12 Years a Slave (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
12 Years a Slave
12 Years a Slave film poster.jpg
Poster bioskop
Sutradara Steve McQueen
Produser Brad Pitt
Dede Gardner
Jeremy Kleiner
Bill Pohlad
Steve McQueen
Arnon Milchan
Anthony Katagas
Skenario John Ridley
Berdasarkan Twelve Years a Slave 
oleh Solomon Northup
Pemeran Chiwetel Ejiofor
Michael Fassbender
Benedict Cumberbatch
Paul Dano
Paul Giamatti
Lupita Nyong'o
Sarah Paulson
Brad Pitt
Alfre Woodard
Musik Hans Zimmer
Sinematografi Sean Bobbitt
Penyunting Joe Walker
Perusahaan
produksi
Regency Enterprises
River Road Entertainment
Plan B
New Regency
Film4
Distributor Fox Searchlight Pictures
Tanggal rilis
  • 30 Agustus 2013 (2013-08-30) (Festival Film Telluride)
  • 08 November 2013 (2013-11-08) (Amerika Serikat)
  • 10 Januari 2014 (2014-01-10) (Britania Raya)
Durasi
134 menit
Negara Amerika Serikat
Britania Raya
Bahasa Inggris
Anggaran $20 juta[1]
Pendapatan kotor $140.160.000[2]

12 Years a Slave adalah film drama sejarah epik Amerika Serikat-Britania Raya tahun 2013 yang diadaptasi dari memoar tahun 1853 berjudul sama mengenai Solomon Northup, seorang negro merdeka kelahiran New York yang diculik di Washington, D.C. pada tahun 1841 dan dijual sebagai budak. Ia bekerja di perkebunan di negara bagian Louisiana selama dua belas tahun sebelum dibebaskan. Edisi pertama memoar Northup, yang disunting oleh Sue Eakin dan Joseph Logsdon pada tahun 1968, telah ditelusuri dengan saksama dan dipastikan keakuratannya.

Film ini adalah film ketiga yang disutradarai oleh Steve McQueen, dan diskenarioi oleh John Ridley. Chiwetel Ejiofor berperan sebagai Solomon Northup, yang telah menerima banyak pujian atas aktingnya dalam film ini. Pengambilan gambar utama berlangsung di New Orleans, Louisiana, dari tanggal 27 Juni hingga 13 Agustus 2012, dengan biaya produksi $20 juta. Lokasi syuting yang digunakan meliputi empat perkebunan antebellum bersejarah, yakni Felicity, Magnolia, Bocage, dan Destrehan. Dari keempat lokasi ini, Magnolia adalah perkebunan yang paling mirip dengan perkebunan tempat Northup diperbudak. Film ini menerima beragam pujian kritis, dinobatkan sebagai "film terbaik tahun ini" oleh beberapa media, dan menerima sejumlah penghargaan dan nominasi, termasuk Film Drama Terbaik Golden Globe 2014, Film Terbaik Academy Award, dan Film Terbaik BAFTA.

Plot[sunting | sunting sumber]

Berlatarkan tahun 1841, Solomon Northup (Chiwetel Ejiofor) adalah seorang negro merdeka yang bekerja sebagai tukang kayu dan pemain biola terampil, dan tinggal bersama istri dan dua anaknya di Saratoga Springs, New York. Dua pria (Scoot McNairy dan Taran Killam) menawarinya pekerjaan sebagai musisi dua mingguan, tetapi mereka mencekoki Northup dengan minuman sampai mabuk dan ia terbangun dalam keadaan terantai, hendak dijual ke tempat perbudakan.

Northup dikirim ke New Orleans dan diberi nama "Platt", dengan identitas seorang budak pelarian dari Georgia. Setelah dipukuli berulang kali, ia akhirnya dibeli oleh seorang pemilik perkebunan bernama William Ford (Benedict Cumberbatch). Northup berhasil menjalin hubungan baik dengan Ford, seorang master yang cukup baik hati. Di perkebunan Ford, Northup merintis jalur air untuk mengangkut kayu dengan cepat dan efektif ke seberang sungai, dan Ford menghadiahinya sebuah biola sebagai ungkapan terima kasih. Tukang kayu di perkebunan Ford yang rasis bernama John Tibeats (Paul Dano) membenci Northup, dan mulai berupaya melecehkannya secara verbal.

