Parasite

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Parasite
Parasite (2019 film).jpg
Hangul기생충
Hanja寄生蟲
Romanisasi yang DirevisiGisaengchung
SutradaraBong Joon-ho
ProduserBong Joon-ho
Kwak Sin-ae
Jang Young-hwan
PenulisBong Joon-ho
Han Jin-won
PemeranSong Kang-ho
Lee Sun-kyun
Cho Yeo-jeong
Choi Woo-shik
Park So-dam
MusikJung Jae-il
SinematografiHong Kyung-pyo[1]
PenyuntingYang Jin-mo
Perusahaan
produksi
Barunson E&A Corp
DistributorCJ Entertainment
Tanggal rilis
  • 21 Mei 2019 (2019-5-21) (Cannes)
  • 30 Mei 2019 (2019-5-30) (Korea Selatan)
  • 24 Juni 2019 (2019-6-24) (Indonesia)
Durasi
132 menit[2]
NegaraKorea Selatan
BahasaKorea
Anggaran₩13,5 miliar[3]
(~$11 juta)
Pendapatan kotor$176,6 juta[4][5][6]

Parasite (Hangul기생충; RRGisaengchung) merupakan film cerita seru komedi hitam Korea Selatan yang disutradarai, diproduseri, dan ditulis Bong Joon-ho bersama Kwak Sin-ae dan Jang Young-hwan yang memproduseri film ini serta Han Jin-won yang juga menulis naskah untuk film ini. Film ini dibintangi Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik, dan Park So-dam.

Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Cannes ke-72 pada 21 Mei 2019, yang menjadi film Korea Selatan pertama yang memenangi Palme d'Or dan film pertama yang menang dengan suara bulat setelah Blue Is the Warmest Colour pada tahun 2013. Film ini kemudian dirilis di Korea Selatan oleh CJ Entertainment pada 30 Mei 2019. Film ini meraih kritikan positif yang luar biasa, dan sering kali digadang-gadang sebagai salah satu film asal Korea Selatan terbaik sepanjang masa, serta salah satu film terbaik di dekade 2010-an. Dengan penghasilan kotor lebih dari 160 juta dolar AS di seluruh dunia, film ini juga merupakan salah satu film paling sukses secara komersial di Korea Selatan.

Di antara lebih dari 180 penghargaan yang diterima, Parasite telah memenangkan empat penghargaan dalam 92nd Academy Awards, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Asli Terbaik, dan Film Internasional Terbaik. Film ini merupakan film pertama asal Korea Selatan yang mendapat nominasi Academy Award, begitu pula film berbahasa non-Inggris pertama yang memenangkan Film Terbaik.[note 1] Dalam Golden Globe Awards ke-77, film ini meraih Film Berbahasa Asing Terbaik. Film ini juga mendapatkan empat nominasi dalam British Academy Film Awards ke-73, dengan memenangkan Film Tidak dalam Bahasa Inggris Terbaik dan Skenario Asli Terbaik. Film ini juga menjadi film berbahasa non-Inggris pertama yang memenangkan Screen Actors Guild Award untuk kategori Pemeran dengan Penampilan Luar Biasa dalam Film.

Alur[sunting | sunting sumber]

Keluarga Kim, terdiri dari sang ayah Kim Ki-taek (Song Kang-ho), istrinya Park Chung-suk (Jang Hye-jin), putranya Kim Ki-woo (Choi Woo-shik), dan putrinya Kim Ki-jeong (Park So-Dam) tinggal di sebuah banjiha, apartemen semi-bawah tanah yang kecil dan kumuh. Pekerjaan harian mereka adalah melipat kotak piza, dengan penghasilan yang sangat kecil dan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Suatu hari, teman Ki-woo, Min-hyuk (Park Seo-joon) mengunjungi keluarga Kim dan memberikan "batu keberuntungan" (). Min-hyuk berencana menuntut ilmu ke luar negeri, sehingga menyarankan Ki-woo mengambil alih pekerjaannya sebagai guru les privat bahasa Inggris untuk Park Da-hye (Jung Ji-so), anak perempuan keluarga kaya Park Dong-ik (Lee Sun-kyun) dan istrinya Choi Yeon-gyo (Jo Yeo-jeong) sekaligus kakak dari Park Da-song (Jung Hyun-joon). Ki-woo bersedia menerima tawaran kawannya.

Perlahan-lahan, keluarga Kim berusaha agar satu per satu anggota keluarga mereka dapat bekerja di keluarga Park, dengan saling merekomendasikan satu sama lain dan berbohong sebagai penyedia jasa profesional yang saling tidak kenal. Ki-woo menjadi guru les dan diam-diam memulai hubungan romantis dengan Da-hye. Ketika Yeon-gyo berniat mencarikan guru dan terapis seni untuk Da-song, Ki-woo memanfaatkan kesempatan ini dengan menyarankan seorang "profesional" bernama Jessica yang berasal dari Chicago, Illinois, Amerika Serikat, yang ternyata justru Ki-jeong saudarinya sendiri. Ki-jeong kemudian memfitnah supir keluarga Park dengan meletakkan celana dalamnya di dalam mobil milik keluarga Park. Dong-ik mengusir supir itu dan menggantinya dengan seorang mantan supir valet yang ternyata Ki-taek. Dan untuk terakhir kalinya, Ki-taek berkomplot dengan kedua anaknya untuk menarik sang ibu, Chung-suk menjadi asisten rumah tangga, dengan mencoba menakut-nakuti bahwa pembantu mereka saat ini, Mun-gwang (Lee Jung-eun), mengidap tuberkulosis dengan memanfaatkan alergi persik yang dideritanya.

Suatu hari, keluarga Park berkemah selama sehari-semalam sebagai hadiah atas ulang tahun Da-song. Keluarga Kim berpesta pora, menikmati fasilitas mewah dan mabuk-mabukan di rumah itu. Pada malam hari saat hujan deras turun, Mun-gwang tiba-tiba meminta izin masuk ke rumah karena ingin mengambil sesuatu di ruang bawah tanah. Saat seluruh keluarga bersembunyi, Chung-suk mengizinkan Mun-gwang masuk. Tanpa diduga siapapun, Mun-gwang menunjukkan sebuah bungker, tempat suaminya Geun-se (Park Myung-hoon) bersembunyi selama empat tahun untuk menghindari jeratan rentenir. Ketika Chung-suk mengancam akan memanggil polisi, kebohongan keluarga Kim secara tidak sengaja terbongkar. Tanpa pikir panjang, Mun-gwang memanfaatkan kesempatan itu dengan merekam mereka dan mengancam untuk mengirim rekaman itu kepada Keluarga Park. Mun-gwang dan Geun-se "menyandera" mereka. Namun saat Mun-gwang dan Geun-se lengah, keluarga Kim berusaha merebut ponsel Mun-gwang dan saling berkelahi di ruang keluarga. Keluarga Kim akhirnya berhasil merebut ponsel itu.

Karena hujan sangat deras, Keluarga Park tiba-tiba membatalkan liburan mereka dan menelepon Chung-suk. Keluarga Kim menyekap Mun-gwang dan Geun-se di bungker, serta membersihkan ruang keluarga dan kemudian bersembunyi, sementara Chung-suk terbirit-birik memasak ramyeon sebagaimana permintaan Yeon-gyo. Ketika Mun-gwang berhasil melarikan diri menuju ruang keluarga, Chung-suk menendangnya kembali sehingga Mun-gwang terpental ke bawah. Kepala Mun-gwang membentur dinding dan mengalami gegar otak. Saat Chung-suk menyajikan hidangannya, Yeon-gyo mengungkapkan pengalaman traumatik Da-song yang pernah ia alami beberapa tahun lalu saat ia melihat sosok yang dikira hantu, yang sebenarnya adalah Geun-se yang keluar dari bungker. Saat keluarga Kim yang tersisa bersembunyi di bawah meja, Dong-ik mengeluhkan soal bau badan Ki-taek kepada istrinya.

Memanfaatkan keadaan Dong-ik dan istrinya yang tertidur, Ki-taek, Ki-jeong, dan Ki-woo meninggalkan rumah dan berlari ke rumah mereka. Mereka mendapati lingkungan tempat tinggal mereka diterjang banjir, apartemen mereka teredam hingga setinggi dada, dan langsung berupaya menyelamatkan barang-barang yang masih bisa diselamatkan. Ki-woo membawa "batu keberuntungan" ke sebuah gelanggang olahraga tempat di mana warga yang kebanjiran diungsikan. Sementara itu, Moon-kwang meninggal akibat gegar otak, Geun-sae menangis.

