American Beauty (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
American beauty.svg
Poster perut wanita dengan tangan memegang mawar merah.
Poster teatrikal
Sutradara
Produser
PenulisAlan Ball
Pemeran
Penata musikThomas Newman
SinematograferConrad L. Hall
Penyunting
Perusahaan
produksi
Jinks/Cohen Company
DistributorDreamWorks Pictures
Tanggal rilis
Durasi122 menit[1]
Negara
Bahasa
Anggaran$15 juta[2]
Pendapatan
kotor
$356.3 juta[2]

American Beauty adalah film drama-komedi gelap Amerika tahun 1999 yang skenarionya ditulis oleh Alan Ball dan disutradarai oleh Sam Mendes. Kevin Spacey berperan sebagai Lester Burnham, seorang karyawan periklanan yang mengalami krisis paruh baya ketika ia tergila-gila pada sahabat putrinya yang masih remaja, yang diperankan oleh Mena Suvari. Annette Bening berperan sebagai Carolyn, istri Lester yang materialistis, dan Thora Birch memerankan Jane, putri mereka yang tidak percaya diri. Wes Bentley, Chris Cooper, dan Allison Janney juga turut membintangi film ini. Para pakar beranggapan film tersebut merupakan sindiran terhadap gaya hidup warga kelas menengah Amerika mengenai kecantikan dan kepuasan pribadi; analisis lebih lanjut berpandangan bahwa film tersebut mengeksplorasi cinta romantis dan hubungan paternal, seksualitas, materialisme, kebebasan diri, dan penebusan.

Ball awalnya menulis naskah American Beauty sebagai sebuah drama pada awal 1990-an, terinspirasi oleh kehebohan media yang menyoroti persidangan Amy Fisher pada tahun 1992. Dia menunda perilisan drama tersebut karena beranggapan cerita tersebut tidak akan diminati di panggung teater. Setelah bekerja beberapa tahun sebagai penulis naskah di televisi, Ball menghidupkan kembali naskah tersebut pada tahun 1997 dengan mencoba masuk ke industri film. Naskah yang ditulis ulang tersebut memiliki sudut pandang sinis yang dipengaruhi oleh pengalaman kerja Ball yang frustrasi menulis naskah untuk sejumlah acara komedi situasi. Produser Dan Jinks dan Bruce Cohen menawarkan naskah American Beauty ke studio DreamWorks, yang membelinya seharga $250.000, lebih tinggi daripada studio produksi lainnya. DreamWorks mendanai pembuatan film senilai $15 juta dan berperan sebagai distributor film di Amerika Utara. American Beauty menjadi debut penyutradaraan film Sam Mendes, yang sebelumnya lebih dikenal sebagai sutradara teater. Ia dibujuk untuk menyutradarai setelah kesuksesan teater musikalnya, Oliver! dan Cabaret. Mendes ditawari menjadi sutradara setelah dua puluh sutradara lain dan sejumlah sutradara tersohor dilaporkan menolak menyutradarai film tersebut.

Spacey menjadi pilihan pertama Mendes untuk memerankan Lester, meskipun DreamWorks memintanya untuk mempertimbangkan aktor yang lebih terkenal. Studio juga menyarankan beberapa aktris untuk peran Carolyn, tetapi Mendes menawarkan peran tersebut kepada Bening tanpa sepengetahuan studio. Pengambilan gambar utama berlangsung dari bulan Desember 1998 sampai Februari 1999 di panggung suara backlot milik Warner Bros. di Burbank, California dan di sejumlah lokasi di Los Angeles. Dalam film ini, gaya penyutradaraan Mendes halus dan rapi, dia banyak memanfaatkan bidikan statis dan gaya geser dan perbesar untuk menciptakan ketegangan. Sinematografer Conrad Hall melengkapi gaya Mendes dengan komposisi bidikan yang lembut agar kontras dengan adegan di layar yang cerah. Saat penyuntingan, Mendes melakukan beberapa perubahan yang memperhalus gaya sinis pada naskah Ball.

Dirilis di Amerika Utara pada 17 September 1999, American Beauty sangat dipuji oleh para kritikus; film tersebut adalah film Amerika dengan ulasan terbaik pada tahun 1999 dan meraup pendapatan kotor lebih dari $350 juta di seluruh dunia dengan anggaran hanya $15 juta. Kritikus memuji aspek produksinya, terutama pada Mendes, Spacey dan Ball; kritik negatif umumnya ditujukan pada kurangnya kedekatan antara para karakter dan latarnya. DreamWorks menggelar kampanye besar-besaran untuk meningkatkan peluang American Beauty mendapatkan Oscar setelah Saving Private Ryan (1998), salah satu film terbaik mereka, gagal menjadi Film Terbaik pada tahun sebelumnya. Pada ajang Academy Awards 1999, American Beauty meraih penghargaan Film Terbaik, beserta Sutradara Terbaik untuk Mendes, Aktor Terbaik untuk Spacey, Skenario Asli Terbaik untuk Ball, dan Sinematografi Terbaik untuk Hall. Film ini dinominasikan dan memenangkan berbagai penghargaan lainnya, terutama atas penyutradaraan, penulisan skenario, dan akting.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "American Beauty". British Board of Film Classification. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 14, 2015. Diakses tanggal July 14, 2015. 
  2. ^ a b "American Beauty (1999)". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 5, 2015. Diakses tanggal September 22, 2011.