Bottle Rocket

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bottle Rocket
Poster perilisan bioskop
SutradaraWes Anderson
ProduserPolly Platt
Cynthia Hargrave
SkenarioOwen Wilson
Wes Anderson
Berdasarkan
Bottle Rocket
karya Owen Wilson
Wes Anderson
Pemeran
Penata musikMark Mothersbaugh
SinematograferRobert Yeoman
PenyuntingDavid Moritz
Perusahaan
produksi
DistributorSony Pictures Releasing
Tanggal rilis
  • 21 Februari 1996 (1996-02-21)
Durasi91 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$5 juta[2]
Pendapatan
kotor
$560,069[3]

Bottle Rocket adalah film komedi kriminal asal Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1996. Film ini merupakan debut penyutradaraan layar lebar Wes Anderson. Ditulis oleh Anderson bersama Owen Wilson, film ini diadaptasi dari film pendek Anderson tahun 1994 yang memiliki judul yang sama. Bottle Rocket juga menandai debut akting dari Owen dan Luke Wilson, yang bermain bersama Robert Musgrave, Andrew Wilson (kakak dari Wilson bersaudara), Lumi Cavazos, dan James Caan. Pengambilan gambar utama dilaksanakan di berbagai lokasi di Texas.

Film ini dirilis secara terbatas di bioskop pada tanggal 21 Februari 1996. Meskipun tidak berhasil secara komersial, film ini mendapat pujian dari para kritikus dan menjadi batu loncatan dalam karir film Anderson dan Wilson bersaudara. Sutradara Martin Scorsese kemudian memilih Bottle Rocket sebagai salah satu dari sepuluh film favoritnya di dekade 1990-an.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Di Arizona, Dignan "menyelamatkan" temannya yang bernama Anthony, dari unit psikiatri sukarela, di mana Anthony menghabiskan waktu karena kelelahan. Dignan telah merancang rencana pelarian yang rumit dan menunjukkan kepada Anthony rencana 75 tahun yang ia buat. Rencana tersebut melibatkan serangkaian pencurian, yang akan diakhiri dengan bertemu Tuan Henry, seorang penata taman sekaligus penjahat paruh waktu yang dikenal oleh Dignan.

Sebagai latihan, mereka mencuri beberapa barang dari rumah keluarga Anthony, sesuai dengan daftar yang telah disepakati sebelumnya. Namun, Dignan mengambil sepasang anting-anting yang tidak terdapat dalam daftar tersebut, yang membuat Anthony marah karena anting-anting itu adalah hadiah untuk ibunya dan sengaja tidak dimasukkan ke dalam daftar. Kemudian, Anthony mengunjungi adik perempuannya di sekolah dan memintanya mengembalikan anting-anting itu.

Mereka merekrut Bob Mapplethorpe sebagai sopir pelarian karena dia adalah satu-satunya orang yang mereka kenal dengan mobil. Setelah membeli pistol, mereka kembali ke rumah Bob untuk merencanakan pencurian berikutnya di sebuah toko buku lokal. Namun, mereka bertengkar saat Dignan kesulitan menjelaskan rencananya yang rumit.

Setelah merampok toko buku dan mendapatkan sejumlah kecil uang, mereka memutuskan untuk "bersembunyi" dan menginap di sebuah motel. Di sana Anthony menjalin hubungan asmara dengan Inez, seorang pelayan motel, meskipun ada kendala bahasa karena Inez tidak fasih berbahasa Inggris dan Anthony hampir tidak bisa berbahasa Spanyol.

Bob kemudian mengetahui bahwa tanaman ganja miliknya ditemukan oleh polisi dan kakak laki-lakinya ditangkap. Dia meninggalkan motel dengan mobilnya tanpa memberitahu Dignan. Sebelum pergi, Anthony memberikan amplop kepada Dignan untuk Inez yang berisi sebagian besar uang mereka. Dignan menyerahkannya kepada Inez tanpa mengetahui isinya. Inez memeluk Dignan untuk berterima kasih dan mengucapkan selamat tinggal.

Ketika Dignan pergi, Inez meminta seorang teman yang bisa berbahasa Inggris untuk mengejarnya dan mengatakan bahwa dia mencintai Anthony. Namun, Dignan salah mengerti dan tidak menyampaikan pesan tersebut kepada Anthony.