Keesokan berikutnya, Yeon-gyo mengadakan pesta ulang tahun untuk Da-song. Ia mengundang seluruh Ki-jeong dan Ki-woo, sementara Ki-taek dan Chung-suk diminta datang untuk bekerja. Ki-woo membawa batu ke bunker. Geun-sae menyergap Ki-woo dan memukul kepalanya dengan batu, lalu kabur. Mencoba membalas dendam atas kematian istrinya Moon-gwang, ia mengambil pisau dapur dan menusuk Ki-jeong di depan para tamu pesta yang menjerit ketakutan. Da-song mengalami kejang akibat trauma setelah melihat Geun-sae, sementara Ki-taek bergegas untuk menghentikan pendarahan Ki-jeong saat Dong-ik berteriak kepadanya untuk mengantarkan Da-song ke rumah sakit. Namun, Ki-taek melemparkan kunci mobil dan kunci itu terperangkap di bawah Chung-seok dan Geun-sae yang sedang berkelahi, tepat sebelum Chung-seok menewaskan Geun-sae dengan tusukan daging. Dari semua kekacauan itu, Ki-taek yang memendam kemarahan atas perilaku Dong-ik kepadanya dan reaksi Dong-ik yang menunjukkan rasa jijik setelah mencium bau badan Geun-se saat mengambil kunci mobil, mengambil pisau dan menusuk Dong-ik hingga tewas, lalu melarikan diri.

Beberapa minggu kemudian, Gi-u terbangun dari koma. Gi-u dan ibunya dihukum dengan dakwaan penipuan dan menjalani masa percobaan, sementara Gi-jeong tewas dan Gi-taek menghilang. Gi-u terus memata-matai rumah keluarga Park yang kini telah dijual ke keluarga berkewarganegaraan Jerman dan melihat kode Morse dari lampu yang berkedip-kedip yang diterjemahkan sebagai pesan. Pesan tersebut berasal dari Gi-taek yang kini bersembunyi di bungker. Gi-taek mengubur jasad Mun-gwang di halaman belakang. Gi-u menulis surat kepada ayahnya, yang bersumpah bahwa suatu hari dia akan mendapatkan uang yang cukup untuk membeli rumah sekaligus menyatukan kembali keluarga yang tersisa. Film berakhir dengan Gi-u dan Chung-suk yang masih tinggal di banjiha, persis seperti adegan awal dari film.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Song Kang-ho sebagai Kim Gi-taek, ayah dari keluarga Kim
  • Jang Hye-jin sebagai Park Chung-seok, istri dari keluarga Kim
  • Choi Woo-shik sebagai Kim Gi-u, putra dari keluarga Kim
  • Park So-dam sebagai Kim Gi-jeong, putri dari keluarga Kim
  • Lee Sun-kyun sebagai Park Dong-ik/Nathan Park, ayah dari keluarga Park
  • Cho Yeo-jeong sebagai Choi Yeon-gyo, istri dari keluarga Park
  • Hyun Seung-min sebagai Park Da-hye, putri dari keluarga Park
  • Jung Hyeon-jun sebagai Park Da-song, putra dari keluarga Park
  • Lee Jung-eun sebagai Guk Mun-gwang, asisten rumah tangga dari keluarga Park
  • Park Myung-hoon sebagai Geun-se, suami Mun-gwang
  • Park Geun-rok sebagai Yun, sang supir lama
  • Park Seo-joon sebagai teman Gi-u dan mantan guru les privat keluarga Park[8]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Parasite disutradarai oleh Bong Joon-ho.

Gagasan mengenai Parasite telah bermula pada 2013, ketika sedang berurusan dengan produksi Snowpiercer (2013), seorang temannya yang menjadi aktor teater mendorong Bong Joon-ho untuk menulis naskah sandiwara. Ia sendiri telah menjadi tutor bagi putra sulung keluarga kaya di Seoul ketika berusia awal 20 tahunan dan mempertimbangkan untuk bergantu menjadi produser sandiwara. Setelah menyelesaikan produksi Snowpiercer, Bong menulis naskah pendalaman watak setebal 15 halaman bagi paruh awal sandiwara, manakala asisten produksinya di Snowpiercer, Han Jin-won, menggantinya dengan ketiga draf naskah yang berbeda. Setelah menyelesaikan Okja (2017), Joon-ho kembali mengurusi proyek itu dan menyelesaikan naskahnya.[9]

Joon-ho sendiri mengaku film ini dipengaruhi oleh The Housemaid (1960) ketika kehidupan keluarga menegah terancam oleh kedatangan penyelundup yang menyamar sebagai pembantu.[10] Peristiwa Christine dan Léa Papin—dua pembantu yang membunuh majikannya pada 1930-an di Prancis—juga menjadi sumber ilham bagi Joon-ho.[11]

Darcy Paquet, seorang berkewarganegaraan Amerika Serikat yang tinggal di Korea Selatan, menjadi penerjemah takarir dalam bahasa Inggris dan bekerja langsung dengan Joon-ho.[12] Darcy menerjemahkan jjapaguri (짜파구리), mi yang dimasak oleh Park Chung-suk, sebagai "ram-don", yang bermakna ramen-udon. Mi ini adalah campuran dari Jjapaghetti dan Neoguri.[13] Versi bahasa Inggris film ini menampilkan kotak mi yang dilabeli "ramyeon" dan "udon" dalam bahasa Inggris untuk menampilkan kepada penutur bahasa Inggris asal mula nama itu. Darcy yakin bahwa kata "ram-don" sebelumnya tidak ada karena ia tidak menemukan hasil apapun di Google dalam suatu uji pencarian.[14] Dalam takarir bahasa Inggris, Paquet memilih Universitas Oxford alih-alih Universitas Nasional Seoul dan WhatsApp alih-alih KakaoTalk.[12] Darcy memilih Oxford alih-alih Universitas Harvard karena kedekatan Joon-ho dengan Inggris dan Darcy meyakini menggunakan Harvard akan menjadi pilihan yang terlalu jelas. Darcy menyebut penonton harus segera memahaminya agar humornya dapat mengena.[14]

Judul film ini awalnya adalah Décalcomanie, yang menurut Joon-ho dalam wawancaranya terilhami dari konsep seni rupa decalcomania.[15] Namun, judul tersebut kemudian diganti dengan "Parasite" karena memiliki makna ganda. Joon-ho mengatakan, "Karena cerita ini mengenai keluarga miskin yang menyusup dan merayap ke dalam rumah orang kaya, tampaknya sangat jelas bahwa Parasite mengacu kepada keluarga miskin, dan saya pikir iru sebabnya tim pemasaran agak ragu. Namun, jika Anda melihatnya dengan cara lain, Anda dapat mengatakan bahwa keluarga kaya, mereka juga parasit dalam hal pekerjaan. Mereka bahkan tidak bisa mencuci piring dan menyetir sendiri, sehingga mereka lintah dari pekerjaan keluarga miskin, sehingga kedua keluarga tersebut adalah parasite."[16]

Pengambilan gambar[sunting | sunting sumber]

Pengambilan gambar utama dimulai pada tanggal 18 Mei 2018.[17][18] Pengambilan gambar utama berlangsung selama 77 hari hingga 19 September 2018.[19] Tempat pengambilan gambar di Jeonju dan sekitar Seoul.[20]

Rumah keluarga Park yang dikatakan di film ini dirancang arsitek fiktif bernama Namgoong Hyeonja adalah latar yang sepenuhnya baru dibangun.[21] Perancang produksi Lee Ha-jun mengatakan matahari adalah faktor penting dengan membangun latar luar. Ha-jun menjelaskan, "Arah matahari adalah titik pertimbangan penting saat kami mencari tempat terbuka. Kami harus mengingat posisi matahari selama jangka waktu yang kami inginkan serta menentukan posisi dan ukuran jendela yang sesuai. Dalam hal pencahayaan praktis, sinematografer [Hong Gyeong-pyo] memiliki permintaan khusus mengenai warna. Ia ingin pencahayaan tidak langsung yang canggih dan kehangatan dari sumber cahaya tungsten. Sebelum membangun latar, Gyeong-pyo dan saya mengunjungi banyak tempat beberapa kali untuk memeriksa pergerakan matahari di setiap waktu, dan kami memutuskan lokasi latar bersama-sama. Karena rumah Tuan Park dibangun oleh seorang arsitek dalam cerita itu, tidak mudah menemukan pendekatan yang tepat untuk merancang rumah. Saya bukanlah arsitek dan saya kira ada perbedaan dalam cara arsitek membayangkan sebuah ruang dan cara perancang produksi melakukannya. Kami mengutamakan pemblokan dan sudut kamera, sementara arsitek membangun ruang bagi orang-orang untuk benar-benar tinggal dan dengan demikian merancang di sekitar orang. Jadi saya kira pendekatannya sangat berbeda."[22]

Menurut penyunting Yang Jin-mo, Joon-ho memilih merekam film tanpa cakupan kamera seperti biasanya. Untuk memberikan mereka lebih banyak pilihan penyuntingan dengan rekaman yang terbatas, kadangkala mereka mengabungkan pengambilan gambar berbeda pada rekaman yang sama secara bersama-sama.[23]

Tema[sunting | sunting sumber]

Terdapat sebuah lagu yang disenandungkan di film ini yang erat kaitannya dengan sengketa Karang Liancourt

