The Princess Diaries

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Princess Diaries
The Princess Diaries film.jpg
Poster film The Princess Diaries
Sutradara Garry Marshall
Produser Whitney Houston
Debra Martin Chase
Penulis Meg Cabot (novel),
Gina Wendkos
Pemeran Julie Andrews,
Anne Hathaway,
Mandy Moore
Distributor Buena Vista Pictures
Durasi 115 menit
Anggaran ~US$37.000.000

The Princess Diaries adalah sebuah novel karangan Meg Cabot yang bercerita tentang seorang remaja putri yang menemukan fakta bahwa ia adalah seorang putri. Novel ini menjadi dasar cerita film layar lebar buatan Disney yang juga berjudul sama dirilis pada tahun 2001 dibintangi oleh Anne Hathaway, Julie Andrews, dan Heather Matarazzo serta disutradarai Garry Marshall.

Film[sunting | sunting sumber]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Mia Thermopolis (Anne Hathaway) adalah seorang remaja putri yang tinggal bersama ibunya, Helen, di San Francisco. Sampai remaja, ia menjalani hidupnya sebagaimana orang biasa namun suatu ketika ia diundang oleh neneknya, Ratu Clarisse Renaldi (Julie Andrews) — yang belum pernah ia kenal — untuk berkunjung ke Kedutaan Besar Genovia dan terungkap bahwa ayahnya adalah putra mahkota Kerajaan Genovia namun sayangnya sudah meninggal dunia.

Mia yang harus memilih antara tinggal di San Francisco atau menjadi putri (dan kelak menjadi ratu) di Genovia. Selama ia harus memutuskan hal tersebut, Mia diberi pelajaran tata krama layaknya seorang putri. Selama masa itu pula neneknya menjadi lebih dekat dengannya. Namun hubungan mereka sempat renggang karena Mia terlibat dalam skandal yang disebabkan oleh pria yang ia sukai dalam suatu acara sekolah.

Pada akhirnya, Mia yang awalnya hendak melepas gelar putri dan kabur malah memilih untuk menjadi putri dari Kerajaan Genovia.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Novel[sunting | sunting sumber]

Novel The Princess Diaries ditulis oleh Meg Cabot dan memiliki beberapa sekuel seperti Princess in the Spotlight, Princess in Love, Project Princess, Princess in Waiting, Princess Present, dan Princess Lessons: A Princess Diaries Book. Judul buku di Inggris berbeda dengan di Amerika Serikat. Judul Inggris lebih mementingkan nomor urut daripada isi dari cerita.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]