Ketegangan antara Tibeats dan Northup meningkat; Tibeats menyerang Northup, dan Northup melawan balik. Sebagai pembalasan, Tibeats dan teman-temannya berupaya untuk menggantung Northup di pohon, yang terjerat kesakitan selama berjam-jam. Ford menyatakan bahwa untuk menyelamatkan hidup Northup, ia harus dijual kepada Edwin Epps (Michael Fassbender). Northup mencoba menjelaskan kepada Ford bahwa ia sebenarnya bukanlah seorang budak. Ford menanggapinya dengan berkata bahwa "ia tidak bisa mendengar hal ini" dan menyatakan "ia memiliki utang yang harus dibayar" sehubungan dengan harga pembelian Northup.

Epps percaya bahwa hak untuk menyiksa para budak diperbolehkan oleh Alkitab. Para budak diharuskan untuk memanen kapas setidaknya 200 pon perhari, kalau tidak akan dicambuki. Seorang budak perempuan muda bernama Patsey (Lupita Nyong'o) mampu memanen kapas lebih dari 500 pon perhari dan dipuji oleh Epps. Istri Epps (Sarah Paulson) cemburu dan seringkali menyakiti Patsey. Epps juga berulang kali memerkosa Patsey.

Epps mengira bahwa para budak yang baru dipekerjakan telah menyebabkan munculnya wabah cacing kapas, wabah yang menurutnya dikirim oleh Tuhan. Ia menyewakan para budak tersebut kepada perkebunan tetangga saat musim panen. Ketika bekerja di sana, Northup menerima kebaikan pemilik perkebunan, yang memberinya uang koin setelah bermain biola di sebuah perayaan ulang tahun pernikahan.

Setelah Northup kembali ke perkebunan Epps, ia memanfaatkan uang tersebut untuk membayar seorang pekerja kulit putih dan mantan pengawas perkebunan (Garret Dillahunt) untuk mengeposkan suratnya kepada temannya di New York. Si pekerja kulit putih setuju untuk membantu Northup dan menerima uangnya, tetapi ia berkhianat dengan melaporkannya kepada Epps. Northup yang terdesak akhirnya mampu meyakinkan Epps bahwa laporan tersebut hanyalah kebohongan. Sambil menangis, Northup membakar surat yang hendak dikirimnya ke New York, satu-satunya harapannya untuk meraih kebebasan.

Penyiksaan terhadap Patsey semakin memburuk. Patsey ingin mati dan meminta Northup untuk membunuhnya, namun ia menolak. Suatu hari, Epps marah besar setelah mengetahui Patsey menghilang dari perkebunannya. Ketika Patsey kembali, Epps memerintahkan anak buahnya untuk menelanjangi dan mengikat Patsey di sebuah tiang; dihasut oleh istrinya, Epps memaksa Northup untuk mencambuk Patsey. Northup enggan mematuhi perintah Patsey, dan Epps akhirnya mengambil cambuk dari tangan Northup dan mencambuki Patsey dengan brutal.

Selama masa penyembuhan Patsey, Northup mulai bekerja membangun paviliun rumah Epps bersama seorang pekerja Kanada bernama Bass (Brad Pitt). Bass tidak disukai oleh Epps setelah ia mengungkapkan penentangannya terhadap perbudakan. Di sisi lain, Northup mulai memercayai Bass dan menceritakan mengenai penculikannya. Northup meminta Bass untuk membantunya mengeposkan surat ke Saratoga Springs. Dengan mempertaruhkan hidupnya, Bass setuju untuk melakukannya.

Suatu hari, perkebunan tempat Northup bekerja dikunjungi oleh sheriff setempat. Sheriff, yang datang bersama seorang pria lain dengan kereta kuda, memanggil Northup yang sedang bekerja. Sheriff mengajukan sejumlah pertanyaan kepada Northup untuk mencocokkan jawabannya dengan fakta-fakta kehidupannya di New York. Northup mengenali pria lain yang datang bersama sheriff sebagai penjaga toko yang ia kenal dari Saratoga. Pria tersebut ternyata datang untuk membebaskannya, dan keduanya berpelukan. Meskipun Epps menghalangi dan Patsey menangisi kepergiannya, Northup bergegas meninggalkan perkebunan.