Tema utama Parasite adalah perjuangan kelas dan kesenjangan sosial.[24][25] Pengkritik film termasuk Joon-ho sendiri menganggap film ini sebagai cerminan kapitalisme zaman modern[26][27] dan beberapa pengkritik lainnya mengaitkan dengan istilah "Neraka Joseon" yang terutama populer di kalangan orang muda pada akhir 2010-an untuk menggambarkan kesulitan hidup di Korea Selatan.[28][29] Film ini juga menyinggung kebiasaan menggunakan orang dalam dalam kehidupan sehari-hari.[30] Choi Ha-young dan Park Ju-min lewat tulisan yang mengkritik Presiden Korea Selatan saat itu Moon Jae-in di The Japan Times mengaitkan film ini dengan teori kelas sendok yang erat kaitannya dengan Jae-in yang dianggap tidak memiliki banyak kemajuan dalam memperbaiki kehidupan pemuda negara itu.[31]

Anak tangga digunakan dalam film ini sebagai perwujudan posisi keluarga Kim dan Park serta Moon-gwang.[32] Banjiha (tempat tinggal di ruang semibawah tanah) sendiri merupakan tempat tinggal rata-rata penduduk fakir-miskin di Seoul, walau terkandung sejumlah permasalahan seperti meningkatnya jamur dan risiko penyakit karena harga sewanya yang rendah.[24] Banjir muson seperti yang digambarkan dalam film umumnya paling merusak tipe tempat tinggal ini.[30][33]

Film ini juga menyinggung perselisihan Jepang-Korea lewat sebuah lagu yang dikatakan sebagai "Jessica single". Lagu itu diketahui memiliki nada yang sama dengan lagu anak-anak yang terkenal di negara asal "Dokdo is Our Land" (Dokdoneun uriddang, 독도는 우리땅) yang menyinggung sengketa Karang Liancourt manakala lagu itu sendiri mendukung klaim Korea Selatan atas Karang Liancourt.[34][35]

Menurut Joon-ho, akhir film yang menyiratkan Gi-u tidak akan mampu memperoleh dana yang dibutuhkan untuk membeli rumah besar itu lewat adegan yang menunjukkan Gi-u masih di rubanah. Adegan tersebut digambarkan sebagai "pembunuhan yang pasti" (확인 사살), mengacu kepada tindakan mematikan untuk menggagalkan tujuan itu.[11] Lagu penutup merujuk kepada Gi-u yang bekerja untuk mendapatkan uang bagi membeli rumah. Choi Woo-shik menyebut bahwa tokoh yang diperankannya akan menghabiskan beratus-ratus tahun untuk benar-benar menghemat uang bagi membeli rumah itu. Ia menambahkan bahwa Gi-u adalah salah satu dari anak-anak cerdas yang memiliki ide untuk memulangkan ayahnya.[36]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Bong Joon-ho, Choi Woo-shik, Cho Yeo-jeong, Lee Jung-eun, Park So-dam, Lee Sun-kyun, dan Song Kang-ho dalam jumpa pers pada 22 April 2019.

Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Cannes 2019 pada 21 Mei[37] dan ditayangkan di Korea Selatan pada 30 Mei 2019 dan Indonesia pada 24 Juni 2019.[2][19]

Neon membeli hak distribusi film ini di Amerika Serikat dan Kanada dalam acara American Film Market (AFM) 2018.[38][39] Hak distribusi film ini juga dijual di negara berbahasa Jerman (Koch Films), negara berbahasa Prancis (The Jokers Films), dan Jepang (Bitters End).[40]

Film ini ditayangkan di Australia dan Selandia Baru oleh Madman Films pada 27 Juni 2019,[41] (menjadi film terlaris Korea Selatan sepanjang masa di kedua negara tersebut dan film berbahasa bukan Inggris terlaris sepanjang masa yang didistribusikan Madman di Australia),[42] di Rusia pada 4 Juli 2019, serta di Amerika Serikat dan Kanada pada 11 Oktober 2019.[43]

Film ini awalnya dijadwalkan ditayangkan sebagai film penutup di Festival Film Internasional FIRST Xining di Tiongkok pada 28 Juli 2019. Namun sehari sebelumnya, penyelenggara festival film mengumumkan penayangan film ini ditunda karena "alasan teknis", yang merujuk kepada eufemisme pelarangan penayangan suatu film oleh badan sensor film negara itu.[44] Walau demikian, film ini mendapat sambutan bagus oleh warganet Tiongkok.[45]

Film ini didistribusikan oleh Curzon Artificial Eye bagi penayangan di Inggris dan Irlandia. Terdapat penayangan pratayang berikut wawancara dengan Bong Joon-ho yang dibagikan langsung oleh satelit pada 3 Februari 2020, diikuti dengan penayangan umum pada 7 Februari.[46]

Film ini telah diluncurkan lewat Blu-ray oleh Universal Pictures Home Entertainment di Amerika Serikat dan distributor setempat di beberapa negara lain termasuk Inggris, Spanyol, Jerman, dan Rusia.[47][48]

Versi hitam putih film ini ditayangkan di Prancis pada 19 Februari.[49]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Trailer pertama diluncurkan pada 5 April 2019, sementara trailer kedua diluncurkan pada 8 Mei 2019. Neon memanfaatkan sekelumit potongan film ini untuk dijadikan ringtone.[50]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pencapaian dan sambutan[sunting | sunting sumber]

Korea Selatan[sunting | sunting sumber]

Moon Jae-in mengucapkan selamat bagi film ini

Parasite menjadi film Korea Selatan terlaris kedua tahun 2019 setelah Extreme Job dan terlaris kelima secara keseluruhan setelah Extreme Job, Avengers: Endgame, Frozen II, dan Aladdin, dengan perolehan 10.085.275 penonton dan pendapatan kotor sebesar $72,22 juta di Korea.[72]

Sebelum ditayangkan di seluruh negara, film ini ditayangkan terbatas sejak 27 Mei dengan jumlah penonton yang dijaring mencapai 307 penonton. Hingga 28 Mei, film ini ditonton 4.264 penonton di sembilan bioskop sehingga menempati peringkat ketujuh di tangga film terlaris mingguan Korea Selatan. Jumlah layar bertambah menjadi 25 bioskop dan ditonton 9.862 penonton hingga 29 Mei, walau turun satu peringkat.

Hingga hari pertama penayangan luas, film ini ditonton 577.955 penonton di 1.783 layar, sehingga langsung melompat ke peringkat pertama.

Film ini meraup keuntungan kotor sebesar $20,7 juta pada akhir pekan pembukaan di Korea Selatan.[6]

Film ini juga mendapat ucapan selamat oleh Moon lewat pernyataan resmi di akun media sosial.[73]

Jepang[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapat pujian dari seniman Jepang, termasuk Hirokazu Koreeda (kiri) dan Mamoru Hosoda (kanan). Film ini mendapat pujian dari seniman Jepang, termasuk Hirokazu Koreeda (kiri) dan Mamoru Hosoda (kanan).
Film ini mendapat pujian dari seniman Jepang, termasuk Hirokazu Koreeda (kiri) dan Mamoru Hosoda (kanan).

Walaupun film ini baru ditayangkan di Jepang pada 10 Januari 2020, tetapi film ini mendapat sambutan bagus dari kalangan penonton. Pada akhir pekan pembukaan, film ini ditayangkan di 131 layar dan menempati peringkat keempat tangga film terlaris mingguan dengan mendulang $1,28 juta dengan jumlah keseluruhan lebih dari 220 juta yen ($2,05) juta pada minggu pertama.[74][75][76] Pada akhir pekan kedua, film ini turun satu peringkat tangga film terlaris mingguan dengan mendulang $1,21 juta dengan keuntungan kotor keseluruhan hingga minggu kedua sebesar $5,42 juta.[77][78][79] Pada akhir pekan ketiga, film ini kembali ke peringkat semula tangga film terlaris mingguan dengan mendulang $1,51 juta dengan keuntungan kotor keseluruhan hingga minggu kedua sebesar hampir 1 juta yen ($8,86 juta) dan jumlah penonton mencapai 680 ribu penonton.[80][81][82] Pada akhir pekan keempat, film ini naik satu peringkat dengan mendulang lebih dari 147 juta yen ($1,36 juta) dan keuntungan kotor keseluruhan hingga minggu kedua sebesar lebih dari 1,3 miliar yen ($12,07 juta) serta jumlah penonton bertambah 112 ribu penonton menjadi 930 ribu penonton.[83][84][85] Pada akhir pekan kelima, film ini kembali bertahan di peringkat yang sama dengan jumlah penonton mencapai 1,13 juta penonton dan mendulang pendapatan kotor hampir menyentuh 1,6 miliar yen ($14,5 juta). Jumlah layar diperkirakan bertambah sekitar 55 hingga 245 layar sebagai dampak dari kemenangan di Academy Awards ke-92. Pencapaian tersebut menyebabkan terbuka kemungkinan pendapatan kotor film ini akan mengalahkan A Moment to Remember (2004) yang menjadi film Korea Selatan terlaris sepanjang masa di Jepang dengan capaian pendapatan kotor sebesar 3 miliar yen ($20 juta).[86][87][88]

