No Country for Old Men (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
No Country for Old Men
No Country for Old Men poster.jpg
Poster film
Sutradara
Produser
Penulis
Didasarkan
dari
Sheriff Tua di Negeri Bandit
oleh Cormac McCarthy
PemeranTommy Lee Jones
Javier Bardem
Josh Brolin
Penata musikCarter Burwell
SinematograferRoger Deakins
PenyuntingRoderick Jaynes
Perusahaan
produksi
Scott Rudin Productions
Mike Zoss Productions
DistributorMiramax Films
Paramount Vantage
Tanggal rilis
  • 19 Mei 2007 (2007-05-19) (Festival Film Cannes)
  • 9 November 2007 (2007-11-09) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 21 November 2007 (2007-11-21) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi122 menit[1]
Negara
Bahasa
AnggaranAS$25 juta[2]
Pendapatan
kotor
AS$171.627.166[3]

No Country for Old Men adalah film drama kejahatan thriller Amerika Serikat tahun 2007 yang disutradarai oleh Coen bersaudara dan diproduseri oleh Coen bersaudara dan Scott Rudin. Naskah film ini ditulis oleh Coen bersaudara berdasarkan novel karya Cormac McCarthy berjudul Sheriff Tua di Negeri Bandit.[4] Dibintangi oleh Tommy Lee Jones, Javier Bardem, dan Josh Brolin, film tersebut berlatar di gurun Texas Barat tahun 1980. Ada tiga tokoh utama film ini: Llewelyn Moss (Josh Brolin), seorang veteran Perang Vietnam yang menemukan sekoper uang di gurun; Anton Chigurh (Javier Bardem), penembak jitu yang mengincar koper uang tersebut; dan Ed Tom Bell (Jones), sherif lokal yang menyidik kasus di gurun.

Film No Country for Old Men ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada tanggal 19 Mei 2007[5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 9 November 2007 secara terbatas dan 21 November 2007 secara luas. Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1980 di Texas, seorang pembunuh bayaran bernama Anton Chigurh (Javier Bardem) mencekik seorang wakil sherif dengan borgol untuk melarikan diri dari tahanan dan menggunakan pistol baut untuk membunuh seorang pengendara dan mencuri mobilnya. Ia membiarkan seorang pemilik pom bensin hidup setelah sang pemilik menerima sebuah tantangan dan berhasil menebak hasil lemparan koin Anton, sekaligus mengungkapkan modus operandi Chigurh: membunuh siapapun yang salah menebak lemparan koinnya.

Berburu antelop di padang gurun, Llewelyn Moss (Josh Brolin) menyaksikan hasil kesepakatan narkoba yang berakhir petaka. Ia menemukan beberapa pria dan anjing yang mati, seorang Meksiko yang terluka meminta air serta dua juta dolar dalam koper. Ia mengambil uang itu dan kembali ke rumah. Malam itu, Llewelyn kembali ke tempat kejadian perkara dengan air. Ia dikejar oleh dua pria di sebuah truk dan melarikan diri. Di rumah, ia mengantarkan istrinya, Carla Jean (Kelly Macdonald), untuk tinggal dengan ibunya (Beth Grant), lalu pergi ke sebuah motel di Del Rio, di mana ia menyembunyikan koper itu di saluran pendingin kamarnya.

Anton, yang dipekerjakan untuk mendapatkan kembali uangnya, membunuh majikannya sendiri beserta anak buahnya setelah mendapat petunjuk tentang identitas Llewelyn. Tiba untuk mencari rumah Llewelyn, ia menggunakan pistol bautnya untuk meledakkan dan membuka kunci dari pintu tersebut. Melakukan investigasi, Sherif Ed Tom Bell (Tommy Lee Jones) memperhatikan kunci yang meledak. Menggunakan alat pelacak yang tersembunyi dengan uang itu, Anton pergi ke motel Llewelyn dan membunuh sekelompok orang Meksiko yang bersiap untuk menyergap Llewelyn di kamarnya. Llewelyn telah menyewa kamar kedua yang berdekatan dengan kamar sekelompok orang Meksiko tersebut dengan akses ke saluran di mana uang itu disembunyikan. Ia mengambil koper sesaat sebelum Anton membuka saluran dan menemukannya dalam kondisi kosong.

Ketika ia menginap di sebuah hotel di Eagle Pass, Llewelyn menemukan alat pelacak itu, namun Anton sudah mendapatkan dia. Insiden baku tembak terjadi di jalan, menewaskan seorang warga sipil dan keduanya terluka. Llewelyn melarikan diri ke Meksiko, menyembunyikan koper berisi uang di rumput liar di sepanjang Rio Grande. Mengalami luka parah, ia menawarkan uang kepada beberapa musisi, yang membawanya ke rumah sakit. Carson Wells (Woody Harrelson), seorang pembunuh bayaran lain, gagal membujuk Llewelyn untuk menerima perlindungan sebagai imbalan uangnya. Anton membersihkan dan menjahit lukanya sendiri dengan persediaan curian dan mencari Carson di hotelnya. Setelah Carson gagal melakukan pertukaran demi nyawanya, Anton membunuhnya di kamar hotelnya. Llewelyn menelepon kamar tersebut dan Anton menjawab. Anton memberitahu Llewelyn bahwa ia akan membunuh Carla Jean kecuali Llewelyn menyerahkan uang tersebut dan memberitahu bahwa ia akan tetap membunuh Llewelyn. Setelah menelepon, Anton pergi untuk membunuh atasan Carson.

