Moonrise Kingdom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Moonrise Kingdom
Moonrise Kingdom Poster 2012.jpg
Poster film Moonrise Kingdom
Sutradara Wes Anderson
Produser Wes Anderson
Scott Rudin
Steven Rales
Jeremy Dawson
Skenario Wes Anderson
Roman Coppola
Pemeran Jared Gilman
Kara Hayward
Bruce Willis
Edward Norton
Bill Murray
Frances McDormand
Tilda Swinton
Musik Alexandre Desplat
Sinematografi Robert Yeoman
Penyunting Andrew Weisblum
Perusahaan
produksi
American Empirical Pictures
Indian Paintbrush
Distributor Focus Features
Tanggal rilis
  • 16 Mei 2012 (2012-5-16) (Festival Film Cannes)
  • 25 Mei 2012 (2012-5-25) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 29 Juni 2012 (2012-6-29) (secara luas di Amerika Serikat )
Durasi
94 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $16 juta[2]
Pendapatan kotor $68,263,166[2]

Moonrise Kingdom adalah film drama komedi petualangan remaja Amerika Serikat tahun 2012 yang disutradarai oleh Wes Anderson dan diproduseri oleh Wes Anderson, Scott Rudin, Steven Rales dan Jeremy Dawson. Naskah film ini ditulis oleh Wes Anderson dan Roman Coppola. Film ini dibintangi oleh Jared Gilman, Kara Hayward, Bruce Willis, Edward Norton, Bill Murray, Frances McDormand dan Tilda Swinton.

Film Moonrise Kingdom ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada tanggal 16 Mei 2012[3][4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Mei 2012 secara terbatas dan 29 Juni 2012 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada bulan September 1965, di Pulau New Penzance, pulau New England yang fiktif, seorang anak yatim berusia 12 tahun bernama Sam Shakusky (Jared Gilman) merupakan anggota Camp Ivanhoe, sebuah perkemahan musim panas Khaki Scout yang dipimpin oleh Kepala Pramuka Randy Ward (Edward Norton). Suzy Bishop (Kara Hayward), seorang gadis berusia 12 tahun, tinggal di pulau itu bersama orang tuanya, Walt (Bill Murray) dan Laura (Frances McDormand), dan ketiga adik laki-lakinya di sebuah rumah bernama Summer's End. Kedua orang tua Suzy bekerja sebagai pengacara. Sam dan Suzy, di mana keduanya introvert, cerdas dan dewasa seusianya, bertemu ketika musim panas tahun 1964 saat pertunjukkan Noye's Fludde di gereja dan telah menjadi sahabat sejak saat itu. Hubungan mereka menjadi romantis ketika mereka surat-menyurat satu sama lain dan mereka telah membuat sebuah perjanjian rahasia untuk melarikan diri bersama. Sam membawa peralatan kemah dan Suzy membawa teropongnya, enam buku, anak kucingnya dan perekam bertenaga baterai milik adiknya. Mereka mendaki, berkemah dan memancing bersama di padang gurun dengan tujuan mencapai teluk terpencil di Pulau New Penzance. Sementara itu, anggota Khaki Scout telah menyadari hilangnya Sam, menemukan sebuah surat yang Sam tinggalkan, yang berisi bahwa ia telah mundur sebagai anggota Khaki Scout. Randy memerintahkan anggota Khaki Scout untuk menggunakan keahlian mereka, melakukan pencarian dan menemukan Sam.

Sam dan Suzy berhadapan dengan sekelompok anggota Khaki Scout yang mencoba menangkap mereka dan ketika mereka bertarung, Suzy melukai pemimpin Khaki Scout, Redford (Lucas Hedges), dengan gunting dan anjing Camp Ivanhoe tewas oleh panah yang ditembak meleset dari salah satu anggota Khaki Scout. Semua anggota Khaki Scout melarikan diri, sementara Sam dan Suzy mendaki ke teluk yang mereka namai Moonrise Kingdom. Mereka mendirikan perkemahan dan pergi berenang. Kemudian, saat berjemur, mereka mulai menari dengan pakaian dalam mereka dan memainkan musik Françoise Hardy. Ketika hubungan romantis mereka tumbuh, mereka berciuman berulang kali.