Tidak seperti kebanyakan film Korea Selatan lain yang cenderung mendapat sambutan yang biasa saja di Jepang berkaitan dengan perselisihan Jepang-Korea, Parasite mendapat sambutan yang bagus baik dari kalangan penonton juga dari kalangan seniman. Selain dari kalangan penonton, film ini juga mendapat pujian dari kalangan seniman seperti aktor sekaligus pemusik Exile Taku Saito, Kenchi Tachibana, aktor Shinosuke Mitshushima, dan sutradara anime Mamoru Hosoda juga memuji film ini. Hirokazu Koreeda yang sebelumnya memenangkan Palme d'Or lewat Shoplifters juga turut memuji film ini.[89] Pencapaian tersebut disorot oleh Donga Ilbo yang menyebutkan beberapa faktor film ini laris di Jepang.[90]

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Pada akhir pekan pembukaan penayangan di Amerika Serikat, film ini mendulang penghasilan kotor sebesar $376.264 hanya dari tiga bioskop, dengan rata-rata setiap bioskopnya adalah $125,421, mengalahkan La La Land pada 2016 dan terbaik sepanjang masa bagi film berbahasa asing yang ditayangkan di sana.[91] Dengan pencapaian yang cemerlang, film ini ditayangkan di 33 bioskop pada akhir pekan kedua dengan mendulang $1,24 juta.[92] Pencapaian mengagumkan ini berlanjut dengan penayangan film ini di 129 bioskop pada akhir pekan ketiga dengan mendulang $1,8 juta.[93] The film made $2.5 million in its fourth weekend and $2.6 million in its fifth.[94] The film's theater count peaked in its sixth weekend at 620, when it made $1.9 million.[95] It continued to hold well in the following weekends, making $1.3 million and $1 million.[96][97] In its tenth week of release the film crossed the $20 million mark (rare for a foreign-language film), making $632,500 from 306 theaters.[98] The weekend of the Oscars (its 18th of release) the film made $1.5 million from 1,060 theatres, for a running total of $35.5 million.[99] As a result of the Oscar wins, Neon plans to double the number of theaters showing Parasite starting on the weekend of February 15-16, 2020.[100]

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, film ini ditonton lebih dari 150 ribu penonton (sekitar $450 ribu) pada minggu pertama penayangan, sehingga menjungkalkan Extreme Job sebagai film Korea Selatan tahun 2019 terlaris di Indonesia.[101] Hingga minggu kedua penayangan, film ini ditonton 275 ribu penonton, sehingga menjadi film Korea Selatan terlaris sepanjang masa di Indonesia mengalahkan The Battleship Island (2017).[102] Hingga minggu ketiga penayangan, film ini ditonton 380 ribu penonton.[103] Hingga 12 Agustus yang menandai akhir penayangan film ini, film ini sudah ditonton 485 ribu penonton.[104]

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes memberi nilai positif 96% berdasarkan 27 ulasan dengan nilai rata-rata 8,4/10.[105] Metacritic memberi skor 87 dari 100 berdasarkan 15 ulasan.[106]

Daftar sepuluh film teratas[sunting | sunting sumber]

Parasite masuk dalam daftar sepuluh film teratas akhir tahun oleh banyak pengkritik, di antaranya:[107]

Top 10 (tidak diperingkatkan)

Parasite juga muncul dalam daftar 10 film terbaik dasawarsa ini oleh banyak pengkritik, di antaranya:[191]

Di Metacritic, Parasite menempati peringkat ketujuh film yang memiliki skor tertinggi pada dasawarsa 2010-an.[191] Hingga 2019, film ini menempati peringkat ke-42 film yang memiliki skor tertinggi sepanjang masa di situs web itu.[191]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Parasite won the Palme d'Or at the 2019 Cannes Film Festival. It was the first South Korean film to do so, as well as the first film to win with a unanimous vote since 2013's Blue Is the Warmest Colour.[204][205] At the 77th Golden Globe Awards, the film was nominated for three awards including Best Director and Best Screenplay, and won Best Foreign Language Film, becoming the first ever Korean film to achieve that feat.[206][207]

It was selected as the South Korean entry for Best International Feature Film at the 92nd Academy Awards,[208][209] making the December shortlist.[210] It went on to win four Oscars: Best Picture, Best Director, International Feature Film and Original Screenplay. It was the first non-English language film in Oscar history to win the award for Best Picture. Bong Joon-ho won all three of the categories for which he was nominated.[211] Parasite is the first South Korean-made film to be nominated for the Best Picture award at the Academy Awards and the second film produced by an Asian country to receive a Best Picture nomination following Crouching Tiger, Hidden Dragon.[212] It also received nominations for Best Production Design, and Best Film Editing,[213] making it, along with In the Absence, the first two South Korean films to receive Academy Award recognition in any category.[214]

Parasite became the second foreign film to ever be nominated for Screen Actors Guild Award for Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture since the 1997 film Life Is Beautiful, and ultimately won the category, making history as the first ever foreign film to win the prize.

It was nominated for four awards at the 73rd British Academy Film Awards: Best Film, Best Director, Best Original Screenplay and Best Film Not in the English Language. It is the first Korean film to receive nominations at the British Academy Film Awards (except for Best Film Not in the English Language). It went on to win the awards for Best Film Not in the English Language and Best Original Screenplay.[215][216]

Seri televisi sempalan[sunting | sunting sumber]

