Columbia Pictures

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Columbia Pictures
Columbia Pictures Industries, Inc.
Jenis Subsidiari
Industri Film
Didirikan Los Angeles, California, Amerika Serikat (Mei 1919 sebagai CBC Film, berganti nama sebagai Columbia Pictures, sejak 1924)
Kantor pusat Culver City, California, USA
Pemilik Swasta (1919-1926)
Publik (1926-1982)
Coca-Cola Co. (1982-1987)
Columbia Pictures Entertainment, Inc. (1987-1989)
Sony (1989-kini)
Induk Columbia TriStar Motion Picture Group
Situs web www.sonypictures.com

Columbia Pictures Industries, Inc. adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang memproduksi film dan acara televisi. Merupakan bagian Columbia TriStar Motion Picture Group, yang dimiliki oleh Sony Pictures Entertainment. Sony Pictures adalah bagian perusahaan Sony dari Jepang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum perusahaan ini dimulai, Cohn-Brandt-Cohn Film Sales adalah studio film yang dikembangkan oleh Harry Cohn. CBC Film Sales didirikan pada tahun 1919 oleh Harry Cohn, Jack Cohn dan Joe Brandt. Bradnt merupakan presiden pertama CBC Film Sales dengan tugas menangani penjualan pemasaran dan distribusi dari Hollywood, dibantu Harry Cohn dan Jack Cohn. Beberapa studio-memberi anggaran tinggi.

Pada tahun 1924, Harry Cohn menjabat sebagai presiden. Sejak itu organisasi tersebut dinamakan "Columbia Pictures Industries, Inc.". Organisasi ini bertugas memproduksi film-film dari Hollywood. Salah satu tugas ialah bekerjasama dengan Walt Disney Productions. dengan mendistribusikan film tersebut.

Pada akhir era 1930-an, Columbia Pictures mendirikan Screen Gems sebagai studio animasi dengan film kartun unggulan, Krazy Kat, Scrappy, The Fox and the Crow dan Li'l Abner.

Ketika perusahaan ini menghentikan pemakaian merek Screen Gems, perusahaan ini juga memproduksi beberapa acara kartun. Pada tahun 1948, perusahaan ini menetapkan nama Screen Gems untuk jaringan produksi televisi. Pada era 1950-an, perusahaan ini menghentikan cukup banyak serial mini. Perusahaan ini makin mendapat kemajuan pesat, tahun demi tahun.

Pada tahun 1968, nama perusahaan ini menjadi Columbia Pictures Industries Inc. dengan tujuan memasok perindustrian film-film terkemuka. Pada tahun 1974, Columbia Pictures menyatakan akan menghentikan pemakaian hal-hal yang berkaitan dengan Screen Gems. Dengan demikian Screen Gems diganti namanya menjadi Columbia Pictures Television.

Pada tahun 1982 secara resmi dijual kepada perusahaan The Cocal-Cola Company. Pernah juga mendapatkan Embassy Pictures. Dengan kerjasama oleh HBO dan CBS, perusahaan ini mendirikan "Nova Pictures". Dua tahun kemudian CBS memutus hubungan dengan HBO. Nova Pictures kemudian diganti namanya menjadi Tri-Star Pictures.

Menjelang akhir era 1980-an, Tri-Star membuka produksi televisi, saat HBO mengumumkan akhir kerjasama dengan Columbia Pictures. Pada akhir tahun 1987, Tri-Star Television dibubarkan, dan Coca-Cola mengakhiri kepemilikan Columbia Pictures. Kemudian didirikan Columbia Pictures Entertainment Inc., yang juga memiliki Tri-Star, Triumph Films, dll.

Grup tersebut resmi dijual kepada perusahaan Sony dari Jepang pada tahun 1989 dan mereorganisasi grup tersebut menjadi perusahaan. Reorganisasi tersebut memperbaharui grup tadi dan mengganti namanya menjadi Sony Pictures Entertainment pada tahun 1991 dan meluncurkan ulang TriStar Television. Pada tahun 1994, Columbia Pictures Television dan TriStar Television bergabung sebagai Columbia TriStar Television (CTT), dengan acara permainan, Jeopardy! dan Wheel of Fortune. Pada tahun 1999, Screen Gems resmi diluncurkan lagi sebagai perusahaan film.