Setelah diperbudak selama 12 tahun, Northup kembali menjadi manusia bebas dan kembali ke keluarganya. Pada kredit penutup, dituturkan mengenai ketidakmampuan Northup dan kuasa hukumnya dalam menuntut orang-orang yang bertanggung jawab atas penculikan dan perbudakan terhadap dirinya, serta misteri seputar kematian dan pemakaman Northup.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Woodard saat penayangan perdana 12 Years a Slave

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Steve McQueen pada pemutaran perdana 12 Years a Slave di Festival Film Toronto 2013

Setelah bertemu dengan penulis naskah John Ridley pada tahun 2008, sutradara Steve McQueen mulai menjalin kontak dengan Ridley sehubungan dengan minatnya untuk membuat sebuah film mengenai "era perbudakan di Amerika".[3] Hal ini tidak langsung terwujud, dan keduanya masih belum berhasil mengembangkan ide sampai istri McQueen menemukan memoar Solomon Northup tahun 1853 yang berjudul Twelve Years a Slave. McQueen mengungkapkan mengenai memoar Northup:

"Saya membaca buku ini dan sungguh terkejut. Pada saat yang bersamaan saya merasa sangat marah pada diri sendiri karena tidak mengetahui buku ini. Saya tinggal di Amsterdam, tempat Anne Frank menjadi pahlawan nasional, dan bagi saya, buku ini seperti diari Anne Frank, tetapi ditulis 97 tahun lebih awal – sumber perbudakan dari tangan pertama. Pada dasarnya membangkitkan gairah saya untuk menjadikan buku ini sebagai film."[4]

Setelah melalui tahap pengembangan selama beberapa bulan, proyek film akhirnya diumumkan pada Agustus 2011. McQueen bertindak sebagai sutradara dan Chiwetel Ejiofor dipilih sebagai pemeran Solomon Northup, seorang negro merdeka yang diculik dan dijadikan budak di Deep South.[5] McQueen mengungkapkan bahwa akting Ejiofor "berkelas dan bermartabat" seperti Sidney Poitier dan Harry Belafonte.[6] Pada bulan Oktober 2011, Michael Fassbender (yang juga membintangi film-film McQueen sebelumnya; Hunger dan Shame) bergabung sebagai pemeran.[7] Pada awal 2012, pemeran lainnya diumumkan, dan pengambilan gambar dijadwalkan akan dimulai pada akhir Juni 2012.[8][9] Dengan biaya produksi sebesar $20 juta,[1] pengambilan gambar utama dimulai di New Orleans, Louisiana pada tanggal 27 Juni 2012. Setelah berlangsung selama tujuh minggu,[10] pengambilan gambar selesai pada 13 Agustus 2012.[11]

Rilis dan pendapatan[sunting | sunting sumber]

Michael Fassbender dan Lupita Nyong'o di Festival Film New York 2013

12 Years a Slave tayang perdana pada ajang Festival Film Telluride tanggal 30 Agustus 2013,[12] diikuti oleh Festival Film Internasional Toronto 2013 pada 6 September,[13] Festival Film New York pada 8 Oktober,[14] dan Festival Film Philadelphia pada 19 Oktober 2013.[15] Film ini dirilis secara terbatas di 19 bioskop Amerika Serikat pada tanggal 18 Oktober 2013, dan dirilis secara resmi tanggal 8 November 2013, serta tanggal 10 Januari 2014 di Britania Raya.[16]

Pada tanggal 15 Januari 2014, 12 Years a Slave telah meraup pendapatan kotor sebesar $39.047.653 di Amerika Serikat dan $12.700.000 di luar negeri, dengan total pendapatan $51.747.653 juta di seluruh dunia.[17] Saat pemutaran terbatas di Amerika Serikat, 12 Years a Slave berhasil mengumpulkan total pendapatan mingguan sebesar $923.715 di 19 bioskop, dengan rata-rata $48.617 per bioskop.[18] Seminggu kemudian, pendapatan film ini terus meningkat dan berhasil bertengger di posisi sepuluh besar setelah dirilis secara resmi di 1.100 bioskop pada 8 November 2013.[17][19]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

12 Years a Slave menerima ulasan yang umumnya berupa pujian, terutama karena akting Chiwetel Ejiofor, Michael Fassbender, Sarah Paulson, dan Lupita Nyong'o, penyutradaraan Steve McQueen, skenario, nilai produksi, dan keterikatannya dengan memoar Solomon Northup. Situs agregator film Rotten Tomatoes melaporkan bahwa 97% kritikus memberi film ini penilaian "Certified Fresh", dengan 238 ulasan dan skor rata-rata 9/10.[20] Metacritic memberi film ini skor rata-rata 97/100 dengan 48 ulasan, dan menjadi salah satu film dengan penilaian tertinggi di situs ini.[21] CinemaScore melaporkan bahwa penonton memberi film ini nilai "A".[22]

