The Help (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Help
Help poster.jpg
Poster film The Help
Sutradara Tate Taylor
Produser Chris Columbus
Michael Barnathan
Brunson Green
Skenario Tate Taylor
Berdasarkan The Help 
oleh Kathryn Stockett
Pemeran Viola Davis
Emma Stone
Octavia Spencer
Jessica Chastain
Bryce Dallas Howard
Allison Janney
Musik Thomas Newman
Sinematografi Stephen Goldblatt
Penyunting Hughes Winborne
Perusahaan
produksi
Touchstone Pictures
DreamWorks Pictures
Reliance Entertainment
Participant Media
Image Nation
1492 Pictures
Harbinger Pictures
Distributor Walt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 9 Agustus 2011 (2011-8-9) (Beverly Hills)
  • 10 Agustus 2011 (2011-8-10) (Amerika Serikat)
Durasi
146 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $25 juta[2]
Pendapatan kotor $216,639,112[2]

The Help adalah film drama sejarah Amerika Serikat tahun 2011 yang disutradarai oleh Tate Taylor dan diproduseri oleh Chris Columbus, Michael Barnathan dan Brunson Green. Naskah film ini ditulis oleh Tate Taylor berdasarkan buku The Help karya Kathryn Stockett. Film ini dibintangi oleh Viola Davis, Emma Stone, Octavia Spencer, Jessica Chastain, Bryce Dallas Howard dan Allison Janney.

Film The Help ditayangkan secara perdana di Beverly Hills pada tanggal 9 Agustus 2011 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 10 Agustus 2011.[3] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1963, Aibileen Clark (Viola Davis) adalah seorang pelayan Afrika-Amerika di Jackson, Mississippi, dan ia menceritakan kisah "kariernya" kepada penulis ambisius Eugenia "Skeeter" Phelan (Emma Stone), lulusan Ole Miss dan teman dari majikan Aibileen sekaligus sesama sosialita Elizabeth Leefolt (Ahna O'Reilly). Aibileen merawat putri Elizabeth, Mae Mobley, yang diabaikan oleh Elizabeth. Sahabat terbaik Aibileen adalah Minny Jackson (Octavia Spencer) yang polos, yang bekerja untuk Mrs. Walters (Sissy Spacek), ibu dari Hilly Holbrook (Bryce Dallas Howard), pemimpin kelompok sosialita perempuan tersebut.

Skeeter merasa tidak nyaman dengan sikap rasis teman sosialitanya terhadap pelayan mereka. Ia terkejut saat Hilly mengirimkan sebuah surat ke Home Sanitation Initiative untuk memasang kamar mandi terpisah untuk mendapatkan bantuan. Skeeter kemudian mengetahui bahwa ibunya, Charlotte (Allison Janney), memecat pelayan ketika ia masih kanak-kanak, Constantine (Cicely Tyson), dengan alasan yang tidak diketahui.

Ketika badai mengerikan terjadi, Minny menolak untuk keluar menggunakan toilet bantuan dan menggunakan kamar mandi tamu, membuatnya dipecat oleh Hilly.

Minny mendapatkan pekerjaan sebagai pelayan di rumah Celia (Jessica Chastain), istri Johnny Foote (Mike Vogel), yang sebelumnya adalah mantan kekasih Hilly. Keduanya menjadi teman ketika Minny mengajarkan Celia cara memasak, meskipun mereka menyimpan rahasia pekerjaan Minny dari Johnny. Celia mengalami keguguran dan memberitahu Minny bahwa ia menderita tiga kali keguguran. Minny mendatangi Skeeter dan mengunjungi Aibileen, bergabung dalam pembuatan buku tersebut. Skeeter disarankan oleh editor bukunya di Harper & Row, Elaine Stein (Mary Steenburgen), bahwa cerita tentang dua pelayan rumah tidak cukup, namun kerugian potensial dari para majikan menghalangi orang lain untuk bergabung dalam proyek tersebut. Aibileen memberitahu Skeeter tentang rasa sakit yang dialaminya tentang putranya yang tewas saat bertugas. Aibileen berusaha mencari solusi akhir atas kematian putranya dan percaya bahwa membantu menerbitkan buku tersebut akan memungkinkannya untuk menemukan solusi itu.

Hilly menolak meminjamkan lebih banyak uang kepada penggantinya, Yule May (Aunjanue Ellis), yang sedang berusaha membiayai putra kembarnya ke perguruan tinggi. Suatu hari, Yule May menemukan cincin yang dibuang dan mengasahnya. Namun, Yule May ditangkap secara brutal setelah Hilly melaporkan pencurian tersebut. Setelah insiden ini dan pembunuhan terhadap Medgar Evers, lebih banyak pelayan mengajukan cerita mereka, percaya bahwa buku tersebut akan mengakhiri kebrutalan terhadap orang Afrika-Amerika.

Setelah pembunuhan John F. Kennedy, Skeeter, Aibileen dan Minny khawatir cerita para pelayan akan dikenali. Minny kemudian memberitahu cerita "mengerikan" yang ia lakukan terhadap Hilly. Setelah dipecat, Minny memanggang pai cokelatnya yang terkenal dan memberikannya pada Hilly. Minny, bagaimanapun, mencegah Mrs. Walters mengambil sepotong dan mengungkapkan bahwa ia memanggang kotorannya di dalam pai tersebut. Cerita kue tersebut akan membuat Hilly menyangkal bahwa cerita di dalam buku itu adalah cerita Minny.

