Winter Sleep (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Winter Sleep
Winter Sleep (Poster).jpg
Poster film
Sutradara
Produser
Penulis
PemeranHaluk Bilginer
Demet Akbag
Melisa Sözen
Ayberk Pekcan
Tamer Levent
Zeynep Özbatur Atakan
Serhat Kılıç
Nejat İşler
Nadir Sarıbacak
Gamze Kuş
Emirhan Doruktutan
Mehmet Ali Nuroğlu
Gülsen Özbakan
Ekrem İlhan
SinematograferGökhan Tiryaki
PenyuntingNuri Bilge Ceylan
Bora Göksingöl
Perusahaan
produksi
  • NBC Film
  • Bredok Filmproduction
  • Memento Films Production
  • Zeynofilm[1]
Tanggal rilis
  • 16 Mei 2014 (2014-05-16) (Cannes)
Durasi196 menit
Negara
Bahasa

Winter Sleep (bahasa Turki: Kış Uykusu) adalah film drama Turki tahun 2014 yang disutradarai oleh Nuri Bilge Ceylan. Kisah film ini berlatar tempat di Anatolia dan menceritakan mengenai kesenjangan sosial antara warga kaya dan miskin serta kekuatan dan ketidakberdayaan yang dialami oleh masing-masing kelas tersebut di Turki.[2] Dalam ajang Festival Film Cannes 2014, film ini meraih Palme d'Or dan Penghargaan FIPRESCI .[3][4]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Haluk Bilginer sebagai Aydın, mantan aktor yang menjalankan hotel yang diwarisi dari ayahnya.
  • Demet Akbağ sebagai Necla, saudara perempuan Aydın yang baru saja bercerai yang bosan tinggal di hotel pedesaan ini bersama saudara lelakinya dan istri saudara lelakinya.
  • Melisa Sözen sebagai Nihal, istri muda Aydın yang menjalankan banyak kampanye amal untuk membantu sekolah-sekolah pedesaan yang tidak mampu.
  • Nejat İşler sebagai İsmail, penyewa Aydın yang mabuk dan menganggur.
  • Nadir Sarıbacak sebagai Levent, seorang pengajar dan teman Nihal yang tidak dipercaya oleh Aydın.
  • Mehmet Ali Nuroğlu sebagai Timur, salah satu tamu hotel yang menyukai petualangan dan lebih menyukai kehidupan spontan.
  • Emirhan Doruktutan sebagai İlyas, putra kecil İsmail yang menekan pikiran dan perasaannya.

Bidang Tanah[sunting | sunting sumber]

Aydın, mantan aktor, memiliki hotel puncak gunung di Cappadocia, serta beberapa properti yang ia sewa untuk penyewa lokal. Jauh lebih kaya dan lebih berpendidikan daripada penduduk desa, ia menghabiskan waktunya menulis kolom untuk surat kabar lokal dan meneliti sejarah teater Turki, yang ia harap akan menulis buku suatu hari nanti.

Suatu hari, Aydın dan asistennya Hidayet sedang mengemudi ke desa ketika sebuah batu menghancurkan jendela. Itu dilemparkan oleh İlyas, putra İsmail, salah satu penyewa Aydın yang telah dibiarkan selama beberapa bulan dengan sewa karena dia menganggur. Ketika Hidayet berhadapan dengan ayahnya, ternyata orang-orang Aydın telah mengirim agen penagihan yang mengambil televisi dan kulkas İsmail, dengan İsmail dipukuli oleh polisi karena menolak. Situasi meningkat sampai saudara İsmail, Hamdi, turun tangan.

Hamdi, imam lokal yang ingin menyenangkan Aydın, membawa İlyas muda ke Aydın dalam upaya untuk menebus kesalahan atas insiden tersebut. Namun, rumah dan pakaian kotor Hamdi karena kemiskinannya, hanya berfungsi untuk mengganggu Aydın dengan mengilhami dia untuk menulis kolom tentang bagaimana seorang imam harus menjadi contoh yang tepat untuk komunitasnya. Pada awalnya, saudara perempuannya Necla bertanya-tanya mengapa Aydın tidak menggunakan bakat menulisnya di tempat yang lebih baik daripada koran lokal. Kemudian, dia mengalihkan pandangannya dan mengatakan kepadanya bahwa dia hanya mengkritik orang lain secara dangkal dan sentimental dari kursi yang nyaman. Ini menghasilkan rantai panjang komentar sinis yang dibuat bolak-balik satu sama lain. Pembalikan ini terjadi setelah Necla menyebutkan kepada istri Aydın, Nihal bahwa Necla mungkin lebih baik kembali ke mantan suaminya, setelah itu Nihal memberi tahu Necla bahwa dia bebas pergi meskipun itu ide yang bodoh.

Nihal jauh lebih muda dari suaminya Aydın. Dia mencoba memberi makna pada hidupnya dengan mengumpulkan dana untuk mengembangkan sekolah, suatu kegiatan yang Aydın tidak menunjukkan minat besar pada. Namun, ketika Nihal menyelenggarakan acara penggalangan dana di rumah mereka, Aydın menjadi kesal dan mengatakan kepadanya bahwa acara penggalangan dana akan dijamin gagal karena kurangnya pengalaman dan keterampilan pembukuan. Ini berubah menjadi argumen emosional, di mana dia mengatakan kepadanya bahwa dia bebas untuk bercerai darinya jika dia mau. Akhirnya, Aydın menyatakan bahwa ia akan pergi ke Istanbul selama beberapa bulan untuk membuat pengaturan untuk bukunya. Dia memperingatkannya bahwa dia seharusnya tidak mempercayai Levent (Nadir Sarıbacak), salah satu dari orang lain yang terlibat dalam mengumpulkan dana, karena Aydın menganggap Levent tidak memiliki nilai moral. Sebelum dia pergi, Aydın membuat kontribusi anonim besar dalam bentuk tunai.