An HBO limited series based on the film, with Bong and Adam McKay adapting and executively producing, is in early development.[217] Bong has stated that the series, also titled Parasite, will explore stories "that happen in between the sequences in the film".[218][219] In February, Mark Ruffalo was being eyed to star in the series.[220]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Walaupun Parasite adalah film berbahasa bukan Inggris pertama yang memenangi Film Terbaik Academy Awards, tetapi tidak bisa dipertukarkan dengan film asing pertama (diproduksi oleh perusahaan yang bermarkas di negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya) yang memenangi Film Pertama yang diraih The Artist pada 2012. Film yang diproduksi di Prancis ini sebagian besar menggunakan format film bisu dengan antarjudul berbahasa Prancis walau mengandung sejumlah dialog yang dituturkan dalam bahasa Inggris). The Academy mengatur bahwa bahasa asing harus menjadi syarat utama sebagai kualifikasi kategori film internasional, sehingga The Artist tidak memenuhi syarat.[7]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BONG Joon-ho's PARASITE Claims Early Sales". Korean Film Biz Zone (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 3 February 2019. 
  2. ^ a b "기생충". Naver Movie. Diakses tanggal April 8, 2019. 
  3. ^ 영화 '기생충' 흥행 질주…손익분기점 400만명 눈앞. 3 June 2019. 
  4. ^ "Worldwide Box Office Weekend Ending January 19". Comscore. 
  5. ^ "Parasite (2019)". Box Office Mojo. IMDB. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 December 2019. Diakses tanggal 2 February 2020. 
  6. ^ a b "Parasite (2019)". The Numbers. IMDB. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 December 2019. Diakses tanggal 5 February 2020. 
  7. ^ "Rules & Eligibility". Oscars.org | Academy of Motion Picture Arts and Sciences (dalam bahasa Inggris). 2014-07-28. Diakses tanggal 2020-02-10. 
  8. ^ "박서준 측 "봉준호 '기생충' 특별출연" 2019년 스크린 열일(공식입장)". entertain.naver.com (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 3 February 2019. 
  9. ^ Brzeski, Patrick (November 8, 2019). "Making of 'Parasite': How Bong Joon Ho's Real Life Inspired a Plot-Twisty Tale of Rich vs. Poor". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 January 2020. Diakses tanggal January 18, 2020. 
  10. ^ Ulaby, Neda (2019-12-10). "'Parasite' Director Bong Joon-ho 'Wanted To Reflect The Truth Of Current Times". NPR. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 December 2019. Diakses tanggal 12 February 2020. 
  11. ^ a b Jung, E. Alex (2020-01-14). "Bong Joon Ho on Why He Wanted Parasite to End With a 'Surefire Kill'". Vulture. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 January 2020. Diakses tanggal 2020-01-23. 
  12. ^ a b Han, Karen (2019-10-14). "Bong Joon-ho on weaving his personal memories into Parasite". Polygon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 December 2019. Diakses tanggal 2020-02-09. 
  13. ^ Rochlin, Margy (2019-10-19). "How steak and 'ramdon' illustrate class tensions in Bong Joon Ho's 'Parasite'". Los Angeles Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 January 2020. Diakses tanggal 2020-01-24. 
  14. ^ a b Lee, Hana (2019-06-19). "'Parasite' subtitle translator: Comedies are a fun challenge". Korea.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 February 2020. Diakses tanggal 2020-02-08. 
  15. ^ Brzeski, Patrick (15 Mei 2019). "Bong Joon-ho on Making First Full Korean Film in 10 Years With 'Parasite'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 16 November 2019. 
  16. ^ Ankers, Adele (January 31, 2020). "Parasite: Bong Joon-ho Reveals the Meaning Behind the Title of the Oscar-Nominated Film". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 January 2020. Diakses tanggal January 31, 2020. 
  17. ^ Kil, Sonia (30 May 2018). "Bong Joon-ho's 'Parasite' Starts Shooting (EXCLUSIVE)". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 3 February 2019. 
  18. ^ "BONG Joon-ho's PARASITE Enters Production". Korean Film Biz Zone (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 3 February 2019. 
  19. ^ a b "BONG Joon-ho's PARASITE Wraps Production". Korean Film Biz Zone (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 3 February 2019. 
  20. ^ Noh, Jean (June 30, 2019). "Bong Joon Ho talks 'Parasite': "It deals with polarisation"". Screen Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 July 2019. Diakses tanggal January 18, 2020. 
  21. ^ Nast, Condé. "Inside the House From Bong Joon Ho's Parasite". Architectural Digest. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 November 2019. Diakses tanggal 2019-11-06. 
  22. ^ "How Bong Joon Ho Designed the House in Parasite". IndieWire. 2019-10-29. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 November 2019. Diakses tanggal 2019-11-06. 
  23. ^ Buder, Emily (6 December 2019). "'Parasite' Editor Jinmo Yang Teaches Us How to Edit Without Coverage". No Film School. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 January 2020. Diakses tanggal 17 January 2020. 
  24. ^ a b Ulaby, Neda (November 5, 2019). "The Hit Movie 'Parasite' Puts Basement Structures In Structural Inequality". NPR. Diakses tanggal February 3, 2020. 
  25. ^ Holub, Christian (October 15, 2019). "From Parasite to Hustlers: How 2019 became the year of cinematic class conflict". Entertainment Weekly. Diakses tanggal February 3, 2020. 
  26. ^ Bean, Travis (January 30, 2020). "Capitalism Gone Wild: The Ending Of 'Parasite' Explained". Forbes. Diakses tanggal February 3, 2020. 
  27. ^ Paiella, Gabriella (October 8, 2019). "Parasite Director Bong Joon-ho on the Art of Class Warfare". GQ. Diakses tanggal February 3, 2020. 
  28. ^ Kim, Minsoo (11 October 2019). "Why "Parasite" Is Bong Joon-ho's Biggest Hit and Darkest Film Yet". Diakses tanggal 2020-02-07. 
  29. ^ "Opinion: For South Korean youth, Parasite burrows close to home". Diakses tanggal 2020-02-07 – via The Globe and Mail. 
  30. ^ a b Kasulis, Kelly. "Oscar-nominated 'Parasite' speaks to a growing divide in South Korea". news.wbfo.org. Diakses tanggal 2020-02-07. 
  31. ^ Choi, Ha-young; Park, Ju-min (27 November 2019). "No money, no hope: South Korea's 'dirt spoons' turn against President Moon Jae-in". The Japan Times. Diakses tanggal 27 November 2019. 
  32. ^ Rao, Sonia (2019-10-24). "Unpacking the 'metaphorical' ending of 'Parasite'". Washington Post. Diakses tanggal 2020-01-23. 
  33. ^ Wildan, Muhammad (12 Juli 2019). "5 Kritik Sosial di Film Parasite yang Nyata di Korea Selatan". Kincir. Diakses tanggal 12 Juli 2019. 
  34. ^ Sim, Yeong-ju (18 Juni 2019). "'기생충' 속 기남매가 부른 노래는 '독도는 우리 땅'" [Lagu yang dinyanyikan oleh adik dan kakak di Parasite adalah Dokdo is Our Land]. Chosun (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  35. ^ "Doorbell song from 'Parasite' hits internet". Korea Herald. 18 November 2019. Diakses tanggal 18 November 2019. 
  36. '^ Harris, Hunter (2019-10-16). "Parasites Choi Woo-shik Is Optimistic About the Movie's Overwhelming Ending". Vulture. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 December 2019. Diakses tanggal 2020-01-23. 
  37. ^ "The Screenings Guide 2019". May 9, 2019. Diakses tanggal May 9, 2019. 
  38. ^ McNary, Dave (31 October 2018). "Bong Joon-Ho's Drama 'Parasite' Bought by Neon". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 3 February 2019. 
  39. ^ "AFM: Neon Nabs Bong Joon-ho's 'Parasite' From CJ Entertainment". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 3 February 2019. 
  40. ^ Noh, Jean. "Bong Joon Ho thriller 'Parasite' sells to US, Japan, France". Screen. Diakses tanggal 3 February 2019. 
  41. ^ "Madman Films – Posts". Facebook. 20 June 2019. Diakses tanggal 1 January 2020. Spread the word. Bong Joon Ho's new masterpiece, PARASITE opens in Australian cinemas June 27. 
  42. ^ "Madman Films – Posts". Facebook. 23 December 2019. Diakses tanggal 1 January 2020. Bong Joon Ho's Parasite has just become Madman's most successful non-English-language film at the Australian box office of all time. 
  43. ^ Galuppo, Mia (30 May 2019). "Bong Joon Ho's Palme d'Or Winner Parasite Will Release in Time for Awards Season". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 May 2019. Diakses tanggal 30 May 2019. 
  44. ^ Davis, Rebecca (28 July 2019). "Bong Joon-ho's Palme d'Or Winner Parasite Pulled From China Festival". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 July 2019. Diakses tanggal 30 July 2019. 
  45. ^ Xi, Chen (14 Agustus 2019). "Bong Joon-ho's 'Parasite' sparks discussion in Chinese mainland". Global Times. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  46. ^ "Parasite Tickets & Showtimes". Curzon Cinemas. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 January 2020. Diakses tanggal 1 January 2020. Director Bong Joon-ho joins us live in person for a preview Q&A at Curzon Mayfair that will be shared via satellite. [...] Wednesday 3 February 6.00pm [...] UK RELEASE DATE 7 FEBRUARY 2020 
  47. ^ "Parasite". www.uphe.com (dalam bahasa Inggris). 2019-09-26. Diakses tanggal 2020-02-10. 
  48. ^ "Parasite releases". blu-ray.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 January 2020. Diakses tanggal 2020-02-10. 
  49. ^ Grater, Tom (11 Februari 2020). "'Parasite' Black & White Version Set For European Roll Out As Exhibitors & Distributors Look To Maximize Awards Momentum". Deadline Hollywood. Diakses tanggal 11 Februari 2020. 
  50. ^ "Here's How to Download the Jessica Jingle Ringtone From 'Parasite'". IndieWire. 10 November 2019. Diakses tanggal 10 Desember 2019. 
