproduseri oleh Wes Anderson, Scott Rudin, Steven Rales dan Jeremy Dawson. Naskah film ini ditulis oleh Wes Anderson, sementara ceritanya ditulis oleh Wes Anderson, Roman Coppola, Jason Schwartzman dan Kunichi Nomura. Film ini dibintangi oleh Koyu Rankin, Bryan Cranston, Edward Norton, Bill Murray, Jeff Goldblum, Bob Balaban, Scarlett Johansson, F. Murray Abraham, Liev Schreiber, Tilda Swinton, Kunichi Nomura dan Ken Watanabe.

Film Isle of Dogs ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Berlin pada tanggal 15 Februari 2018[7] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 23 Maret 2018 secara terbatas[8] dan 13 April 2018 secara luas.[9][10][11] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di masa mendatang di Jepang, virus flu anjing menyebar ke seluruh populasi anjing. Walikota Megasaki City yang baru dan diktator, Kobayashi (Kunichi Nomura), menandatangani surat ketetapan membuang semua anjing ke Pulau Sampah meskipun seorang ilmuwan bernama Profesor Watanabe (Akira Ito) bersikeras bahwa ia hampir menemukan obatnya. Anjing pertama yang dibuang adalah Spots (Liev Schreiber), anjing milik keponakan Walikota Kobayashi yang yatim piatu bernama Atari Kobayashi (Koyu Rankin).

Enam bulan kemudian, Atari mencuri pesawat dan terbang ke Pulau Sampah dengan harapan menemukan Spots. Setelah pendaratan darurat, ia diselamatkan oleh lima anjing yang dipimpin oleh Chief (Bryan Cranston). Mereka memutuskan untuk membantu Atari menemukan Spots meskipun Chief, mantan anjing pengembara, tidak ingin bersekutu dengan manusia. Ketika mereka percaya bahwa Spots meninggal beberapa bulan sebelumnya saat kandangnya gagal dibuka setelah tiba di Pulau Sampah, mereka segera mengetahui bahwa terjadi kekacauan di sana dan bahwa Spots mungkin masih hidup. Setelah berkelahi dengan tim penyelamat yang dikirim oleh Walikota Kobayashi untuk menjemput Atari dan atas desakan seekor anjing betina bernama Nutmeg (Scarlett Johansson), Chief terpaksa memutuskan untuk menemani Atari beserta anjing lainnya untuk mencari Spots. Mereka mencari nasihat dari dua anjing bijak, Jupiter (F. Murray Abraham) dan Oracle (Tilda Swinton), yang memberitahu mereka tentang suku kanibal anjing yang dikabarkan berada di bagian pulau yang terpencil.

Sementara itu, Profesor Watanabe menemukan obat untuk menyembuhkan flu anjing, namun ia diracuni oleh Walikota Kobayashi. Mahasiswa pertukaran Amerika Serkat, Tracy Walker (Greta Gerwig), mencurigai adanya konspirasi dan mulai menyelidiki kasus ini. Pada akhirnya, Tracy berhadapan dengan asisten ilmuwan Yoko Ono (Yoko Ono), mantan rekan Profesor Watanabe, yang membenarkan kecurigaan Tracy dan memberikan dosis terakhir obat yang tersisa kepada Tracy.

Dalam perjalanan, Atari dan Chief berpisah dari anjing lainnya. Atari memandikan Chief, yang memberitahu bahwa bulunya benar-benar putih dengan bintik-bintik hitam, namun Chief menjadi kotor selama hidupnya sebagai anjing pengembara. Memperhatikan kesamaan antara Chief dan Spots, Atari menyadari bahwa Chief adalah jenis anjing yang mirip dengan Spots yang sangat langka. Chief mengingat kembali kehidupnya sebagai bagian dari sampah di mana semua saudaranya meninggal dan hanya satu saudaranya yang masih hidup. Chief mulai berubah dan menjalin ikatan dengan Atari ketika mereka melanjutkan perjalanan mereka. Mereka bergabung kembali dengan anjing lainnya yang sempat berpisah dan menemukan suku kanibal anjing, namun mereka disergap oleh tim penyelamat Walikota Kobayashi sekali lagi. Spots datang dengan pasukan kecil anjing yang menangkis tim penyelamat tersebut. Spots mengungkapkan bahwa ia diselamatkan oleh suku kanibal setelah tiba di Pulau Sampah dan kemudian menjadi pemimpin mereka. Spots juga menegaskan bahwa Chief adalah saudaranya dan meminta untuk mengalihkan tugas perlindungannya terhadap Atari kepada Chief di mana keduanya setuju.

