Ad Astra (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ad Astra
AdAstraPstr2019.jpg
Poster film Ad Astra
SutradaraJames Gray
ProduserBrad Pitt
Dede Gardner
Jeremy Kleiner
James Gray
Rodrigo Teixeira
Anthony Katagas
Arnon Milchan
SkenarioJames Gray
Ethan Gross
PemeranBrad Pitt
Tommy Lee Jones
Ruth Negga
Liv Tyler
Donald Sutherland
MusikMax Richter
SinematografiHoyte van Hoytema
PenyuntingJohn Axelrad
Lee Haugen
Perusahaan
produksi
20th Century Fox
Regency Enterprises
Bona Film Group
New Regency
Plan B Entertainment
RT Features
Keep Your Head Productions
MadRiver Pictures
TSG Entertainment
DistributorWalt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
Durasi
123 menitt[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$80–100 juta[2]
Pendapatan kotor$124.728.800[3]

Ad Astra adalah film drama fiksi ilmiah misteri Amerika Serikat tahun 2019 yang disutradarai oleh James Gray dan diproduseri oleh Brad Pitt, Dede Gardner, Jeremy Kleiner, James Gray, Rodrigo Teixeira, Anthony Katagas dan Arnon Milchan. Naskah film ini ditulis oleh James Gray dan Ethan Gross. Film ini dibintangi oleh Brad Pitt, Tommy Lee Jones, Ruth Negga, Liv Tyler dan Donald Sutherland.

Film Ad Astra ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 29 Agustus 2019[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 20 September 2019.[5]

Plot[sunting | sunting sumber]

Dalam waktu dekat, Tata Surya dilanda gelombang kekuatan misterius, yang mengancam seluruh kehidupan manusia. Setelah hampir sekarat akibat sebuah insiden yang disebabkan oleh lonjakan, Roy McBride (Brad Pitt), putra astronot terkenal H. Clifford McBride (Tommy Lee Jones), diberitahu oleh Komando Antariksa Amerika Serikat (SpaceCom) bahwa lonjakan telah dilacak ke Projek Lima, projek yang dibuat untuk mencari batas Tata Surya untuk kehidupan cerdas di bawah kepemimpinan Clifford, di mana dari Clifford tidak ada yang terdengar selama enam belas tahun setelah mencapai Neptunus. Mengetahui bahwa Clifford mungkin masih hidup, Roy menerima misi untuk melakukan perjalanan ke Mars untuk mencoba berkomunikasi dengannya serta bergabung dengan rekan lama ayahnya, Kolonel Pruitt (Donald Sutherland). Roy tidak memiliki reaksi emosional terhadap rekannya yang meninggalkannya atau mendengar berita bahwa ayahnya masih hidup.

Setelah melakukan penerbangan komersial ke bulan, Roy dan Pruitt dikawal oleh anggota militer Amerika Serikat ke pangkalan SpaceCom yang terletak di ujung bulan. Dalam perjalanan dengan pengelana bulan, mereka disergap oleh pembajak yang membunuh seluruh pengawalnya. Setibanya di pangkalan, Pruitt yang sekarat ditempatkan di ruang perawatan intensif. Roy pindah ke kapal Cepheus menuju Mars. Kapal menerima sinyal marabahaya dari stasiun ruang angkasa penelitian biomedis Norwegia. Cepheus berhenti untuk menyelidiki meskipun Roy keberatan, lalu Roy dan kapten pergi ke stasiun tersebut. Mereka mengetahui bahwa stasiun tersebut ditinggalkan dan mereka berdua berpisah, tetapi Roy segera menemukan subjek uji babun melarikan diri dan memakan mayat kapten. Babun itu menyerang Roy ketika Roy muncul, tetapi Roy berhasil menaklukkannya dan menguncinya di modul lain. Roy kemudian langsung membunuhnya ketika babun itu mencoba membuka pintu dengan menekan modul itu. Percaya bahwa Roy dapat menyelamatkan kapten, Roy menempelkan pelindung helm ruang angkasa kapten yang rusak dan membawanya kembali ke kapal, di mana sang kapten dinyatakan sudah tewas. Sebuah laporan singkat muncul di mana mayat kapten dikeluarkan ke luar angkasa. Lagi-lagi, Roy tampak tenang setelah mengalami serangan dan kematian sang kapten. Roy mengakui bahwa ia marah dan mengingat ayahnya yang mengungkapkan kemarahannya.

Lonjakan lainnya menghantam saat Cepheus mendarat di Mars, membutuhkan uji coba manual untuk menyelesaikan pendaratan. Kapten sementara ketakutan, sementara Roy tetap tenang mengambil alih komando kapal, mendarat dengan aman. Roy dibawa ke pangkalan SpaceCom bawah tanah di mana ia bertemu direktur fasilitas Helen Lantos (Ruth Negga) dan ditugaskan untuk merekam pesan suara untuk dikirim ke Projek Lima dengan harapan Clifford akan membalas pesan tersebut. Dalam satu rekaman, Roy berbicara emosional kepada ayahnya dan tiba-tiba dibatalkan dari misi dengan alasan hubungan pribadinya menimbulkan risiko bagi dirinya sendiri dan keberhasilan misi. Dari reaksi terkejutnya tim pengamat rekaman hingga rekaman emosionalnya, Roy berasumsi benar bahwa tanggapan langsung dari ayahnya telah diterima dan menuntut untuk mendengarnya.

