Mad Max: Fury Road

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mad Max: Fury Road
Mad Max Fury Road poster.jpg
Poster film Mad Max: Fury Road
Sutradara George Miller
Produser Doug Mitchell
George Miller
PJ Voeten
Skenario George Miller
Brendan McCarthy
Nico Lathouris
Pemeran Tom Hardy
Charlize Theron
Nicholas Hoult
Hugh Keays-Byrne
Rosie Huntington-Whiteley
Riley Keough
Zoë Kravitz
Abbey Lee Kershaw
Courtney Eaton
Musik Junkie XL
Sinematografi John Seale
Penyunting Margaret Sixel
Perusahaan
produksi
Village Roadshow Pictures
Kennedy Miller Mitchell
RatPac-Dune Entertainment
Distributor Village Roadshow Pictures (Australia)
Warner Bros. Pictures (Amerika Serikat)
Tanggal rilis
  • 7 Mei 2015 (2015-5-7) (TCL Chinese Theatre)
  • 14 Mei 2015 (2015-5-14) (Australia)
  • 15 Mei 2015 (2015-5-15) (Amerika Serikat)
Durasi
120 menit[1]
Negara Australia
Amerika Serikat[2]
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $150 juta[3][4]
Pendapatan kotor $378,858,340[5]

Mad Max: Fury Road adalah sebuah film aksi laga Australia-Amerika Serikat tahun 2015 yang disutradarai oleh George Miller dan diproduseri oleh Doug Mitchell, George Miller dan PJ Voeten. Naskah film ini ditulis oleh George Miller, Brendan McCarthy dan Nico Lathouris. Film ini dibintangi oleh Tom Hardy, Charlize Theron, Nicholas Hoult, Hugh Keays-Byrne, Rosie Huntington-Whiteley, Riley Keough, Zoë Kravitz, Abbey Lee Kershaw dan Courtney Eaton.

Film Mad Max: Fury Road ditayangkan secara perdana di TCL Chinese Theatre pada tanggal 7 Mei 2015 dan dirilis di Australia pada tanggal 14 Mei 2015 dan di Amerika Serikat pada tanggal 15 Mei 2015.[6][7] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Setelah bencana nuklir, dunia telah menjadi padang pasir dan peradaban telah runtuh. Max Rockatansky (Tom Hardy), seorang pria yang selamat dari bencana tersebut, ditangkap oleh War Boy, tentara Immortan Joe (Hugh Keays-Byrne) yang kejam, dan dibawa ke benteng Joe. Ditunjuk sebagai pendonor darah, Max dipenjara dan dimanfaatkan sebagai "kantong darah" untuk seorang War Boy yang sakit bernama Nux (Nicholas Hoult). Sementara itu, Imperator Furiosa (Charlize Theron), salah satu letnan Joe, diutus untuk mencari dan mengumpulkan bensin menggunakan truk semi lapis baja dengan alat pengeboran bernama War Rig. Ketika ia mengemudi keluar jalur, Joe menyadari bahwa kelima istrinya, wanita yang dipilih untuk melahirkan anak, hilang dan melarikan diri bersama Furiosa. Joe memimpin seluruh pasukannya untuk mengejar Furiosa, meminta bantuan di dekat Gas Town dan Bullet Farm.

Nux bergabung dalam pengejaran dengan Max diikat di mobilnya untuk terus mendonorkan darah. Pertarungan terjadi antara War Rig dan pasukan Joe. Furiosa mengendarai truk melewati badai pasir, menghindari pengejarnya, kecuali Nux, yang berusaha mengorbankan dirinya untuk menghancurkan truk itu. Max lolos dan menahan Nux, namun mobilnya hancur. Setelah melewati badai, Max menemukan Furiosa beserta lima istri Joe, yaitu Capable (Riley Keough), Cheedo (Courtney Eaton), Toast (Zoë Kravitz), the Dag (Abbey Lee Kershaw) dan the Splendid Angharad (Rosie Huntington-Whiteley) yang sedang hamil dari Joe, dan ia memperbaiki War Rig. Awalnya Max mencuri War Rig, namun tombol darurat di truk tersebut menonaktifkannya. Max terpaksa setuju untuk membiarkan Furiosa dan para istri Joe menemaninya. Nux naik ke War Rig ketika mereka berangkat dan mencoba membunuh Furiosa, namun Nux dilempar keluar dan ditangkap oleh tentara Joe.

Furiosa berkendara melalui ngarai, di mana dihuni oleh anggota geng motor untuk menukar kesepakatan dengan jalan yang aman. Namun, ketika Joe dan tentaranya datang dan mengejar, geng itu berputar dan menghindar, memaksa Furiosa dan kelompoknya untuk melarikan diri, sementara para anggota geng motor meledakkan dinding ngarai untuk menghalangi Joe. Max dan Furiosa berusaha mengejar para anggota geng motor tersebut ketika kendaraan Joe, dengan Nux sekarang berada di kendaraan Joe, menerobos blokade dan akhirnya menyerang War Rig, mengizinkan Nux naik ke War Rig. Namun, saat War Rig lolos, Splendid Angharad jatuh untuk melindungi Max dan dilindas oleh mobil Joe, membunuhnya dan anaknya. Furiosa memberitahu Max bahwa mereka melarikan diri ke "Tempat Hijau", sebuah tanah idaman yang ia ingat dari masa kecilnya. Capable menemukan Nux, yang bingung karena kegagalannya, bersembunyi di War Rig, lalu Capable menghiburnya. Malam itu, War Rig terjebak dalam lumpur. Furiosa dan Max memperlambat tentara Joe dengan ranjau, namun sekutu Joe, the Bullet Farmer, terus mengejar mereka. Nux membantu Max membebaskan War Rig sementara Furiosa menembak dan membuat the Bullet Farmer buta. Max berjalan dalam kegelapan untuk menghadapi the Bullet Farmer dan anak buahnya, yang kembali dengan membawa senjata dan amunisi.