  51. ^ "Daily [28 May 2019]". Korean Film Council. 28 Mei 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  52. ^ "Daily [29 May 2019]". Korean Film Council. 29 Mei 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  53. ^ "Daily [30 May 2019]". Korean Film Council. 30 Mei 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  54. ^ "Daily [31 May 2019]". Korean Film Council. 31 Mei 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  55. ^ "Daily [1 June 2019]". Korean Film Council. 1 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  56. ^ "Daily [2 June 2019]". Korean Film Council. 2 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  57. ^ "Daily [3 June 2019]". Korean Film Council. 3 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  58. ^ "Daily [4 June 2019]". Korean Film Council. 4 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  59. ^ "Daily [5 June 2019]". Korean Film Council. 5 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  60. ^ "Daily [6 June 2019]". Korean Film Council. 6 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  61. ^ "Daily [7 June 2019]". Korean Film Council. 7 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  62. ^ "Daily [8 June 2019]". Korean Film Council. 8 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  63. ^ "Daily [9 June 2019]". Korean Film Council. 9 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  64. ^ "Daily [10 June 2019]". Korean Film Council. 10 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  65. ^ "Daily [11 June 2019]". Korean Film Council. 11 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  66. ^ "Daily [12 June 2019]". Korean Film Council. 12 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  67. ^ "Daily [13 June 2019]". Korean Film Council. 13 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  68. ^ "Daily [14 June 2019]". Korean Film Council. 14 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  69. ^ "Daily [15 June 2019]". Korean Film Council. 15 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  70. ^ "Daily [16 June 2019]". Korean Film Council. 16 Juni 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  71. ^ "Daily [10 Febuary 2020]". Korean Film Council. 10 Februari 2020. Diakses tanggal 10 Februari 2020. 
  72. ^ "Yearly". Korean Film Council. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  73. ^ "President Moon celebrates Korean film's Cannes victory". Korea Herald. 26 Mei 2019. Diakses tanggal 14 November 2019. 
  74. ^ "「アナ雪2」が動員トップ、「カイジ」「フォードvsフェラーリ」「パラサイト」登場" [Frozen II memuncaki tangga film terlaris, sementara Kaiji, Ford v Ferrari, dan Parasite langsung merangsek ke lima besar]. Natalie (dalam bahasa Jepang). 14 Januari 2020. Diakses tanggal 14 Januari 2020. 
  75. ^ "【国内映画ランキング】「アナ雪」V2、好スタート「カイジ」は2位、「パラサイト」は5位発進" [[Tangga Film Terlaris Mingguan di Dalam Negeri] Frozen II Kembali Menguasai Film Terlaris Mingguan Dua Kali Berturut-turut, Kaiji: Final Game Mengawali dengan Baik di Peringkat Kedua, Parasite Menempati Peringkat Kelima]. Eiga (dalam bahasa Jepang). 14 Januari 2020. Diakses tanggal 14 Januari 2020. 
  76. ^ "Japanese 2020 Weekend 2 — January 11-12, 2020". Box Office Mojo. Diakses tanggal 4 Februari 2020. 
  77. ^ "「アナ雪2」が8度目の動員トップ、初登場は「ラストレター」「記憶屋」など5本" [Frozen II menduduki peringkat pertama untuk kedelapan kalinya, manakala Last Letter dan Kiokuya menapaki 10 besar tangga film terlaris mingguan]. Natalie. 20 Januari 2020. Diakses tanggal 20 Januari 2020. 
  78. ^ "【国内映画ランキング】「アナ雪」V7で興収125億突破!新作は5本がランクイン" [[Tangga Film Terlaris Mingguan di Dalam Negeri] Frozen 2 Menguasai Tangga Film Terlaris Mingguan Sebanyak 7 Kali dengan Pendapatan Kotor 12,5 Miliar Yen! Lima Film Baru Menghuni Tangga Film Terlaris Mingguan]. Eiga (dalam bahasa Jepang). 20 Januari 2020. Diakses tanggal 20 Januari 2020. 
  79. ^ "Japanese 2020 Weekend 3 — January 18-19, 2020". Box Office Mojo. Diakses tanggal 4 Februari 2020. 
  80. ^ "「キャッツ」初登場で動員トップ!「パラサイト」は4位に浮上" [Cats langsung menempati peringkat pertama! Parasite naik ke peringkat keempat tangga film terlaris mingguan]. Natalie. 27 Januari 2020. Diakses tanggal 27 Januari 2020. 
  81. ^ "Japanese 2020 Weekend 4 — January 25-26, 2020". Box Office Mojo. Diakses tanggal 4 Februari 2020. 
  82. ^ "【国内映画ランキング】「キャッツ」V!「パラサイト」が4位、「ヒロアカ」は9位にランクアップ" [[Tangga Film Terlaris Mingguan di Dalam Negeri] Cats Menduduki Peringkat Pertama! Parasite Naik ke Peringkat Naik ke Peringkat Keempat dan My Hero Academia: Heroes Rising Berada di Peringkat Kesembilan]. Eiga (dalam bahasa Jepang). 27 Januari 2020. Diakses tanggal 27 Januari 2020. 
  83. ^ "「AI崩壊」週末動員1位、「バッドボーイズ」第3弾ほか初登場作品4本ランクイン" [AI Amok menempati peringkat pertama dan Bad Boys for Life menempati peringkat ketiga tangga film terlaris mingguan]. Natalie (dalam bahasa Jepang). 3 Februari 2020. Diakses tanggal 3 Februari 2020. 
  84. ^ "【国内映画ランキング】「AI崩壊」首位スタート!「パラサイト」が3位にアップ" [[Tangga Film Terlaris Mingguan di Dalam Negeri] AI Amok Menduduki Peringkat Pertama! Parasite Naik ke Peringkat Ketiga]. Eiga. 3 Februari 2020. Diakses tanggal 3 Februari. 
  85. ^ "Japanese 2020 Weekend 5 — February 1-2, 2020". Box Office Mojo. Diakses tanggal 4 Februari 2020. 
  86. ^ Yamazaki, Kento (10 Februari 2020). "「ヲタ恋」が週末動員トップ、「犬鳴村」「スーパー戦隊MOVIEパーティー」初登場" [Wotakoi: Love Is Hard for Otaku, Howling Village menempati tangga film terlaris] (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 10 Februari 2020. 
  87. ^ "【国内映画ランキング】「ヲタクに恋は難しい」首位!オスカー4冠「パラサイト」は16億目前" [[Tangga Film Terlaris Mingguan di Dalam Negeri] Wotakoi: Love Is Hard for Otaku Menduduki Peringkat Pertama! Film Pemenang 4 Kategori Academy Awards Parasite Menyentuh 1,6 Miliar Yen]. Eiga. 10 Februari 2020. Diakses tanggal 10 Februari 2020. 
  88. ^ "Japanese 2020 Weekend 6 — February 8-9, 2020". Box Office Mojo. Diakses tanggal 11 Februari 2020. 
  89. ^ "斎藤工、橘ケンチ、満島真之介、細田守が「パラサイト」を絶賛!コメント動画解禁" [Video Komentar: Taku Saito, Kenchi Tachibana, Shinosuke Mitsushima dan Mamoru Hosoda Memuji "Parasite"!]. Natalie (dalam bahasa Jepang). 13 Desember 2019. Diakses tanggal 13 Desember 2019. 
  90. ^ "'Parasite' enjoys wide popularity also in Japan". Donga Ilbo. 31 Januari 2020. Diakses tanggal 31 Januari 2020. 
  91. ^ D'Alessandro, Anthony (October 13, 2019). "Joker $55M+ Scores 2nd Weekend October Record, Addams Family Rich $30M+, Gemini Man Still Not Dazzling $20M – Sunday B.O. Update". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 October 2019. Diakses tanggal October 13, 2019. 
  92. ^ D'Alessandro, Anthony (October 20, 2019). "'Maleficent: Mistress Of Evil' No Magic With $36M+, 'Joker' Still Stealing 2nd Place From 'Zombieland 2' With $28M+". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 October 2019. Diakses tanggal October 20, 2019. 
  93. ^ Ramos, Dino-Ray (October 27, 2019). "'Synonyms' And Kanye West's 'Jesus Is King' Have Solid Premieres, 'Frankie' Debuts Soft – Specialty Box Office". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 October 2019. Diakses tanggal October 27, 2019. 
  94. ^ Brueggemann, Tom (November 10, 2019). "Amazon's 'Honey Boy' Tops Netflix's 'Marriage Story' In Select Theaters". IndieWire. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 November 2019. Diakses tanggal November 10, 2019. 
  95. ^ Brueggemann, Tom (November 17, 2019). "'Waves' Makes Box Office Splash as Amazon and Netflix Stay Quiet". IndieWire. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 November 2019. Diakses tanggal November 17, 2019. 
  96. ^ Brueggemann, Tom (November 24, 2019). "'Dark Waters' Leads Tepid Arthouse Openers at Crowded Box Office". IndieWire. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 November 2019. Diakses tanggal November 24, 2019. 
  97. ^ Brueggemann, Tom (December 1, 2019). "'Harriet,' 'Jojo Rabbit,' and 'Parasite' Reap Holiday Box Office Bounty". IndieWire. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 December 2019. Diakses tanggal December 1, 2019. 
  98. ^ Ramos, Dino-Ray (December 15, 2019). "Uncut Gems' Shines With Biggest A24 Per-Screen Opening, 'A Hidden Life' Debuts, Lionsgate Drops Limited 'Bombshell' Release – Specialty Box Office". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 December 2019. Diakses tanggal December 15, 2019. 
  99. ^ D'Alessandro, Anthony (February 9, 2020). "How 'Birds Of Prey' Went Astray With $33M+ Opening". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 February 2020. Diakses tanggal February 9, 2020. 
  100. ^ McNary, Dave (February 10, 2020). "'Parasite' Doubles North American Release After Historic Oscar Wins". Variety. Diakses tanggal February 10, 2020. 
  101. ^ Suhendra, Ichsan (3 Juli 2019). "Parasite Jadi Film Terlaris Korea Selatan di Indonesia". Viva. Diakses tanggal 14 November 2019. 
  102. ^ "'Parasite' Diumumkan Jadi Film Korea Terlaris di Indonesia". CNN Indonesia. 8 Juli 2019. Diakses tanggal 8 Juli 2019. 
  103. ^ Asih, Ratnaning (16 Juli 2019). "Parasite Jadi Film Korea Selatan Terlaris Sepanjang Masa di Indonesia". Liputan 6. Diakses tanggal 16 Juli 2019. 
  104. ^ Novriandi, Rifki (13 Agustus 2019). "Parasite Akhiri Masa Tayang di Indonesia dengan Gemilang!". Kincir. Diakses tanggal 13 Agustus 2019. 
  105. ^ "Parasite (Gisaengchung) (2019)". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diakses tanggal May 26, 2019. 
  106. ^ "Parasite Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal May 26, 2019. 
  107. ^ "Best of 2019: Film Critic Top Ten Lists". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 January 2020. Diakses tanggal 6 December 2019. 
  108. ^ Wilkinson, Alissa (5 December 2019). "The 21 best films of 2019". Vox. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 December 2019. Diakses tanggal 6 December 2019. 
  109. ^ "The 10 best films of 2019". Mashable. 9 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 December 2019. Diakses tanggal 10 December 2019. 
  110. ^ "The Globe and Mail's Top 10 films of 2019". The Globe and Mail. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 December 2019. Diakses tanggal 10 December 2019. 
