The Departed

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Departed
Departed234.jpg
Poster film The Departed
Sutradara Martin Scorsese
Produser Brad Pitt
Brad Grey
Graham King
Skenario William Monahan
Berdasarkan Infernal Affairs 
oleh Alan Mak dan Felix Chong
Pemeran Leonardo DiCaprio
Matt Damon
Jack Nicholson
Mark Wahlberg
Martin Sheen
Ray Winstone
Vera Farmiga
Anthony Anderson
Alec Baldwin
Musik Howard Shore
Sinematografi Michael Ballhaus
Penyunting Thelma Schoonmaker
Perusahaan
produksi
Warner Bros. Pictures
Plan B Entertainment
Initial Entertainment Group
Vertigo Entertainment
Media Asia Films
Distributor Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 26 September 2006 (2006-9-26) (Ziegfeld Theatre)
  • 6 Oktober 2006 (2006-10-6) (Amerika Serikat)
Durasi
151 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $90 juta[2]
Pendapatan kotor $291,465,034[2]

The Departed adalah film drama kriminal thriller Amerika Serikat tahun 2006 yang disutradarai oleh Martin Scorsese dan diproduseri oleh Brad Pitt, Brad Grey dan Graham King. Naskah film ini ditulis oleh William Monahan berdasarkan film Hong Kong Infernal Affairs karya Alan Mak dan Felix Chong. Film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Matt Damon, Jack Nicholson, Mark Wahlberg, Martin Sheen, Ray Winstone, Vera Farmiga, Anthony Anderson dan Alec Baldwin.

Film The Departed ditayangkan secara perdana di Ziegfeld Theatre pada tanggal 26 September 2006 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 6 Oktober 2006. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ketika ia masih kecil, Colin Sullivan (Conor Donovan) telah diperkenalkan pada kejahatan terorganisir oleh mafia Irlandia-Amerika Serikat Frank Costello (Jack Nicholson) di lingkungan Irlandia di Boston Selatan. Selama bertahun-tahun, Frank mengurus Colin (Matt Damon) untuk menjadi penyusup ke dalam Massachusetts State Police, hingga Colin diterima bergabung dalam Unit Investigasi Khusus, yang berfokus pada kejahatan terorganisir.

Sebelum lulus dari akademi kepolisian, Billy Costigan (Leonardo DiCaprio) direkrut oleh Kapten Oliver Queenan (Martin Sheen) dan Staf Sersan Sean Dignam (Mark Wahlberg) untuk menyamar, karena hubungan keluarganya dengan kejahatan terorganisir menjadikannya seorang informan yang sempurna. Billy keluar dari akademi dan meluangkan waktu di penjara dengan tuduhan penyerangan palsu untuk meningkatkan kepercayaannya.

Setiap orang menyusup ke organisasinya masing-masing, dan Colin memulai hubungan romantis dengan psikiater kepolisian Madolyn Madden (Vera Farmiga). Billy mengetahui Madolyn berada dalam masa percobaannya dan mereka juga mulai menjalin hubungan romantis. Setelah Frank lolos dari operasi sengatan, masing-masing penyusup sadar akan keberadaan orang lain. Colin diberitahu untuk menemukan penyusup tersebut dan meminta informasi Frank untuk mengidentifikasi penyusup tersebut.

Billy mengikuti Frank ke sebuah gedung teater film dewasa, di mana Frank memberikan Colin sebuah amplop yang berisi informasi rahasia anak buah Colin. Billy mengejar Colin melalui Pecinan. Ketika sudah selesai, tidak ada satupun orang yang mengetahui identitas orang lain. Colin mengikuti Oliver ke pertemuan dengan Billy di atap gedung. Oliver memerintahkan Billy untuk melarikan diri sementara ia berhadapan dengan anak buah Frank sendirian. Anak buah Frank kemudian melempar Oliver dari gedung ke kematiannya. Ketika mereka keluar, Billy berpura-pura bahwa ia datang untuk bergabung dengan mereka. Berita televisi mengungkapkan bahwa Timothy Delahunt (Mark Rolston) telah menjadi polisi yang sedang menyamar dan bekerja untuk Boston Police Department. Sean mengundurkan diri daripada bekerja dengan Colin, yang dicurigai Sean sebagai penyusup setelah Colin ditanya mengapa ia mengikuti Oliver.