Mereka mengendarai War Rig semalam melalui daerah rawa dan padang pasir, melewati wanita telanjang keesokan harinya. Max curiga bahwa ini adalah jebakan, meskipun Furiosa mendekati wanita tersebut dan menyatakan masa lalunya serta afiliasi klannya. Wanita telanjang tersebut memanggil klannya, Vuvalini, yang mengenali Furiosa sebagai salah satu dari mereka yang diculik sejak kecil. Furiosa sedih mengetahui bahwa lahan rawa yang mereka lalui memang merupakan "Tempat Hijau", yang sekarang tidak bisa dihuni. Kelompok ini kemudian berencana untuk mengendarai sepeda motor melintasi dataran garam yang sangat besar dengan harapan bisa menemukan rumah baru. Max memilih untuk tinggal di belakang, namun setelah melihat bayangan tentang seorang anak yang gagal diselamatkan, ia meyakinkan mereka untuk kembali ke benteng Joe yang tidak dijaga, yang memiliki banyak air dan tanaman hijau yang Joe simpan untuk dirinya sendiri, dan menjebak Joe dan tentaranya di ngarai berpenghuni anggota geng motor.

Kelompok tersebut kembali ke benteng Joe, namun dalam perjalanan, mereka diserang oleh tentara Joe dan Furiosa terluka parah. Joe menempatkan mobilnya di depan War Rig untuk memperlambat mereka, sementara Max bertarung dengan anak raksasa Joe, Rictus Erectus (Nathan Jones). Joe menangkap Toast, yang berhasil mengalihkan perhatiannya cukup lama agar Furiosa membunuhnya. Nux mengorbankan dirinya sendiri dengan menghancurkan War Rig, membunuh Rictus dan menghalangi ngarai, membiarkan Max, Furiosa, para istri dan Vuvalini yang masih hidup untuk melarikan diri menggunakan mobil Joe. Max mendonor darahnya ke Furiosa dan menyelamatkan nyawanya.

Di benteng Joe, warga miskin bereaksi tentang kematian Joe dengan sukacita. Furiosa, para istri dan Vuvalini disambut oleh orang-orang dan War Boy yang tersisa. Max memberikan pandangan sekilas kepada Furiosa sebelum berbaur dengan kerumunan warga dan kembali berangkat ke bagian yang tidak diketahui.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Tom Hardy sebagai Max Rockatansky
  • Charlize Theron sebagai Imperator Furiosa
  • Nicholas Hoult sebagai Nux
  • Hugh Keays-Byrne sebagai Immortan Joe
  • Zoë Kravitz sebagai Toast the Knowing
  • Riley Keough sebagai Capable
  • Rosie Huntington-Whiteley sebagai The Splendid Angharad
  • Abbey Lee Kershaw sebagai The Dag
  • Courtney Eaton sebagai Cheedo the Fragile
  • Josh Helman sebagai Slit
  • Nathan Jones sebagai Rictus Erectus
  • Jennifer Hagan sebagai Miss Giddy
  • iOTA sebagai Coma-Doof Warrior
  • John Howard sebagai The People Eater
  • Richard Carter sebagai the Bullet Farmer
  • Megan Gale sebagai Valkyrie
  • Angus Sampson sebagai the Organic Mechanic

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Mad Max: Fury Road mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 97%, berdasarkan 373 ulasan, dengan rating rata-rata 8.6/10.[8] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 90 dari 100, berdasarkan 51 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[9] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[10]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Mad Max: Fury Road mendapatkan $154,058,340 di Amerika Utara dan $224,800,000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $378,858,340, melebihi anggaran produksi film $150 juta.[5]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $45,428,128, menempati posisi kedua di box office di belakang film Pitch Perfect 2.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "MAD MAX: FURY ROAD (15)". British Board of Film Classification. 5 May 2015. Diakses tanggal 5 May 2015. 
  2. ^ "Mad Max: Fury Road (2015)". The New York Times. Diakses tanggal 21 June 2015. 
  3. ^ Sperling, Nicole (7 July 2014). "Drive Like Hell". Entertainment Weekly. Diakses tanggal 9 August 2014. 
  4. ^ Lang, Brent (7 May 2015). "Box Office: 'Mad Max: Fury Road,' 'Pitch Perfect 2' Eye $40 Million Openings". Variety. (Penske Media Corporation). Diakses tanggal 8 May 2015. 
  5. ^ a b c "Mad Max: Fury Road (2015)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 5 September 2015. 
  6. ^ Day, Deborah (7 May 2015). "Mel Gibson Drops in on Tom Hardy at 'Mad Max: Fury Road' Los Angeles Premiere (Photos)". TheWrap. Diakses tanggal 8 May 2015. 
  7. ^ "'Mad Max: Fury Road' Set For Summer 2015". Deadline.com. 20 November 2013. Diakses tanggal 25 September 2014. 
  8. ^ "Mad Max: Fury Road (2015)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 1, 2016. 
  9. ^ "Mad Max: Fury Road reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 1, 2016. 
  10. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]