  111. ^ a b c "The Best Films of 2019, According to IndieWire's Staff". IndieWire. December 23, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 December 2019. Diakses tanggal December 23, 2019. 
  112. ^ "The 10 best new movies of 2019". Harper's Bazaar. 9 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 December 2019. Diakses tanggal 27 December 2019. 
  113. ^ "The 13 Best Movies of 2019". Houston Chronicle. December 24, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 December 2019. Diakses tanggal December 24, 2019. 
  114. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r "THE INDIVIDUAL TOP TENS OF 2019". December 13, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 December 2019. Diakses tanggal December 14, 2019. 
  115. ^ "The Best Movies of 2019 (So Far), Ranked". 6 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 October 2019. Diakses tanggal 7 December 2019. 
  116. ^ a b c "10 Best Movies of 2019". Gen of Geek. 20 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 December 2019. Diakses tanggal 21 December 2019. 
  117. ^ "Best Films of 2019". Film Comment. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 December 2019. Diakses tanggal 14 December 2019. 
  118. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 December 2019. Diakses tanggal 31 December 2019. 
  119. ^ "The Best Films of 2019". Flood Magazine. December 11, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 December 2019. Diakses tanggal 14 December 2019. 
  120. ^ "The 50 best films of 2019 in the US: No 1 – Parasite". The Guardian. 20 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 December 2019. Diakses tanggal 20 December 2019. 
  121. ^ "Best of 2019: Our Top 15 Feature Films". Hyperallergic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 December 2019. Diakses tanggal 20 December 2019. 
  122. ^ "Best Movie of 2019". IGN. 
  123. ^ "2019 Critics Poll: The Best Films and Performances According to Over 300 Critics From Around the World". 16 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 December 2019. Diakses tanggal 17 December 2019. 
  124. ^ "The 25 Best Films Of 2019". theplaylist.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 December 2019. Diakses tanggal 9 December 2019. 
  125. ^ "Justin Chang's best movies of 2019: 'Parasite,' 'Knives Out' stand at the head of the class". Los Angeles Times. 6 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 December 2019. Diakses tanggal 7 December 2019. 
  126. ^ a b c Robinson, Tasha; Patches, Matt; Han, Karen (2 December 2019). "The best movies of 2019". Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 December 2019. Diakses tanggal 14 December 2019. 
  127. ^ a b c "The best films of 2019: The ballots". 16 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 December 2019. Diakses tanggal 17 December 2019. 
  128. ^ a b "Slant's Best Films of 2019: The Runners-Up and Individual Ballots". Slant Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 December 2019. Diakses tanggal 14 December 2019. 
  129. ^ "Exclaim!'s 15 Best Films of 2019". Exclaim!. December 9, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 December 2019. Diakses tanggal December 11, 2019. 
  130. ^ Leah Greenblatt (December 12, 2019). "The best (and worst) movies of 2019". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 13, 2019. 
  131. ^ Goldberg, Matt (December 9, 2019). "Matt's Top 10 Films of 2019". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 December 2019. Diakses tanggal December 10, 2019. 
  132. ^ Neglia, Matt (30 December 2019). "NBP Top 10's of 2019 – Matt Neglia". Next Best Picture. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 January 2020. Diakses tanggal January 15, 2020. 
  133. ^ Jacobs, Matthew (18 December 2019). "The 16 Best Movies Of 2019". HuffPost. Diakses tanggal January 15, 2020. 
  134. ^ "The best — and worst — movies of 2019". Chicago Tribune. 18 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 December 2019. Diakses tanggal 19 December 2019. 
  135. ^ "2019 Awards Best Picture". January 7, 2020. Diakses tanggal January 9, 2020. 
  136. ^ Nast, Condé. "The 10 Best Movies of 2019—Richard Lawson's List". Vanity Fair. 
  137. ^ "Best-Reviewed Movies 2019: Limited Release". December 31, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 January 2020. Diakses tanggal January 9, 2020. 
  138. ^ a b "The best movies of 2019: 'Parasite,' '1917' top critics' lists". New York Post. 27 December 2019. 
  139. ^ Ward, Sarah (December 18, 2019). "Films of the year 2019: Sarah Ward". Screen Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 December 2019. Diakses tanggal 27 December 2019. 
  140. ^ Means, Sean P. (December 27, 2019). "'Parasite' tops The Salt Lake Tribune's top 10 movies of 2019". Salt Lake Tribune. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 December 2019. Diakses tanggal 27 December 2019. 
  141. ^ "The top 10 movies of 2019: our experts' guide to the year's best cinema". Sydney Morning Herald. December 22, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 December 2019. Diakses tanggal 28 December 2019. 
  142. ^ Reimann, Tom (December 11, 2019). "Tom Reimann's Top 10 Movies of 2019". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 December 2019. Diakses tanggal 14 December 2019. 
  143. ^ "Movie of the Year: Parasite". Film School Rejects. December 30, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 December 2019. Diakses tanggal 30 December 2019. 
  144. ^ Mancuso, Vinnie (December 10, 2019). "Vinnie Mancuso's Top 10 Films of 2019". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 December 2019. Diakses tanggal December 11, 2019. 
  145. ^ "Top 10 Best Movies of 2019". Youtube. December 25, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 December 2019. Diakses tanggal 25 December 2019. 
  146. ^ Biese, Alex (December 12, 2019). "Best movies of 2019: The Irishman, Parasite and Midsommar among the year's instant classics". Asbury Park Press. 
  147. ^ Strauss, Bob (December 17, 2019). "2019 was a terrific year for movies. Here are 12 films you have to see". Los Angeles Daily News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 December 2019. Diakses tanggal 19 December 2019. 
  148. ^ "The 25 Best Movie Moments of 2019". Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 December 2019. Diakses tanggal 22 December 2019. 
  149. ^ a b c McCarthy, Todd. "Hollywood Reporter Critics Pick the Best Films of 2019". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 December 2019. Diakses tanggal 14 December 2019. 
  150. ^ Sim, Jonathan (30 December 2019). "Top 10 Best Movies of 2019!"". Vocal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 December 2019. Diakses tanggal 31 December 2019. 
  151. ^ Hughes, Mark (30 December 2019). "The Top 20 Best Films Of 2019". Forbes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 January 2020. Diakses tanggal 4 January 2020. 
  152. ^ Fennessey, Sean (5 December 2019). "The Best Movies of 2019". The Ringer. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 December 2019. Diakses tanggal 9 December 2019. 
  153. ^ "'The Souvenir,' 'Parasite' Top Sight & Sound's Top 20 Films Of 2019". theplaylist.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 December 2019. Diakses tanggal 3 December 2019. 
  154. ^ a b "Best Movies of 2019". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 December 2019. Diakses tanggal 4 December 2019. 
  155. ^ a b c Ebiri, David Edelstein, Alison Willmore, Bilge (2 December 2019). "The Best Movies of 2019". Vulture. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 December 2019. Diakses tanggal 3 December 2019. 
  156. ^ "Amy Taubin: 10 Best Films of 2019". www.yearendlists.com. 1 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 December 2019. Diakses tanggal 6 December 2019. 
  157. ^ "Best Movies of 2019". Complex. 26 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 December 2019. Diakses tanggal 27 December 2019. 
  158. ^ "Top 25 Films of 2019". Consequence of Sound. 9 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 December 2019. Diakses tanggal 14 December 2019. 
  159. ^ Sims, David (5 December 2019). "The 10 Best Films of 2019". The Atlantic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 December 2019. Diakses tanggal 6 December 2019. 
  160. ^ "7 of the best films of 2019". Good Morning America. 26 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 December 2019. Diakses tanggal 26 December 2019. 
  161. ^ "Here's our picks for the top 10 movies from 2019 that are worth your time". The Charlotte Observer. 23 December 2019. 
  162. ^ Singer, Matt. "The Best Movies of 2019". ScreenCrush. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 December 2019. Diakses tanggal 9 December 2019. 
  163. ^ Weiss, Max. "My Favorite Films of 2019". Baltimore. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 December 2019. Diakses tanggal 14 December 2019. 
  164. ^ "10 Best Movies of 2019". Rolling Stone. 5 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 December 2019. Diakses tanggal 10 December 2019. 
  165. ^ "The 25 Best Movies of 2019, Ranked". 18 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 December 2019. Diakses tanggal 19 December 2019. 
  166. ^ "Best movies of 2019". Yahoo!. 20 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 December 2019. Diakses tanggal 27 December 2019. 
  167. ^ "Ty Burr's best movies of 2019". Boston Globe. 20 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 December 2019. Diakses tanggal 20 December 2019. 
  168. ^ Chitwood, Adam. "Adam Chitwood's Top 10 Films of 2019". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 December 2019. Diakses tanggal 14 December 2019. 
