Letters from Iwo Jima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Letters from Iwo Jima
Letters from iwo jima ver8.jpg
Poster film Letters from Iwo Jima
SutradaraClint Eastwood
ProduserClint Eastwood
Robert Lorenz
Steven Spielberg
SkenarioIris Yamashita
CeritaIris Yamashita
Paul Haggis
BerdasarkanPicture Letters from Commander in Chief
oleh Tadamichi Kuribayashi (penulis) dan Tsuyuko Yoshida (penyunting)
PemeranKen Watanabe
Kazunari Ninomiya
Tsuyoshi Ihara
Ryo Kase
Shidou Nakamura
MusikKyle Eastwood
Michael Stevens
SinematografiTom Stern
PenyuntingJoel Cox
Gary D. Roach
Perusahaan
produksi
DreamWorks Pictures
Malpaso Productions
Amblin Entertainment
DistributorWarner Bros. Pictures
(Amerika Serikat dan Jepang)
Paramount Pictures
(internasional)
Durasi
140 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
Jepang
BahasaBahasa Jepang
Bahasa Inggris
Anggaran$19 juta[2]
Pendapatan kotor$68.673.228[2]

Letters from Iwo Jima adalah film drama perang sejarah tahun 2006 yang disutradarai oleh Clint Eastwood dan diproduseri oleh Clint Eastwood, Robert Lorenz dan Steven Spielberg. Naskah film ini ditulis oleh Iris Yamashita, sementara ceritanya ditulis oleh Iris Yamashita dan Paul Haggis berdasarkan buku bergambar Picture Letters from Commander in Chief karya Tadamichi Kuribayashi (penulis) dan Tsuyuko Yoshida (penyunting). Film ini dibintangi oleh Ken Watanabe, Kazunari Ninomiya, Tsuyoshi Ihara, Ryo Kase dan Shidou Nakamura.

Film Letters from Iwo Jima ditayangkan secara perdana di Nippon Budokan, Tokyo, pada tanggal 15 November 2006 dan dirilis di Jepang pada tanggal 9 Desember 2006. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 20 Desember 2006 secara terbatas dan 2 Februari 2007 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuka dengan sekelompok arkeolog Jepang yang menjelajahi terowongan di Iwo Jima pada tahun 2005, di mana mereka menemukan sesuatu di dalam tanah.

Pada tahun 1944 di Iwo Jima, Perwira Saigo (Kazunari Ninomiya) beserta peletonnya menggali parit pantai di pulau ini. Sementara itu, Letnan Jenderal Tadamichi Kuribayashi (Ken Watanabe) tiba untuk menjalankan komando garnisun dan segera melakukan pemeriksaan pertahanan pulau. Ia menyelamatkan Saigo dan temannya, Kashiwara (Takashi Yamaguchi), dari serangan Kapten Tanida (Takumi Bando) atas 'pidato yang tidak mencintai tanah air', dan memerintahkan beberapa orang untuk mulai membuat terowongan pertahanan bawah tanah ke Gunung Suribachi. Kuribayashi dan Letnan Kolonel Takeichi Nishi (Tsuyoshi Ihara), peraih medali emas Olimpiade cabang palang rintang yang terkenal, berseteru dengan beberapa perwira lainnya, yang tidak setuju dengan strategi pertahanan Kuribayashi, bahwa Kuribayashi yakin prajurit Amerika Serikat akan segera merebut pantai dan bahwa pertahanan di gunung akan menjadi kesempatan yang lebih baik untuk bertahan.

Kondisi gizi buruk dan tidak sehat memakan banyak korban. Banyak korban yang mati karena disentri, termasuk Kashiwara. Pasukan mulai menggunakan gua. Pengganti Kashiwara, Perwira Tertinggi Shimizu (Ryo Kase), tiba untuk bertugas. Saigo menduga bahwa Shimizu adalah mata-mata dari Kempeitai yang dikirim untuk melaporkan tentara yang tidak setia.

Tak lama kemudian, pesawat terbang dan kapal perang Amerika Serikat mulai muncul dan mengebom pulau tersebut, menyebabkan banyak korban yang tewas. Beberapa hari kemudian, para marinir Amerika Serikat mendarat. Banyak pasukan Amerika Serikat yang tewas, tetapi pertahanan pantai cepat teratasi, seperti perkiraan Kuribayashi, lalu serangan tersebut beralih ke posisi di Gunung Suribachi. Saat mengantarkan permintaan lebih banyak senapan mesin dari komandannya ke garnisun Suribachi, Saigo sengaja mendengar Kuribayashi memerintahkan melalui radio untuk mundur. Namun, komandan mengabaikan jendralnya dan malah memerintahkan pasukannya untuk bunuh diri. Saigo melarikan diri dengan Shimizu, meyakinkannya untuk melanjutkan pertarungan daripada mati. Mereka menemukan dua tentara lainnya, tetapi salah satu tentara dibakar oleh seorang penyembur api Amerika Serikat, dan mereka melihat seorang marinir yang telah ditangkap ditusuk dengan pisau bayonet hingga tewas.

Saigo dan para tentara di Gunung Suribachi mencoba melarikan diri dengan Letnan Kolonel Oiso (Hiro Abe) pada malam hari, tetapi mereka berlari ke arah para marinir, yang membunuh semua tentara kecuali Saigo dan Shimizu. Mereka melarikan diri ke jalur aman, tetapi mereka dituduh oleh Letnan Ito (Shido Nakamura) tentang desersi. Ito mengangkat katana untuk mengeksekusi mereka karena pengecut, tetapi Kuribayashi tiba dan menyelamatkan Saigo lagi dengan memastikan perintahnya untuk mundur.

