Tabel waktu maskapai penerbangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tabel waktu maskapai penerbangan adalah buku yang banyak digunakan maskapai penerbangan di seluruh dunia untuk menginformasikan penumpang tentang beberapa hal, seperti jadwal, armada, keamanan, hiburan dalam penerbangan, menu makanan, batasan dan informasi kontak telepon.

Tabel waktu maskapai penerbangan biasanya dibuat berupa buku kertas kecil yang bisa diberikan pada penumpang di dalam pesawat, di agen tiket dan loket bandara, atau melalui permintaan telepon atau surat. Tanggal 16 Januari 1928, Pan Am menerbitkan salah satu tabel waktu pertama mereka. Bertuliskan The air-way to Havana, Pan American Airways, Pershing Square building, New York.


Buku tabel waktu maskapai penerbangan terkenal karena keragaman mereka, contohnya sampul berwarna, seperti yang dimiliki maskapai-maskapai Amerika Latin. Selain itu, tabel waktu Scenic Airlines hanya terdiri dari selembar kertas, dengan informasi jadwal penerbangan hub mereka di depan, dan jadwal kembali di belakang.


Setelah serangan 11 September 2001, banyak maskapai penerbangan di dunia menghentikan produksi buku jadwal, untuk memotong biaya dan mengurangi penundaan antara perubahan jadwal dan jadwal baru yang dipegang masyarakat. Akibatnya, sebagian besar maskapai penerbangan sekarang memberitahu jadwal mereka melalui Internet (maskapai yang lebih besar biasanya menawarkan aplikasi berdiri sendiri, sementara yang lain hanya menyediakan dokumen yang dapat diunduh seperti PDF), dan nilai sebagian buku jadwal maskapai penerbangan telah meningkat di antara para kolektor.

Organisasi dan bisnis maskapai penerbangan yang masih menerbitkan buku jadwal[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • The Official Airline Guides mengelola jadwal untuk semua maskapai penerbangan dan membuat daftar jadwal bagi mereka. Sementara bagian lain dari situs web ini berbasis langganan, sebuah buku diterbitkan setiap bulan dan biasanya dalam bentuk penuh.

Empat Sistem Reservasi Komputer (juga dikenal sebagai Sistem Distribusi Global) berisi semua data untuk maskapai penerbangan yang mereka layani[rujukan?]. Amadeus menawarkan antarmuka yang dapat dicari dan tersedia secara publik.