The Wrestler (film 2008)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Wrestler
The Wrestler poster.jpg
Poster film The Wrestler
Sutradara Darren Aronofsky
Produser Darren Aronofsky
Scott Franklin
Skenario Robert Siegel
Pemeran Mickey Rourke
Marisa Tomei
Evan Rachel Wood
Musik Clint Mansell
Sinematografi Maryse Alberti
Penyunting Andrew Weisblum
Perusahaan
produksi
Wild Bunch
Protozoa Pictures
Distributor Fox Searchlight Pictures
Tanggal rilis
  • 5 September 2008 (2008-9-5) (Festival Film Venesia)
  • 17 Desember 2008 (2008-12-17) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 30 Januari 2009 (2009-1-30) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
109 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $6 juta[2]
Pendapatan kotor $44,703,995[2]

The Wrestler adalah film drama Amerika Serikat tahun 2008 yang disutradarai oleh Darren Aronofsky dan diproduseri oleh Darren Aronofsky dan Scott Franklin. Naskah film ini ditulis oleh Robert Siegel. Film ini dibintangi oleh Mickey Rourke, Marisa Tomei dan Evan Rachel Wood.

Film The Wrestler ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 5 September 2008 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 17 Desember 2008 secara terbatas dan 30 Januari 2009 secara luas.[3] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Robin Ramzinski (Mickey Rourke), yang lebih dikenal dengan nama panggungnya, Randy "The Ram" Robinson, merupakan seorang pegulat profesional yang menjadi selebriti pada tahun 1980-an. Sekarang melewati masa jayanya, Randy bergulat pada akhir pekan untuk promosi independen di New Jersey ketika ia bekerja paruh waktu di sebuah supermarket di bawah pimpinan Wayne (Todd Barry), seorang manajer yang mengolok-olok latar belakang Randy. Di klub tari telanjang biasa, Randy berteman dengan seorang penari bernama Cassidy (Marisa Tomei), yang terlalu tua untuk pekerjaannya seperti Randy. Setelah memenangkan pertandingan lokal, Randy setuju untuk merayakan pertandingan 20 tahun yang lalu, yang diusulkan dengan lawannya yang terkenal, "The Ayatollah" (Ernest Miller), yang bisa membawanya kembali menjadi bintang.

Randy meningkatkan latihannya termasuk suntikan steroid. Setelah bergulat dalam pertandingan, Randy menderita serangan jantung di belakang panggung dan menjalani operasi arteri koroner. Dokter memberitahu Randy bahwa jantungnya tidak bisa lagi menangani tekanan ketika bergulat. Akibatnya, Randy memutuskan untuk pensiun dan mulai bekerja penuh waktu di supermarket.

Atas saran Cassidy, Randy mengunjungi putrinya yang terpisah, Stephanie (Evan Rachel Wood), yang ditinggalkannya ketika ia masih kecil, namun Stephanie menolak Randy dan menjalani hidupnya sendiri. Ketika membantu Randy membelikan hadiah untuk Stephanie, Cassidy memberitahu bahwa ia memiliki seorang putra. Randy berhubungan romantis dengan Cassidy, namun Cassidy menolaknya karena pekerjaan Cassidy. Kemudian, Randy memberikan hadiah itu kepada putrinya dan meminta maaf karena meninggalkannya. Randy dan Stephanie pergi ke pantai di mana ia membawanya sebagai seorang putri dan setuju untuk makan malam bersama pada hari Sabtu mendatang. Randy pergi ke klub tari telanjang Cassidy untuk berterima kasih, namun Cassidy sekali lagi menolaknya, menyebabkan terjadinya perseteruan. Merasa kesal, Randy pergi untuk melihat pertandingan gulat dan menemukan hiburan dengan teman-teman gulatnya. Ketika Randy berada di bar bersama mereka, ia mabuk, menghisap kokain dan berhubungan dengan seorang wanita di toilet wanita. Randy tidur sepanjang hari dan merindukan makan malamnya dengan Stephanie. Ia pergi ke rumah Stephanie untuk meminta maaf, namun ia marah dan memberitahunya bahwa ia tidak pernah ingin melihatnya lagi.

Di counter supermarket, seorang pelanggan mengenali Randy sebagai pegulat meskipun ia menyangkalnya. Pelanggan tersebut tetap bertahan dan membuat Randy terganggu. Randy kemudian memotong tangannya dengan alat pengiris dan mengamuk di supermarket. Ia juga melecehkan Wayne dan pelanggan lainnya. Didorong oleh pengakuan seorang penggemar tentang Randy dan tidak ada yang tersisa, Randy memutuskan untuk kembali ke gulat dan menjadwal ulang pertandingan dengan Ayatollah. Ia berdamai dengan Cassidy meskipun ia memohon kepada Randy untuk tidak bergulat karena kondisi jantungnya dan mencoba membujuknya untuk membatalkan pertandingan demi memberikan kesempatan kedua kepada dunia luar. Namun, Randy mengabaikan ini dan menjelaskan kepada Cassidy bahwa ia cocok dengan gulat, penggemar dan teman-teman pegulat yang mencintai dan menghormatinya, tidak seperti masyarakat lainnya.

Ketika ia bergulat, Randy mulai merasakan nyeri dada dan menjadi tidak stabil. Ayatollah memperhatikan Randy dan mendesaknya untuk memulai pin. Namun, Randy menolak dan memanjat tali atas sebagai langkah penyelesaian, diving headbutt, yang dikenal dengan Ram Jam. Randy kemudian melihat Cassidy pergi. Sambil menangis, ia memberi hormat kepada penonton dan melompat dari tali.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Mickey Rourke sebagai Robin Ramzinski / Randy "The Ram" Robinson
  • Marisa Tomei sebagai Pam / Cassidy
  • Evan Rachel Wood sebagai Stephanie Ramzinski
  • Mark Margolis sebagai Lenny
  • Todd Barry sebagai Wayne
  • Judah Friedlander sebagai Scott
  • Ernest Miller sebagai Bob / "The Ayatollah"
  • Ajay Naidu sebagai petugas medis
  • Wass Stevens sebagai Nick
  • John D'Leo sebagai Adam
  • Gregg Bello sebagai Larry

Pegulat profesional yang terlibat dalam film ini antara lain Andrew Anderson, Robbie E, Necro Butcher, Nick Berk, The Blue Meanie, Sabian, Nate Hatred, Ron Killings, L. A. Smooth, Jay Lethal, Jim Powers, Antonio Cesaro, Larry Sweeney, Romeo Roselli, John Zandig, Chuck Taylor, Nigel McGuinness, DJ Hyde, Kit Cope, Pappadon dan Jay Santana.

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Wrestler mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 98%, berdasarkan 223 ulasan, dengan rating rata-rata 8.4/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 81 dari 100, berdasarkan 36 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Wrestler mendapatkan $26,238,243 di Amerika Utara dan $18,465,752 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $44,703,995, melebihi anggaran produksi film $6 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $202,714, menempati posisi ke-24 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $2,313,149, menempati posisi ke-16 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Wrestler (15)". British Board of Film Classification. January 6, 2009. Diakses tanggal September 9, 2013. 
  2. ^ a b c d "The Wrestler(2008)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "Fox Searchlight Wins The Wrestler". Slashfilm.com. September 8, 2008. Diakses tanggal November 21, 2010. 
  4. ^ "The Wrestler (2008)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "The Wrestler reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]