Keesokan harinya, Hidayet membawa Aydın ke stasiun kereta, membawa semua barang bawaan sementara Aydın berjalan dengan nyaman dengan tangan kosong. Karena salju tebal, kereta sangat tertunda, dan Aydın memutuskan bahwa mereka akan mengunjungi teman Aydın Suavi di desa terdekat. Suavi menyambut kunjungan Aydın, tetapi Levent juga muncul, karena Levent dan Suavi sebelumnya setuju untuk pergi berburu. Mereka menghabiskan malam minum dan berbicara. Ada beberapa ketegangan antara Aydın dan Levent, karena Levent membuat sindiran bahwa Aydın tidak melakukan cukup banyak untuk membantu setelah gempa bumi, enam tahun sebelumnya.

Sementara itu, Nihal mengunjungi rumah Hamdi dan mengetahui bahwa İsmail menganggur setelah hukuman penjara karena menikam seorang pria yang membuat pernyataan seksual tentang istrinya. Kesulitan keuangan mereka disebabkan oleh kenyataan bahwa Hamdi harus mengurus mereka semua dari penghasilannya yang sederhana sebagai seorang imam. Nihal menawarkan uang yang disumbangkan oleh Aydın, sekitar 10.000 lira ($ 5.900 pada 2013), cukup untuk membeli rumah di daerah tersebut. İsmail dihina oleh apa yang dilihatnya sebagai upaya untuk melunasi hati nuraninya dan membakar uang di perapian, menyebabkan Nihal mulai terisak.

Film berakhir ketika Aydın kembali ke rumah pada hari berikutnya. Ketika Nihal menatap ke luar jendela, diam-diam, suara Aydin terdengar menjelaskan bahwa dia tidak bisa hidup tanpa Nihal, bahkan jika dia tidak mencintainya lagi. Aydin memulai proyek penulisan yang ditunda tentang sejarah teater Turki.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Sutradara Nuri Bilge Ceylan ikut menulis skenario dengan istrinya Ebru Ceylan, berdasarkan "The Wife" oleh Anton Chekhov, yang ingin membuat adaptasi selama 15 tahun tetapi tidak merasa siap.

Film ini dibuat sebagai produksi bersama antara perusahaan produksi sutradara, NBC Film, dan Zeynofilm dari Turki, Bredok Film Production dari Jerman dan Memento Films dari Prancis. Syuting berlangsung di Cappadocia selama dua bulan selama musim dingin, dan kemudian di studio di Istanbul selama empat minggu. Kamera Sony F65 digunakan untuk pemotretan.

Film ini menerima dukungan 450.000 euro dari Euimages.

Dikatakan bahwa ilustrasi gambar Ilya Glazunov digunakan pada poster film.

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Film ini didistribusikan oleh Pinema di Turki, New Wave Films di Inggris Raya, dan Adopt Films di Amerika Serikat.

Komentar kritis[sunting | sunting sumber]

Winter Sleep mendapat tanggapan positif dari para kritikus. Di situs komunitas ulasan Rotten Tomatoes, yang telah mengevaluasi 75 ulasan, mencapai persentase 88% dan mendapat skor 8,4 dari 10. Terdaftar dengan status "universal acclaim" dengan skor 88 dari 100 di Metacritic, di mana 27 ulasan dievaluasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Winter Sleep (2014) – Company credits – IMDb". Diakses tanggal 26 May 2014. 
  2. ^ "Turkey's harrowing 'Winter Sleep' takes top prize at Cannes". Reuters. 24 May 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-28. Diakses tanggal 2014-05-28. 
  3. ^ "Awards 2014 : Competition". Cannes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-23. Diakses tanggal 25 May 2014. 
  4. ^ "Festival Reports – Cannes Film Festival 2014". FIPRESCI. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-02. Diakses tanggal 23 May 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Award Date of ceremony Category Recipient(s) Result Ref(s)
Asia Pacific Screen Awards 11 December 2014 Achievement in Directing Nuri Bilge Ceylan Menang [1]
Bodil Awards 28 February 2015 Best Non-American Film Nominasi [2]
Cannes Film Festival 14 – 25 May 2014 Palme d'Or Menang [3]
FIPRESCI Prize Menang
César Awards 20 February 2015 Best Foreign Film Nominasi [4]
European Film Awards 13 December 2014 Best Film Nuri Bilge Ceylan and Zeynep Ozbatur Atakan Nominasi [5]
Best Director Nuri Bilge Ceylan Nominasi
  1. ^ Naman Ramachandran (17 November 2016). "Asia Pacific Screen Awards Spots Golden Talent Early". Variety. Diakses tanggal 1 March 2018. 
  2. ^ "De nominerede til Bodilprisen 2015". Bodil Awards. 14 January 2015. Diakses tanggal 17 June 2017. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama BBCWinner
  4. ^ Alexis Ferenczi (20 February 2015). "César 2015: "Timbuktu" rafle la mise". The Huffington Post. Diakses tanggal 17 June 2017. 
  5. ^ Georg Szalai (8 November 2014). "'Leviathan,' 'Winter Sleep,' 'Nymphomaniac' Among European Film Awards Nominees". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 17 June 2017.