Dignan menemukan sebuah Alfa Romeo Spider tua yang masih berfungsi, dan dia beserta Anthony melanjutkan rencana 75 tahun mereka. Namun, mobil itu rusak dan Anthony mengungkapkan bahwa amplop yang diberikan kepada Inez berisi sisa uang mereka. Akhirnya mereka bertengkar dan memutuskan untuk berpisah.

Dalam surat kepada adik perempuannya, Anthony menyebutkan bahwa dia dan Bob menjalani rutinitas di rumah yang membuatnya sibuk. Sementara itu, Dignan yang telah bergabung dengan geng Tuan Henry, berhasil menemukan Anthony dan mereka berdamai. Dignan mengundangnya untuk melakukan pencurian bersama Tuan Henry, dengan syarat Bob juga diizinkan bergabung.

Mereka bertemu dengan Tuan Henry yang eksentrik dan merencanakan untuk merampok brankas di fasilitas penyimpanan dingin. Tuan Henry menjadi panutan bagi mereka, berkonfrontasi dengan saudara laki-laki Bob yang kasar, dan memberi pelajaran kepada Dignan tentang kesuksesan. Dia juga mengundang mereka ke pesta di rumahnya dan mengunjungi rumah keluarga Mapplethorpe. Anthony akhirnya mengetahui tentang perasaan Inez terhadapnya dan menghubunginya melalui telepon. Bahasa Inggris Inez telah membaik dan mereka menghidupkan kembali hubungan mereka.

Dalam pencurian di fasilitas penyimpanan dingin bersama Applejack dan Kumar, kaki tangan dari perusahaan pertamanan Tuan Henry. Rencana mereka cepat berantakan karena Kumar gagal membuka brankas dan Bob secara tidak sengaja menembakkan pistolnya yang menyebabkan Applejack mengalami serangan jantung.

Saat polisi tiba, Dignan telah mengunci diri di luar mobil pelarian dan akhirnya ditangkap serta dianiaya oleh polisi. Sementara itu, pada saat yang sama dengan pencurian, Tuan Henry ternyata merampok perabotan dari rumah Bob. Kemudian, Anthony dan Bob mengunjungi Dignan di penjara, memberitahukan kepadanya tentang pengkhianatan Tuan Henry.

Saat Bob dan Anthony mengucapkan selamat tinggal, Dignan mulai merencanakan pelarian dan meminta mereka untuk bersiap-siap. Setelah momen yang menegangkan, mereka menyadari bahwa Dignan hanya bercanda. Dignan berkata kepada Anthony, "Bukankah lucu kalau dulu kamu berada di rumah sakit jiwa dan sekarang aku di penjara?" sambil berjalan kembali ke dalam sel penjara.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Owen Wilson sebagai Dignan
  • Luke Wilson sebagai Anthony Adams
  • Robert Musgrave sebagai Bob Mapplethorpe
  • James Caan sebagai Abe Henry
  • Lumi Cavazos sebagai Inez
  • Ned Dowd sebagai Dr. Nichols
  • Shea Fowler sebagai Grace
  • Haley Miller sebagai Bernice
  • Kumar Pallana as Kumar
  • Andrew Wilson sebagai Jon Mapplethorpe / Pria Masa Depan
  • Brian Tenenbaum sebagai Clay Murchison
  • Stephen Dignan sebagai Rob
  • Anna Cifuentes sebagai Carmen
  • Donny Caicedo sebagai Rocky
  • Jim Ponds sebagai Applejack

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1992, Anderson menyutradarai film pendek Bottle Rocket berdurasi 13 menit.[4] Film ini difilmkan dalam hitam putih, juga dibintangi oleh Owen dan Luke Wilson serta Musgrave. Film pendek tersebut memiliki plot serupa dengan versi panjangnya,[5] ditayangkan di Festival Film Sundance 1994.[6] Di sana, film ini menarik perhatian produser film James L. Brooks, yang kemudian setuju untuk mendanai versi panjang dari film tersebut.[7]

Film panjang Bottle Rocket sebagian besar diambil di Dallas, Fort Worth, dan Hillsboro, Texas, kecuali bagian perkenalan yang difilmkan di Rumah Sakit Jiwa Negara Bagian Camarillo.[8] Adegan di rumah Bob Mapplethorpe difilmkan di Kediaman John Gillin, rancangan Frank Lloyd Wright.[9]

Setelah film ini gagal secara komersial, Owen Wilson sempat mempertimbangkan untuk bergabung dengan Korps Marinir Amerika Serikat.[10] Bill Murray juga dipertimbangkan untuk peran Abe Henry.[11][12]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Para penggemar menonton pertunjukan di Hillsboro, TX di motel tempat sebagian besar film ini difilmkan.

