A City of Sadness

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
A City of Sadness
Sampul DVD Jepang
SutradaraHou Hsiao-Hsien
ProduserChiu Fu-sheng
Ditulis olehChu Tien-wen
Wu Nien-jen
PemeranTony Leung Chiu Wai
Sung Young Chen
Jack Kao
Li Tian-lu
Penata musikS.E.N.S.
SinematograferChen Huai-en
PenyuntingLiao Ching-song
Perusahaan
produksi
3-H Films
DistributorEra Communications (Int'l rights)
Tanggal rilis
Durasi157 menit
NegaraTaiwan
BahasaTaiwan
Mandarin
Jepang
Kanton
Shanghai

A City of Sadness (Hanzi: 悲情城市; Pinyin: bēiqíng chéngshì) adalah sebuah film drama sejarah Taiwan 1989 yang disutradarai oleh Hou Hsiao-Hsien. Film ini mengisahkan tentang sebuah keluarga menghadapi "Teror Putih" yang dialami oleh bangsa Taiwan oleh pemerintah Kuomintang (KMT) setelah kedatangan mereka dari China daratan pada akhir 1940-an. Pada saat itu ribuan orang Taiwan dikumpulkan, ditembak, dan/atau dikirim ke penjara. Film ini pertama kali disepakati otoritas KMT tanpa penentangan setelah pengambil-alihan Taiwan dari Jepang pada 1945. Ini juga film pertama yang mengisahkan Insiden 228 1947, saat ribuan orang dibantai.

A City of Sadness adalah film Taiwan pertama yang memenangkan penghargaan Golden Lion di Festival Film Venesia. Pada tahun-tahun terkini, beberapa kritikus menyebutnya sebagai karya besar; dalam jajak pendapat Sight & Sound 2012 yang dilakukan oleh Institut Film Britania, 14 kritikus dan dua produksi menganggapnya sebagai salah satu film terbesar yang pernah dibuat, menempatkannya pada urutan #117 dalam jajak pendapat kritikus dan #322 dalam jajak pendapat'.[1] Film tersebut terpilih sebagai entri pada kategori Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards ke-62, tetapi tidak masuk nominasi.[2]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Keluarga Lin[sunting | sunting sumber]

Peran lain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""City of Sadness, A" (1989)". British Film Institute. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-16. Diakses tanggal 3 Juni 2015. 
  2. ^ Margaret Herrick Library, Academy of Motion Picture Arts and Sciences

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Berenice Reynaud, A City of Sadness, British Film Institute, 2002.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]