Nomadland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nomadland
NomadlandPoster.jpg
Poster film Nomadland
SutradaraChloé Zhao
ProduserFrances McDormand
Peter Spears
Mollye Asher
Dan Janvey
Chloé Zhao
Penulis skenarioChloé Zhao
Didasarkan
dari
Nomadland: Surviving America in the Twenty-First Century
oleh Jessica Bruder
PemeranFrances McDormand
David Strathairn
Penata musikLudovico Einaudi
SinematograferJoshua James Richards
PenyuntingChloé Zhao
Perusahaan
produksi
Highwayman Films
Hear/Say Productions
Cor Cordium Productions
DistributorSearchlight Pictures
Tanggal rilis
  • 11 September 2020 (2020-9-11)

(Festival Film Venesia)

  • 19 Februari 2021 (2021-2-19)

(Amerika Serikat)

Durasi108 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$5 juta[2][3]
Pendapatan
kotor
$27.189.351[4][5]

Nomadland adalah film drama Amerika Serikat tahun 2020 yang disutradarai oleh Chloé Zhao dan diproduseri oleh Frances McDormand, Peter Spears, Mollye Asher, Dan Janvey dan Chloé Zhao. Naskah film ini ditulis oleh Chloé Zhao berdasarkan buku Nomadland: Surviving America in the Twenty-First Century karya Jessica Bruder. Film ini dibintangi oleh Frances McDormand dan David Strathairn.

Film Nomadland ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 11 September 2020[6] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 19 Februari 2021[7] setelah dirilis secara virtual pada tanggal 4 Desember 2020.[8] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2011, Fern (Frances McDormand) kehilangan pekerjaannya setelah pabrik United States Gypsum Corporation di Empire, Nevada, ditutup, padahal ia bekerja di sana selama bertahun-tahun bersama suaminya, yang baru saja meninggal. Fern memutuskan untuk menjual sebagian besar barang miliknya dan membeli mobil van sebagai tempat tinggalnya dan berkeliling negara untuk mencari pekerjaan. Ia mengambil pekerjaan musiman di pusat pemenuhan Amazon selama musim dingin.

Seorang teman dan rekan kerja bernama Linda (Linda May) mengundang Fern untuk mengunjungi pertemuan gurun di Arizona yang diselenggarakan oleh Bob Wells, yang menyediakan sistem dukungan dan komunitas untuk sesama pengembara. Fern awalnya menolak tetapi ia berubah pikiran saat cuaca berubah menjadi dingin dan ia berusaha untuk mencari pekerjaan di daerah tersebut. Di tempat pertemuan tersebut, Fern bertemu dengan sesama pengembara dan mempelajari keterampilan dasar bertahan hidup dan kemandirian untuk jalan.

Ketika ban mobil van Fern meledak, ia mengunjungi mobil van seorang pengembara terdekat bernama Swankie (Charlene Swankie) untuk meminta tumpangan ke kota untuk membeli cadangan. Swankie mengkritik Fern karena tidak siap dan mengundangnya untuk mempelajari lebih banyak keterampilan bertahan hidup di jalan raya hingga mereka menjadi teman baik. Swankie memberitahu Fern tentang diagnosis kankernya dan harapan hidup yang lebih pendek serta rencananya untuk membuat kenangan indah di jalan daripada berada di rumah sakit. Mereka akhirnya berpisah.

Fern kemudian mengambil pekerjaan sebagai tuan rumah kamp di Cedar Pass Campground di Taman Nasional Badlands, di mana ia bertemu dengan David (David Strathairn), pengembara lain yang ditemuinya dan berdansa dengannya di komunitas gurun. David bekerja sementara di Taman Nasional Badlands, tetapi ketika David jatuh sakit, Fern mengunjunginya ke rumah sakit saat ia menjalani operasi darurat. Mereka berdua kemudian mengambil pekerjaan restoran di Wall Drug di Dakota Selatan. Suatu malam, putra David mengunjungi restoran untuk mencarinya dan memberitahu David bahwa istrinya hamil, lalu ia meminta David untuk bertemu dengan cucunya. David awalnya ragu-ragu, tetapi Fern mendorongnya untuk pergi. David menyarankan agar Fern ikut dengannya, tetapi Fern menolak.