Seekor burung hantu tiba dan membawa kabar bahwa Walikota Kobayashi berencana untuk memerintahkan pemusnahan total semua anjing di Pulau Sampah pada pemilihan ulang yang akan segera terjadi. Atari dan semua anjing di Pulau Sampah memutuskan untuk kembali ke Megasaki City untuk menghentikan Walikota Kobayashi. Pada acara pemilihan Walikota Kobayashi, ia bersiap untuk memberikan perintah, namun Tracy menyebarkan bukti tentang korupsi yang dilakukan oleh Walikota Kobayashi dan keberadaan obat flu anjing. Atari dan anjing-anjing juga datang dan memastikan obatnya berhasil. Walikota Kobayashi mulai berubah, namun tangan kanannya, Mayor Domo (Akira Takayama), bersikeras melakukan pemusnahan semua anjing. Pertarungan pun terjadi di mana tombol "eksekusi" ditekan, namun racun itu menjadi bumerang bagi para penyerang berkat teman hacker Tracy.

Dalam pertarungan, Atari dan Spots terluka parah. Salah satu ginjal Atari gagal berfungsi, namun Walikota Kobayashi, yang mengakui kesalahannya, menyumbangkan ginjal miliknya untuk menyelamatkan Atari. Dengan undang-undang pemilihan walikota, Megasaki City dipimpin oleh Atari dan ia memutuskan bahwa anjing diizinkan untuk bergabung ke dalam masyarakat. Tracy dan Atari menjadi pasangan kekasih, lalu Chief bersatu kembali dengan Nutmeg dan menjadi penjaga Atari. Meskipun ia diduga tewas, Spots pulih dari luka-lukanya dan diam-diam membesarkan anak-anaknya di bawah rumah keluarga Kobayashi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Isle of Dogs mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 89%, berdasarkan 292 ulasan, dengan rating rata-rata 8/10.[14] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 82 dari 100, berdasarkan 55 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[15]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Isle of Dogs mendapatkan $32,015,231 di Amerika Utara dan $32,226,268 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $64,241,499.[6]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $1,620,294, menempati posisi ke-15 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $5,475,139, menempati posisi ke-7 di box office di belakang film Rampage, A Quiet Place, Truth or Dare, Ready Player One, Blockers dan Black Panther.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Isle of Dogs (PG)". British Board of Film Classification. March 20, 2018. Diakses tanggal June 1, 2018. 
  2. ^ Lodge, Guy (February 15, 2018). "Film Review: 'Isle of Dogs'". Variety. Penske Business Media. Diakses tanggal March 23, 2018. 
  3. ^ "British Council Film: Isle of Dogs". British Council. Diakses tanggal March 23, 2018. 
  4. ^ "'Isle Of Dogs': Berlin Review". Screen Daily. Screen International. February 16, 2018. Diakses tanggal March 23, 2018. 
  5. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t "Isle of Dogs (2018)". BFI. Diakses tanggal March 15, 2018. 
  6. ^ a b c "Isle of Dogs (2018)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 24, 2018. 
  7. ^ Pulver, Andrew (December 4, 2017). "Wes Anderson's Isle of Dogs to open Berlin film festival". The Guardian. Diakses tanggal March 9, 2018. 
  8. ^ Mendelson, Scott (February 15, 2018). "Review: Wes Anderson's 'Isle Of Dogs' Is A Doggone Delight". Forbes. Diakses tanggal March 9, 2018. 
  9. ^ Rubin, Rebecca (March 25, 2018). "Wes Anderson's 'Isle of Dogs' Prances to Top Screen Average of 2018". Variety. Penske Business Media. Diakses tanggal March 31, 2018. 
  10. ^ Brooks, Brian (March 23, 2018). "Wes Anderson Returns With 'Isle Of Dogs'; Stanley Tucci Back With 'Final Portrait' – Specialty B.O. Preview". Deadline Hollywood. Penske Business Media. Diakses tanggal March 24, 2018. 
  11. ^ James (March 20, 2018). "UPDATE: Isle of Dogs is getting a wide release in the coming weeks". Animated Views. Diakses tanggal March 24, 2018. 
  12. ^ a b c "Isle of Dogs". Berlinale 68. Festival Film Internasional Berlin. Diakses tanggal February 23, 2018. 
  13. ^ a b "Isle of Dogs official website". Fox Searchlight Pictures. Diakses tanggal March 21, 2018. 
  14. ^ "Isle of Dogs (2018)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal March 9, 2018. 
  15. ^ "Isle of Dogs reviews". Metacritic. Diakses tanggal March 9, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]