Llewelyn mendapatkan kembali koper tersebut dari bank di Rio Grande dan berencana untuk bertemu dengan Carla Jean di sebuah motel di El Paso, di mana Llewelyn memberikan uang kepada Carla Jean dan menyembunyikannya dari bahaya. Carla Jean didekati oleh Ed Tom, yang berjanji untuk melindungi Llewelyn. Ibu Carla Jean tanpa disadari mengungkapkan lokasi Llewelyn kepada sekelompok orang Meksiko yang telah membuntuti mereka. Ed Tom tiba pada pertemuan motel di El Paso, hanya mendengar suara baku tembak dan melihat truk pick-up yang melaju cepat dari motel. Ketika Ed Tom memasuki tempat parkir, ia melihat Llewelyn terbaring mati. Ketika Carla Jean tiba, ia tersedak saat melihat mayat suaminya.

Malam itu, Ed Tom kembali ke tempat kejadian perkara dan menemukan kunci itu meledak. Anton bersembunyi di balik pintu. Ed Tom memasuki kamar Llewelyn dan melihat bahwa ventilasi telah dilepas. Kemudian, Ed Tom mengunjungi pamannya, Ellis (Barry Corbin), mantan penegak hukum dan memberitahunya bahwa ia berencana untuk pensiun karena ia merasa "tidak cocok". Ellis mengklarifikasi bahwa wilayah itu selalu penuh dengan kekerasan.

Beberapa minggu kemudian, Carla Jean kembali dari pemakaman ibunya hanya untuk menemukan Anton menunggu di kamarnya. Carla Jean menolak tawaran pelemparan koin dari Anton demi nyawanya, yang menyatakan bahwa pilihan itu sepenuhnya miliknya sendiri. Anton meninggalkan rumah dan memeriksa sol sepatu boot-nya. Saat ia berkendara melewati lingkungan sekitar, sebuah mobil menabraknya di persimpangan dan Anton terluka. Ia menyuap dua saksi muda untuk membuat mereka diam, lalu ia melarikan diri.

Sekarang sudah pensiun, Ed Tom memberitahu dua mimpinya kepada istrinya (Tess Harper). Mimpi pertama, ia kehilangan sejumlah uang yang diberikan ayahnya kepadanya. Mimpi kedua, ia dan ayahnya mengendarai melewati gunung bersalju. Ayahnya telah pergi terlebih dulu untuk membuat api di dalam kegelapan dan menunggu Ed Tom.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Ulasan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film No Country for Old Men mendapat ulasan positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 93%, berdasarkan 279 ulasan, dengan rating rata-rata 8,7/10.[11] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 91 dari 100, berdasarkan 37 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[12]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film No Country for Old Men berpenghasilan AS$74.283.625 di Amerika Utara dan AS$97.343.541 di negara lainnya. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai AS$171.627.166, melebihi anggaran produksi film AS$25 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan AS$1.226.333, menempati posisi ke-15 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan AS$7.776.773, menempati posisi ke-11 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "No Country for Old Men (15)". British Board of Film Classification. 8 Januari 2008. Diakses tanggal 8 Januari 2016. 
  2. ^ Miles, David (14 April 2006). "Coen Brothers Coming To N.M.". The Santa Fe New Mexican. 
  3. ^ a b c "No Country for Old Men (2007)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 12 Oktober 2012. 
  4. ^ Thompson, Gary (9 November 2007). "Creep in the heart of Texas". Philadelphia Daily News. Diakses tanggal 4 Januari 2008. 
  5. ^ McCarthy, Todd (24 Mei 2007). "Cannes' great divide". Variety. Diakses tanggal 23 Desember 2007. 
  6. ^ "Jones sues Paramount over film cash". Press Association. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Juli 2011. Diakses tanggal 9 Juli 2008. 
  7. ^ DuBos, David. "MovieTalk with David DuBos". New Orleans Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Februari 2008. Diakses tanggal 13 Maret 2008. 
  8. ^ "Javier Bardem's hair & character in "No Country for Old Men"". YouTube. Diakses tanggal 18 November 2007. 
  9. ^ Nathan, Ian (Januari 2008). "The Complete Coens". Empire. hlm. 173. 
  10. ^ Topel, Fred. "Kelly MacDonald on "No Country for Old Men"". CanMag. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Agustus 2008. Diakses tanggal 22 November 2010. 
  11. ^ "No Country for Old Men (2007)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 13 Februari 2018. 
  12. ^ "No Country for Old Men reviews". Metacritic. Diakses tanggal 13 Februari 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]