Lompat ke isi

Perwira pertama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kopilot)
Seorang perwira pertama yang mengendalikan pesawat penumpang de Havilland Canada Dash 8

Kopilot (bahasa Inggris: co-pilot) atau perwira pertama (bahasa Inggris: first officer) , adalah seorang penerbang selain kapten , yang merupakan komandan sah. Jika kapten tidak mampu, perwira pertama akan mengambil alih komando pesawat.

Pengendalian pesawat biasanya dibagi rata antara perwira pertama dan kapten, dengan satu penerbang biasanya ditunjuk sebagai " penerbang kendali " dan yang lainnya disebut "penerbang nirkendali", atau "penerbang pemantauan", untuk setiap penerbangan. Meskipun perwira pertama adalah penerbang kendali, kapten tetap bertanggung jawab atas pesawat, penumpang, dan awaknya. Dalam operasi sehari-hari, tugas-tugas penting tetap sama. Seringkali perwira pertama akan mencatat waktu sebagai penerbang yang bertugas dibawah penyelia (PICUS), dengan tujuan bekerja untuk mendapatkan lisensi pilot transportasi maskapai penerbangan .

Secara tradisional, petugas pertama duduk di sisi kanan pesawat sayap tetap (“ kursi kanan ”) dan sisi kiri helikopter ( alasan perbedaan ini, dalam banyak kasus, terkait dengan penerbang yang terbang. tidak dapat melepaskan tangan kanan dari kendali siklik untuk mengoperasikan instrumen, sehingga mereka duduk di sisi kanan dan melakukannya dengan tangan kiri).

Pada penerbangan jarak jauh , mungkin ada beberapa kapten dan perwira pertama di dalamnya, yang bertindak sebagai kru bantuan . Saat kapten beristirahat, perwira senior pertama duduk di kursi sebelah kiri, misalnya pada Air France Penerbangan 447 .

Banyak maskapai penerbangan yang melakukan promosi berdasarkan senioritas hanya di dalam perusahaan mereka sendiri. Akibatnya, seorang perwira pertama maskapai penerbangan mungkin lebih tua dan/atau memiliki lebih banyak pengalaman penerbangan daripada seorang kapten, berdasarkan pengalaman dari maskapai penerbangan lain atau militer.

Beberapa maskapai penerbangan mempunyai pangkat "perwira pertama muda", untuk penerbang yang belum berkualifikasi penuh. Pesawat modern memerlukan dua penerbang. Ketika seorang perwira pertama muda sedang menjalani pelatihan, seorang penerbang keselamatan akan duduk di kursi lompat untuk memantau perwira pertama muda dan kaptennya. Perwira pertama muda kadang-kadang dikenal sebagai perwira kedua .

Setelah sejumlah jam terbang dan pengalaman tertentu, seorang perwira pertama dapat dipromosikan menjadi perwira utama purna. Seorang perwira pertama purna biasanya memiliki setidaknya 1.500 jam pengalaman penerbangan. Beberapa penerbang lebih memilih untuk tetap menjadi perwira pertama purna daripada mengejar peningkatan menjadi kapten.

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]

Lihat pula

[sunting | sunting sumber]