Bottle Rocket mendapat ulasan yang umumnya positif dari kritikus film. Di Rotten Tomatoes, film ini memperoleh rating "Certified Fresh" sebesar 86% berdasarkan 71 ulasan, dengan rating rata-rata 6,8/10. Konsensus situs tersebut menyebut film ini sebagai gabungan antara "Reservoir Dogs dan Breathless dengan sentuhan Texas Barat".[13] Di Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 66/100 dari 24 kritikus, mengindikasikan "ulasan yang umumnya baik".[14]

Martin Scorsese merupakan salah satu penggemar film ini, dan menyebutnya sebagai salah satu favoritnya di tahun 1990-an. [15][16] Dalam sebuah wawancara tahun 2000 dengan majalah Esquire, Scorsese memuji Wes Anderson atas kemampuannya dalam "menyampaikan kegembiraan sederhana dan interaksi antar manusia dengan cara yang sangat baik dan kaya".[15]

Media Rumah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008, Bottle Rocket dirilis dalam format DVD dan Blu-ray sebagai bagian dari The Criterion Collection.[17]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Bottle Rocket". AFI Catalog of Feature Films. Diakses tanggal April 10, 2017. 
  2. ^ Silverman, Jeff (February 4, 1996). "FILM;Their Feet in Texas, Their Heads in the Clouds". The New York Times. Diakses tanggal September 16, 2018. 
  3. ^ "Bottle Rocket". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2007-08-07. 
  4. ^ Calvario, Liz (2016-06-25). "Wes Anderson's 'Bottle Rocket' Short Film: Watch the 13 Minute Clip That Launched His Career". IndieWire (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-04-24. 
  5. ^ Taylor, Trey (2016-02-24). "What you didn't know about Wes Anderson's first film". Dazed (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-04-24. 
  6. ^ "Wes Anderson's first film, the original B&W 'Bottle Rocket' short from 1992". DangerousMinds. 2013-06-21. Diakses tanggal 2019-04-24. 
  7. ^ Thomas-Mason, Lee (2021-07-15). "Wes Anderson's black-and-white short film 'Bottle Rocket'". Far Out (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-04. 
  8. ^ Seal, Mark. "Celebrated Weekend: Luke Wilson's Austin". American Way. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-08-08. Diakses tanggal 2007-08-08. 
  9. ^ Neilson, Charlotte. "Bottle Rocket 1996 - The Gillin Residence". Casting Architecture. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-01-03. Diakses tanggal 2014-07-22. 
  10. ^ "Owen Wilson: From movies to the marines". Leatherneck. June 20, 2006. Diakses tanggal February 3, 2016. 
  11. ^ Locke, Greg W. (26 August 2011). "The Top 25 Roles Bill Murray Didn't Take". Ze Catalist. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-11-25. Diakses tanggal 25 May 2015. 
  12. ^ Evans, Bradford (17 February 2011). "The Lost Roles of Bill Murray". Vulture. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-20. Diakses tanggal 25 May 2015. 
  13. ^ "Bottle Rocket (1996)". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diakses tanggal 7 August 2023. 
  14. ^ "Bottle Rocket". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal 9 July 2019. 
  15. ^ a b Khatchatourian, Maane (March 6, 2014). "Wes Anderson: 12 Fun Facts About His Movies". Variety. Diakses tanggal 2017-09-11. 
  16. ^ Martin Scorsese (guest host), Roger Ebert (host) (2000-02-26). "Martin Scorsese's Best Films of the '90s". Roger Ebert & the Movies. Musim ke-1. Episode ke-26. 
  17. ^ "Bottle Rocket". The Criterion Collection (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]