Anggota Khaki Scout, orang tua Suzy, Randy dan Kapten Polisi Duffy Sharp (Bruce Willis) menemukan Sam dan Suzy di tenda mereka di teluk kecil. Orang tua Suzy membawanya pulang dan ketika Duffy menghubungi orang tua asuhnya, ia diberitahu bahwa mereka tidak menginginkan Sam. Sam tinggal sementara dengan Duffy dan mereka menunggu kedatangan "Pelayanan Sosial" - wanita tanpa nama (Tilda Swinton) yang ingin membawa Sam ke "tempat perlindungan anak-anak" dan untuk memeriksa kemungkinan merawat Sam dengan terapi elektrokonvulsif.

Hati para anggota Khaki Scout berubah dan mereka memutuskan untuk membantu Sam dan Suzy. Bersama-sama, mereka mendayung ke pulau seberang, Pulau St. Jack Wood, untuk mencari bantuan Sepupu Ben (Jason Schwartzman), kerabat yang lebih tua dari anggota Khaki Scout. Ben bekerja di Fort Lebanon, sebuah perkemahan musim panas Khaki Scout yang lebih besar yang terletak di Pulau St. Jack Wood dan dikelola oleh Komandan Pierce (Harvey Keitel), yang merupakan atasan Randy. Ben memutuskan bahwa pilihan yang terbaik adalah Sam dan Suzy naik kapal yang akan berlabuh di luar pulau sehingga Sam bisa bekerja sebagai awak kapal dan menghindari "Pelayanan Sosial", namun sebelum meninggalkannya, ia memimpin upacara "pernikahan" Sam dan Suzy yang tidak mengikat secara hukum. Sam dan Suzy tidak pernah sampai ke kapal dan malah dikejar oleh orang tua Suzy, Duffy, Pelayanan Sosial dan anggota pramuka Fort Lebanon di bawah komando Randy Ward.

Badai yang dahsyat dan banjir bandang terjadi hanya tiga hari setelah Sam dan Suzy pertama kali melarikan diri dari rumah dan, setelah banyak masalah yang terjadi, Duffy menemukan Sam dan Suzy di menara gereja tempat mereka pertama kali bertemu. Menara hancur oleh petir, namun semua orang bertahan. Ketika badai besar terjadi, Duffy memutuskan untuk menjadi orang tua asuh Sam secara hukum sehingga Sam selamat dari Pelayanan Sosial dan membiarkannya tetap tinggal di Pulau New Penzance dan tetap berhubungan dengan Suzy.

Di Summer's End, Sam melukis pemandangan Moonrise Kingdom. Suzy dan adiknya dipanggil untuk makan malam. Ketika Sam menyelinap keluar dari jendela untuk bergabung dengan Duffy menggunakan mobil patroli, Sam memberitahu Suzy bahwa ia akan menemui Suzy keesokan harinya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Moonrise Kingdom mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 93%, berdasarkan 238 ulasan, dengan rating rata-rata 8.2/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 84 dari 100, berdasarkan 43 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Moonrise Kingdom mendapatkan $45,512,466 di Amerika Utara dan $22,750,700 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $68,263,166, melebihi anggaran produksi film $16 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $522,996, menempati posisi ke-15 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $4,926,837, menempati posisi ke-7 di box office di belakang film Ted, Magic Mike, Brave, Tyler Perry's Madea's Witness Protection, Madagascar 3: Europe's Most Wanted dan Abraham Lincoln: Vampire Hunter.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Moonrise Kingdom (12A)". British Board of Film Classification. May 8, 2012. Diakses tanggal June 13, 2013. 
  2. ^ a b c d "Moonrise Kingdom (2012)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 1, 2018. 
  3. ^ Hornaday, Ann (June 2, 2012). "Wes Anderson talks about 'Moonrise Kingdom' and his Cannes debut". The Washington Post. Diakses tanggal June 25, 2015. 
  4. ^ "Festival de Cannes - From 16 to 27 may 2012". Festival-cannes.fr. Diakses tanggal 2012-05-25. 
  5. ^ Smith, Grady (28 May 2012). "Box office report: 'Men in Black 3' tops Memorial Day weekend with $70M; 'Moonrise Kingdom' huge in limited release". Inside Movies blog. Entertainment Weekly. Diakses tanggal 27 June 2012. 
  6. ^ "Moonrise Kingdom (2012)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal March 1, 2018. 
  7. ^ "Moonrise Kingdom reviews". Metacritic. Diakses tanggal March 1, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]