Spotlight (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Spotlight
Spotlight (film) poster.jpg
Poster film Spotlight
SutradaraTom McCarthy
ProduserBlye Pagon Faust
Steve Golin
Nicole Rocklin
Michael Sugar
SkenarioTom McCarthy
Josh Singer
PemeranMark Ruffalo
Michael Keaton
Rachel McAdams
Liev Schreiber
John Slattery
Brian d'Arcy James
Stanley Tucci
MusikHoward Shore
SinematografiMasanobu Takayanagi
PenyuntingTom McArdle
Perusahaan
produksi
Anonymous Content
First Look Media
Participant Media
Rocklin/Faust
DistributorOpen Road Films
Tanggal rilis
  • 3 September 2015 (2015-9-3) (Festival Film Venesia)
  • 6 November 2015 (2015-11-6) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 20 November 2015 (2015-11-20) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
129 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$20 juta[2]
Pendapatan kotor$98,275,238[3]

Spotlight adalah film drama biografi kriminal Amerika Serikat tahun 2015 yang disutradarai oleh Tom McCarthy dan diproduseri oleh Blye Pagon Faust, Steve Golin, Nicole Rocklin dan Michael Sugar. Naskah film ini ditulis oleh Tom McCarthy dan Josh Singer berdasarkan kasus pelecehan seksual terhadap anak oleh beberapa pastur gereja Katolik Roma di Boston, yang diungkapkan oleh tim jurnalis investigasi "Spotlight" dari kantor berita The Boston Globe hingga mendapatkan Pulitzer Prize for Public Service pada tahun 2003.[4][5] Film ini dibintangi oleh Mark Ruffalo, Michael Keaton, Rachel McAdams, John Slattery, Brian d'Arcy James dan Liev Schreiber sebagai anggota tim jurnalis "Spotlight".[6][7][8]

Film Spotlight ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 3 September 2015 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 6 November 2015 secara terbatas dan 20 November 2015 secara luas.[9] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1976, di kantor polisi Boston, dua polisi membahas penangkapan pastur Katolik John Geoghan dalam pelecehan seksual terhadap anak dan adanya monsinyur berpangkat tinggi yang berbicara dengan ibu dari anak tersebut. Seorang asisten jaksa wilayah masuk ke kantor polisi dan mengatakan kepada polisi agar tidak membiarkan pers mengetahui kasus ini. Penangkapan dibatalkan dan pastur dibebaskan.

Pada tahun 2001, The Boston Globe mempekerjakan editor baru, Marty Baron (Liev Schreiber). Marty bertemu dengan Walter "Robby" Robinson (Michael Keaton), editor tim Spotlight dari surat kabar tersebut, sekelompok kecil jurnalis yang membuat artikel investigasi yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk meneliti dan menerbitkan. Setelah Marty membaca sebuah kolom The Boston Globe tentang seorang pengacara, Mitchell Garabedian (Stanley Tucci), yang menyatakan bahwa Kardinal Bernard Law (Len Cariou), yang merupakan Uskup Agung Boston, mengetahui bahwa John Geoghan telah melakukan pelecehan terhadap anak-anak secara seksual dan tidak melakukan apapun untuk menghentikannya, ia mendesak tim Spotlight, termasuk jurnalis Sacha Pfeiffer (Rachel McAdams), untuk menyelidiki kasus tersebut. Jurnalis Michael Rezendes (Mark Ruffalo) menghubungi Mitchell, yang awalnya menolak untuk diwawancarai. Meskipun ia diberitahu untuk tidak melakukannya, Michael mengungkapkan bahwa ia berada di tim Spotlight, membujuk Mitchell untuk berbicara.

Percaya bahwa mereka mengikuti kisah seorang pastur yang beberapa kali dipindahkan, tim Spotlight mulai membongkar pola pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh pastur Katolik di Massachusetts, dan sebuah penutupan yang terus berlanjut oleh Keuskupan Agung Boston. Melalui Phil Saviano (Neal Huff), ketua komunitas korban pelecehan seksual oleh pastur, mereka memperluas pencarian mereka hingga mencapai tiga belas pastur. Mereka mengetahui melalui Richard Sipe (Richard Jenkins), mantan pastur yang bekerja untuk rehabilitasi pastur pedofilia, bahwa secara statistik, sekitar 90 pastur yang melakukan kekerasan di Boston (enam persen pastur). Melalui penelitian mereka, mereka memperluas pencarian hingga mencapai 87 pastur dan mulai menemukan korbannya untuk mendukung kecurigaan mereka.

