Ruang tunggu bandar udara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Garuda Lounge Hang Nadim.jpg

Ruang tunggu bandar udara adalah fasilitas yang dioperasikan di banyak bandar udara. Ruang tunggu bandar udara menawarkan, untuk penumpang tertentu, kenyamanan di luar yang disediakan di terminal bandar udara itu sendiri, seperti tempat duduk yang lebih nyaman,[1][2] lingkungan yang lebih tenang, dan seringkali akses yang lebih baik ke perwakilan layanan pelanggan. Akomodasi lainnya mungkin termasuk ruang pertemuan pribadi, telepon,[1] akses internet nirkabel[1][2] dan layanan bisnis lainnya, bersama dengan ketentuan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang, seperti minuman gratis, makanan ringan, majalah, dan kamar mandi.[1][2]

American Airlines Admirals Club adalah ruang tunggu bandar udara pertama ketika di buka di Bandar Udara La Guardia Kota New York, pada tahun 1939. Presiden AA pada saat itu C. R. Smith menyusunya sebagai alat promosi.[3]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Ruang tunggu maskapai penerbangan[sunting | sunting sumber]

Ruang tunggu kelas bisnis standar SAS di Bandar Udara Helsinki-Vantaa, Finlandia

Maskapai penerbangan mengoperasikan ruang tunggu maskapai penerbangan sebagai layanan kepada penumpang premium, biasanya penumpang yang terbang di kelas satu dan kelas bisnis, dengan status program penumpang setia tingkat tinggi, dan keanggotaan kartu kredit perjalanan premium.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Perkins, Ed (2 May 2013). "Airport lounges 101: Why to use them and how to get in". SmarterTravel.com. USA Today. 
  2. ^ a b c "Airport Lounges". Sleeping in Airports. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-11-20. Diakses tanggal 2022-01-24. 
  3. ^ "Admirals Club History". American Airlines. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-21.