Fern mengambil pekerjaan baru di pabrik pengolahan gula, tetapi mobil vannya rusak dan ia tidak mampu membayar biaya perbaikan mobilnya. Tidak dapat meminjam uang, ia mengunjungi keluarga kakaknya di rumah mereka di California. Kakaknya meminjamkan uang kepada Fern dan bertanya mengapa Fern tidak pernah ada dalam hidup mereka dan mengapa Fern tetap tinggal di Empire setelah suaminya meninggal, tetapi ia memberitahu Fern bahwa ia berani untuk menjadi sangat mandiri. Fern kemudian mengunjungi David dan keluarga putranya, lalu ia mengetahui bahwa David telah memutuskan untuk tinggal bersama mereka dalam jangka panjang. David menyatakan perasaannya dan mengundang Fern untuk tinggal bersamanya secara permanen di wisma, tetapi Fern memutuskan untuk pergi setelah hanya beberapa hari dan pergi ke tepi laut.

Fern kembali ke pekerjaan musimannya di Amazon dan kemudian mengunjungi kembali pertemuan Arizona. Di sana, ia mengetahui bahwa Swankie telah meninggal, lalu ia serta pengembara lainnya memberikan penghormatan atas hidupnya. Fern membuka diri dengan Bob tentang hubungan cintanya dengan mendiang suaminya, dan Bob berbagi cerita tentang bunuh diri putranya baru-baru ini. Bob mendukung pandangan bahwa perpisahan bukanlah akhir dari komunitas pengembara karena anggotanya selalu berjanji untuk bertemu lagi "di masa mendatang".

Beberapa waktu kemudian, Fern kembali ke kota Empire yang hampir terbengkalai untuk membuang barang-barang yang disimpannya di unit penyimpanan. Fern mengunjungi pabrik dan rumah yang ditinggalinya bersama suaminya sebelum ia kembali ke jalan raya lagi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Frances McDormand sebagai Fern
  • David Strathairn sebagai David
  • Linda May sebagai Linda
  • Charlene Swankie sebagai Swankie
  • Bob Wells sebagai Bob
  • Derek Enders sebagai Derek
  • Peter Spears sebagai Peter

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Nomadland mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 94%, berdasarkan 416 ulasan, dengan rating rata-rata 8,8/10.[9] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 93 dari 100, berdasarkan 54 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[10]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Nomadland mendapatkan $2.143.000 di Amerika Utara dan $25.046.351 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $27.189.351, melebihi anggaran produksi film $5 juta.[5]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $503.000, menempati posisi ketujuh di box office di belakang film The Croods: A New Age, The Little Things, Judas and the Black Messiah, Wonder Woman 1984, The Marksman dan Monster Hunter.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nomadland". Festival Film Venesia. Diakses tanggal July 28, 2020. 
  2. ^ Keegan, Rebecca (September 2, 2020). "Director Chloe Zhao Arrives With Early Oscar Contender 'Nomadland' and Next Year's 'Eternals': "It's a Bit Surreal"". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 3, 2020. Diakses tanggal September 27, 2020. 
  3. ^ Buchanan, Kyle (February 10, 2021). "It Could Be the Most Diverse Oscars Ever, but the Problem Isn't Solved". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 5, 2021. Diakses tanggal March 7, 2021. 
  4. ^ a b "Nomadland (2020)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal March 10, 2021. 
  5. ^ a b "Nomadland (2021) - Financial Information". The Numbers. Diakses tanggal March 9, 2021. 
  6. ^ Ravindran, Manori (July 27, 2020). "Chloe Zhao's 'Nomadland' to Play Venice, Toronto, New York Under Fest Alliance". Variety. Diakses tanggal July 27, 2020. 
  7. ^ D'Alessandro, Anthony (December 15, 2020). "Searchlight Awards Contender 'Nomadland' Now Opening Q1 2021". Deadline Hollywood. Diakses tanggal December 16, 2020. 
  8. ^ "NOMADLAND Comes to Theaters December 4". BroadwayWorld. August 17, 2020. Diakses tanggal August 17, 2020. 
  9. ^ "Nomadland (2020)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal March 10, 2021. 
  10. ^ "Nomadland reviews". Metacritic. Diakses tanggal March 10, 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]