CTT diluncurkan ulang pada tahun 2002 sebagai Sony Pictures Television.

Film yang telah diproduksi[sunting | sunting sumber]

1930-an[sunting | sunting sumber]

1940-an[sunting | sunting sumber]

1950-an[sunting | sunting sumber]

1960-an[sunting | sunting sumber]

1970-an[sunting | sunting sumber]

1980-an[sunting | sunting sumber]

1990-an[sunting | sunting sumber]

2000-an[sunting | sunting sumber]

2010-an[sunting | sunting sumber]

2010
2011
2012

[sunting | sunting sumber]

  1. 1924—1936
    Konsep pertama membuka versi pertama dari logo Columbia Pictures, dimana logo tersebut berupa seorang wanita yang memegang bendera Amerika Serikat dan sebuah obor, sehingga dikenal sebagai "Torch Lady". "Torch Lady" versi pertama mengenakan ikat kepala. Diatasnya, terdapat tulisan "A Columbia Production" ditulis melengkung.
  2. 1936—1943
    Versi kedua dari "Torch Lady", kali ini "Torch Lady" tidak mengenakan ikat kepala, dan berdiri di tumpuan dan pada versi ini, latar belakang berupa awan mulai diperkenalkan. Di belakang "Torch Lady" terdapat tulisan timbul yang bertuliskan "Columbia".
  3. 1936—1953
    Sama seperti "Torch Lady" tahun 1936, namun bendera Amerika Serikat tadi hanya sebuah tirai tanpa tanda khusus.
  4. 1953—1954
    Sama seperti "Torch Lady" tahun 1953, namun dengan garis leher berkerah.
  5. 1954—1965
    Sama seperti "Torch Lady" tahun 1954, namun dengan kaki disembunyikan.
  6. 1965—1976
    Sama seperti "Torch Lady" tahun 1965, namun dengan tirai berwarna putih.
  7. 1976—1981
    Versi ketiga dari "Torch Lady". Dalam versi ini, "Torch Lady" tetap berada di atas tumpuan. Kamera kemudian di arahkan ke obor, hingga waktu obor mulai bertambah terang. Pada waktu kemudian, cahaya kemudian diterangi dan kamera dimundurkan; saat kemudian, membentuk corak sinar matahari dalam setengah lingkaran berwarna biru dan tulisan dari nama perusahaan. Versi CPT menggunakan separo dari bagian klip dan setengah lingkaran itu berwarna jingga atau merah.
  8. 1981—1993
    Versi keempat dari "Torch Lady". Versi ini memiliki sedikit detail penampilan dan "Torch Lady" sedikit menyerupai bentuk seperti botol Coca-Cola, yang memiliki perusahaan itu
  9. 1993-2006
    Versi kelima dari "Torch Lady". Versi ini digagas oleh komisi Sony dan seniman Michael J. Deas. Dalam animasi, cahaya dinyalakan, dan kamera ditarik untuk menampilkan "Torch Lady". Deas memakai Jenny Joseph, seorang ibu dari 2 anak, namun menggunakan kmoposit untuk wajah. Divisi televisi menggunakan gambar dari logo tersebut.
  10. 2006—2013
    Versi keenam dari "Torch Lady". Dalam versi ini, tampilannya sama dengan tampilannya "Torch Lady" tahun 1993, namun cahaya obor itu agak gelap dan muka "Torch Lady" mirip bentuk lonjong. Tulisan "COLUMBIA" juga lebih besar dan "Torch Lady" dan tulisan "a SONY PICTURES ENTERTAINMENT company" juga lebih kecil. Versi ini juga digagas oleh komisi Sony. Film yang pertama menggunakan ini adalah [[The Holiday]] dan film terakhir yang menggunakan logo ini adalah [[Captain Phillips]]
  11. 2013 - sekarang

Sama dengan versi keenam, hanya saja byline "a SONY PICTURES ENTERTAINMENT company" diperpendek menjadi "a Sony Company". Film pertama yang menggunakan ini adalah [[American Hustle]]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]