Para tentara Jepang menyerang posisi tentara Amerika Serikat, tetapi korban semakin bertambah. Para korban diberitahu untuk berkumpul kembali dengan Nishi, sementara Ito menuju ke perbatasan Amerika Serikat dengan tiga ranjau, berniat untuk melemparkan dirinya sendiri di bawah tank. Nishi berbicara dalam bahasa Inggris dengan marinir yang ditangkap, Sam (Luke Eberl), hingga Sam akhirnya tewas karena lukanya. Kemudian, dibutakan oleh pecahan peluru, Nishi memerintahkan anak buahnya untuk mundur dan meminta Letnan Okubo (Eijiro Ozaki) untuk meninggalkan Nishi bersama sebuah senapan. Setelah pergi, para tentara mendengar sebuah tembakan dari gua Nishi.

Saigo berencana untuk menyerah dan Shimizu mengungkapkan bahwa ia dipecat dengan tidak hormat dari Kempeitai karena ia tidak menuruti perintah untuk membunuh seekor anjing sipil. Shimizu kabur dan menyerah kepada tentara Amerika Serikat, tetapi kemudian ia ditembak mati oleh penjaganya. Sementara Ito, yang telah putus asa dan menderita gizi buruk, jatuh sakit dan ketika Ito ditemukan oleh para marinir Amerika Serikat, ia menyerah. Okubo terbunuh saat ia dan prajutinya tiba di posisi Kuribayashi. Saigo bertemu dengan Kuribayashi, dan satu serangan terakhir direncanakan. Kuribayashi memerintahkan Saigo untuk menghancurkan semua dokumen, termasuk suratnya sendiri, menyelamatkan Saigo untuk ketiga kalinya.

Malam itu, Kuribayashi meluncurkan serangan kejutan terakhir. Sebagian besar prajuritnya terbunuh dan Kuribayashi terluka parah, tetapi ajudan setia Kuribayashi, Letnan Fujita (Hiroshi Watanabe), menyeretnya meninggalkan pertempuran itu. Keesokan paginya, Kuribayashi memerintahkan Fujita untuk memenggal kepalanya, tetapi Fujita ditembak mati oleh penembak jitu marinir Amerika Serikat sebelum ia dapat melakukannya. Saigo muncul setelah ia mengubur beberapa dokumen dan surat daripada membakar semuanya. Kuribayashi meminta Saigo untuk menguburnya di mana ia tidak akan ditemukan, lalu menarik pistolnya, pistol M1911 buatan Amerika Serikat — sebuah hadiah yang diberikan kepada Kuribayashi di Amerika Serikat sebelum perang — dan bunuh diri. Saigo yang menangis kemudian menguburnya.

Kemudian, para marinir menemukan mayat Fujita. Seorang perwira marinir menemukan pistol Kuribayashi dan menyelipkannya di ikat pinggangnya. Mereka mencari daerah dan menemukan Saigo dengan sekopnya. Melihat pistol Kuribayashi di ikat pinggang perwira marinir tersebut, Saigo sangat marah dan menyerang para marinir dengan sekopnya. Terlalu lemah untuk bertempur, ia pingsan dan dibawa ke pantai sebagai tahanan perang. Terbangun di atas tandu, Saigo melihat matahari terbenam dan tersenyum muram.

Kembali pada tahun 2005, sekelompok arkeolog menyelesaikan penggalian mereka, menemukan sekantong dokumen dan surat yang dikuburkan oleh Saigo, lalu mereka membukanya. Ketika semua dokumen dan surat tersebut berserakan, suara-suara tentara Jepang yang menulisnya bergema.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Ken Watanabe sebagai Letnan Jendral Tadamichi Kuribayashi
  • Kazunari Ninomiya sebagai Perwira Saigo
  • Tsuyoshi Ihara sebagai Letnan Kolonel Takeichi Nishi
  • Ryo Kase sebagai Perwira Tertinggi Shimizu
  • Shido Nakamura sebagai Letnan Ito
  • Hiroshi Watanabe sebagai Letnan Fujita
  • Takumi Bando sebagai Kapten Tanida
  • Yuki Matsuzaki sebagai Perwira Nozaki
  • Takashi Yamaguchi sebagai Perwira Kashiwara
  • Eijiro Ozaki sebagai Letnan Okubo
  • Alan Sato sebagai Sersan Ondo
  • Nae Yuuki sebagai Hanako, istri Saigo
  • Nobumasa Sakagami sebagai Laksamana Ohsugi
  • Masashi Nagadoi sebagai Laksamana Ichimaru
  • Hiro Abe sebagai Letnan Kolonel Oiso
  • Akiko Shima sebagai wanita utama
  • Luke Eberl sebagai Sam, Angkatan Laut Amerika Serikat yang terluka
  • Jeremy Glazer sebagai Letnan Angkatan Laut Amerika Serikat
  • Ikuma Ando sebagai Ozawa
  • Mark Moses sebagai Perwira Amerika Serikat
  • Roxanne Hart sebagai istri Perwira Amerika Serikat

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Letters from Iwo Jima mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 91%, berdasarkan 199 ulasan, dengan rating rata-rata 8,2/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 89 dari 100, berdasarkan 37 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[4]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Letters from Iwo Jima mendapatkan $13.756.082 di Amerika Utara dan $54.917.146 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $68.673.228, melebihi anggaran produksi film $19 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $89.097, menempati posisi ke-30 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $1.696.356, menempati posisi ke-16 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Letters from Iwo Jima (15)". British Board of Film Classification. January 2, 2007. Diakses tanggal October 12, 2015. 
  2. ^ a b c d "Letters from Iwo Jima (2006)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "Letters from Iwo Jima (2006)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Letters from Iwo Jima reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]