Million Dollar Baby

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Million Dollar Baby
Million Dollar Baby poster.jpg
Poster film Million Dollar Baby
Sutradara Clint Eastwood
Produser Clint Eastwood
Albert S. Ruddy
Tom Rosenberg
Paul Haggis
Skenario Paul Haggis
Cerita F. X. Toole
Berdasarkan Rope Burns: Stories from the Corner 
oleh F. X. Toole
Pemeran Clint Eastwood
Hilary Swank
Morgan Freeman
Musik Clint Eastwood
Sinematografi Tom Stern
Penyunting Joel Cox
Perusahaan
produksi
Lakeshore Entertainment
Malpaso Productions
Distributor Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 5 Desember 2004 (2004-12-5) (New York)
  • 15 Desember 2004 (2004-12-15) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 28 Januari 2005 (2005-1-28) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
132 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $30 juta[2]
Pendapatan kotor $216,763,646[2]

Million Dollar Baby adalah film drama Amerika Serikat tahun 2004 yang disutradarai oleh Clint Eastwood dan diproduseri oleh Clint Eastwood, Albert S. Ruddy, Tom Rosenberg dan Paul Haggis. Naskah film ini ditulis oleh Paul Haggis, sementara ceritanya ditulis oleh F. X. Toole berdasarkan cerita pendek Rope Burns: Stories from the Corner karya F. X. Toole. Film ini dibintangi oleh Clint Eastwood, Hilary Swank dan Morgan Freeman.

Film Million Dollar Baby merupakan film kolaborasi kedua Clint Eastwood dan Morgan Freeman setelah film Unforgiven. Film ini ditayangkan secara perdana di New York pada tanggal 5 Desember 2004 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 15 Desember 2004 secara terbatas dan 28 Januari 2005 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Margaret "Maggie" Fitzgerald (Hilary Swank), seorang pelayan dari Ozarks, Missouri, menampakkan diri di Hit Pit, sebuah pusat kebugaran lama di Los Angeles yang dimiliki dan dikelola oleh Frankie Dunn (Clint Eastwood), seorang pelatih tinju tua yang keras. Maggie meminta Frankie untuk melatihnya, namun Frankie menolaknya. Maggie bekerja tanpa lelah setiap hari di pusat kebugarannya, bahkan setelah Frankie memberitahu bahwa Maggie "terlalu tua" untuk memulai karier tinju di usianya. Eddie "Scrap-Iron" Dupris (Morgan Freeman), sahabat dan karyawan Frankie, mendorong dan membantu Maggie.

Harapan besar Frankie, Big Willie Little (Mike Colter), menandatangani kontrak dengan manajer yang sukses, Mickey Mack (Bruce MacVittie), setelah ia tidak sabar dengan Frankie yang menolak tawaran untuk pertandingan kejuaraan. Dengan dorongan dari Eddie dan terkesan dengan kegigihan Maggie, Frankie terpaksa menyetujui untuk melatih Maggie. Ia memperingatkan Maggie bahwa ia akan mengajarinya hanya dasar-dasar dan kemudian mencarikan manajer untuk Maggie. Selain Maggie dan para karyawan Frankie, satu-satunya orang yang berhubungan dengan Frankie adalah seorang pendeta setempat di mana Frankie berseteru dengannya secara verbal pada misa harian.

Sebelum pertandingan pertamanya, Frankie meninggalkan Maggie dengan manajer yang sembrono di pusat kebugarannya, membuat Maggie tidak senang. Setelah Frankie diberitahu oleh Eddie bahwa manajer tersebut sengaja menempatkan Maggie melawan petinju wanita terbaiknya (melatih pemain pemula untuk kalah) untuk memberikannya kemenangan mudah, Frankie kembali dengan Maggie di tengah-tengah pertandingan dan melatihnya sebagai gantinya untuk kemenangan yang tak terduga. Maggie sungguh-sungguh berusaha masuk ke divisi tinju amatir wanita dengan pelatihan Frankie, memenangkan banyak pertandingan kelas lightweight dengan knock out di ronde pertama. Mendapatkan reputasi atas knock out Maggie, Frankie harus melakukan penyuapan untuk mendapatkan manajer lain agar manajer tersebut menempatkan pemain mereka melawan Maggie.

Akhirnya, Frankie mengambil risiko dengan menempatkan Maggie di kelas welterweight junior, di mana hidung Maggie patah dalam pertandingan pertamanya. Frankie datang untuk membangun hubungan paternalnya dengan Maggie, menggantikan putrinya yang terpisah. Eddie, kecewa ketika Frankie menolak beberapa tawaran untuk pertandingan besar, mengatur pertemuan untuk Maggie dengan Mickey Mack di restoran ketika Maggie merayakan ulang tahunnya yang ke-33. Demi kesetiaan, Maggie menolaknya. Frankie terpaksa menerima pertandingan untuk Maggie melawan lawan peringkat teratas di Britania Raya, di mana Frankie memberikan julukan Gaelic untuk Maggie. Frankie dan Maggie melakukan perjalanan ke Eropa saat Maggie terus memenangkan pertandingan. Maggie akhirnya menyimpan cukup banyak kemenangannya untuk membelikan ibunya (Margo Martindale) sebuah rumah, namun ibunya memaki Maggie karena membahayakan bantuan pemerintahannya, mengklaim bahwa semua orang di rumah menertawakannya.

Frankie akhirnya bersedia mengatur pertandingan gelar. Ia mengamankan Maggie pertandingan berhadiah $1 juta di Las Vegas, Nevada, melawan juara kelas welterweight wanita WBA, Billie "The Blue Bear" Osterman (Lucia Rijker), mantan pekerja seks komersial Jerman yang memiliki reputasi sebagai petinju curang. Mengatasi permulaan yang lemah, Maggie mulai mendominasi pertandingan, namun setelah ronde berakhir, Billie memukul knock out Maggie dengan pukulan sucker punch dari belakang setelah lonceng terdengar untuk menunjukkan akhir ronde. Sebelum Frankie mengeluarkan kursi sudut pertandingan keluar yang ditempatkan sembarangan oleh asisten Frankie, Maggie jatuh di atas kursi tersebut dengan keras, mematahkan lehernya dan berada dalam kondisi quadriplegic yang bergantung pada ventilator.

Frankie kemudian mengalami tiga fase pertama dari lima tahapan kedukaan. Pertama, ia mencari pendapat beberapa dokter atas penyangkalan, lalu marah dan menyalahkan Eddie dan kemudian mencoba tawar-menawar dengan Tuhan melalui doa.

Di fasilitas rehabilitasi medis, Maggie menantikan kunjungan dari keluarganya, namun mereka tiba ditemani oleh seorang pengacara dan hanya setelah mereka pertama kali mengunjungi Disneyland dan Universal Studios Hollywood. Satu-satunya kekhawatiran mereka adalah memindahkan aset Maggie kepada mereka. Maggie meminta mereka untuk pergi, mengancam untuk menjual rumah dan memberitahu IRS tentang penipuan kesejahteraan ibunya jika mereka menunjukkan wajah mereka lagi.

Ketika hari-hari berlalu, Maggie mengalami luka baring dan mengalami amputasi kakinya yang terinfeksi. Maggie meminta bantuan Frankie untuk membantunya mati dan menyatakan bahwa Maggie mendapatkan semua yang diinginkan dalam hidupnya. Frankie menolaknya dan Maggie kemudian menggigit lidahnya berulang kali dalam upaya untuk mati kehabisan darah, namun tenaga medis menyelamatkan Maggie dan mengambil tindakan untuk mencegah upaya bunuh diri lebih lanjut. Pastur yang telah dilecehkan oleh Frankie selama 23 tahun, Pastur Horvak (Brían F. O'Byrne), memperingatkan Frankie bahwa ia tidak akan pernah menemukan dirinya lagi jika ia melakukan keinginan Maggie.

Frankie menyelinap dalam satu malam, tanpa sadar bahwa Eddie mengawasinya dari belakangnya. Tepat sebelum memberikan suntikan yang mematikan dari adrenalin, Frankie akhirnya memberitahu Maggie arti dari nama panggilan yang diberikan kepadanya, Mo Chuisle (salah ejaan dalam film sebagai "mo cuishle"), yang berasal dari bahasa Irlandia dari "sayangku, dan darahku" (secara harfiah berarti "denyut nadiku"). Frankie tidak pernah kembali ke pusat kebugaran. Narasi Eddie tertuang ke dalam surat untuk putri Frankie, yang memberitahunya tentang karakter ayahnya yang sebenarnya. Film ini berakhir dengan Frankie yang duduk di restoran tempat Maggie pernah mengajaknya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Clint Eastwood sebagai Frankie Dunn
  • Hilary Swank sebagai Mary Margaret "Maggie" Fitzgerald
  • Morgan Freeman sebagai Eddie "Scrap-Iron" Dupris
  • Jay Baruchel sebagai Danger Barch
  • Mike Colter sebagai Big Willie Little
  • Lucia Rijker sebagai Billie "The Blue Bear" Osterman
  • Brían F. O'Byrne sebagai Pastur Horvak
  • Anthony Mackie sebagai Shawrelle Berry
  • Margo Martindale sebagai Earline Fitzgerald
  • Riki Lindhome sebagai Mardell Fitzgerald
  • Michael Peña sebagai Omar
  • Benito Martinez sebagai manajer Billie
  • Bruce MacVittie sebagai Mickey Mack
  • David Powledge sebagai kasir di restoran
  • Joe D'Angerio sebagai Cut Man
  • Aaron Stretch sebagai diri sendiri
  • Don Familton sebagai pembawa acara pertandingan

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Million Dollar Baby mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 86%, berdasarkan 234 ulasan, dengan rating rata-rata 7.5/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 71 dari 100, berdasarkan 41 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Million Dollar Baby mendapatkan $100,492,203 di Amerika Utara dan $116,271,443 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $216,763,646, melebihi anggaran produksi film $30 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $179,953, menempati posisi ke-24 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $12,265,482, menempati posisi ke-3 di box office di belakang film Hide and Seek dan Are We There Yet?[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Million Dollar Baby (12A)". British Board of Film Classification. December 3, 2004. Diakses tanggal May 15, 2013. 
  2. ^ a b c d "Million Dollar Baby (2004)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "Million Dollar Baby (2004)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Million Dollar Baby reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]