Richard Jewell (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Richard Jewell
Richard Jewell Poster.jpg
Poster film Richard Jewell
SutradaraClint Eastwood
ProduserTim Moore
Jessica Meier
Kevin Misher
Leonardo DiCaprio
Jennifer Davisson
Jonah Hill
Clint Eastwood
SkenarioBilly Ray
Berdasarkan"American Nightmare: The Ballad of Richard Jewell"
oleh Marie Brenner
PemeranPaul Walter Hauser
Sam Rockwell
Kathy Bates
Jon Hamm
Olivia Wilde
MusikArturo Sandoval
SinematografiYves Bélanger
PenyuntingJoel Cox
Perusahaan
produksi
Malpaso Productions
Appian Way Productions
Misher Films
75 Year Plan Productions
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
Durasi
131 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$45 juta[2]
Pendapatan kotor$43.745.542[3]

Richard Jewell adalah film biografi drama Amerika Serikat tahun 2019 yang disutradarai oleh Clint Eastwood dan diproduseri oleh Tim Moore, Jessica Meier, Kevin Misher, Leonardo DiCaprio, Jennifer Davisson, Jonah Hill dan Clint Eastwood. Naskah film ini ditulis oleh Billy Ray. Film ini dibintangi oleh Paul Walter Hauser, Sam Rockwell, Kathy Bates, Jon Hamm dan Olivia Wilde.

Film Richard Jewell ditayangkan secara perdana di Festival Lembaga Film Amerika pada tanggal 20 November 2019[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 13 Desember 2019.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1986, Richard Jewell (Paul Walter Hauser) bekerja sebagai juru tulis kantor di sebuah firma hukum publik kecil di mana ia dekat dengan pengacara Watson Bryant (Sam Rockwell). Richard kemudian meninggalkan perusahaan tersebut untuk menjadi penjaga keamanan di Piedmont College, berharap untuk bekerja dalam penegakan hukum, tetapi ia dipecat setelah beberapa keluhan tentangnya dalam bertindak di luar wilayah hukumnya. Richard pindah dengan ibunya, Bobi (Kathy Bates), ke Atlanta. Pada musim panas tahun 1996, ia bekerja sebagai penjaga keamanan di Olimpiade, mengawasi Centennial Olympic Park.

Pada pagi hari tanggal 27 Juli 1996, setelah ia mengejar orang-orang mabuk saat konser Jack Mack and the Heart Attack, Richard melihat paket mencurigakan di bawah bangku, yang dikonfirmasi oleh seorang ahli bahan peledak yang berisi bom. Tim keamanan, termasuk petugas kepolisian, agen FBI Tom Shaw (Jon Hamm), serta teman Richard, Dave Dutchess (Niko Nicotera), memindahkan penonton konser menjauh dari bom ketika bom telah meledak dan awalnya Richard dipuji sebagai pahlawan.

Di kantor FBI di Atlanta, Tom Shaw beserta timnya menentukan bahwa Richard, sebagai pria berkulit putih yang menjadi calon polisi, cocok dengan profil umum para pelaku yang melakukan kejahatan serupa, membandingkannya dengan pelaku lain yang mencari pujian dan perhatian dengan menyelamatkan orang-orang dari situasi berbahaya yang mereka sebabkan sendiri.

Tom Shaw didekati oleh jurnalis Kathy Scruggs (Olivia Wilde) dari The Atlanta Journal-Constitution. Sebagai gantinya dengan berhubungan seks, Tom Shaw memberitahu bahwa Richard dicurigai dan berada di bawah pengawasan FBI. The Atlanta Journal-Constitution menerbitkan artikel Kathy di halaman depan, mengungkapkan niat FBI untuk menjadikan Richard sebagai tersangka. Kathy membuat catatan rinci tentang fisik Richard, fakta bahwa ia tinggal bersama ibunya dan membuat sejarah demi meyakinkan dirinya sendiri bahwa Richard cocok dengan profil FBI. Kisah ini segera menjadi berita internasional.

Richard, yang awalnya tidak menyadari perubahan persepsi publiknya, dipanggil ke kantor FBI. Richard awalnya bekerja sama, tetapi ia menolak menandatangani pengakuan bahwa ia telah membaca peringatan Miranda-nya, lalu ia segera menelepon Watson Bryant untuk perwakilan hukum. Watson, yang sekarang berusaha menjalankan biro hukumnya sendiri, setuju dan membuat Richard sadar bahwa ia akan dijadikan tersangka utama.

Tom Shaw dan rekannya, Dan Bennet (Ian Gomez), mengunjungi dekan Piedmont College, yang memperkuat kecurigaan mereka terhadap Richard. FBI menggeledah rumah Richard dan menyita barang-barang termasuk buku-buku kriminal sejati dan koleksi senjata api. Richard mengakui kepada Watson bahwa ia telah menghindari pajak penghasilan selama bertahun-tahun dan pernah ditangkap karena melebihi wewenangnya. Watson memperingatkan Richard karena terlalu bertanggung jawab dengan petugas polisi yang menyelidikinya. Richard mengakui bahwa rasa hormatnya yang sudah tertanam terhadap pihak berwenang membuatnya sulit baginya untuk tidak bersikap hormat, bahkan ketika pihak berwenang berusaha melukainya.

Richard dan Watson berseteru dengan Kathy Scruggs dan menuntut pencabutan dan permintaan maaf, tetapi Kathy mendukung artikelnya. Masih belum sepenuhnya yakin akan kepolosan Richard, Watson dan sekretarisnya yang sudah lama menderita, Nadya (Nina Arianda), menghitung jarak antara bilik telepon dan tempat bom, menyimpulkan bahwa mustahil bagi seseorang untuk menelepon ketika ada ancaman bom serta menemukan bom pada saat ditemukan. Kathy dan Tom telah membuat kesimpulan yang sama, lalu FBI mengubah gambar mereka tentang kejahatan untuk memasukkan kaki tangan. Ketika kasus mereka melemah, FBI mencoba menghubungkan Dave Dutchess dengan Richard sebagai kaki tangan homoseksual.

Watson melakukan pemeriksaan poligraf yang sempat dilewati oleh Richard, menghilangkan keraguan Bryant tentang kepolosan Richard. Bobi mengadakan konferensi pers dan memohon agar investigasi dihentikan agar ia dan putranya melanjutkan kehidupan mereka. Richard dan Watson bertemu dengan Tom Shaw dan Dan Bennet di kantor FBI, dan setelah beberapa pertanyaan yang tidak relevan, Richard menyadari mereka tidak memiliki sedikit pun bukti terhadapnya. Ketika Richard bertanya langsung apakah mereka siap untuk menuntutnya, kesunyian mereka meyakinkan Richard untuk pergi, yang akhirnya kehilangan rasa hormatnya pada pihak berwenang dan penegak hukum.

Delapan puluh delapan hari setelah dituduh sebagai tersangka utama, Richard diberitahu melalui surat resmi bahwa ia tidak lagi diselidiki.

Pada bulan April 2005, Richard, yang sekarang seorang perwira polisi di Luthersville, Georgia, dikunjungi oleh Watson yang memberitahunya bahwa Eric Rudolph (Eric Mendenhall) telah mengakui pengeboman Centennial Olympic Park.

Film berakhir dengan pernyataan bahwa dua tahun kemudian, pada tanggal 29 Agustus 2007, Richard Jewell meninggal dunia pada usia 44 tahun akibat komplikasi diabetes dan gagal jantung.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Paul Walter Hauser sebagai Richard Jewell
  • Sam Rockwell sebagai Watson Bryant
  • Kathy Bates sebagai Barbara "Bobi" Jewell
  • Jon Hamm sebagai Tom Shaw
  • Olivia Wilde sebagai Kathy Scruggs
  • Ian Gomez sebagai Agen Dan Bennet
  • Dylan Kussman sebagai Bruce Hughes
  • Wayne Duvall sebagai pemeriksa poligraf
  • Dylan Kussman sebagai Agen Bruce Hughes
  • Mike Pniewski sebagai Brandon Hamm
  • Nina Arianda sebagai Nadya
  • Niko Nicotera sebagai Dave Dutchess
  • Eric Mendenhall sebagai Eric Rudolph

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Richard Jewell mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 76%, berdasarkan 265 ulasan, dengan rating rata-rata 6,79/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 68 dari 100, berdasarkan 45 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[8]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Richard Jewell mendapatkan $22.345.542 di Amerika Utara dan $21.400.000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $43.745.542, lebih kecil dari anggaran produksi film $45 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $4.705.265, menempati posisi keempat di box office di belakang film Jumanji: The Next Level, Frozen II dan Knives Out.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Richard Jewell (15)". British Board of Film Classification. December 17, 2019. Diakses tanggal February 26, 2020. 
  2. ^ D'Alessandro, Anthony (December 14, 2019). "'Jumanji: The Next Level' Advancing To $51M+ Opening; 'Richard Jewell' & 'Black Christmas' Earn Lumps Of Coal". Deadline Hollywood. Diakses tanggal December 14, 2019. 
  3. ^ a b c "Richard Jewell (2019)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 26, 2020. 
  4. ^ Day-Ramos, Dino (October 8, 2019). "Clint Eastwood's 'Richard Jewell' To Make World Premiere At AFI Fest". Deadline Hollywood. Diakses tanggal October 8, 2019. 
  5. ^ D'Alessandro, Anthony (September 27, 2019). "Clint Eastwood's 'Richard Jewell' Enters Awards Season With December Release". Deadline. Diakses tanggal October 3, 2019. 
  6. ^ "Richard Jewell (2019)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 5, 2019. 
  7. ^ "Richard Jewell reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 5, 2019. 
  8. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]