Sully (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sully
Sully movie poster.jpg
Poster film Sully
SutradaraClint Eastwood
ProduserClint Eastwood
Frank Marshall
Tim Moore
Allyn Stewart
SkenarioTodd Komarnicki
BerdasarkanHighest Duty: My Search for What Really Matters
oleh Chesley Sullenberger dan Jeffrey Zaslow
PemeranTom Hanks
Aaron Eckhart
Laura Linney
MusikChristian Jacob
The Tierney Sutton Band
SinematografiTom Stern
PenyuntingBlu Murray
Perusahaan
produksi
Village Roadshow Pictures
Malpaso Productions
The Kennedy/Marshall Company
Flashlight Films
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
Durasi
96 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$60 juta[2][3]
Pendapatan kotor$240.797.623[4]

Sully adalah film drama biografi Amerika Serikat tahun 2016 yang disutradarai oleh Clint Eastwood dan diproduseri oleh Clint Eastwood, Frank Marshall, Time Moore dan Allyn Stewart. Naskah film ini ditulis oleh Todd Komarnicki berdasarkan otobiografi Highest Duty karya pilot Chesley "Sully" Sullenberger dan Jeffrey Zaslow. Film ini dibintangi oleh Tom Hanks, Aaron Eckhart dan Laura Linney.

Film Sully ditayangkan secara perdana di Festival Film Telluride pada tanggal 2 September 2016 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 9 September 2016.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus, tetapi memicu kontroversi untuk penggambaran Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (National Transportation Safety Board).[6][7]

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 15 Januari 2009, pilot US Airways Kapten Chesley "Sully" Sullenberger (Tom Hanks) dan kopilot Jeffery Skiles (Aaron Eckhart) menerbangkan US Airways Penerbangan 1549 dari Bandara LaGuardia ke Bandara Charlotte Douglas, lepas landas dalam beberapa menit. Baru tiga menit penerbangan, kira-kira pada ketinggian 2.800 kaki (850 meter), Airbus A320 menabrak kawanan angsa Kanada, menonaktifkan kedua mesin. Tanpa tenaga mesin atau bandara dalam jarak yang aman dan hanya Bandara Teterboro yang paling dekat, Sully memutuskan untuk mendaratkan pesawat di Sungai Hudson. Sully berhasil mendarat pesawat di sungai tersebut tanpa ada korban jiwa. Media dan masyarakat segera menyebutnya sebagai pahlawan, tetapi pengalaman penerbangan membuat Sully mengalami gangguan stres pascatrauma, berulang kali membayangkan pesawat menabrak gedung.

Setelah itu, Sully mengetahui bahwa uji coba yang dilakukan untuk Dewan Keselamatan Transportasi Nasional menunjukkan mesin kiri yang masih berjalan ketika tidak beroperasi (idle). Uji coba tersebut membuat Sully tidak mampu kembali ke Bandara LaGuardia atau mendarat di Bandara Teterboro. Selanjutnya, dewan penyelidikan, yang mengklaim bahwa beberapa simulasi penerbangan rahasia dibuat dari semua data yang tersedia, menyimpulkan bahwa pesawat tersebut dapat mendarat di bandara dengan aman, meskipun kedua mesinnya tidak aktif. Bagaimanapun juga, Sully menyatakan bahwa ia kehilangan kedua mesin, yang membuatnya tidak memiliki waktu, kecepatan atau ketinggian untuk mendarat dengan aman di bandara manapun.

Sully menyadari bahwa Dewan Keselamatan Transportasi Nasional telah memutarbalikkan penyebab rusaknya kedua mesin pesawat tersebut, yang disebabkan oleh kesalahan pilot sehingga membuat karier Sully berakhir. Dalam upaya untuk menyelamatkan reputasinya, Sully mengatur rencana untuk memiliki simulator pilot sehingga dapat ditunjukkan di persidangan. Ketika simulasinya sukses, Sully menentang bahwa simulasi dari dewan penyelidikan tidak realistis karena pilot segera mengetahui tindakan apa yang harus diambil, sehingga menghindari terjadinya kesalahan manusia (human error). Ketika ditekan, dewan penyelidikan mengakui bahwa pilot diizinkan mengikuti beberapa sesi latihan sebelum simulasi yang ditunjukkan di persidangan.

Setelah dewan penyelidikan telah mengaku di persidangan, dewan memerintahkan untuk mengulangi simulasi dengan jeda 35 detik setelah serangan burung dan sebelum berusaha melakukan manuver darurat, untuk memperkirakan kecocokan waktu Sully. Simulasi di Bandara LaGuardia berakhir dengan penabrakan pesawat ke dermaga, sementara simulasi di Bandara Teterboro berakhir dengan penabrakan pesawat ke suatu gedung. Dewan penyelidikan resmi mengumumkan bahwa mesin kiri telah didapatkan kembali dari Sungai Hudson, menunjukkan tanda-tanda yang tak terbantahkan bahwa mesin itu hancur oleh serangan burung. Akhirnya, dewan menyimpulkan bahwa insiden US Airways Penerbangan 1549 tidak dapat dihindari dan Sully mengerahkan rute penerbangan untuk menyelamatkan nyawa para penumpang.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Tom Hanks sebagai Chesley "Sully" Sullenberger
  • Aaron Eckhart sebagai Jeffery Skiles
  • Laura Linney sebagai Lorraine Sullenberger
  • Anna Gunn sebagai Dr. Elizabeth Davis
  • Autumn Reeser sebagai Tess Soza
  • Ann Cusack sebagai Donna Dent
  • Holt McCallany sebagai Mike Cleary
  • Mike O'Malley sebagai Charles Porter
  • Jamey Sheridan sebagai Ben Edwards
  • Jerry Ferrara sebagai Michael Delaney
  • Molly Hagan sebagai Doreen Welsh
  • Max Adler sebagai Jimmy Stefanik
  • Sam Huntington sebagai Jeff Kolodjay
  • Wayne Bastrup sebagai Brian Kelly
  • Valerie Mahaffey sebagai Diane Higgins
  • Jeff Kober sebagai L. T. Cook
  • Katie Couric sebagai diri sendiri
  • Vince Lombardi sebagai diri sendiri
  • Cooper Thornton sebagai Jim Whitaker
  • Noelle Fink sebagai Emma Cowan

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Sully mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 86%, berdasarkan 314 ulasan, dengan rating rata-rata 7,2/10.[8] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 74 dari 100, berdasarkan 46 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[9] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[10]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Sully mendapatkan $125.070.033 di Amerika Utara dan $115.727.590 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $240.797.623, melebihi anggaran produksi film $60 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $35.028.301, menempati posisi teratas di box office.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sully (12A)". British Board of Film Classification. September 5, 2016. Diakses tanggal September 5, 2016. 
  2. ^ Anthony D'Alessandro (September 7, 2016). "Clint Eastwood's 'Sully' Launches Fall Awards Season, But Can 'Bough' Break At No. 1? – B.O. Preview". Deadline.com. Diakses tanggal September 8, 2016. 
  3. ^ Ryan Faughnder (September 6, 2016). "'Sully' and 'When the Bough Breaks' to choke 'Don't Breathe' at the box office". Los Angeles Times. Diakses tanggal September 8, 2016. 
  4. ^ a b c "Sully (2016)". Box Office Mojo. Diakses tanggal September 18, 2016. 
  5. ^ Stone, Natalie (December 18, 2015). "Clint Eastwood's 'Sully' Gets Early Fall Release Date". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 25, 2015. 
  6. ^ Negroni, Christine (September 9, 2016). "'Sully' Is Latest Historical Film to Prompt Off-Screen Drama". The New York Times. Diakses tanggal September 9, 2016. 
  7. ^ Lowy, Joan (September 8, 2016). "Real-life investigators object to portrayal in 'Sully' movie". Associated Press. Diakses tanggal September 9, 2016. 
  8. ^ "Sully (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal September 13, 2016. 
  9. ^ "Sully reviews". Metacritic. Diakses tanggal September 14, 2016. 
  10. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]