  169. ^ "The 10 best narrative films of 2019". The Wrap. 9 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 December 2019. Diakses tanggal 27 December 2019. 
  170. ^ a b "'Once Upon a Time,' 'Portrait' top AP's 2019 best films list". AP NEWS. 5 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 December 2019. Diakses tanggal 7 December 2019. 
  171. ^ "Us Picks the Top 10 Movies of 2019". 6 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 December 2019. Diakses tanggal 9 December 2019. 
  172. ^ "What are Talking Movies' Top 10 films for 2019?". BBC. 12 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 December 2019. Diakses tanggal 24 December 2019. 
  173. ^ "And finally my top ten of 2019". 23 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 December 2019. Diakses tanggal 25 December 2019. 
  174. ^ "My top films of 2019". 21 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 December 2019. Diakses tanggal 25 December 2019. 
  175. ^ "From scheming strippers to fractured families — these are the Top 10 films of 2019". CBC.ca. 26 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 December 2019. Diakses tanggal 26 December 2019. 
  176. ^ Kohn, Eric; Kohn, Eric (2 December 2019). "The 19 Best Movies of 2019". Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 December 2019. Diakses tanggal 3 December 2019. 
  177. ^ "The 20 best movies of 2019". Time Out New York. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 December 2019. Diakses tanggal 9 December 2019. 
  178. ^ "The 10 Best Movies of 2019". Time. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 November 2019. Diakses tanggal 30 November 2019. 
  179. ^ "The Ten Best Films of 2019". National Review. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 December 2019. Diakses tanggal 24 December 2019. 
  180. ^ "The 10 Best Movies of 2019, From Adam Sandler's Insane Gambler to AOC's Star Moment". The Daily Beast. 27 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 December 2019. Diakses tanggal 27 December 2019. 
  181. ^ Truitt, Brian. "The 10 best movies of 2019 definitively ranked, from 'Avengers: Endgame' to 'Jojo Rabbit'". USA TODAY. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 December 2019. Diakses tanggal 6 December 2019. 
  182. ^ a b c "The Best Films of 2019, According to the Independent Film Community". IndieWire. 24 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 December 2019. Diakses tanggal 24 December 2019. 
  183. ^ Rainer, Peter. "The year's 10 best movies: From 'Honeyland' to 'A Beautiful Day'". The Christian Science Monitor. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 December 2019. Diakses tanggal 14 December 2019. 
  184. ^ "Richard Roeper: The best movies of 2019". Chicago Sun-Times. December 24, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 December 2019. Diakses tanggal December 24, 2019. 
  185. ^ "The Best Films of 2019, According to the Independent Film Community". People magazine. 26 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 December 2019. Diakses tanggal 26 December 2019. 
  186. ^ "My favorite...films of 2019". 23 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 December 2019. Diakses tanggal 25 December 2019. 
  187. ^ "'Irishman,' 'Little Women' among 2019's Top 10 movies". Boston Herald. 27 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 December 2019. Diakses tanggal 27 December 2019. 
  188. ^ "The Best Films of 2019: Movies That Make Moviegoing a Pleasure". The Wall Street Journal. 10 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 December 2019. Diakses tanggal 27 December 2019. 
  189. ^ Dana, Stevens. "The 10 Best Movies of 2019 - Plus the best of the decade". Slate. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 December 2019. Diakses tanggal 15 December 2019. 
  190. ^ "The 10 Best Films of 2019". Playboy. 11 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 December 2019. Diakses tanggal 27 December 2019. 
  191. ^ a b c "Best Movies of All Time". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 August 2019. Diakses tanggal 28 December 2019. 
  192. ^ "100 Best Movies of the Decade". Den of Geek. 30 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 December 2019. Diakses tanggal 31 December 2019. 
  193. ^ a b "The best movies of the decade, according to us". Polygon. 5 November 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 December 2019. Diakses tanggal 15 December 2019. 
  194. ^ "My Top 10 Movies of the Decade". The Ringer (podcast). 27 November 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 November 2019. Diakses tanggal 15 December 2019. 
  195. ^ "Amanda Dobbins's Top 10 Movies of the Decade". The Ringer (podcast). 26 November 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 November 2019. Diakses tanggal 15 December 2019. 
  196. ^ "The 100 Best Movies of the Decade8". Film School Rejects. 12 November 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 December 2019. Diakses tanggal 30 November 2019. 
  197. ^ "The 10 best movies of the 2010s decade". Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 December 2019. Diakses tanggal 9 December 2019. 
  198. ^ "The 2010s brought a lot of change to the big screen. Here are the 20 best movies of the decade". Salt Lake Tribune. 30 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 December 2019. Diakses tanggal 31 December 2019. 
  199. ^ "The 100 Best Movies of the Decade (Part Five)". /Film. 12 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 December 2019. Diakses tanggal 20 December 2019. 
  200. ^ Nast, Condé. "The 10 Best Movies of the 2010s: Richard Lawson's List". Vanity Fair. 
  201. ^ Ellwood, Gregory. "Gregory Ellwood's Top 75 Films Of The 2010 Decade: Moonlight, I Am Love, Under The Skin". theplaylist.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 December 2019. Diakses tanggal 24 December 2019. 
  202. ^ "FILMS OF THE DECADE". LA Film Critics Association. 4 January 2020. 
  203. ^ "Top 10 Best Movies of the Last Decade". YouTube. 31 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 January 2020. Diakses tanggal 6 January 2020. 
  204. ^ Mumford, Gwilym. "Cannes 2019: Bong Joon-ho's Parasite wins the Palme d'Or – live". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 May 2019. Diakses tanggal 25 May 2019. 
  205. ^ D'Alessandro, Anthony (25 May 2019). "'Parasite' Palme d'Or Winner Bong Joon-Ho On Pic's North Korea Jokes – Cannes". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 May 2019. Diakses tanggal 26 May 2019. 
  206. ^ "Golden Globes 2020: The Complete Nominations List". Variety. December 9, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 9, 2019. Diakses tanggal December 9, 2019. 
  207. ^ Ulaby, Neda (December 10, 2019). "'Parasite' Director Bong Joon-ho 'Wanted To Reflect The Truth Of Current Times'". NPR. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 December 2019. Diakses tanggal December 12, 2019. 
  208. ^ Kim, Hye-Ju (21 August 2019). "제92회 아카데미영화상 국제장편영화 부문 한국영화 출품작 선정결과 (Selected Results of Korean Films for International Feature Films at the 92nd Academy Film Awards)". Korean Film Council. Diakses tanggal 21 August 2019. 
  209. ^ "Oscars: South Korea Selects Palme d'Or Winner 'Parasite' for International Feature Film Award". Variety. 21 August 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 August 2019. Diakses tanggal 21 August 2019. 
  210. ^ "10 Films Make Shortlist for Oscars' Best International Film". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 December 2019. Diakses tanggal 17 December 2019. 
  211. ^ Brzeski, Patrick (9 February 2020). "Oscars: 'Parasite' Makes History as First Foreign-Language Film to Win Best Picture". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 9 February 2020. 
  212. ^ Herald, The Korea (2020-01-13). "'Parasite' earns six Oscar nominations, including best picture". www.koreaherald.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 January 2020. Diakses tanggal 2020-01-17. 
  213. ^ "Everything you need to know about 'Parasite' and its Oscar nominations". Los Angeles Times (dalam bahasa Inggris). 2020-01-13. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 January 2020. Diakses tanggal 2020-01-17. 
  214. ^ Violet Kim (2020-02-04). "The Filmmakers Behind In the Absence on What It Can Teach Americans". Slate. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 February 2020. Diakses tanggal 2020-02-09. 
  215. ^ Lattanzio, Ryan (2020-02-02). "BAFTA Awards: '1917' Crowned Best Film (Full Winners List)". IndieWire (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 February 2020. Diakses tanggal 2020-02-03. 
  216. ^ "'기생충', 영국 아카데미 외국어영화상·오리지널 각본상 2관왕". entertain.naver.com (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2020-02-03. 
  217. ^ Kit, Borys; Goldberg, Lesley (January 9, 2020). "'Parasite' HBO Limited Series in the Works From Bong Joon Ho, Adam McKay". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 January 2020. Diakses tanggal January 9, 2020. 
  218. ^ Ford, Rebessa (January 21, 2020). "Bong Joon Ho Says 'Parasite' Series Will Explore Stories "That Happen in Between the Sequences in the Film"". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 January 2020. Diakses tanggal January 21, 2020. 
  219. ^ Lattanzio, Ryan; Lattanzio, Ryan (23 January 2020). "Bong Joon Ho Reveals Epic Plans for 'Parasite' Series as a Six-Hour Movie". Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 January 2020. Diakses tanggal 24 January 2020. 
  220. ^ Sneider, Jeff (February 10, 2020). "Exclusive: Mark Ruffalo Eyed to Star in 'Parasite' Series on HBO". Collider. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan