Mystic River (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mystic River
Mystic River poster.jpg
Poster film Mystic River
Sutradara Clint Eastwood
Produser Clint Eastwood
Robert Lorenz
Judie G. Hoyt
Skenario Brian Helgeland
Berdasarkan Mystic River 
oleh Dennis Lehane
Pemeran Sean Penn
Tim Robbins
Kevin Bacon
Laurence Fishburne
Marcia Gay Harden
Laura Linney
Musik Clint Eastwood
Sinematografi Tom Stern
Penyunting Joel Cox
Perusahaan
produksi
Village Roadshow Pictures
Malpaso Productions
NPV Entertainment
Distributor Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 23 Mei 2003 (2003-5-23) (Festival Film Cannes)
  • 8 Oktober 2003 (2003-10-8) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 17 Oktober 2003 (2003-10-17) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
137 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $30 juta[2]
Pendapatan kotor $156,822,020[2]

Mystic River adalah film drama kriminal misteri Amerika Serikat tahun 2003 yang disutradarai oleh Clint Eastwood dan diproduseri oleh Clint Eastwood, Robert Lorenz dan Judie G. Hoyt. Naskah film ini ditulis oleh Brian Helgeland berdasarkan novel Mystic River karya Dennis Lehane. Film ini dibintangi oleh Sean Penn, Tim Robbins, Kevin Bacon, Laurence Fishburne, Marcia Gay Harden dan Laura Linney.

Film Mystic River ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada tanggal 23 Mei 2003[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 8 Oktober 2003 secara terbatas dan 17 Oktober 2003 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Berawal pada tahun 1975, tiga anak laki-laki, Jimmy Markum (Jason Kelly), Sean Devine (Connor Paolo) dan Dave Boyle (Cameron Bowen), tengah bermain hoki di jalanan kota Boston. Menemukan beton yang basah, mereka mulai menulis nama mereka di beton tersebut ketika sebuah mobil datang dan dua pria di dalam mobil tersebut, menyamar sebagai petugas kepolisian. Seseorang keluar dan memaki tiga anak tersebut atas tindakan mereka, lalu ia memberitahu Dave untuk masuk ke mobil. Mereka menahan Dave dan melakukan pelecehan seksual kepadanya selama empat hari, hingga Dave melarikan diri.

Dua puluh lima tahun kemudian, anak-anak tersebut telah dewasa dan masih tinggal di Boston, namun tidak lagi bersahabat sejak insiden penculikan tersebut. Jimmy (Sean Penn) merupakan seorang mantan narapidana yang mengelola sebuah toko, sementara Dave (Tim Robbins) bekerja sebagai buruh pabrik yang trauma dengan masa lalunya. Keduanya masih bertetangga dan berhubungan karena pernikahan. Putri Jimmy yang berusia 19 tahun, Katie (Emmy Rossum), diam-diam berkencan dengan Brendan Harris (Tom Guiry), seorang anak yang tidak disukai Jimmy. Katie dan Brendan berencana untuk melarikan diri bersama ke Las Vegas.

Katie pergi keluar pada malam hari bersama temannya dan Dave melihat Katie berada di kedai setempat. Malam itu, Katie dibunuh dan Dave pulang dengan tangan terluka dan bercak darah di pakaiannya di mana istri Dave, Celeste (Marcia Gay Harden), membantu membersihkan pakaian Dave. Dave mengaku bahwa ia berkelahi dengan seorang perampok, "memukul kepalanya ke beton" dan mungkin membunuhnya. Sean (Kevin Bacon), yang sekarang bekerj sebagai detektif Kepolisian Negara Bagian Massachusetts, menyelidiki pembunuhan Katie. Istri Sean yang sedang hamil, Lauren (Tori Davis), baru-baru ini meninggalkannya.

Sean dan rekannya, Sersan Detektif Whitey Powers (Laurence Fishburne), menyelidiki kasus ini, sementara Jimmy melakukan penyelidikan sendiri menggunakan koneksi lingkungannya. Sean menemukan bahwa pistol yang digunakan untuk membunuh Katie juga digunakan dalam perampokan toko minuman keras selama tahun 1980-an oleh "Just Ray" Harris, ayah dari kekasih Katie. Just Ray telah menghilang sejak tahun 1989, namun Brendan mengaku bahwa ia masih mengirim uang $500 kepada keluarganya tiap bulan. Brendan juga berpura-pura tidak tahu tentang pistol Just Ray, namun Sean yakin bahwa pistol itu masih ada di rumah. Whitey mencurigai Dave sebagai kemungkinan pelakuknya karena ia adalah orang terakhir yang melihat Katie hidup. Dave juga memiliki tangan yang terluka dan meskipun Dave tetap memberitahu istrinya bahwa ia mendapatkannya saat dirampok, Dave menjelaskan cerita yang berbeda kepada polisi, membuat Jimmy curiga. Dave bertingkah aneh, membuat Celeste terganggu hingga Celeste takut bahwa Dave akan menyakitinya. Sementara Jimmy dan rekan-rekannya melakukan penyelidikan, Celeste akhirnya memberitahu Jimmy tentang perilaku Dave, pakaiannya yang berdarah dan kecurigaannya.

Jimmy dan teman-temannya membuat Dave mabuk di kedai setempat. Ketika Dave meninggalkan kedai tersebut, mereka mengikutinya keluar. Jimmy memberitahu Dave bahwa ia menembak Just Ray di lokasi yang sama, lalu ia menghajarnya dan mengirimnya ke penjara. Jimmy memberitahu Dave bahwa istrinya mengira Dave membunuh Katie dan memberitahu Dave bahwa Jimmy akan membiarkannya hidup jika Dave mengaku. Dave berulang kali memberitahu Jimmy bahwa ia memang membunuh seseorang namun bukan Katie dan menjelaskan bahwa Dave memukul seorang penganiaya anak hingga tewas setelah menemukan bahwa ia berhubungan seks dengan seorang anak yang menjadi pekerja seks komersial di dalam mobil. Jimmy tidak mempercayai pengakuan Dave dan mengancamnya dengan pisau. Ketika Dave akhirnya mengakui telah membunuh Katie dan berpikir bahwa Dave bisa melarikan diri dari hidupnya, Jimmy membunuhnya dan membuang tubuhnya di Mystic River.

Ketika Dave telah terbunuh, Brendan (setelah mengetahui tentang pistol ayahnya saat interogasi) berhadapan dengan adiknya, "Silent Ray" Harris Jr. (Spencer Treat Clark) beserta temannya, John O'Shea (Andrew Mackin), tentang pembunuhan Katie. Brendan berkelahi dengan mereka dan mengancam untuk membunuh mereka jika mereka tidak mengakui kesalahan mereka, namun ketika John mengambil pistol dan akan menembak Brendan, Sean dan Whitey tiba tepat pada waktunya untuk menghentikan mereka.

Keesokan paginya, Sean memberitahu Jimmy bahwa polisi memiliki pembunuh Katie yang telah mengaku. Katie dibunuh oleh adik Brendan, "Silent Ray" Harris Jr. dan temannya, John O'Shea, yang melakukan lelucon dan berujung malapetaka. Silent Ray dan John memegang pistol Just Ray dan melihat sebuah mobil yang datang yang kebetulan adalah Katie. John mengarahkan pistol itu hanya untuk menakut-nakuti, namun pistol itu meletus secara tidak sengaja. Mobil itu membelok ke trotoar ketika Katie keluar dan berlari ke taman. Silent Ray dan John mengejarnya sehingga Katie tidak akan memberitahu siapa pun. Pemukulan terhadap Katie adalah dari Silent Ray, yang memiliki tongkat hoki. Begitu Katie dipukuli, John menembaknya lagi dan membunuhnya. Sean bertanya kepada Jimmy tentang keberadaan Dave karena ia dicari untuk ditanyai dalam kasus lain tentang pembunuhan seorang penganiaya anak yang dikenal. Jimmy, yang putus asa, mengucapkan terima kasih kepada Sean karena menemukan pembunuh putrinya, namun Jimmy mengatakan, "kalau saja Anda sedikit lebih cepat." Sean bertanya kepada Jimmy apakah ia akan mengirimkan Celeste uang $500 tiap bulan juga.

Sean kembali kepada keluarganya setelah Jimmy meminta maaf karena meninggalkan keluarganya. Jimmy kembali ke istrinya, Annabeth (Laura Linney), dan mengaku. Annabeth menghiburnya dan memberitahunya bahwa Jimmy adalah kepala keluarga dan kepala keluarga selalu membuat keputusan yang tepat. Ketika perayaan parade kota dilaksanakan, Sean melihat Jimmy dan menirukan adegan menembak Jimmy, untuk membiarkan Jimmy mengetahui bahwa ia sedang mengawasinya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Sean Penn sebagai James "Jimmy" Markum
    • Jason Kelly sebagai Jimmy Markum muda
  • Tim Robbins sebagai Dave Boyle
    • Cameron Bowen sebagai Dave Boyle muda
  • Kevin Bacon sebagai Detektif Sean Devine
  • Laurence Fishburne sebagai Sersan Detektif Whitey Powers
  • Marcia Gay Harden sebagai Celeste Samarco Boyle
  • Laura Linney sebagai Annabeth Markum
  • Tom Guiry sebagai Brendan Harris
  • Spencer Treat Clark sebagai "Silent Ray" Harris Jr.
  • Andrew Mackin sebagai John O'Shea
  • Emmy Rossum sebagai Katie Markum
  • Jenny O'Hara sebagai Esther Harris
  • Kevin Chapman sebagai Val Savage
  • Adam Nelson sebagai Nick Savage
  • Robert Wahlberg sebagai Kevin Savage
  • Cayden Boyd sebagai Michael Boyle
  • John Doman sebagai supir
  • Tori Davis sebagai Lauren Devine
  • Jonathan Togo sebagai Pete
  • Will Lyman sebagai agen khusus FBI Birden
  • Ari Graynor sebagai Eve Pigeon
  • Ken Cheeseman sebagai teman Dave di kedai
  • Michael McGovern sebagai reporter tahun 1975
  • Kevin Conway sebagai Theo
  • Eli Wallach sebagai Mr. Loonie

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Mystic River mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 88%, berdasarkan 201 ulasan, dengan rating rata-rata 7.8/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 84 dari 100, berdasarkan 42 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[5] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[6]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Mystic River mendapatkan $90,135,191 di Amerika Utara dan $66,686,829 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $156,822,020, melebihi anggaran produksi film $30 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $640,815, menempati posisi ke-17 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $10,445,547, menempati posisi ke-5 di box office di belakang film The Texas Chainsaw Massacre, Kill Bill: Volume 1, Runaway Jury dan School of Rock.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mystic River (15)". British Board of Film Classification. September 10, 2003. Diakses tanggal March 26, 2015. 
  2. ^ a b c d "Mystic River (2003)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "Festival de Cannes: Mystic River". Festival Film Cannes. Diakses tanggal November 7, 2009. 
  4. ^ "Mystic River (2003)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "Mystic River reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]