Ketika serangan 11 September 2001 terjadi, tim Spotlight terpaksa untuk tidak memprioritaskan ceritanya. Mereka mendapatkan kembali momentum ketika Michael belajar dari Mitchell bahwa ada dokumen yang tersedia untuk umum, yang memastikan bahwa Kardinal Bernard Law sadar akan masalah tersebut dan mengabaikannya. Meskipun Michael berargumen untuk merilis ceritanya segera sebelum banyak korban yang menderita dan surat kabar saingan menerbitkannya, Robby tetap teguh untuk meneliti lebih jauh sehingga masalah yang sistemik ini dapat dipaparkan secara terbuka. Setelah The Boston Globe memenangkan sebuah kasus untuk mendapatkan lebih banyak dokumen legal yang dibuka yang memberi bukti gambaran kasus pelecehan yang lebih besar itu, tim Spotlight akhirnya mulai menulis ceritanya dan berencana untuk mempublikasikan penemuan mereka di awal tahun 2002.

Ketika mereka hendak mencetak, Robby mengaku kepada tim Spotlight bahwa pada tahun 1993, pengacara Eric MacLeish (Billy Crudup) memberikan daftar 20 pastur pedofilia kepadanya, di mana Robby tidak mengikutinya. Namun Marty tetap memuji Robby dan usaha timnya untuk mengungkapkan kejahatan sekarang. Ceritanya berlanjut dengan mencetak tautan web ke dokumen yang mengungkapkan kelambanan Kardinal Bernard Law dan nomor telepon korban pastur pedofilia. Keesokan paginya, tim Spotlight mendapat banyak telepon dari para korban yang datang untuk menceritakan kisah mereka.

Terakhir, daftar tempat di Amerika Serikat dan di seluruh dunia di mana skandal besar pelecehan seksual oleh pastur ada dan terjadi, dan sebuah pernyataan dibuat bahwa Kardinal Bernard Law mengundurkan diri, namun akhirnya ia dipromosikan ke Basilika Santa Maria Maggiore di Roma, salah satu gereja terbesar di dunia.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Spotlight mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 97%, berdasarkan 341 ulasan, dengan rating rata-rata 8.8/10.[10] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 93 dari 100, berdasarkan 45 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[11]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Spotlight mendapatkan $45,055,776 di Amerika Utara dan $53,219,462 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $98,275,238, melebihi anggaran produksi film $20 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $295,009, menempati posisi ke-23 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $4,408,252, menempati posisi ke-8 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "SPOTLIGHT (15)". British Board of Film Classification. October 27, 2015. Diakses tanggal October 27, 2015. 
  2. ^ "Watching the Watchers: Tom McCarthy on Making Spotlight". Vulture.com. Diakses tanggal November 7, 2015. 
  3. ^ a b c "Spotlight (2015)". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 17, 2016. 
  4. ^ Allen, Scott (June 22, 2012). "A distinguished history of digging up the truth". Boston Globe. Diakses tanggal February 27, 2015. 
  5. ^ "The Pulitzer Prizes | Citation". Pulitzer.org. Diakses tanggal June 11, 2015. 
  6. ^ Sneider, Jeff (August 8, 2014). "Mark Ruffalo, Michael Keaton, Rachel McAdams in Talks to Star in Catholic Church Sex Scandal Drama (Exclusive)". TheWrap. Diakses tanggal September 16, 2014. 
  7. ^ Siegel, Tatiana (August 8, 2014). "Mark Ruffalo, Michael Keaton in Talks for Catholic Priest Sex Abuse Scandal Film". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal September 16, 2014. 
  8. ^ "Participant Media's "Spotlight" Starring Mark Ruffalo, Michael Keaton, Rachel Mcadams, Liev Schreiber And Stanley Tucci Goes To Camera In Boston Before Lensing In Toronto". 3BL Media. September 25, 2014. Diakses tanggal September 25, 2014. 
  9. ^ Shanahan, Mark (September 3, 2015). "'Spotlight' gets glittering debut in Venice". Boston Globe. Diakses tanggal November 7, 2015. 
  10. ^ "Spotlight (2015)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal September 28, 2016. 
  11. ^ "Spotlight reviews". Metacritic. Diakses tanggal September 28, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]