Menggunakan telepon Oliver, Colin menghubungi Billy, yang menolak membatalkan misinya. Colin mengetahui dari buku harian Oliver tentang peran Frank sebagai informan FBI, yang membuatnya khawatir akan identitas dirinya yang segera terungkap. Dengan bantuan Billy, Frank dilacak ke penerimaan kokain, di mana insiden baku tembak terjadi antara anggota Frank dengan kepolisian, yang menyebabkan sebagian besar anggota Frank terbunuh. Frank, berhadapan dengan Colin, mengakui bahwa ia adalah informan FBI. Frank mencoba menembak Colin, namun Colin menembaknya berkali-kali. Dengan tewasnya Frank, Colin disambut di hari berikutnya oleh semua orang di kepolisian. Dengan niat baik, Billy mendatangi Colin untuk memulihkan identitas aslinya dan harus dibayar atas pekerjaannya, namun ia memperhatikan amplop dari Frank di meja Colin dan pergi sehingga Billy akhirnya menyadari bahwa Colin adalah musuh. Khawatir dengan pembalasan Billy, Colin menghapus catatan Billy dari sistem komputer polisi.

Colin tidak sadar bahwa Madolyn berselingkuh dengan Billy ketika ia memberitahu Colin bahwa ia hamil. Kemudian, Colin mengetahui bahwa Madolyn mendengarkn sebuah CD dari Billy yang berisi percakapan terekam antara Frank dan Colin. Colin gagal mencoba untuk meredam kecurigaan Madolyn. Colin kemudian menghubungi Billy, yang mengungkapkan bahwa Frank mencatat setiap percakapan mereka, bahwa pengacara Frank membiarkan Billy memiliki rekaman dan bahwa Billy bermaksud untuk melibatkan Colin. Keduanya setuju untuk bertemu di atap gedung tempat Oliver meninggal.

Di atap, Billy menangkap Colin yang lengah dan memborgolnya. Ketika Billy merencanakan secara diam-diam, Trooper Brown (Anthony Anderson) muncul di atap juga. Terkejut, Trooper Brown menodong pistol ke arah Billy, yang mencoba untuk membenarkan tindakannya dengan membongkar Colin sebagai penyusup Frank. Billy bertanya kepada Trooper Brown mengapa Sean tidak menemaninya seperti yang diminta Billy, namun Trooper Brown tidak menjawab. Billy membawa Colin ke lift sebagai sandera. Ketika lift mencapai lantai dasar, Trooper Barrigan (James Badge Dale) menembak kepala Billy, lalu menembak Trooper Brown dan kemudian memberitahu Colin bahwa Frank memiliki lebih dari satu penyusup di dalam kepolisian. Colin kemudian menembak Trooper Barrigan. Di markas besar kepolisian negara bagian, Colin membongkar identitas Trooper Barrigan sebagai penyusup dan Billy diberikan penghargaan anumerta Medal of Merit.

Pada pemakaman Billy, Colin memperhatikan bahwa Madolyn sedang menangis. Ketika mereka meninggalkan pemakaman, Colin mencoba untuk berbicara dengan Madolyn, namun ia mengabaikannya. Ketika Colin masuk ke apartemennya, ia disergap oleh Sean, yang menembak dan membunuh Colin.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Leonardo DiCaprio sebagai William "Billy" Costigan, Jr.
  • Matt Damon sebagai Staf Sersan Colin Sullivan
    • Conor Donovan sebagai Colin Sullivan muda
  • Jack Nicholson sebagai Francis "Frank" Costello
  • Mark Wahlberg sebagai Staf Sersan Sean Dignam
  • Martin Sheen sebagai Kapten Oliver Charles Queenan
  • Ray Winstone sebagai Arnold "Frenchy" French
  • Vera Farmiga sebagai Dr. Madolyn Madden
  • Anthony Anderson sebagai Trooper Brown
  • Alec Baldwin sebagai Kapten George Ellerby
  • Kevin Corrigan sebagai Sean Costigan
  • James Badge Dale sebagai Trooper Barrigan
  • David O'Hara sebagai "Fitzy" Fitzgibbons
  • Mark Rolston sebagai petugas Timothy Delahunt
  • Robert Wahlberg sebagai agen khusus FBI Frank Lazio
  • Kristen Dalton sebagai Gwen Costello

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Departed mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 90%, berdasarkan 272 ulasan, dengan rating rata-rata 8.2/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 85 dari 100, berdasarkan 39 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Departed mendapatkan $132,384,315 di Amerika Utara dan $159,080,719 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $291,465,034, melebihi anggaran produksi film $90 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $26,887,467, menempati posisi teratas di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Departed (18)". British Board of Film Classification. September 26, 2006. Diakses tanggal January 5, 2016. 
  2. ^ a b c d "The Departed (2006)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 22, 2011. 
  3. ^ "The Departed (2006)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "The Departed reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]