12 Years a Slave telah dinobatkan sebagai film terbaik 2013 oleh sejumlah media, termasuk BBC, Entertainment Weekly, Rolling Stone, New York Times, dan Washington Post.[23] Film ini juga menerima beragam penghargaan dan nominasi, di antaranya tujuh nominasi Golden Globe Awards (menang Film Drama Terbaik) dan sembilan nominasi Academy Award (menang Film Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, dan Skenario Adaptasi Terbaik), serta Film Terbaik BAFTA.[24]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Fuller, Graham (April 10, 2012). "Steve McQueen's 'Twelve Years a Slave' Set to Shine Light on Solomon Northup's Ordeal". Artinfo (Louise Blouin Media). Diakses tanggal February 1, 2013. 
  2. ^ "12 Years a Slave (2013)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal January 10, 2014. 
  3. ^ Thompson, Anne (October 16, 2013). "John Ridley Talks Writing '12 Years a Slave' and Directing Hendrix Biopic 'All Is By My Side'". IndieWire. Snagfilms. Diakses tanggal October 25, 2013. 
  4. ^ "'12 Years A Slave' Was A Film That 'No One Was Making'". NPR. National Public Radio. October 24, 2013. Diakses tanggal October 25, 2013. 
  5. ^ Sneider, Jeff (August 17, 2011). "McQueen tallying '12 Years' at Plan B". Variety. 
  6. ^ Truitt, Brian (June 18, 2013). "First look: 'Twelve Years a Slave'". USA Today. Diakses tanggal June 19, 2013. 
  7. ^ Kroll, Justin (October 12, 2011). "Duo team on 'Slave'". Variety. 
  8. ^ Sneider, Jeff (May 24, 2012). "Thesps join McQueen's 'Slave' cast". Variety. 
  9. ^ Kroll, Justin (June 5, 2012). "Giamatti, Paulson join 'Slave'". Variety. Penske Media Corporation. Diakses tanggal October 30, 2013. 
  10. ^ Scott, Mike (May 3, 2012). "Brad Pitt to shoot '12 Years a Slave' adaptation in New Orleans". The Times-Picayune. Diakses tanggal February 1, 2013. 
  11. ^ Smith, Nigel M. (August 13, 2012). "'Twelve Years a Slave' Star Paul Giamatti Hints at What to Expect From Steve McQueen's Next Project". indieWire. Diakses tanggal February 1, 2013. 
  12. ^ Hammond, Pete (August 31, 2013). "Telluride: '12 Years A Slave' Ignites The Festival, But Fox Searchlight Plans To Take It Slow". Deadline.com. Penske Media Corporation. Diakses tanggal October 28, 2013. 
  13. ^ Bailey, Cameron. "12 Years a Slave | tiff.net". Toronto International Film Festival. Toronto International Film Festival Inc. Diakses tanggal October 28, 2013. 
  14. ^ Brooks, Brian (August 30, 2013). "McQueen's "12 Years A Slave" Will Have U.S. Debut at NYFF51". Film Society of Lincoln Center. Diakses tanggal October 28, 2013. 
  15. ^ "22nd Philadelphia Film Festival Announces Film Additions and Scheduling Changes". Philadelphia Film Society. October 14, 2013. Diakses tanggal October 28, 2013. 
  16. ^ "Where to see 12 YEARS A SLAVE". Fox Searchlight Pictures. October 2, 2013. Diakses tanggal October 16, 2013. 
  17. ^ a b "12 Years a Slave (2013)". Boxofficemojo.com. Diakses tanggal December 25, 2013. 
  18. ^ Subers, Ray (October 20, 2013). "Weekend Report: 'Gravity' Wins Again, 'Carrie' Leads Weak Newcomers". Box Office Mojo. IMDB. Diakses tanggal October 27, 2013. 
  19. ^ Subers, Ray (November 3, 2013). "Weekend Report: 'Ender' Wins Box Office 'Game,' 'Thor' Mighty Overseas". Box Office Mojo. IMDB. Diakses tanggal November 3, 2013. 
  20. ^ "12 Years a Slave". Rotten Tomatoes. Flixster. Diakses tanggal January 14, 2014. 
  21. ^ "12 Years a Slave". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal January 14, 2014. 
  22. ^ "Specialty Box Office: '12 Years A Slave' Triumphs In Limited Debut; 'All Is Lost,' 'Kill Your Darlings' Open Solid". Deadline.com. Penske Media Corporation. October 20, 2013. Diakses tanggal October 27, 2013. 
  23. ^ Jason Dietz, "2013 Film Critic Top Ten Lists", Metacritic, December 8, 2013.
  24. ^ http://www.goldenglobes.com/awards

Pranala luar[sunting | sunting sumber]