Birdman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Birdman
Birdman poster.jpg
Poster film Birdman
SutradaraAlejandro González Iñárritu
ProduserAlejandro González Iñárritu
John Lesher
Arnon Milchan
James W. Skotchdopole
SkenarioAlejandro González Iñárritu
Nicolás Giacobone
Alexander Dinelaris Jr.
Armando Bó
PemeranMichael Keaton
Zach Galifianakis
Edward Norton
Andrea Riseborough
Emma Stone
Naomi Watts
Amy Ryan
MusikAntonio Sánchez
SinematografiEmmanuel Lubezki
PenyuntingDouglas Crise
Stephen Mirrione
Perusahaan
produksi
Regency Enterprises
New Regency Pictures
M Productions
Le Grisbi Productions
TSG Entertainment
Worldview Entertainment
DistributorFox Searchlight Pictures
Tanggal rilis
  • 27 Agustus 2014 (2014-8-27) (Festival Film Venesia)
  • 17 Oktober 2014 (2014-10-17) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 14 November 2014 (2014-11-14) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
119 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$16,5-18 juta[2]
Pendapatan kotor$103.215.094[3]

Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance) atau disingkat Birdman adalah film drama komedi Amerika Serikat tahun 2014 yang disutradarai oleh Alejandro González Iñárritu dan diproduseri oleh Alejandro González Iñárritu, John Lesher, Arnon Milchan dan James W. Skotchdopole. Naskah film ini ditulis oleh Alejandro González Iñárritu, Nicolás Giacobone, Alexander Dinelaris Jr. dan Armando Bó. Film ini dibintangi oleh Michael Keaton, Zach Galifianakis, Edward Norton, Andrea Riseborough, Emma Stone, Naomi Watts dan Amy Ryan.

Film Birdman merupakan film kolaborasi kedua Edward Norton dan Naomi Watts setelah film The Painted Veil. Film ini ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 27 Agustus 2014[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 17 Oktober 2014 secara terbatas dan 14 November 2014 secara luas.[5][6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Riggan Thomson (Michael Keaton) adalah seorang aktor Amerika Serikat yang terkenal dengan perannya sebagai pahlawan super Birdman dalam trilogi film 20 tahun yang lalu. Ia tersiksa oleh suara ejekan dan kritis internal Birdman dan sering ditunjukkan melalui levitasi dan telekinesis. Riggan berusaha untuk mendapatkan pengakuan sebagai aktor yang serius dengan menulis, mengarahkan dan membintangi adaptasi drama Broadway dari cerita pendek Raymond Carver berjudul "What We Talk About When We Talk About Love".

Jake (Zach Galifianakis), pengacara sekaligus sahabat terbaik Riggan, memproduksi drama yang juga diperankan oleh kekasih Riggan, Laura (Andrea Riseborough), dan aktris baru, Lesley (Naomi Watts). Putri Riggan, Sam (Emma Stone), pecandu narkoba yang baru saja pulang dari rehabilitasi, bekerja sebagai asisten Riggan. Sehari sebelum peninjauan pertama, lampu panggung jatuh ke rekan Ralph (Jeremy Shamos), lawan main Riggan yang putus asa. Atas saran Lesley, Riggan menggantikan Ralph dengan pacarnya, aktor Mike Shiner (Edward Norton) yang brilian namun tidak stabil. Peninjauan pertama adalah bencana: Mike mengacaukan karakternya karena penggantian jeratannya dengan air, mencoba melakukan hubungan seksual yang sesungguhnya dengan Lesley selama adegan dan mengklaim bahwa pistol sebagai properti drama tidak terlihat nyata, yang bisa menghambat penampilannya. Perseteruan antara Riggan dengan Mike berlanjut dan marah pada kritikus teater ternama, Tabitha Dickinson (Lindsay Duncan), karena memuji penampilan Mike, tetapi Jake membujuknya untuk melanjutkan drama tersebut. Riggan memergoki Sam menggunakan ganja dan memarahinya. Sam memberitahu Riggan bahwa Riggan terbuang dan bahwa dramanya adalah proyek kesombongan.

Ketika melakukan peninjauan terakhir, Riggan mengambil jeda dengan merokok dan secara tidak sengaja, ia terkunci di luar gedung dengan jubahnya masih tertancap di pintu. Ia terpaksa berjalan melalui Times Square hanya memakai celana dalamnya dan masuk melalui pintu utama untuk melakukan adegan terakhir. Sam yang peduli sedang menunggu di kamarnya setelah pertunjukan. Menurut Sam, penampilannya sangat aneh namun keren. Sam menunjukkan kepada Riggan rekaman Times Square yang viral dan menjelaskan bagaimana hal ini benar-benar membantu Riggan.

Riggan pergi ke bar untuk minum dan mendekati Tabitha, menuduhnya tidak memahami teater dan hanya menjadi seseorang yang mudah memberi label barang dengan kasar. Tabitha memberitahu Riggan bahwa ia membenci selebriti Hollywood yang bodoh dan berpura-pura menjadi aktor serius. Tabitha berjanji untuk "membunuh" dramanya dengan sebuah ulasan yang mencela bahkan tanpa harus melihat dramanya. Dalam perjalanan pulang, Riggan membeli sebotol wiski, meminumnya sambil berjalan kaki. Keesokan harinya, Riggan berjalan ke teater dengan linglung dan bercakap-cakap dengan sosok Birdman yang sekarang terlihat. Sosok Birdman mencoba meyakinkannya untuk berhenti bermain dan membuat film Birdman keempat yang masih ditunggu oleh penggemar. Riggan melompat dari atap dan terbang melewati jalanan Manhattan sebelum sampai di bioskop.