Skeeter marah kepada ibunya, Charlotte, tentang pemecatan Constantine. Charlotte memberitahu bahwa saat makan siang dengan pejabat setempat dari Daughters of America, putri Constantine, Rachel (LaChanze), tiba. Rachel tidak mematuhi perintah Charlotte untuk masuk melalui dapur dan membuatnya malu. Untuk memulihkan nama baiknya dari rasa malu, Charlotte memecat Constantine dan memerintahkan mereka berdua untuk pergi. Tak lama kemudian, Rachel membawa Constantine ke Chicago, tempat ia meninggal kemudian. Charlotte memiliki semua niat untuk membawa Constantine kembali ke Jackson.

Buku ini diterbitkan secara anonim dan sukses. Minny mengungkapkan cerita "mengerikan" pada Celia, yang akhirnya melihat Hilly sebagai pengganggu yang manipulatif. Celia mengetahui tentang cerita "mengerikan" dengan menulis cek ke salah satu kelompok amal Hilly. Hilly mencoba untuk mengintimidasi Skeeter dengan langkah hukum, namun ia mengingatkan Hilly bahwa cerita "mengerikan" itu ada di bab 12. Charlotte kemudian turun tangan dan mengetahui tentang cerita "mengerikan" dan memerintahkan Hilly keluar dari rumahnya. Charlotte dan Skeeter berdamai ketika Charlotte memberitahunya betapa bangganya ia tentang keberaniannya, buku dan tawaran pekerjaan di kota New York.

Johnny mendekati Minny dan memberitahu bahwa ia tahu bahwa Minny telah bekerja di rumahnya. Johnny menghargai persahabatan Minny dengan Celia dan menyelamatkan hidup Celia dan Minny memiliki jaminan pekerjaan tetap. Tindakan kebaikan ini memberi Minny keberanian untuk membawa anak-anaknya menjauh dari suaminya yang kasar dan tidak pernah menoleh ke belakang.

Dalam upaya untuk membalas dendam karena membantu Skeeter, Hilly mendesak Elizabeth untuk menghentikan Aibileen dan menjebak Aibileen dengan tuduhan pencurian di rumah Elizabeth. Namun Aibileen menantang Hilly, menyebutnya sebagai wanita yang tidak beriman dan tidak pernah puas sampai Hilly mendapatkan apa yang ia inginkan. Elizabeth memerintahkan Aibileen untuk pergi. Aibileen mengucapkan selamat tinggal pada putri Elizabeth dan memohon kepada Elizabeth untuk memberi putrinya kesempatan. Aibileen merefleksikan cobaan tersebut dan menemukan solusi akhir. Ia melihat masa depan menjadi seorang penulis.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Viola Davis sebagai Aibileen Clark
  • Emma Stone sebagai Eugenia "Skeeter" Phelan
  • Octavia Spencer sebagai Minny Jackson
  • Jessica Chastain sebagai Celia Rae Foote
  • Bryce Dallas Howard sebagai Hilly Walters Holbrook
  • Allison Janney sebagai Charlotte Phelan
  • Ahna O'Reilly sebagai Elizabeth Leefolt
  • Chris Lowell sebagai Stuart Whitworth
  • Sissy Spacek sebagai Mrs. Walters
  • Cicely Tyson sebagai Constantine Bates
  • Mike Vogel sebagai Johnny Foote
  • Anna Camp sebagai Jolene French
  • Brian Kerwin sebagai Robert Phelan
  • Aunjanue Ellis sebagai Yule May Davis
  • Ted Welch sebagai William Holbrook
  • LaChanze sebagai Rachel Bates
  • Mary Steenburgen sebagai Elaine Stein
  • Leslie Jordan sebagai Mr. Blackly
  • Wes Chatham sebagai Carlton Phelan
  • David Oyelowo sebagai Preacher Green
  • Dana Ivey sebagai Grace Higginbotham
  • Ashley Johnson sebagai Mary Beth Caldwell
  • Nelsan Ellis sebagai Henry

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Help mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 75%, berdasarkan 214 ulasan, dengan rating rata-rata 7/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 62 dari 100, berdasarkan 41 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[5] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[6]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Help mendapatkan $169,708,112 di Amerika Utara dan $46,931,000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $216,639,112, melebihi anggaran produksi film $25 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $26,044,590, menempati posisi kedua di box office di belakang film Rise of the Planet of the Apes.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Help (12)". British Board of Film Classification. October 16, 2011. Diakses tanggal February 20, 2018. 
  2. ^ a b c d "The Help (2011)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 20, 2018. 
  3. ^ Breznican, Anthony (June 30, 2011). "'The Help' moves up its release date to Aug. 10". Entertainment Weekly. Diakses tanggal February 20, 2018. 
  4. ^ "The Help (2011)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 20, 2018. 
  5. ^ "The Help reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 20, 2018. 
  6. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]