The Woman Who Left

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Woman Who Left
Ang Babaeng Humayo
SutradaraLav Diaz
PenulisLav Diaz
PemeranCharo Santos-Concio
SinematografiLav Diaz
PenyuntingLav Diaz
Perusahaan
produksi
Cinema One Originals
Sine Olivia Pilipinas
Tanggal rilis
  • 9 September 2016 (2016-9-9) (Venesia)
Durasi
226 menit[1]
NegaraFilipina
BahasaFilipino

The Woman Who Left (Filipina: Ang Babaeng Humayo) adalah film drama Filipina produksi tahun 2016 yang disutradarai oleh Lav Diaz. Film ini terpilih untuk bersaing dalam bagian kompetisi utama pada Festival Film Internasional Venesia ke-73, tempat film ini memenangi penghargaan Golden Lion.[2][3] The Woman Who Left merupakan film pertama Charo Santos-Concio yang kembali ke dunia akting setelah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden ABS-CBN Corporation.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

The Woman Who Left disutradarai oleh Lav Diaz, yang juga berperan sebagai sinematografer dan penyunting film ini. Perusahaan produksinya yaitu Sine Olivia dan Cinema One Originals, dengan Ronald Arguelles yang adalah pimpinan Cinema One sebagai produser eksekutifnya.[4] Menurut Diaz, film ini tidak dibuat untuk suatu festival film. Film ini direncanakan berdurasi empat jam dan pada bulan Juni 2016 telah memasuki proses penyuntingan.[5]

Pengambilan gambar The Woman Who Left utamanya dilakukan di Calapan, Oriental Mindoro, di Filipina yang merupakan kampung halaman Charo Santos-Concio sang aktris utama. Menurut Diaz, film ini terinspirasi dari cerita pendek Allah Melihat Kebenaran, tetapi Menunggu karya Leo Tolstoy. Diaz mengatakan kalau persepsinya akan buku tersebut sehubungan dengan karyanya ini adalah bahwa kehidupan tidak benar-benar dipahami oleh siapa pun serta lebih sering orang "menerima dan menyerah pada keserampangan hidup".[4] Charo Santos-Concio sang aktris utama mendeskripsikan film ini sebagai "suatu kisah tentang pengampunan, tentang transendensi".[6]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Film ini tidak dibuat dengan maksud untuk mengikuti suatu festival film tertentu, namun Diaz sang sutradara terbuka terhadap gagasan untuk menayangkan The Woman Who Left pada festival-festival film. Pada bulan Juni 2016, dilaporkan bahwa sedang berlangsung pembicaraan agar film ini diputar secara lokal di Filipina dan di luar negeri. Terdapat juga pembicaraan agar film ini diputar pada Festival Film Metro Manila 2016.[5]

The Woman Who Left diputar pada Festival Film Internasional Venesia ke-73 yang diselenggarakan pada bulan September 2016 sebagai satu-satunya film yang diproduksi sepenuhnya oleh perusahaan produksi film dari Asia.[4] Festival Film Venesia tahun 2016 itu menandai ketiga kalinya Lav Diaz sebagai sutradara memasukkan karyanya pada festival film tersebut.[2] The Woman Who Left juga diputar pada Festival Film Cinema One Originals 2016.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Venezia 73". Diakses tanggal 11 August 2016. 
  2. ^ a b Tartaglione, Nancy (28 July 2016). "Venice Film Festival: Lido To Launch Pics From Ford, Gibson, Malick & More As Awards Season Starts To Buzz – Full List". Deadline. Diakses tanggal 28 July 2016. 
  3. ^ "Venice film festival: Philippines drama wins top prize". BBC News. 11 September 2016. Diakses tanggal 11 September 2016. 
  4. ^ a b c "Charo Santos' film comeback "Ang Babaeng Humayo" to be screened at the 2016 Venice Film Festival". ABS-CBN Entertainment. ABS-CBN Corporation Communications. 28 July 2016. Diakses tanggal 28 July 2016. 
  5. ^ a b San Diego, Bayani Jr. (2 June 2016). "For the Lav of Charo". Philippine Daily Inquirer. Diakses tanggal 28 July 2016. 
  6. ^ San Diego, Bayani Jr. (28 July 2016). "Lav Diaz film starring Charo Santos competes in Venice". Philippine Daily Inquirer. Diakses tanggal 28 July 2016. 
  7. ^ Villano, Alexa (30 May 2016). "Charo Santos-Concio returns to acting in upcoming Lav Diaz film". Rappler. Diakses tanggal 28 July 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]