Pada malam pembukaan pertunjukan berlangsung sangat baik. Di ruang riasnya, Riggan yang tenang mengaku pada mantan istrinya, Sylvia (Amy Ryan), bahwa beberapa tahun yang lalu, Riggan berusaha bunuh diri dengan menenggelamkan dirinya di lautan setelah Sylvia memergokinya berselingkuh. Riggan juga memberitahunya tentang suara Birdman di dalam hatinya, di mana Sylvia mengabaikannya. Setelah Sylvia menginginkannya keberuntungan dan meninggalkan ruangan, Riggan mengambil pistol yang sebenarnya dan memeriksa apakah benda itu ada dalam adegan terakhir, di mana karakternya melakukan bunuh diri. Pada klimaks-nya, Riggan menembak dirinya sendiri di atas kepala di atas panggung. Drama ini mendapat tepuk tangan yang meriah saat Tabitha bergegas keluar untuk menyalin berkas.

Keesokan harinya, Riggan terbangun di rumah sakit dengan wajahnya ditutupi perban, di mana hidungnya telah dioperasi setelah gagal bunuh diri ketika memasuki adegan pertunjukkan terakhir. Mantan istrinya khawatir dengannya, tetapi Jake tidak dapat menahan kegembiraannya bahwa drama tersebut akan tetap berjalan setelah ulasan Tabitha yang menyebut usaha bunuh diri Riggan sangat "super-realisme" dan hanya drama ini yang dibutuhkan oleh teater Amerika. Sam berkunjung dengan membawa bunga, di mana Riggan tidak dapat merasakan aroma bunga tersebut, dan memotretnya untuk menakut-nakuti jumlah pengikut yang melonjak di akun Twitter yang telah dibuat untuk Riggan. Ketika Sam keluar untuk mencari vas bunga, Riggan masuk ke kamar mandi, melepaskan perban dan melihat hidungnya yang bengkak, dan dengan ceroboh, Riggan mengucapkan selamat tinggal kepada sosok Birdman, yang terlihat duduk di toilet. Terpesona oleh beberapa burung yang terbang di luar kamarnya, Riggan membuka jendela dan memanjat ke balkon. Saat Sam kembali, Riggan tidak terlihat. Sam dengan panik melihat ke bawah jendela yang terbuka sebelum Sam perlahan melihat ke langit, tersenyum dan tertawa.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Michael Keaton sebagai Riggan Thomson, aktor yang berperan sebagai pahlawan super Birdman
  • Edward Norton sebagai Mike Shiner, aktor Broadway
  • Emma Stone sebagai Sam Thomson, putri Riggan dan Sylvia yang bekerja sebagai asisten Riggan
  • Naomi Watts sebagai Lesley, mantan pacar Mike yang bekerja sebagai aktris
  • Zach Galifianakis sebagai Jake, sahabat Riggan yang bekerja sebagai pengacara
  • Andrea Riseborough sebagai Laura, kekasih Riggan yang bekerja sebagai aktris
  • Amy Ryan sebagai Sylvia Thomson, mantan istri Riggan dan ibu Sam
  • Lindsay Duncan sebagai Tabitha Dickinson, kritikus teater terkenal
  • Merritt Wever sebagai Annie, manajer panggung
  • Jeremy Shamos sebagai Ralph
  • Frank Ridley sebagai Mr. Roth
  • Katherine O'Sullivan sebagai asisten kostum
  • Damian Young sebagai Gabriel
  • Benjamin Kanes sebagai Birdman

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Birdman mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 92%, berdasarkan 299 ulasan, dengan rating rata-rata 8,5/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 88 dari 100, berdasarkan 49 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Birdman mendapatkan $42.340.598 di Amerika Utara dan $60.874.496 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $103.215.094, melebihi anggaran produksi film $18 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $424.397, menempati posisi ke-20 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $2.471.471, menempati posisi ke-10 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Birdman". British Board of Film Classification. September 11, 2014. Diakses tanggal September 19, 2015. 
  2. ^ Thompson, Anne (October 21, 2014). "How 'Birdman' Got Made: Fox Searchlight and New Regency Partners Tell All (Keaton, Norton, Stone VIDEOS)". Thompson on Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 25, 2015. Diakses tanggal February 15, 2015. 
  3. ^ a b c "Birdman (2014)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 14, 2017. 
  4. ^ "Birdman to hatch on opening night of Venice film festival". The Guardian. July 10, 2014. Diakses tanggal July 10, 2014. 
  5. ^ Fleming Jr, Mike (April 11, 2014). "Fox Searchlight Sets Alejandro Gonzalez Inarritu's 'Birdman' For October 17 Bow". Deadline. Diakses tanggal April 12, 2014. 
  6. ^ "Upcoming Movies in Theatre". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 6, 2015. 
  7. ^ "Birdman (2014)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal November 14, 2017. 
  8. ^ "Birdman reviews". Metacritic. Diakses tanggal November 14, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]