Brokeback Mountain

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Brokeback Mountain
Brokeback mountain.jpg
Poster film Brokeback Mountain
Sutradara Ang Lee
Produser Diana Ossana
James Schamus
Penulis Annie Proulx
Diana Ossana
Larry McMurtry
Pemeran Heath Ledger
Jake Gyllenhaal
Anne Hathaway
Michelle Williams
Musik Gustavo Santaolalla
Distributor Focus Features
Durasi 130 menit
Anggaran US$14 juta

Brokeback Mountain adalah sebuah film tahun 2005 yang disutradarai oleh Ang Lee dan dibintangi oleh Heath Ledger dan Jake Gyllenhaal. Film ini diangkat berdasarkan cerita pendek karya Annie Proulx yang ditulis pada tahun 1997.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini berkisah tentang Ennis Del Mar (Heath Ledger) dan Jack Twist (Jake Gyllenhaal), dua orang lelaki yang bertemu di sebuah peternakan domba pada tahun 1963 dan secara tak terduga, menjalin hubungan yang intim. Setelah tugas mereka selesai, mereka kembali ke kehidupan masing-masing, keduanya menikah dengan wanita dan memiliki anak-anak. Ennis menikahi Alma Beers (Michelle Williams), Jack pindah ke Texas dan bertemu Lureen Newsome yang kemudian dinikahinya. 4 tahun kemudian, Ennis menerima kartu pos dari Jack, yang mengatakan bahwa ia akan datang ke kota tempat tinggalnya. Keduanya bertemu dan menyadari bahwa ternyata gairah cinta mereka tidak pernah pudar. Jack menginginkan mereka hidup bersama, namun Ennis memiliki trauma di masa kecil dimana ia dan saudaranya ‘dipaksa’ ayahnya untuk melihat mayat seseorang yang dicurigai homoseksual dan menjadi korban penganiayaan. Ennis beranggapan bahwa usulan Jack hanya akan berakhir dengan kepedihan, disamping itu Ennis sangat mencintai keluarganya, meskipun kemudian Alma (yang akhirnya mengetahui kecenderungan seksual suaminya) menceraikannya. Meski bercerai Ennis tetap tidak ingin tinggal bersama Jack, karena tidak ingin jauh dari kedua putrinya. Meski tidak hidup bersama maupun tidak secara terbuka mengungkapkan hubungan mereka, Jack dan Ennis tetap bertemu secara rutin di Brokeback Mountain selama 20 tahun ke depan.

Beberapa bulan setelah pertemuan terakhir, Ennis mengetahui bahwa Jack telah meninggal setelah kartu pos yang dikirimnya dikembalikan dengan tulisan ‘telah meninggal’. Ennis menelepon istri Jack, Lureen, yang menceritakan bahwa Jack meninggal karena kecelakaan, namun Ennis yakin bahwa kematian Jack bukanlah karena kecelakaan. Di akhir percakapan, Lureen mengatakan bahwa Jack menginginkan abunya ditebarkan di Brokeback Mountain dan mengusulkan Ennis menghubungi orang tua Jack. Ennis mengunjungi orangtua Jack, namun ayah Jack tidak rela abu anaknya dibawa oleh Ennis dan bersikeras untuk menguburkannya di pemakaman keluarga. Di kamar Jack, Ennis menemukan 2 kemeja yang disembunyikan di belakang lemari, kemeja yang ia dan Jack kenakan di hari terakhir mereka di Brokeback Mountain tahun 1963. Di akhir film, Ennis membuka lemarinya sendiri, dan ternyata kedua kemeja itu telah digantungkan bersama bersama sebuah kartu pos bergambar Brokeback Mountain.

Tanggapan dan penghargaan[sunting | sunting sumber]

Brokeback Mountain menerima respons yang hangat dari penonton meskipun mendapatkan rating R (restricted, terbatas bagi penonton berusia 17 tahun ke atas). Hingga 29 Januari 2006, Brokeback Mountain telah meraup pendapatan melebihi US$50 juta di Amerika Utara dan lebih dari US$10 juta di luar Amerika Utara [1]. Biaya pembuatannya sendiri berkisar US$14 juta.

Ebert & Roeper, kritikus film terkemuka AS, memberikan "dua jempol" kepada Brokeback Mountain. Di RottenTomatoes.com, sebuah situs web pengumpul tinjauan film, sejumlah 188 review memberikan rata-rata persentase sebesar 88%.

Film ini menerima tiga penghargaan Golden Globe 2006 (Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Terbaik) dan dinominasikan untuk delapan kategori dalam Penghargaan Oscar termasuk untuk tiga aktornya, dan berhasil memenangkan tiga kategori: Sutradara Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik serta Musik Orisinil Terbaik. Brokeback Mountain sebelumnya diprediksikan oleh kalangan media dan umum untuk memenangkan kategori Film Terbaik juga, namun kalah secara kontroversial kepada film Crash. Kebanyakan orang memandang keputusan ini sebagai hasil dari rasa homofobia di kalangan anggota Academy pada tahun itu.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Gustavo Santaolalla, penata musik di film ini berhasil memenangkan Academy Award kategori Best Music: Original Score pertamanya setelah gagal dalam beberapa film sebelumnya. Pada perayaan tahun berikutnya, Gustavo juga memenangkan Academy Award untuk kategori yang sama untuk film Babel.
  • Larry McMurtry, salah satu penulis naskah, tidak pernah hadir di set karena berbagai alergi yang dideritanya. Ia digantikan oleh Diana Ossana, co-writer sekaligus produser, yang selalu berada di lokasi syuting.
  • Naskah tersebut ditulis Larry McMurtry dan Diana Ossana pada tahun 1997.
  • Heath Ledger nyaris mematahkan hidung Jake Gyllenhaal pada saat adegan ciuman.
  • Sutradara Gus Van Sant dan Joel Schumacher (keduanya gay) semula tertarik untuk menyutradarai film ini, tapi akhirnya justru jatuh ke tangan Ang Lee (yang heteroseksual).
  • Menurut produser James Schamus, biaya film ini sangat kecil dan sudah balik modal di minggu pertama pemutarannya.
  • Ada adegan bugil Ledger ketika ia terjun ke danau. Ang Lee berniat menyunting adegan tersebut, tetapi para paparazzi berhasil menangkap momen tersebut dengan kamera digital. Alhasil foto-foto tersebut pun beredar di Internet.
  • Casting Director memperkenalkan Anne Hathaway kepada Ang Lee sebagai “seorang aktris baru Broadway” karena takut film-film Anna sebelumnya seperti The Princess Diaries dan Ella Enchanted justru merugikan dalam proses kasting.
  • Rodrigo Prieto (penata sinematografi) tampil cameo sebagai pelacur Meksiko yang ditemui Jack.
  • Cerita asli yang ditulis oleh Annie Proulx diterbitkan pada tanggal 13 Oktober 1997 di majalah The New Yorker, dan kemudian diterbitkan di antologi cerpennya “Close Range”.
  • Heath Ledger mulai berkencan dengan Michelle Williams sejak syuting film ini, dan Michelle baru saja melahirkan anak mereka yang pertama, dengan Jake Gyllenhaal sebagai ayah baptisnya.
  • Ang Lee dalam beberapa wawancara menyebutkan ketika pengambilan adegan Michelle Williams, di mana Alma perasaannya luluh lantak ketika memergoki suaminya tengah bersama pria lain, meminta Heath Ledger dan Jake Gyllenhaal untuk ‘bermesraan’ di depannya. Dan ketika menurutnya ciuman mereka tidak terlalu ‘kena’ Michelle minta mereka mengulanginya.
  • Beberapa aktor termasuk Mark Wahlberg, menolak audisi karena film ini terang-terangan mengekspos hubungan seksual antara dua orang pria.
  • Ketika Heath Ledger dan Jake Gyllenhaal ditanyai tentang ketakutan mereka soal peran yang kontroversial ini, Ledger menjawab bahwa ia tidak takut akan peran tersebut, namun ia takut ia tidak cukup dewasa sebagai aktor untuk membenarkan film tersebut.
  • Film ini dilarang diputar di Republik Rakyat Tiongkok, di mana topik tentang homoseksual masih tabu. Namun film ini tetap diputar di Republik Tiongkok dan Hong Kong.

Box office[sunting | sunting sumber]

Saat diputar secara terbatas di New York, Los Angeles, dan San Francisco pada tanggal 9 Desember 2005, pendapatannya mencapai US$547.425 untuk 5 bioskop di minggu pertama. Menurut beberapa sumber, ini adalah pendapatan rata-rata tertinggi per putaran untuk jenis film drama di sepanjang sejarah perfilman.

Selama liburan Natal, mencapai pendapatan tertinggi per bioskop dan bukan hanya di bioskop kota-kota besar, melainkan juga di daerah-daerah suburban. Pada tanggal 6 Januari 2006, film ini diputar di 483 bioskop dan pada tanggal 13 Januari Focus Features, distributor film ini, menayangkan Brokeback Mountain di hampir 700 bioskop untuk mendongkrak pemasukan tiket, dan kemudian diputar di 2.089 bioskop pada tanggal 3 Februari. Di London, film ini dirilis pada tanggal 30 Desember 2005 hanya di satu bioskop, dan kemudian diputar secara luas di Inggris pada tanggal 6 Januari. Majalah Time Out London melaporkan bahwa Brokeback Mountain adalah film terlaris dan bertahan hingga 3 minggu. Di minggu pertamanya di Perancis, Brokeback Mountain menempati posisi ketiga dengan penonton sejumlah 277.000, atau rata-rata 1.787 per bioskop, suatu angka rata-rata penonton tertinggi untuk sebuah film di negara itu di minggu tersebut. Satu bulan kemudian, film ini masih diputar di 230 bioskop dengan penonton mendekati satu juta orang. Di Italia, pendapatan kotor sebesar 890 ribu euro hanya dalam waktu tiga hari, dan mencapai €4.626.271 di minggu kelima.

Sampai dengan 20 Februari 2006, pendapatan kotor Brokeback Mountain telah mencapai $72 juta di Amerika Utara saja, dan $44,5 juta di seluruh dunia. Film ini menjadi film terlaris Focus Features saat ini.

Analisis[sunting | sunting sumber]

Banyak yang membandingkan film ini dengan kisah Romeo + Juliet ataupun Titanic. Meski di awal-awal cerita mengalir sangat lambat, tapi dia tidak membosankan karena penonton disuguhi latar belakang pegunungan yang indah.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]