Diasingkan di "kamar kenyamanan", Helen mengunjungi Roy, lalu ia mengungkapkan bahwa ia lahir di Mars dan merupakan putri dari anggota kru Projek Lima. Ia menunjukkan rekaman rahasia Roy yang mengungkapkan bahwa kru Clifford telah memberontak dan mencoba kembali ke Bumi, menyebabkan Clifford mematikan sistem pendukung kehidupan mereka, termasuk orang tua Helen. Ia juga memberitahu Roy bahwa kru yang membawa Roy ke Mars akan pergi untuk menghancurkan stasiun Projek Lima dengan muatan nuklir. Mereka berdua memutuskan bahwa Roy harus menghadapi Clifford sendiri, lalu Helen membantu Roy menyelinap ke danau bawah tanah di bawah situs peluncuran roket.

Roy diam-diam naik ke atas kapal ketika roket lepas landas dan kemudian ditemukan oleh sejumlah kru yang diperintahkan untuk menetralisir Roy. Seluruh kru terbunuh dalam serangan brutal. Dalam perjalanan panjang ke Neptunus, Roy yang menyendiri membayangkan hubungannya dengan ayahnya serta Eve (Liv Tyler), istrinya. Keterasingan dan tekanan dari misi memakan korban jiwa, tetapi setelah beberapa minggu, ia tiba di Projek Lima. Kerika ia mendekati stasiun dalam pesawat ulang-alik yang melekat pada Cepheus, pesawat ulang-alik rusak menabrak benda-benda di cincin Neptunus, mencegahnya dari pendaratan dengan stasiun. Roy akhirnya memasuki stasiun ketika pesawat ulang-alik pergi. Mengetahui stasiun ditinggalkan dan menemukan mayat para krunya, ia menanam muatan nuklir sebelum bertemu Clifford, satu-satunya yang selamat dari stasiun, yang menjelaskan bahwa gelombang kekuatan misterius berasal dari sumber daya antimateri kapal yang tidak berfungsi, yang rusak dalam pemberontakan. Clifford tetap bekerja dalam projek tersebut, menolak kehilangan keyakinan pada kemungkinan kehidupan cerdas non-manusia.

Setelah meyakinkan Clifford untuk kembali ke Bumi, Roy selesai mempersenjatai muatan dan mereka naik ke permukaan stasiun dalam persiapan untuk kembali ke Cepheus. Clifford tiba-tiba menggunakan pendorong pakaian luar untuk meluncurkan mereka berdua ke luar angkasa. Dengan Clifford yang meminta Roy untuk melepaskan ikatan mereka berdua, Roy terpaksa melakukannya dan berhasil mendorong dirinya kembali ke Cepheus menggunakan pakaian luar sendiri dan dengan serpihan lambung stasiun sebagai perisai terhadap puing-puing cincin Neptunus. Tanpa bahan bakar yang cukup untuk kembali ke Bumi, ia mengandalkan gelombang kejut dari ledakan stasiun untuk mendapatkan kecepatan yang diperlukan. Data yang diambil dari pangkalan menunjukkan bahwa manusia adalah satu-satunya kehidupan cerdas di alam semesta, meyakinkan Roy untuk kembali kepada orang-orang terdekatnya dan ia kembali ke Bumi dengan optimisme yang baru ditemukan. Setelah mengutarakan pendapatnya dalam evaluasi psikologis, Roy berhubungan kembali dengan istrinya, Eve.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Ad Astra mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 84%, berdasarkan 350 ulasan, dengan rating rata-rata 7,6/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 80 dari 100, berdasarkan 56 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[8]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Ad Astra mendapatkan $49.120.567 di Amerika Utara dan $75.608.233 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $124.728.800, melebihi anggaran produksi film $80–100 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $19.001.398, menempati posisi kedua di box office di belakang film Downton Abbey.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ad Astra (12A)". British Board of Film Classification. September 8, 2019. Diakses tanggal October 10, 2019. 
  2. ^ D'Alessandro, Anthony (September 18, 2019). "Will The 'Downton Abbey' Gang Take Out 'Rambo'? – Weekend Box Office Preview". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 20, 2019. Diakses tanggal September 18, 2019. 
  3. ^ a b c "Ad Astra (2019)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 10, 2019. 
  4. ^ Anderson, Ariston (July 25, 2019). "Venice Film Festival Unveils Lineup (Updating Live)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal July 25, 2019. 
  5. ^ D'Alessandro, Anthony (May 7, 2019). "Disney-Fox Updates Release Schedule: Sets Three Untitled 'Star Wars' Movies, 'New Mutants' Heads To 2020, 'Ad Astra' To Open Fall & More". Deadline Hollywood. Diakses tanggal May 7, 2019. 
  6. ^ "Ad Astra (2019)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 10, 2019. 
  7. ^ "Ad Astra reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 10, 2019. 
  8. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]